30+ Cara Menghilangkan Kutu Rambut Secara Alami

Cara Menghilangkan Kutu – Kutu rambut adalah suatu masalah pada kesehatan kepala yang seringkali muncul. Bukan saja di saat ini, kutu rambut memanglah telah terkenal sejak dahulu. Khususnya terhadap anak-anak. Pada umumnya sudah banyak orang yang pernah mempunyai kutu di rambutnya. Memang bukan suatu masalah yang cukup besar. Tetapi tentu saja terdapatnya kutu di rambut menjadikan kepala kita tak nyaman dikarenakan merasa gatal terus menerus.

Terdapatnya kutu rambut membawa masalah untuk para penderitanya. Coba bayangkan saja bila dia harus seringkali menggaruk kepalanya dikarenakan merasa gatal. Khususnya pada saat kutu rambut sedang menghisap darah dari kulit kepala.

Apabila tak segera diatasi, bisa jadi kutu rambut betina yang sudah dewasa akan berkembang biak, jumlah telur yang dihasilkan oleh kutu betina dewasa kurang lebih 6 buah telur tiap harinya. Coba bayangkan kembali bila terdapat 10 kutu rambut betina dewasa di kepala anak Anda.

Maka artinya terdapat puluhan telur siap tetap yang akan bersarang pada rambut. Pada umumnya memerlukan waktu sekitar 8 hari untuk telur kutu ini supaya menetas.

Mengapa kutu di rambut harus segera dihilangkan ? Namanya kutu, menurut berita yang tersebar di masyarakat, kutu dapat berpindah tempat dari satu orang ke orang lain.

Anda tak inginkan bila Anda juga ikut tertular mempunyai kutu rambut? Jadi sebelum terlambat, bila terdapat keluarga ataupun teman Anda yang mempunyai kutu, segeralah bantu dia guna menghilangkan kutu di rambut kepalanya. Menolong mereka berarti sekaligus menolong rambut Anda.

Sebelumnya kita akan membeberkan fakta mengenai kutu rambut sebagai pengetahuan tambahan untuk kita semua.

Fakta Unik Tentang Kutu Rambut

fakta kutu rambut
tetapfit.com

Seseorang yang di rambutnya ada kutu rambut atau dalam bahasa latin Pediculus humanus capitis pastilah kana merasa tak nyaman.

Disamping menggangu dikarenakan dapat menyebabkan gatal, serangga parasit ini pun senang sekali mengisap darah. Diringkas dari beragam sumber, berikut ini beberapa fakta mengenai kutu rambut yang perlu Anda ketahui.

Kutu Tak Mudah Untuk Berpindah

Tidak sedikit orang yang beranggapan bahwasanya kutu sangat mudah di dalam berpindah, sehingga janganlah mendekati orang yang memiliki kutu. Kenyataannya, kutu rambut tidak mudah untuk berpindah dari satu kepala ke kepala lainnya dikarenakan mereka hanya dapat berjalan seperti biasa saja.

Kutu rambut pun tak dapat melompat dikarenakan tidak mempunyai kaki belakang yang cukup kuat guna melompat jauh serta juga tidak bisa terbang dikarenakan tidak memiliki sayap.

Ada pun hal yang paling memungkinkan dari persebaran kutu tersebut yaitu pada saat seorang yang mengalami infeksi kutu rambut dari beragam benda-benda pribadi seperti halnya sisir dan topi ke orang lain.

Suka Terhadap Rambut Bersih serta Mengkilap

Faktnya rambut yang bersih menjadikan kutu rambut semakin senang untuk berkembang biak. Maka anggapan bahwa kebersihan rambut yang tak dijaga itu tidak cukup tepat.

Meski sangatlah jarang terjadi, tetapi bila seseorang mengalami infeksi kutu rambut yang cukup berat, hal tersebut diketahui dapat juga menjadikan orang itu terkena gejala anemia ataupun kekurangan darah.

Mudah Terlihat

Walaupun mencari kutu rambut dapat terbilang cukup sulit dikarenakan warnanya yang gelap serta mudah tersamar di antara rambut-rambut. Kita dapat tahu apakah rambut terkena infeksi kutu dengan cara melihat tanda-tandanya semisal munculnya telur.

