11 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami, Medis dan Terapi

CARA MENGHILANGKAN JERAWAT – Wajah yang mengalami jerawat pasti sangat menggangu dalam melakukan aktifatas, karena kebanyakan orang yang mengalaminya, menganggap bahwa jerawat adalah sebuah masalah. Pada hakikatnya jerawat merupakan hal wajar terjadi.

Karena ada banyak faktor penyebab jerawat kenapa bisa terjadi, apalagi buat kamu yang menginjak usia remaja, salah satu yang menyebabkan jerawat adalah pada hormon. Meskipun pada umumnya jerawat bukan merupakan penyakit serius, tetapi masalah ini cukup menganggu.

Adapun cara untuk menghilangkan jerawat, ada banyak sekali cara yang bisa kita tempuh untuk menghilangkan jerawat, mulai dari cara medis sampai dengan cara yang tradisional. Bisa kita gunakan untuk menghilangkan jerawat pada wajah kita.

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

Berikut ini merupakan beberapa pembahasan yang akan kami sampaikan, mengenai cara menghilangkan jerawat, tidak hanya itu cara ini juga bisa digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat dan pilihan cara menghilangkan jerawat yang akan saya bagikan mulai dari prosedur medis, serta menghilangkan menggunakan bahan alami sampai terapi.

Jerawat yang berada pada wajah pasti merupakan suatu hal yang tidak disukai oleh banyak orang, tetapi tenang saja anda bisa menghilangkan jerawat dengan bahan-bahan alami yang bisa kamu coba, berikut ini beberapa bahan-bahan alami yang bisa kamu gunakan sebagai obat penghilang jerawat secara alami yang bisa kamu gunakan.

Madu Murni

cara menghilangkan jerawat menggunakan madu

Bisa kita gunakan madu, kita pasti sudah tahu mengenai madu yang merupakan salah satu bahan yang paling sering orang gunakan untuk menghilangkan jerawat pada wajah. Memang madu memang sudah sangat familiar dikenal sejak lama, yang mana kasiat madu memiliki banyak manfaat untuk penyembuhan penyakit.

Madu tidak hanya digunakan sebagai obat, tetapi madu juga telah dimanfaatkan sebagai produk-produk bahan kecantikan alami, sehingga pada saat ini sudah mulai dikembangkan dan banyak macamnya, sebetulnya khasiat madu sudah diketahui mulai dari  zaman dahulu sebelum masyarakat kuno mengenal produk kosmetik.

Tidak hanya itu saja madu memiliki beberapa kandungan manfaat sebagai kesehatan pada kulit yang memliki banyak  vitamin, mineral, anti-bakterial dan sebagainya, sehingga dalam penggunaan madu sangat cocok untuk menghilangkan jerawat. Serta dalam penggunaannya juga sangat mudah yaitu kita hanya mengusapkan madu langsung pada kulit wajah. pada saat menggunakan kita juga bisa menambahkannya menggunakan bahan lain seperti susu atau kayu manis.

Minyak Zitun

manfaat minyak zaitun

Ada banyak cara dalam menghilangkan jerawat di wajah, salah satunya  menggunakan minyak zaitun yang mana pasti anda sudah mengetahui minyak zaitun itu apa. Karena dalam minyak zaitun mengandung banyak manfaat yang bisa digunakan, salah satunya menggunakan minyak zaitun sebagai bahan perawaatan wajah,

Tidak berbeda dengan manfaat madu, salah satunya minyak zaitun juga dapat menyembuhkan luar biasa, sehingga pada penggunaanya sering digunakan sebagai cara alternatif mengatasi jerawat. untuk cara penggunaannya juga terlalu tidak sulit kita bisa menggunakan hanya dengan cara mengoleskan minyak zaitun extra virgin pada permukaan seluruh kulit wajah. Selanjutnya kita diamkan sampai beberapa menit, baru setelah kita anggap selesai kita bilas menggunakan air sampai bersih.

Jeruk / Lemon

menghilangkan jerawat menggunakan lemon

Mengobati jerawat serta menghilangkan bekas jerawat bisa kita lakukan menggunakan jeruk atau lemon, karena pada hakikatnya lemon adalah buah yang sangat banyak dengan vitamin C yang terkandung didalamnya, pasti kalian jutaga tahu bahwa manfaat vitamin C sangat berguna juga untuk mengatasi jerawat yang bandel.

