cara membuat anak

7+ Tips Jitu Cara Membuat Anak Dengan Berbagai Cara

CARA MEMBUAT ANAK – Pastinya setiap keluarga ingin memiliki keturunan. Namun hingga saat ini masih beberapa keluarga yang sudah menikah lama namun masih belum memiliki anak. Banyak sekali faktornya seperti kurang harmonis, sulitnya wanita untuk hamil atau faktor pekerjaan.

Memang benar, membuat anak itu gampang-gampang susah, bisa jadi bagi sebagian orang itu sangat mudah tapi ada juga beberapa keluarga yang menganggap perlu usaha lebih agar memiliki anak.

Ketika anak sudah lahir tentunya harus di didik dan dibesarkan, oleh karena itu perlunya kematangan bagi orang tua sebelum benar-benar memiliki anak. Maka konsultasi kan lah kepada dokter terkait parenting agar anak bisa terdidik dengan baik.

Cara Membuat Anak

cara membuat anak
merries.co.id

Cara membuat anak memerlukan usaha dan ikhtiar agar anak bisa segera di anugerahkan kepada para pasangan yang sudah menikah. Kebahagiaan akan bertambah jika dianugerahi anak kembar. Data menunjukan bahwa 3% setiap pasangan memiliki kesempatan untuk melahirkan anak kembar.

Tapi jikalau tidak dianugerahi anak kembar, maka selayaknya kita tetap bersyukur karena masih bisa diberi kesempatan untuk merasakan menjadi orang tua.

Berikut ini tips yang bisa dilakukan cara membuat anak

Hubungan Suami Istri Secara Teratur

cara membuat anak
rumahnikah.com

Hal paling penting dalam cara membuat anak adalah berhubungan suami istri dalam masa subur. Pada masa subur inilah telur telah siap untuk dibuahi oleh sperma yang telah menuju indung telur. Proses pembuahan terjadi di dalam tuba fallopi.

Ketika berhubungan intim pada masa subur maka kemungkinan terjadi pembuahan pun akan semakin besar, namun ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berhubungan intim pada masa subur bisa cukup merepotkan apalagi bagi wanita yang memiliki siklus haid yang tidak teratur.

Jika pasangan mengkonsultasikannya ke dokter maka mereka akan memberikan saran yakni berhubungan intim dengan efektif sehingga bisa menunjang kehamilan. Caranya adalah dengan cara berhubungan teratur sebanyak 2 hingga 3 kali dalam seminggu.

Hal yang membuat gagal dalam pembuahan adalah ketika sel telur sudah berada dalam tuba fallopi namun sel sperma belum. Sehingga sel telur akan mati karena umurnya yang sangat singkat yakni 24 jam.

Dengan berhubungan seks sebanyak 2 hingga 3 kali dalam seminggu makan sperma akan terus berada di dalam tuba fallopi dan tidak pernah habis. Saat sel telur keluar dan berada di dalam tuba fallopi makan pembuahan bisa langsung terjadi.

Mengkonsumsi Asam Folat

cara membuat anak
disehat.com

Kehamilan yang baik harus berasa dari sel telur dan sel sperma yang biak pula. Seorang istri tidak akan bisa hamil jika sel telur nya kurang baik, pun begitu dengan suami, tidak akan bisa membuahi jika sel spermanya kurang baik.
Maka dari itu perlu dijaganya kualitas dari sel telur dan sel sperma agar kualitas yang dihasilkan pun tetap baik.

Bagaimana cara menjaga sel telur dan sel sperma agar tetap baik?

Yaitu dengan cara mengkonsumsi asam folat dengan rutin setiap harinya. Asam folat ini berfungsi untuk menjadi nutrisi bagi indung telur, sehingga telur yang dihasilkan bisa berovulasi dengan baik.

Selain itu juga, asam folat bisa membantu para suami dalam memproduksi sel sperma dengan kualitas terbaik yang bisa melakukan pembuahan pada sel telur secara sempurna.

Sangat penting memang peran dari asam folat ini, maka dari itu bagi pasangan yang ingin segera memiliki momongan, sangat diwajibkan untuk mengonsumsi asam folat ini secara rutin.