Telur kutu rambut pada umumnya berwarna keputihan ataupun kecoklatan serta menempel di helai rambut. Sementara gejala yang dapat jadi penanda terdapatnya kutu antara lain contohnya kulit yang memerah atapun merasakan terdapat sesuatu yang bergerak di kulit kepala serta kulit rambut akan terasa gatal, hal ini dapat diakibatkan karena air liur kutu rambut.

Hilangkan Kutu Rambut Cukup dengan Sampo

Cara menghilangkan kutu rambut terbilang  yang bisa dilakukan dengan cukup mudah yaitu memakai sampo khusus yang berguna membunuh kutu rambut yang bisa dengan mudah dibeli di beberapa apotek terdekat.

Tetapi tentu saja harus berhati-hati di dalam memakainya, dikarenakan sampo khusus yang berguna membunuh kutu ini memilki kandungan bahan kimia atapunu insektisida yang dapat tak cocok untuk selurung orang khususnya anak-anak.

Ada baiknya bila memang dibutuhkan konsultasikan pada dokter ahli. Hal ini untuk guna menghindarkan kejadian yang tidak diinginkan semisal yang menimpa kaka-beradik yang tinggal di Boyolali, Jawa Tengah yang meninggal diduga dikarenakan keracunan pestisida golongan insektisida sesudah memakainya sebaga obat kutu rambut.

Seharusnya memakai obat kutu untuk memberantasnya, mereka memakai Diazinon yang adalah insektisida yang pada umumnya digunakan dalam memberantas hama tanaman contohnya kutu loncat.

Penyebab Munculnya Kutu Rambut

penyebab munculnya kutu rambut
manjadda.com

Kehidupan kita yang seringkali melakukan interaksi dengan alam tentu saja akan memiliki dampak terhadap kesehatan kita. Gaya hidup kita pun memiliki pengaruh ternyata, bukan hanya saja efek positif yang kita dapatkan, efek negatifnya juga pun ikut serta. Beberapanya yaitu munculnya kutu di rambut. Kemudian, apa saja sih yang penyebab munculnya kutu rambut tersebut ?

1. Memakai Sisir yang Sama

Waspadalah bila Anda memakai sisir, khususnya bila pengguna sebelumnya mempunyai masalah dengan kutu. Mungkin bisa saja telur kutu yang masih tertinggal di sisir akan berpindah di kepalamu. Sehingga taka memerlukan waktu lama telur untuk menetas serta Anda pun selamat dari kutu rambut baru.

2. Memakai Handuk yang Sama

Disamping sisir memakai handuk yang sama dengan s penderita kutu rambut pun bisa menjadikan salah satu sebab penularan telur kutu rambut terhadap orang lain, maka mulai sekarang Anda haruslah lebih berhati-hati. Memaka handuk pribadi supaya lebih aman. Disamping itu bukan saja kutu, bisa saja panu ataupun permasalahan kulit lainnya bisa ditularkan dengan barang yang dipergunakan secara bersama-sama.

3. Tidak Sering Melakukan Perawatan Rambut

Rambut adalah suatu aset berharga. Banyak orang yang rela mengeluarkan biaya yang cukup mahal, khususnya para wanita. Rambut menjadi sebuah mahkota yang sangat dijaganya. Coba bayangkan bila rambut Anda yang panjang tidak sering disampo, sangat jarang dibersihkan, seringkali terkena debu serta polusi. Disamping itu merusak rambut, tentu saja kondisi ini akan menjadikan lingkungan yang disenangi untuk kutu rambut.

Disamping ketiga hal diatas, dalam penggunaan barang-barang bersama contohnya  jilbab, topi pada orang yang pernah mempunyai kutu rambut pun dapat  menjadi media penularan telur kutu. Jadi Anda harus lebih berhati-hati.

Cara Menghilangkan Kutu Secara Alami dengan Cepat

cara menghilangkan kutu rambut
sayasehat.id

Memunyai kutu di rambut merupakan suatu hal yang menjengkelkan serta menjijikkan untuk sebagian orang. Disamping itu dapat mengakibatkan rasa gatal yang tidak kunjung hilang, kutu rambut pun bisa menjadkan orang-orang di sekitar kita semakin menjauh dikarenakan takut tertular. Tak hanya itu, apabila tak segera diatasi kutu rambut pun dapat melukai kulit kepala kita sehingga dapat mengakibatkan borok (luka yang tidak kunjung sembuh).