Adapun cara mnghilangkan jerawat menggunakan lemon, kita bisa menyediakan beberapa lemon setidaknya 1-2 buah, kita ambil airnya dengan cara kita peras kedalam wadah, setelah air lemon terkumpul. Baru bisa kita poleskan air perasan lemon tersebut kewajah kita, jangan lupa gunakan pada wajah yang mengalami jerawat, oleskan pada malam hari ketika mau tidur, sampai bangun tidur, setelah itu baru kita bilas.

Putih Telur

masker putih telur

Dalam kegunaan putih telur tidak hanya digunakan sebagai bahan untuk tambahan membuat kue saja, akan tetapi ternyata bisa juga digunakan sebagai obat jerawat alami yang bisa kita gunakan. Karena telah terbukti bahwasanya cukup bagus digunakan sebagai bahan menghilangkan jerawat untuk wajah.

Cara pemakaiannya cukup mudah kita tinggal memisahkan antara kuning dengan putih telur, kocok putih telur yang telah selesai dipisahkan dengan kuning hingga berbusa, setelah itu usap pada seluruh wajah anda hingga merata. Tunggu hingga kering, setelah itu baru bilas dengan air hangat hingga bersih. Dalam melakukan cara ini, tidak hanya membantu menghilangkan jerawat tetapi juga bisa menambah nutrisi kulit dari luar.

Lidah Buaya

cara menghilangkan jerawat

Tahukah kalian bahwa lidah buaya memiliki hormon giberelin serta polisakarida dan juga digunakan sebagai anti-bakteri yang dapat membantu untuk membunuh sebuah bakteri yang merupakan penyebab jerawat. Ini merupakan zat alami yang dapat untuk membantu menghilangkan minyak berlebih, kotoran, dan sel kulit mati.

Selanjutnya menyebabkan gumpalan pada pori-pori kulit Anda dan menyebabkan infeksi bakteri. Lidah buaya juga membantu merangsang pertumbuhan sel sehingga kulit yang rusak akan sembuh lebih cepat dan sedikit meninggalkan luka.

Aloe vera bertindak sebagai anti-peradangan alami yang membantu mengurangi kemerahan, radang, dan nyeri yang berhubungan dengan jerawat. Juga memiliki sifat penenang. Ia juga berfungsi sebagai pereda rasa nyeri saat diterapkan pada bagian yang terinfeksi. Lidah buaya akan masuk ke dalam lapisan terdalam dan menahan rasa nyeri dan meredakan peradangan.

Baking Soda

menghilangkan jerawat
bicarbonate

Ternyata baking soda dapat menetralkan keasaman pada kulit sehingga dapat menyebabkan bakteri penyebab jerawat tidak mampu hiuso lama, sehingga bakteri yang ada pada wajah dapat terbunuh, serta baking soda juga mampu untuk mengikis sel kulit mati dan mampu membersihkan pori-pori yang menyebabkan tersumbat menyerap minyak secara berlebihan.

Dalam penggunaannya anda bisa menyediakan pasta baking soda dengan mencampur antara 2 sendok makan, menggunakan 1 sendok makan air, jika sudah selesai baru anda bisa mengoleskan pada area wajah yang mengalami jerawat. Biarkan wajah yang telah anda oleskan selama 15 menit, kemudian anda bisa bilas dengan air hangat, serta keringkan menggunakan handuk.

Cara Menghilangkan Jerawat Secara Medis dan Terapi

cara menghilangkan jerawat

Beberapa diantara dari kita mungkin akan memilih memutuskan dalam melakukan pengobatan secara medis untuk menghilangkan bekas jerawat di wajah. walaupun dalam menghilangkan bekas jerawat sendiri secara alami ini mudah dilakukan, namun efeknya memang sedikit lebih lama.

Ada beberapa pilihan yang dapat dilakukan untuk menghapus jerawat dalam dunia medis untuk mengembalikan penampilan kulit seperti sediakala. Namun yang terpenting adalah lakukan konsultasi  dengan dokter kulit terlebih dahulu untuk mendapatkan rekomendasi pengobatan untuk bekas jerawat yang sesuai.

Untuk mengatasinya, Anda tidak usah khawatir karena, kini tersedia beragam cara. Namun sebelum memutuskan untuk menggunakan salah satu terapi, konsultasikan dengan dokter, berikut ini beberapa cara menghilangkan bekas jerawat secara medis.

Punch Techniques

Teknik ini paling pas dijalankan untuk mengatasi bekas jerawat jenis ice pick dan boxcar. Untuk bekas jerawat ice pick ringan sanggup mengfungsikan teknik punch excision yang sanggup mengangkat bekas jerawat dan menutup lukanya, supaya sanggup tumbuh kulit baru yang lebih halus dan rata.

