Pengertian Campak Jerman Beserta Penanganan dan Pencegahannya

CAMPAK JERMAN – Pernahkah anda mendengar campak jerman? Sebelum masuk dan mendalami tentang campak jerman, mari sekedar  mengetahui dulu yang terkait tentang campak jerman. Campak jerman biasa disebut dengan rubella, penyakit ini sering terjadi dan dialami oleh anak-anak ataupun bayi. Untuk lebih lengkap dan luas berikut penjelasannya.

Pengertian Campak Jerman

campak Jerman
gejalabiangkeringat.blogspot.com

Pengertian campak jerman atau biasa disebut dengan rubella merupakan hal dasar yang harus kita ketahui. Campak jerman merupakan penyakit yang sering terjadi pada anak-anak ataupun bayi. Sebenarnya, penyakit ini adalah penyakit dalam kategori penyakit ringan.

Penyakit campak jerman ini merupakan infeksi akut yang mengganggu kesehatan pada bayi, tetapi tida terlalu parah. Campak jerman tidak sama dengan penyakit campak biasa. Dapun campak biassa itu lebih parah dari pada campak jerman. Campak jerman akan semmbuh dengan cepat. Jadi tidak bahaya penyakit ini mengenai anak atauopun orang dewasa.

Namun, penyakit ini menjadi bahaya jika mengenai pada seorang wanita yang hami, terlebih pada kehamilan yang berusia 4 bulan pertama. Karena itu bisa menyebabkan kecacatan bayi bahkan bayi lahir dalamkeadaan mati.

Penyebab Munculnya Campak Jerman

Campak Jerman
pririb.ir

Munculnya penyakit campak jerman disebabkan oleh virus rubella. Virus ini bisa menular melalui kontak cairan dari hidung dan tenggorokan, entah itu bersin ataupun yang lainnya. Sebagaimana wanita yang hamil, jika di terkena campak jerman, maka penyakit tersebut bisa menular ke bayinya melalui aliran darah.

Gejala dan Tanda-Tanda Campak Jerman

Campak Jerman
schitogood.ru

Penderita penyakit rubella ini biasanya mengalami gejala-gejala yang tampak sebelum terjadinya penyakit. Pada umumnya, anak-anak yang menderita penyakit ini cenderung mengalami gejala-gejala yang ringan disbanding orang dewasa yang terkena penyakit ini.

Tapi, ada juga orang yang terkena penyakit campak jerman, dia tidak mengalami gejala-gejala apapun , tapi penyakit itu juga bisa menyebar. Penderita penyakit ini, pada uumumnya membutuhkan waktu selama 14 – 21 hari sejak terjadi pajanan sampai timbulnya gejala. Sebelum terkenanya penyakit campak, gejala-gejala yang dirasakan penderitta antara lan ;

  • Demam, sakit kepala.
  • Nafsu makan menurun.
  • Hidung tersumbat serta beringus.
  • Iritasi ringan yang terjadi di bagian mata.
  • Terjadi pembengkakan kelenjar limfa di bagian telinga dan mata.
  • Persendian terasa nyeri, terlebih pada penderita wanita yang masih remaja.
  • Bentuk ruam berbinntik-bintik dan berwarna kemerahan, yang awalnya muncul di sekitar wajah lalu menyebar ke seluruh tubuh. Ruam ini berlangsung sekitar 1 – 3 hari.

Nah, itulah gejala dann tanda-tanda munculnya penyakit campak jerman. Jika anak anda atau anda pribadi menemukan hal yang sebagaimana terdapat di atas, lebaih baik secepatnya anda konsultasi ke dokter.

Pencegahan Campak Jerman

Campak Jerman
cdns.klimg.com

Sebelum terkenanya penyakit rubella ini. Kita harus waspada dan melakukan pencegahan. Pencegahan yang paling efektif supaya terhindar dari penyakit ini adalah melakukan vaksinasi. Terlebih lagi untuk wanita yang berencana atau akan menjalani proses kehamilan. Karena diperkirakan 90%, pengguna vaksin ini akan terhindar dari campak jerman.

Sebagaimana di Indonesia ini, pencegahan berbagai penyakit dilakukan dengan member vaksin yang dikombinasikan dengan MMR, yang mampu mencegah munculnya campak serta gondong. Di Indonesia ini diwajibkan untuk setiap orang melakukan vaksinisasi, yang diberikan dalam 2 kali. Yaitu ;

  • Ketika anak masih berusia 15 – 18 bulan dengan jarak 6 bulan dari imunisasi campak.
  • Untuk tahap yang kedua, diulang setelah anak sudah menginjak usia 6 tahun.

Sebagaimana wanita yang merencanakan kehamilan. Jika dia diperiksa dan dites dan diketahui mempunyai kekebalan dari virus rubella, maka dokter akan menganjurkannya untuk menjalanii vaksinisasi. Jadi, vaksinisasi tidak boleh dilakukan di saat menjalani kehamilan.

Pencegahan penularan penyakit rubella selain dengan vaksin bisa kita lakukan dengan melakukan cara-cara berikut ;

  • Selalu menghindari kontak dengan penderita penyakit campak jerman di mana saja dan kapan saja, terlwbih lagi unutk wanita hamil yang belum diberi vaksin MMR dan juga orang yang kekebalan tubuhnya lemah.
  • Beri ruangan khusus untuk penderita penyakit campak jerman.
  • Selalu menjaga kebersihan diri, semisal cuci tangan setelah melakukan pekerjaan dan setiap hendak makan. Terlebih lagi setelah terjadi kontak dengan penderita penyakit ini.

Itulah cara pencegahan penyakit campak jerman. Pencegahan bisa kita lakukan dengan cara-cara di atas, entah melakukan cara tanpa vaksin atau dengan menggunakan vaksin. Tapi, ditekankan untuk semua orang untuk melakukan vaksinisasi, agar kekbalan tubuh tetap terjaga dan kebal dari penyakit.

Penanganan Campak Jerman

Campak Jerman
pondokibu.com

Penyakit campak  jerman tidak dibutuhkan melalui perawatan medis secara khusus. Melainkan, pengobatan tersebut dapat dilakukan dengan cara-cara yang sederhana dan simple di rumah. Dengan tujuan untuk meringankan gejala penyakit tersebut, namun tidak langsung menyembuhkan secara total. Berikut langkah-langkahnya ;

  • Istirahat semaksimal mungkin.
  • Perbanyak minum air putih agar terhindar dari dehidrasi.
  • Minum campuran air hangat, madu dan lemon untuk meredakan sakit tenggorokan serta hidung beringus.
  • Meminum obat paracetamol dan ibuprofen sebagai penurun demam dan penghilang nyeri pada persendian.

Nah, cukup sederhana kan? Demikianlah cara penanganan, pencegahan dan semua yang terkait dengan penyakit campak jerman. Dengan penjelasan di atas sekiranya bisa menggambarkan dan membantu kita untuk selalu menjaga kesehatan. Semoga dengan pembahasan campak jerman ini dapat menambah pengetahuan dan bermanfaat untuk kita.