Kutu rambut tersebut tinggal di kulit kepala serta menghisap darah dari kulit kepala guna bertahan hidup. Serangga ini berkembang biak dengan cara bertelur dan menemelpkannya di sepanjang rambut serta mempunyai ukuran tubuh yang sangat kecil, ialah hanya sekitar 1-1.6 mm.

Cara penularannya juga terbilang mudah, dari 1 orang ke orang yang lain, ialah melalui sisir yang sama, pakaian ataupun berada di  tempat tidur yang sama. Maka dari itu, apabila Anda mempunyai permasalahan ini, cobalah  beberapa cara menghilangkan kutu rambut dibawah ini untuk mengatasinya:

1. Minyak kelapa

Disamping berguna untuk menghilangkan ketombe, minyak kelapa pun bisa menjadikan lemas kutu rambut sampai membunuhnya disebabkan kandungan asam lemak jenuh yang dipunyainya. Disamping itu, kandungan vitamin E di dalamnya bisa menjaga kelembutan serta kesehatan kulit kepala dan rambut Anda.

  1. Ambillah 2 sendok makan minyak kelapa serta hangatkan sebentar saja.
  2. Oleskan di kulit kepala serta pijat secara lembut.
  3. Tutup kepala Anda dengan mengggunakan penutup rambut atau handuk serta biarkan semalaman.
  4. Bilas serta keramaslah dengan sampo pada keesokan harinya.
  5. Anda bisa melakukan cara ini tiap hari sampai seluruh kutu di rambut Anda mati.

2. Asam cuka

Asam cuka yaitu suatu cairan yang paling efektif serta sudah terbukti di dalam menghilangkan kutu rambut. Tingginya kandungan asam asetat yang terdapat di cuka sanggup membunuh kutu di rambut dengan begitu cepat. Tidak hanya itu, asam cuka pun bisa mellunturkan telur-telur kutu yang menempel di rambut.

  1. Ambillah 2 sendok makan cuka serta campurkan dengan 2 sendok makan minyak kelapa.
  2. Oleskan campuran itu di kulit kepala serta rambut sebelum tidur.
  3. Pergunakan penutup rambut (shower cap) serta biarkan semalaman.
  4. Bilas serta  cuci rambut Anda pada keesokan harinya dengan memakai sampo.
  5. Lakukan cara ini sebanyak 2x seminggu selama 2 bulan.

3. Minyak zaitun

Sepert halnya dengan minyak kelapa, minyak zaitun pun bsa melemaskan kutu di rambut serta mengandung vitamin E yang mampu mengembalikan kesehatan kulit kepala Anda.

  1. Tuangkanlah minyak zaitun secukupnya d telapak tangan.
  2. Gosok-gosokkan d  rambut secara merata sembar sesekali pijat kulit kepala Anda dengan lembut.
  3. Tutupi kulit kepala serta rambut Anda dengan menggunakan penutup rambut ataupun handuk serta biarkan  kurang lebih semalaman.
  4. Bilas dengan memakai  sampo pada keesokan harinya.

4. Bawang putih

Disamping digunakan untuk menghilangkan bekas jerawat, bawang putih pun bisa menghilangkan kutu rambut dikarenakan kandungan sulfur yang cukup tinggi di dalamnya bisa membunuh kutu rambut dengan cukup baik. Hanya saja bau yang tajam di bawang menjadikan orang-orang enggan untuk memakainya.

  1. Ambillah kurang lebih 5 siung bawang putih serta hancurkan sampai halus.
  2. Campurkan dengan air putih sekitar 1 sendok makan.
  3. Tiriskan bawang dengan memakai penyaring guna diambil sarinya saja.
  4. Oleskan sari bawang di kulit kepala serta tutup kepala Anda kurang lebih  2 jam.
  5. Kemudian bilas dengan mamakai air hangat serta gunakan sampo.
  6. Lakukan cara ini tiap hari hingga semua kutu di rambut Anda menghilang.

