Cara Membuat Infused Water yang Sehat, Cepat dan Praktis

CARA MEMBUAT INFUSED WATER – Pembuatan infused water bukanlah hal yang sulit karena tidak memerlukan keterampilan khusus, bahkan tersedia berbagai wadah untuk membuat infused water  agar tampil menarik. Dengan demikian, proses pembuatan infused water menjadi lebih cepat, mudah dan praktis sehingga akan dapat diperoleh khasiat yang yang maksimal.

Apalagi infused water menjadi tren minuman saat ini dan bisa dibawa pergi dengan menggunakan botol minuman yang manarik.

Wadah minuman berbagai bentuk, pisau, es batu atau Anda bisa menyimpannya di kulkas adalah peralatan yang dibutuhakan untuk membuat minuman segar dan sehat ini

Pentingnya Pemenuhan Kebutuhan Air Bagi Tubuh

Pentingnya Pemenuhan Kebutuhan Air Bagi Tubuh
sijai.com

Air merupakan sumber kehidupan. Setiap hari demi kesehatan, minimal tubuh manusia membutuhkan 8 gelas air. Sebenarnya kebutuhan air ini relatif, karena akan berbeda pada setiap orang sesuai dengan aktivitasnya. Air tubuh akan keluar melalui seni, keringat, uap pernapasan, dan tinja. Semakin banyak air yang dikeluarkan tubuh, makin banyak pula air yang perlu dimasukkan kembali ke dalam tubuh.

Fungsi air dalam tubuh bermacam-macam, yang membantu untuk menjaga kesehatan. Seperti sebagai pembentuk sel, pengatur suhu tubuh, sebagai pelarut, dan sebagai pelumas. Paling penting tentu saja untuk mencegah terjadinya dehidrasi.

Namun tidak semua orang suka mengonsumsi air secara rutin dan banyak, oleh karena itu agar tetap sehat, maka salah satu alternatif  bagi mereka yang enggan minum air putih adalah dengan mengonsumsi infused water.

Dengan proses sederhana, berbagai air dengan cita rasa buah dan warna mengundang selera dapat dibuat sendiri di rumah. tentunya ini lebih aman dan alami. Selain itu, tidak mengandung pengawet, pewarna, dan pemanis sintetik.

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan pada Pembuatan Infused Water

Hal-hal yang Perlu Diperhatikan pada Pembuatan Infused Water
fruit-me.co.uk

Mengomsumsi infused water dapat memberikan manfaat yang besar terhadap kesehatan. Dalam pembuatan infused water, ada beberpa hal yang perlu diperhatikan agar infused water yang dihasilkan mampu memberikan manfaat yang luar biasa. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan infused water adalah sebagai berikut.

1. Buah harus dalam keadaan segar

Buah yang akan digunakan dalam infused water hendaknya dipilih yang segar. Hal ini dikarenakan bahan pangan yang masih segar mengandung zat gizi lengkap dibandingakan dengan bahan pangan yang telah dimasak. Bahan pangan yang telah dimasak akan kehilangan 30-80% kandungan gizinya. Apalagi untuk zat-zat gizi minor dan finonutrien, umumnya mengalami penurunan, bahkan hilang samasekali setelah mengalami proses pemasakan.

Misalnya, glutathione sebagai antikanker dan antioksida. Setelah pemasakan, kandungan zat tersebut menjadi berkurang, bahkan hilang sama sekali. Selain itu, bahan pangan yang masih segar akan lebih mudah dicerna dibandingkan denan bahan pangan yang telah diolah dan energi yang dikandingnya lebih besar.

2. Buah dalam kondisi matang optimal

Buah yang digunakan untuk membuat infused water hendaknya mempunyai tingkat kematangan yang optimal, tapi jangan sampai lewat matang. banyak zat gizi yang belum tentu sempurna selama buah belum matang.

3. Buah dicuci terlebih dahulu sebelum diiris

Buah yang akan digunakan untuk pembuatan infused water harus dicuci terlebih dahulu. Pencucian dimaksudkan untuk menghilangkan kotoran dan pestisida yang mungkin terdapat pada buah. Perlu juga diperhatikan agar proses pemotongan dilakukan setelah pencucian, jangan sebaliknya. Hal ini dimaksudkan agar zat-zat gizi terutama vitamin larut air tidak ikut terbuang pada saat pencucian. Disarankan untuk membeli buah organik sehingga tidak perlu mengupas kulitnya.

4. Pemberian bahan tambahan pada pembuatan infused water

Infused water buah segar mempunyai rasa asam dan hambar, untuk itu bisa ditambahkan simple sirup atau madu.

Beberapa Cara Membuat Infused Water

Resep cara membuat infused water
fitnessmusthaves.com

Cara Membuat Infused Water ‘Ginger Lemon’

Bahan:

  • 2 buah jeruk lemon, kupas kulitnya, iris bulat tipis
  • 3 ruas jahe, cuci bersih, iris tipis
  • 1 liter air putih matang

Cara membuat:

  1. Masukkan jeruk lemon dan jahe ke dalam toples kaca atau pitcher kaca, tekan-tekan dengan sendok kayu agar sarinya keluar,
  2. Tambahkan air, tutup rapat. Diamkan dalam kulkas selama 4 jam,
  3. Keluarkan potongan lemon dengan jahe. Infused water siap dinikmati

Vitamin C dan vitamin B dalam lemon digunakan sebagai senyawa detoksifikasi. Zingerone dalam jahe mampu mengikat racun dalam saluran pencernaan penyebab diare. Selain itu, jahe juga membantu mengeluarkan keringat sehingga melancarkan detoksifikasi di dalam tubuh.

Cara Membuat Infused Water ‘Strong Cucumber Apple’

Bahan:

  • 1½ buah apel merah, cuci bersih, buang biji, potong juring tipis-tipis,
  • 2 batang serai, cuci bersih, potong-potong,
  • ½  buah mentimun, kupas kulit, potong tipis-tipis, dan
  • 1 liter air matang

Cara membuat:

  1. Masukkan semua bahan ke dalam toples kaca atau pitcher kaca, tekan-tekan dnegan sendok kayu agar sari buah keluar,
  2. tambahkan air, tutup rapat. Diamkan dalam kulkas selama 4 jam,
  3. keluarkan potongan bahan-bahannya. Tuangkan infused water ke dalam gelas saji. Nikmari dalam keadaan dingin.

Vitamin C berfungsi sebagai antioksidan dan untuk detoksifikasi. kandungan air yang tinggi dalam mentimun mampu mengeluarkan BAB, keringat, dan urine lebih cepat sehingga baik untuk proses detoksifikasi. Seperti halnya mentimun, serai juga mampu melakukan detoksifikasi dengan meningkatkan jumlah dan frekuensi buang air besar.

Demikin cara membuat infused water dengan cepat mudah dan praktis, semoga bermanfaat dan memperoleh khasiat yang maksimal. Selamat mencoba.

  • EKSPEDISI BARANG SURABAYA KE SAMARINDA MURAH

    terimakasih untuk informasinya….
    semoga sukses selalu…