Untuk mendapatkan asam folat ini tidaklah sulit, banyak sekali makanan yang mengandung asam folat dan mudah ditemui di tempat perbelanjaan. Asam folat ini banyak terkandung di dalam buah, kacang-kacangan dan sayuran.

Pada buah-buahan sendiri, asam folat banyak tekandung di dalam pisang, stroberi, melon jagung, bit merah, jeruk dan papaya. Pada sayuran, asam folat banyak terkandun di dalam selada, tauge, bayam, brokoli, dan kubis.

Sedangkan pada kacang-kacangan banyak terdapat di dalam kacang almond, kacang hijau dan kacang lentil.
Selain mudah didapat, makanan yang mengandung asam folat pun sangat enak untuk di konsumsi seperti buah dan sayuran. Maka sekarang tidak ada alasan lagi jika tidak mau memakan makanan yang mengandung asam folat.

Mengonsumsi Protein dan Vitamin E

cara membuat anak
hellosehat.com

Salah satu faktor kesuburan wanita itu sangat erat hubungannya dengan siklus haid, ovulasi dan juga masa suburnya.

Walaupun para istri telah mengkonsumsi asam folat dan menghasilkan sel telur yang berkualitas, namun saat masa subur, siklus haid dan ovulasi mengalami gangguan makan sel telur tetap akan mengalami kesulitan dalam pembuahan.

Maka dari itu siklus haid, ovulasi dan juga masa suburnya harus dijaga agar tetap stabil sehingga proses ovulasi tidak terganggu.

Apakah solusi dalam kasus ini?

Solusinya adalah dengan mengkonsumsi protein dan vitamin E. Kandungan nutrisi dalam vitamin E dan proteini ini memiliki peran untuk menjaga produksi hormone esterogen dan pregesteron yang dapat mengatur kesuburan.

Mulailah rutin untuk mengkonsumsi vitamin E dan protein unun memperlancar masa subur, masa sovulasi dan siklus haid. Maka apabila ketiga hal tersebut berjalan lancar maka kemungkinan bersar bisa terjadi pembuahan.

Untuk pria sendiri vitamin E berguna utnuk mencegah rusaknya DNA pada sperma, sehingga cacat pada pada janin yang diakibatkan oleh DNA yang rusak pada sperma ini bisa dihindari. Maka dari itu suami juga harus sama-sama mengonsumsi vitamin E dan protein.

Vitamin E dan protein banyak terkadung pada kecambah, keldelai, ikan salmon dan putih telur yang telah direbus. Mulailah merutinkan untuk mengonsumsi vitamin E dan protein ini agar pembuahan bisa cepat terjadi.

Hindari Kelebihan Berat Badan

cara membuat anak
bangsaid.blogdetik.com

Banyak sekali penelitian yang menunjukan bahwa berat badan yang terlalu gemuk bisa membuat seorang wanita mengalami kesulitan hamil.

Apakah wanita yang kelebihan berat akan cukup sulit dalam proses kehamilan?

Bisa dikatakan bahwa wanita yang kelebihan berat badan itu cukup sulit hamil, namun itu semua tidak menjadi patokan bahwa semua wanita gemuk itu sulit hamil. Namun kegemukan menjadi salah satu faktor saja mengapa kehamilan sulit terjadi.

Sudah banyak sekali penelitian yang menunjukan bahwa kegemukan membuat seorang wanita akan cukup sulit mengalami kehamilan terlebih lagi yang mengalami obesitas. Salah satu penelitiannya pernah dilakukan oleh Michigan University di Amerika Serikat.

Penelitian tersebut melibatkan hampir 50.000 responden wanita yang mengikuti sebuah program peningkatan kesuburan dengan teknologi reproduksi.

Hasil dari penelitian tersebut memang sangat mencengangkan. Yakni menunjukan bahwa wanita dengan Indeks Massa Tubuh diatas 40 memiliki peluang kehamilan 35% lebih sedikit dengan wanita yang memiliki Indeks Masa Tubuh normal.

Namun dr. Spencer Richlin, MD ini mengatakan bahwa wanita yang kelebihan berat badan tidak akan sulit hamil jika saja siklus haidnya berjalan dengan normal. Namun sangat disayangkan sekali bahwa wanita yang kelebihan berat badan ini rata-rata memiliki siklus haid yang tidak normal.