5. Mayonnaise

Bahan lain yang bisa Anda pergunakan untuk menghilangkan kutu rambut ialah mayonnaise. Bahan ini sudah diterima oleh sebuah departemen kesehatan di Amerika sebagai bahan yang cukup efektif di dalam melumpuhkan serta membunuh kutu rambut.

  1. Ambillah mayonnaise secukupnya saja.
  2. Oleskan mayonnaise ke semua area kulit kepala serta rambut Anda yang diperguanakan untuk masker secara merata.
  3. Bungkus kepala Anda dengan memakai penutup kepala ataupun handuk selama kurang lebih 6 jam.
  4. Bilas serta lanjutkan dengan keramas menggunakan sampo.
  5. Keringkan rambut Anda dengan menggunakan pengering rambut di suhu panas sedang.
  6. Sisir rambut Anda dengan memakai  sisir yang berjarak rapat guna memastikan kutu serta telurnya telah mati dan juga terbuang.
  7. Lakukan cara ini sekitar 1x seminggu hingga seluruh kutu rambut benar-benar hilang.

6. Petroleum gel

Petroleum gel merupakan suatu gel yang pada umumya dipergunakan untuk menata rambut supaya lebih rapi. Gel ini bisa menghilangkan kutu rambut dikarenakan efeknya yang hampir serupa dengan minyak zaitun yang bisa melemaskan kutu serta  membunuhnya.

  1. Ambilah petroleum gel rambut secukupnya saja serta taruh di telapak tangan.
  2. Oleskan di rambut secara merata serta sesekali pijat kulit kepala Anda secara lembut.
  3. Tutupi kulit kepala seta rambut Anda dengan penutup rambut ataupun handuk serta diamkan semalaman.
  4. Bilas dengan air serta pergunakan sampo untuk keramas pada keesokan harinya.

7. Minyak lavender

Terdapat suatu penelitian yang sudah dilakukan terhadap manfaat beberapa minyak esensial guna menghilangkan kutu rambut, salah satunya yaitu minyak lavender.

Minyak ini bersifat antiseptik yang bisa membunuh kutu di rambut serta menghilangkan lem dari telur kutu sehingga telur bisa terlepas dari rambut.

  1. Teteskan 20 tetes minyak lavender di kasa ataupun kapas serta tambahkanlah kurang lebih 1 sendok teh minyak zaitun.
  2. Gosok-gosokkan kapas itu ke semua area kulit kepala serta rambut hingga merata.
  3. Tutup kepala serta rambut dengan memakai penutup kepala ataupun handuk serta biarkan semalaman.
  4. Bilas serta keramas dengan sampo pada keesokan harinya.
  5. Kemudia itu lanjutkan dengan memakai menyisir rambut dengan mempergunakan sisir kutu.
  6. Lakukan cara ini 1x seminggu sampai semua kutu menghilang.

Dalam melakukan metode ini, berhati-hatilah reaksi alergi ataupun iritasi yang bisa jadi terjadi yang diakibatkan kulit kepala yang terlalu sensitif. Segeralah hentikan pemakaian serta lakukan bilas kepala Anda sampai bersih.

8. Alkohol 70%

Cara menghilangkan kutu yang satu ini dengan menggunakan Alkohol. Anda bisa mendapatkan alkohol 70% yang pada umumnya Anda gunakan untuk mencuci tangan untuk larutan untuk menghilangkan kutu rambut. Alkohol bisa membunuh kutu dan juga telurnya dengan sangat efektif.

  1. Semprotkan alkohol ke area kulit kepala Anda sampai seluruh bagian terasa dingin.
  2. Biarkan selama 5-10 menit.
  3. Oleskan conditioner di rambut Anda secara merata.
  4. Lakukan penyisiran di rambut dengan mempergunakan sisir kutu yang memiliki jarak rapat.
  5. Lanjutkan dengan keramas memakai sampo.
  6. Lakukan cara ini kurang lebih 1x seminggu sampai semua kutu hilang dari rambut Anda.

Harus diingat bahwasanya alkohol dapat mengiritasi serta membuat kulit kepala yang terluka akan terasa perih. Maka dari itu, bila kulit kepala Anda sedang dalam kondisi terluka tak dianjurkan untuk mempergunakan metode ini.

9. Lemon

Sama halnya dengan asam cuka, lemon bisa menghilangkan kutu rambut dikarena sifat asamnya yang bisa membunuh kutu serta telur yang menempel di rambut.

