5 Cara Memutihkan Gigi Secara Alami dengan Cepat dan Permanen

CARA MEMUTIHKAN GIGI – Gigi menjadi sebuah hal yang perlu diperhatikan, jika Anda ingin terlihat lebih menarik saat tersenyum. Sehingga siapa saja pasti menginginkan memiliki gigi yang putih, bersih, dan berkilau. Orang lain pun pasti akan menjadi senang jika melihat senyum Anda.

Namun kebanyakan orang memiliki gigi yang berwarna kuning, sehingga mengurangi kepercayaan diri mereka. Hal tersebut terjadi karena terdapat banyak faktor yang menyebabkan gigi menjadi berwarna kuning.

Salah satu cara memutihkan gigi adalah dengan mendatangi klinik gigi. Namun tentu Anda harus mengeluarkan biaya untuk melakukannya. Jika ingin murah dan praktis, Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Berikut cara memutihkan gigi secara alami menggunakan bahan-bahan yang dapat dijumpai sehari-hari.

1. Cara Memutihkan Gigi dengan Siwak

summerleadental.com

Istilah siwak yang kita ketahui untuk membersihkan gigi sebetulnya adalah dahan atau anggota dari pohon siwak itu sendiri. Siwak sudah lama digunakan sebagai bahan alami untuk merawat kebersihan dan membuat gigi berwarna putih secara alami.

Penelitian arkeologis juga menemukan bahwa siwak telah digunakan sejak jaman Mesir kuno. Tidak hanya itu, umat islam pastinya telah mengenal dengan baik bahwa nabi Muhammad SAW senantiasa menyikat giginya memakai siwak. Berikut ini adalah langkah memakai siwak untuk membersihkan dan menyingkirkan noda di gigi:

  1. Pakailah siwak yang memiliki tekstur lembut, siwak ini bisa didapat dari anggota batang atau akar tanaman siwak
  2. Haluskan siwak tersebut sampai menjadi serbuk
  3. Campurkan bubuk siwak dengan sedikit air selanjutnya usapkan pasta tersebut pada gigi
  4. Bersihkan atau berkumurlah setelah lima menit
  5. Perawatan ini bisa dijalankan sebanyak dua kali dalam seminggu untuk memperoleh hasil yang maksimal.

2. Cara Memutihkan Gigi dengan Baking Soda

baking soda
davidwolfe.com

Baking soda merupakan salah satu bahan alami yang terkenal dan kerap digunakan untuk menjadikan gigi putih. Baking soda atau soda kue adalah serbuk halus berwarna putih yang umumnya digunakan sebagai pengembang makanan seperti kue dan makanan lainnya.

Namun, pemakaian baking soda secara terlalu berlebihan malah bisa menyebabkan kerusakan pada gigi Anda. Oleh karena itu, gunakan baking soda seperlunya saja, kira-kira satu atau dua bulan sekali.

  1. Buatlah pasta baking soda dengan cara mencampurkan dua sendok makan baking soda dengan satu sendok air
  2. Oleskan pasta selanjutnya pada gigi dan biarkan selama tiga menit
  3. Bilas dan berkumurlah bersama dengan air hangat

3. Cara Memutihkan Gigi dengan Garam dan Lemon

lemon dan garam
farmpretty.com

Garam dan lemon dapat menjadi perpaduan ampuh untuk menghalau warna kuning terhadap gigi. Garam merupakan eksfoliator atau pengelupas alami yang dapat digunakan untuk menyingkirkan noda terhadap gigi, sedangkan lemon mengandung asam yang dapat membantu melunturkan noda pada lapisan enamel.

Berikut beberapa langkah yang perlu Anda jalankan sebagai cara memutihkan gigi menggunakan garam dan lemon:

  1. Campur satu sendok teh garam dengan sebagian tetes lemon
  2. Gosokkan campuran tersebut pada gigi Anda dan diamkan beberapa menit
  3. Bilas atau berkumurlah dengan air hangat
  4. Selain melalui cara diatas, Anda juga dapat memanfaatkan kulit lemon untuk menggosok gigi dengan mengaplikasikannya segera terhadap gigi dan biarkan selama beberapa menit, kemudian berkumurlah dengan air bersih.
  5. Lakukan perawatan ini dua kali dalam seminggu

4. Cara Memutihkan Gigi dengan Kulit Jeruk

kulit jeruk
www.popsugar.com.au

Kulit jeruk bisa saja dianggap sebagai sampah bagi kebanyakan orang dan seringkali tidak dimanfaatkan walau banyak miliki manfaat.

Selain berfungsi untuk menyingkirkan jerawat, kulit jeruk yang memiliki kandungan vitamin C bisa digunakan untuk memutihkan gigi. Berikut ini cara memutihkan gigi secara alami menggunakan kulit jeruk:

  1. Buatlah pasta yang berasal dari bubuk kulit jeruk yang dikeringkan, sesudah itu diblender hingga halus
  2. Campurkan bubuk kulit jeruk tersebut dengan air secukupnya
  3. Oleskan pasta kulit jeruk tersebut pada gigi Anda dan diamkan kurang lebih sekitar tiga menit
  4. Bilas atau berkumurlah dengan air hangat
  5. Lakukan perawatan ini dua kali selama seminggu untuk meraih hasil yang optimal

5. Cara Memutihkan Gigi dengan Arang

arang
thenews-chronicle.com

Tidak banyak orang yang mengerti bahwa arang ternyata bisa digunakan untuk memutihkan gigi dengan cepat. Hal ini sebenarnya terdengar tidak wajar akibat arang sudah pasti berwarna hitam dan mungkin kita bingung bagaimana arang bisa membersihkan dan menghilangkan noda pada gigi yang berwarna kuning.

Arang mengandung senyawa aktif karbon yang berguna untuk menghilangkan noda pada lapisan enamel gigi secara cepat. Namun harus diperhatikan bahwa arang tidak bisa digunakan sebagai bahan perawatan gigi secara rutin. Berikut ini cara memutihkan gigi menggunakan arang:

  1. Tumbuklah arang kayu sampai menjadi bubuk
  2. Campurkan bubuk arang dengan sedikit air dan usapkan pasta tersebut di gigi selama beberapa menit
  3. Kumur dengan air hangat dan lihatlah perubahannya
  4. Ingatlah untuk cuma memanfaatkan arang maksimal dua kali di dalam sebulan, dikarenakan arang bisa menyebabkan kerusakan pada lapisan pelindung gigi dan menyebabkan gigi menjadi sensitif.

Demikianlah cara memutihkan gigi secara alami menggunakan bahan-bahan yang dapat kita jumpai sehari-hari. Semoga cara-cara di atas bagi Anda sebagai alternatif untuk menyelesaikan permasalahan gigi yang berwarna kuning. Salam.

No ratings yet.

Please rate this

Leave a Comment