Sementara untuk bekas jerawat ice pick yang dalam, sanggup diatasi bersama teknik punch grafting yaitu mengangkat bekas jerawat, setelah itu dijalankan pengisian cekungan bersama potongan kulit yang diambil alih dari bagian tubuh lain, layaknya belakang telinga. Teknik ketiga yaitu punch elevation.

Teknik ini paling pas dimanfaatkan untuk mengatasi bekas jerawat boxcar dengan pembedahan  dasar bekas jerawat dan menyisakan sisi-sisinya saja. Setelah itu bagian dasar disatukan bersama sisi tapi lebih diangkat supaya sejajar bersama kulit muka secara keseluruhan. Tujuan dari prosedur-prosedur ini juga adalah untuk meratakan permukaan kulit.

Subcision

Teknik ini sangat sesuai untuk bekas jerawat jenis rolling. Lapisan kulit paling atas diangkat dari jaringan bawah bekas jerawat, supaya sebabkan luka dan sebabkan darah memenuhi area tersebut. Gumpalan darah itu kemudian sanggup membentuk jaringan ikat dan menunjang mendorong bekas luka. Hal ini memungkinkan kulit muka menjadi rata. Subscision biasanya diikuti bersama perawatan lain layaknya dermabrasi dan perawatan laser.

Krim wajah

Pada bekas jerawat yang mengalami bengkak atau berwarna merah, Anda sanggup memfungsikan krim kortison atau steroid. Krim ini akan dapat diserap oleh sel kulit dan sanggup mengurangi pembengkakan. Untuk memudarkan bekas jerawat menghitam, krim bersama bahan asam kojic, arbutin dan vitamin C sanggup menjadi pilihan anda untuk mengatasi jerawat yang mungkin mengganggu anda.

Perawatan laser dan filler injection

Dermatolog sanggup mengfungsikan sabagai salah satu teknologi laser fractional untuk merangsang pembentukan kolagen kulit supaya permukaan kulit bersama bekas jerawat nampak lebih rata. Ada dua jenis perawatan mengfungsikan laser, yaitu ablatif dan non ablatif. Perawatan laser ablatif yaitu bersama ‘menembakkan’ laser pada  bekas jerawat supaya permukaan kulit  lebih halus.

Sedangkan laser non-ablatif sanggup menunjang mengaktifkan memproses kolagen tanpa mengganggu permukaan kulit. Sementara filler injection bisa menunjang isi cekungan bekas jerawat yang dalam. Hanya saja suntikan ini umumnya perlu lebih dari satu kali pengulangan.

Dermabrasion

Tujuan dilakukannya prosedur adalah untuk mengangkat susunan paling atas dari kulit bersama mengfungsikan sikat kawat spesifik atau laser. Meskipun setelah perawatan, muka sanggup nampak memerah dan bengkak sepanjang lebih dari satu waktu, tapi nantinya keadaan muka sanggup  membaik. Tindakan ini juga sekaligus sanggup menyamarkan bekas jerawat yang tersedia sebelumnya.

Nah itulah beberapa cara menghilangkan jerawat yang bisa anda coba untuk menghilangkan jerawat pada wajah yang sangat efektif dan tepat untuk dicoba. Karena dalam mengobati saja tidak akan cukup, sehingga saya akan menambahkan sedikit cara mengatasi jerawat yang harus anda perhatikan, berikut beberapa hal yang dapat mencegah terjadinya jerawat pada wajah anda :

  1. Hindari pemakaian kosmetik secara berlebihan karena dapat berbahaya bagi kulit
  2. Ketika nampak ada jerawat pada wajah, jangan menyentuh wajah yang berjerawat dengan kuku.
  3. Jangan mencoba untuk memencet jerawat.
  4. Senantiasa bersihkan permukaan wajah, cuci setidaknya minimal 2X sehari
  5. Rutinitas Berolahraga
  6. Perbanyak untuk meminum air putih
  7. Hindarkan banyak pikiran dari stress

Memang dengan cara tersebut tidak akan menyembuhkan jerawat secara instan namun dalam penyembuhannya membutuhkan proses. Akan tetapi jika dilakukan secara rutin pasti akan membuahkan hasil yang maksimal dan tentu saja tanpa efek samping yang membahayakan kulit wajah anda.

Mungkin sekian yang dapat saya sampaikan, demikianlah ulasan singkat yang dapat kami sampaikan seputar cara menghilangkan jerawat yang membandel pada wajah secara alami dan efektif pada permukaan wajah anda. Semoga dengan cara ini wajah anda bisa kembali berseri seperti semula dan terbebas dari jerawat.