  1. Ambilah 2 buah lemon serta peras sarinya.
  2. Campurkan dengan air besih kurang lebih 100ml.
  3. Tuangkanlah larutan lemon ke area kulit kepala secara merata serta diamkan selam 30 menit.
  4. Bilas rambut Anda memakai air hangat.
  5. Lakukan cara ini kurang lebih 2x seminggu secara teratur.

Dalam melakukan hal ini, Anda bisa menggabungkan bawang atau asam cuka untuk efek yang lebih kuat.

10. Sampo Kutu pediculicides

Cara menghilangkan kutu selanjutnya yaitu Anda bisa membeli sampo kutu pediculicides di apotek ataupun toko kesehatan yang dapat menjual berbagai macam obat. Sampo ini memanglah khusus dibuat guna membunuh kutu di rambut.

Akan tetapi, harus diingat bahwasanya tak seluruh orang cocok memkaai sampo ini dikarenakan sifatnya yang cukup iritatif.

  1. Tuangkanlah sampo di telapak tangan serta oleskan secara merata di rambut yang masih kering.
  2. Tunggu kurang lebih selama 10 menit.
  3. Lanjutkan dengan cara membilasnya serta keramas memakai sampo biasa.

Tak seluruh sampo kutu mempunyai langkah yang sama. Maka dari itu pastikanlah Anda membaca petunjuk pemakaian dengan seksama sebelum memakainya. Disamping itu segeralah hentikan pemakaian bila Anda merasakan sensai terbakar seperti panas dan perih pada kulit kepala Anda.

11. Gunakan hair dryer sehabis keramas

Di beberapa studi menyatakan bahwasanya pengering rambut (hair dryer) bisa membunuh kutu rambut sampai 55% serta telur kutu sampai 98%.

Hal ini dikarenakan panas dari pengering rambut bisa melemaskan kutu serta mengurangi perlengketan telur kutu di rambut, sehingga pada saaat disisir kutu serta telurnya mudah terbuang.

  1. Bagilah rambut Anda menjadi beberapa bagian.
  2. Pergunakan pengering rambut dengan suhu yang cukup panas sedang, mulai dari kulit kepala sampai ujung rambut masing-masing kurang lebih 30-60 detik di setiap bagian.
  3. Lanjutkan dengan menyisir rambut Anda mempergunakan sisir kutu. Anda akan melihat kutu serta telurnya ikut luruh terbawa sisir.

Tips Untuk Mencegah Kembalinya Kutu Rambut

cara mencegah kutu rambut kembali
caramenumbuhkanjambang.com

Setelah mempraktekan cara menghilang kutu rambut diatas dan sesudah kutu rambut hilang dari rambut Anda, pastikanlah Anda melakukan langkah-langkah berikut ini guna mencegah kembalinya kutu di rambut Anda sekaligus mencegah penyebarannya.

  1. Segeralah sisir, selimut, pakaian, sprei dan seluruhnya yang mungkin telah menempel dengan rambut Anda di air bersuhu minimal 50°C. Jangan lupa pula untuk memisahkannya dengan pakaian lain yang masih belum terinfeksi kutu rambut.
  2. Bersihkan karpet, tempat tidur, dan sofa yang terdapat di rumah Anda dengan memakai vacuum cleaner.
  3. Sesudah Anda menyelesaikan menjalani serangkaian metode guna menghilangkan kutu pada rambut Anda untuk tahap pertama, ulangi cara tersebut kurang lebih 10-12 hari sesudah rambut Anda terbebas kutu sebagai tahap kedua. Hal ini dilakukan sebagai tindakan pencegahan kembalinya kutu disebabkan telur kutu yang bisa saja masih tertinggal akan menetas pada kurun waktu tersebut.
  4. Anda bisa memakai sisir kutu dengan jarak yang rapat guna memastikan bahwasanya tak ada lagi kutu serta telurnya yang menempel di rambut Anda.
  5. Selama Anda belum terbebas dari kutu rambut, janganlah mempergunakan helm, topi atau sisir yang sama dengan orang serumah. Hal ini bertujuan untuk mencegah penyebaran kutu berpindah ke tempat yang lain.