Pada tubuh yang gemuk itu banyak lemak yang menumpuk di dalam tubuh, lemak tersebut tidak terpakai dan tidak dibutuhkan maka secara otomatis lemak ini akan mempengaruhi kerja dari hormon esterogen.

Hormone esterogen inilah yang mengatur proses-proses penting dalam reproduksi wanita dalam siklus haid dan ovulasi.

Apabila terjadi gangguan maka kerja hormone esterogen karena lebah yang berlebih yang menumpuk di dalam tubuh. maka secara otomatis siklus haid pun akan sedikit terganggu.

Selain itu, lemak yang berlebih dalam tubuh itu bisa menyababkan terjadinya polikistik ovarium yaitu kondisi dimana ovarium menebal sehingga tidak mampu mengeluarkan sel telur sesuai dengan waktunya.

Meskipun demikian, buka sesuatu yang mutlat bahwa wanita dengan kelebihan berat badan akan kesulitan untuk hamil, karena masih banyak faktor dari luar yang sangat mempengaruhi proses kehamilan.

Jangan Terlalu Kurus

cara membuat anak
daumcdn.net

Wanita dengan kekurangan berat badan atau kurus pun akan cukup sulit untuk hamil. Bahkan dalam beberapa penelitian yang telah dilakukan bahwa wanita yang terlalu kurus lebih sulit hamil ketimbang wanita yang kelebihan berat badan.

Maka dari itu sangat penting dalam menjaga berat badan. Ketika ingin menjalani proses kehamilan maka jangan lakukan diet keras yang dapat menurunkan berat badan secara drastis.

Tetap jaga pola makanan yang bergizi seimbang agar tubuh tetap sehat dan berat badan pun dalam kondisi ini stabil.

Kurangi Tingkat Stres Berlebih

cara membuat anak
quariuslearning.co.id

Beban pikiran yang terlalu tinggi akan membuat wanita sulit untuk hamil bahkan lebih fatal dari kekurangan berat badan atau kelebihan berat badan. Stress akan langsung mengganggu pada stabilitas hormon esterogen dan progesterone.

Ketika stabilitas hormone terganggu maka siklus ovulasi, masa subur dan siklus menstruasi pun akan terganggu, sehingga kondisi ini akan sulit untuk berovulasi. Maka dari itu pasangan suami istri harus dalam kondisi bahagia ketika berhubungan.

Hindari stress sejauh mungkin agar proses pembuahan lebih cepat terjadi.

Olah Raga Secara Teratur

cara membuat anak
muslimah.co.id

Olah raga akan membantu stabilitas metabolisme dalam tubuh, hal ini akan membuat organ-organ penting dalam tubuh seperti organ reproduksi.

Apabila organ reproduksi sehat maka proses kehamilan seperti ovulasi dan pembuahan bsa berjalan dengan lancar. Olah raga bisa menjadi solusi agar berat badan bisa tetap terjada pada kondisi ideal dan terhindar dari penyakit obesitas.

Olah raga secara teratur menjadi hal yang sangat penting bagaimana cara membuat anaka yang baik untuk dilakukan agar pasangan bisa segera memiliki momongan.

Olah raga yang baik dan berhasil membuat anak serta tidak terlalu menguras tenaga adalah pilates, yoga, aerobic dan jalan cepat.

Menghindari Faktor Penghambat Kehamilan

cara membuat anak
samishare.com

Banyak sekali faktor yang bisa menghambat proses terjadinya kehamilan, maka dari itu baik istri atau suami harus bisa bekerja sama untuk bisa menghindari faktor-faktor tersebut.

Faktor-faktor tersebut biasanya berupa kebiasaan buruk yang sering dilakukan seperti merokok, minum minuman bersoda serta mengonsumsi kafein secara berlebihan.

Memakan gorengan serta pola tidur yang kurang baik pun menjadi salah satu faktor penyebab penghambatnya proses kehamilan. Maka dari sekarang mulailah secara perlahan mengurangi kebiasaan-kebiasaan yang menjadi faktor penghambat kehamilan.

Maka dari itu usaha kita dalam membuat anak bisa segera terwujud.

Itulah beberapa panduan dan cara membuat anak secara baik dan benar. Semoga usaha yang dilakukan tidak sia-sia sehingga bisa segera mendapat momongan yang telah ditunggu kehadirannya.

Leave a Comment