Sekian beberapa cara menghilangkan kutu rambut yang bisa Anda praktekan. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.

CARA MENGHILANGKAN KUTU RAMBUT – Penyakit kutu rambut adalah kondisi di mana kulit kepala banyak didiami kutu, yaitu serangga berukuran kecil yang hidup di rambut kepala manusia dan hidup lewat menghisap darah di kulit kepala. Ukuran kutu rambut yang kecil membuat sebagian orang tidak bisa melihatnya. Sebenarnya, semua kutu rambut mempunyai ukuran yang tidak sama, mulai dari yang ukurannya seperti biji wijen hingga sebesar ujung kepala peniti. Kemungkinan kalau ukuran kutu tersebut dipengaruhi oleh umur kutu tersebut.

Pada umumnya, kutu telur mempunyai masa menetas sekitar 8 hungga 9 hari lalu selanjutnya mencapai ukuran dewasa atau besar, kutu membutuhkan waktu 9 hingga 12 hari. Jika telah dewasa, kutu bisa hidup sampai empat minggu dan selanjutnya dengan sendirinya akan mati.

Adanya kutu pada rambut sering menyebbakan kulit kepala terasa gatal disebabkan ketika kutu yang ada di kepat berjalan maka terasa sesuatu yang merayap di permukaan kepala kita. Rasa gatal itu yang kemudian menyebabkan seseorang selalu menggaruk-garuk kepala disebabkan efek dari bahaya adanya kutu rambut. Selain dari itu, tanda adanya kutu rambut yang lain adalah pada bagian leher belakang yang terasa ruam.

Perkembangan zaman menghasilkan obat untuk menghilangkan kutu pun semakin banyak. Oleh karena itulah kita lebih dimudahkan dalam mendapat obat yang diinginkan dan bisa digunakan secara mudah. Menggunakan obat dari bahan kimia atau sintesis tidak berarti mengabaikan bahan alami. Ada banyak obat dari bahan-bahan alami yang memiliki manfaaat dalam menyingkirkan kutu dari rambut kepala, bahkan telurnya pun bisa dibasmi.

Berikut ini kami akam memberikan 22 cara menghilangkan kutu rambut di kepala yang bisa Anda manfaatkan:

 

1. Minyak Kelapa

cara menghilangkan kutu dengan minyak-kelapa
wiranews.com

Minyak kelapa bermanfaat sebagai pelumas dalam menghentikan kutu supaya tidak dapat bergerak secara bebas dan mencegah kutu berkembang biak. Memakai minyak kelapa merupakan pilihan yang tepat, salah satu cara menghilangkan kutu di kepala secara permanen. Cara membasmi kutu rambut dengan minyak kelapa adalah sebagai berikut:

  • Bilas rambut menggunakan cuka sari apel dengan cara menyeluruh, setelah itu biarkan kering
  • Kulit kepala dan rambut dilesi minyak kelapa
  • Kepala ditutup dengan handuk atau shower cap
  • Tunggu hingga 6 – 8 jam atau semalaman
  • Setelah itu, atau di pagi harinya, rambut disisir dan keramas.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan berulang cara di atas setiap hari selama satu minggu untuk membasmi kutu di kepala beserta telurnya. Anda juga dapat menambahkan beberapa tetes minyak esensial adas. Banyak jenis minyak esensial yang bisa Anda pakai, seperti kayu putih, minyak cengkeh, neem, lavender, adas, pala, daun kayu manis, dan lainnya.

2. Cuka Putih

Cara menghilangkan kutu dengan Cuka Putih
tandapagar.com

Cara lain yang dapat dilakukan secara aman dan mudah yaitu memakai cuka putih. Bahan ini memiliki asam asetat yang dapat menghancurkan kutu.
Cara penggunaannya:

  • Larutkan cuka putih dalam air dengan jumlah yang sama
  • latutan cuka putih yang telah dibut dioleskan pada rambut lalu bungkus kepala dengan handuk selama 1 atau 2 jam
  • Selanjutnya, sisir rambut menggunakan sisir dengan gigi yang rapat
  • Cuka putih pun dapat Anda pakai sebelum maupun setelah keramas untuk mendapatkan hasilnya lebih baik dari cara menghilangkan kutu rambut dengan bahan ini.

3. Benzyl Alkohol

Semua makhluk hidup pasti memerlukan oksigen dalam bertahan hidup. Benzil alkohol ini bekerja dengan memutus asupan oksigen untuk parasit tersebut menyebabkan mereka mati. Pemakaian obat ini hanya direkomendasikam untuk usia lebih  dari 6 tahun. Efek samping yang bisa saja muncul akibat pemakaian obat ini yaitu merah dan rasa gatal pada bagian kulit kepala. Obat ini dilarang keras untuk diberikan pada bayi karena bisa memberi efek samping yang tidak baik, seperti kejang

4. Malathion

cara menghilangkan kutu dengan melathion
pestrong.com

Zat obat yang memiliki sifat antiparasit ini bentuknya seperti shampo dengan alkohol alkohol tinggi serta hanya bisa dipakaikan pada orang dengan usia di atas 6 tahun. Kandungan alkohol yang dikandungnya tinggi membuat Anda tidak boleh memakai pengering rambut elektrik atau berada di dekat api. Cara penggunaannya diketahui diketahui dari informasi di kemasan ataupun bertanya langsung kepada dokter untuk lebih amannya.

5. Lindane

Obat antiparasit Lindane ini termasuk salah satu kategori obat keras yang penggunaannya dilarang bagi mereka yang mempunyai riwayat kejang-kejang, wanita hamil, pengidap penyakit HIV dan memiliki berat badan kurang dari 50 kg. Dalam cara menghilangkan kutu rambut dengan obat ini, Anda dapat memilih bahan Lindane dengan bentuk shampo.

8. Minyak Biji Sesame

Minyak biji sesame mengandung sifat insektisida, antibakteri, antijamur tinggi. Oleh karena itu, minyak wijen bisa dipakai sebagai obat untuk menghilangkan kutu rambut.
Cara penggunaannya:

  • Campur minyak esensial rosemary, 1 sdt minyak pohon teh, 1/4 cangkir minyak biji wijen, 1/8 minyak nimba,  1 ½ sdt kayu putih dan minyak esensial lavender 10 tetes.
  • Basahi rambut dengan menggunakan campuran di ats lalu biarkan hingga kering
  • Oleskan minyak biji sesame di rambut kemudian tutup dengan handuk atau shower cap kemudian tunggu 1 malam
  • Rambut disisir pada pagi harinya dengan cara menyeluruh untuk membuang kutu yang mati kemudian keramas seperti biasa.

9. Bawang Putih

menghilangkan kutu dengan bawang putih
panduancara1001.top

Siapa sangka kalau bahan yang sering dipakai ibu-ibu di apur ini mempunyai khasiat dalam menghilangkan kutu rambut. Baunya yang khas serta kuat menyebabkan kutu menjadi lemah hingga mati serta hilang secara permanen. Ada dua cara yang dapat dipilih untuk menggunakan bahan ini.
Cara penggunaannya:

  • Pertama, 8 – 10 siung bawang putih dihaluskan lalu dicampur dengan minyak kelapa juga bisa dengan  air jeruk nipis dia hingga tiga sdt
  • Hasil campuran di atas dioleskan di kulit kepala
  • Diamkan selama 30 menit
  • rambut dibilas dengan air panas
  • Cara ini diulangi secara rutin jika ingin mendapatkan hasil yang lebih maksimal

10. Minyak Zaitun

Minyak Zaitun
youtube.com

Minyak yang kaya akan manfaat ini memang sudah melalangbuana di dunia kecantikan termasuk cara menghilangkan kutu rambut, begitu juga untuk perawatan rambut. Selain untuk menghaluskan, menghitamkan dan menebalkan rambut, minyak zaitun juga bisa digunakan untuk menghilangkan kutu rambut yang mengganggu. Disini terdapat dua metode yang bisa dipilih.
Cara pemakaian 1:

  • Sebelum tidur, usapkan minyak zaitun ke kulit kepala
  • Bungkus rambut dengan handuk atau shower cap dan tunggu semalaman
  • Di pagi harinya, kamu harus menyisir rambut untuk menghilangkan kutu yang sudah mati
  • Bilas rambut dengan shampo alami
  • Ulangi langkah ini secara teratur agar hasilnya lebih maksimal.

Cara pemakaian 2:

  • Usapkan campurkan kondisioner dan minyak zaitun bersama sabun cair secukupnya
  • Usapkan campuran tersebut pada kulit kepala
  • Tunggu sekitar 1 jam
  • Bersihkan rambut menggunakan kondisioner dan rambut
  • Sisir rambut agar kutu yang mati bisa hilang
  • Ulangi cara ini paling tidak seminggu sekali

12. Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Garam

Cara Menghilangkan Kutu Rambut dengan Garam
rambutdanketombe.blogspot.co.id

Bahan yang satu ini pasti selalu ada di rumah-rumah karena merupakan bahan masakan yang penting dan harus ada untuk setiap masakan. Selain untuk menambah rasa sedap, garam ternyata juga memiliki khasiat untuk menghilangkan kutu rambut.
Cara pemakaiannya:

  • Campurkan ¼ gelas cuka dan ¼ gelas garam lalu aduk secara merata
  • Semprotkan campuran tersebut pada rambut sehingga rambut terasa sedikit basah. Gunakan topi mandi dan tunggu sekitar 2 jam
  • Bilas rambut dan tunggu sampai kering lalu sisir rambut untuk mendapatkan kutu mati

13. Almond

Almond
grapplergourmet.com

Kacang almond menjadi salah satu bahan yang sering digunakan untuk menghilangkan kutu rambut.
Cara pemakaiannya:

  • Rendam terlebih dahulu 10 almond dalam air semalam
  • Pagi harinya, kupas dan haluskan almond hingga menjadi pasta kental
  • Tambahkan jus lemon 3 sdm dalam pasta tersebut
  • Oleskan pasta secara menyeluruh pada kulit kepala
  • Tunggu selama 2 jam
  • Bilas rambut hingga bersih menggunakan air dingin
  • Lakukan perawatan ini sekali dalam seminggu, tergantung kebutuhan

15. Jus Jeruk Orange

Selain rasanya yang nikmat dan segar, jus jeruk ini juga berfungsi sebagai insektisidan poten yang berkhasiat untuk mengendurkan telur kutu dan membunuh kutunya sebagai cara menghilangkan kutu rambut secara alami dan permanen.
Cara pemakaian:

  • Basahi rambut terlebih dahulu
  • Tuangkan jus jeruk ke kulit kepala dan biarkan selama 20-30 menit
  • Sisir rambut agar kutunya bisa menghilang karena mati
  • Bilas rambut menggunakan air hangat
  • Lakukan cara ini setiap hari selama 2 minggu agar kutu bisa hilang beserta telurnya.

18. Bawang merah

Tanpa adanya bawang merah dalam masakan mungkin rasanya tidak akan senikmat jika dilengkapi dengan bawang merah. Selain itu, bawang merah mempunyai kelebihan lain yakni sebagai cara menghilangkan kutu rambut dengan bawang merah.
Cara pemakaiannya:

  • Haluskan 4-5 bawang dengan blender untuk membuat pasta
  • Letakkan pasta pada saringan dan tekan-tekan untuk diambil ekstrak jusnya saja
  • Oleskan pada kepala sambil memijatnya kemudian tutup kepala menggunakan shower cap
  • Tunggu sekitar 2 jam
  • Cuci rambut dengan keramas menggunakan shampo biasanya
  • Tunggu rambut sampai kering lalu sisir untuk menghilangkan semua kutu
  • Lakukan lagi setiap hari selama 3 hari berturut-turut agar hasilnya lebih maksimal

19. Alkohol

Setelah mendengar kata alkohol mungkin sebagian besar orang akan menganggap bahwa ini adalah minuman yang berbahaya dan memabukkan. Namun, alkohol di sini mengandung isopropil 70% atau alkohol absolut sehingga dapat berfungsi dalam cara menghilangkan kutu rambut dan telurnya dalam 1 hari.
Cara pemakaiannya:

  • Tuangkan alkohol dalam wadah tertentu lalu ambil sedikit demi sedikit untuk mengoleskannya pada kulit kepala
  • Oleskan ke seluruh permukaan kulit kepala menggunakan jari
  • Diamkan beberapa menit
  • Gunakan kondisioner dan gosokkan pada kepala
  • Sisir rambut dengan gigi panjang untuk menghilangkan semua kutu
  • Bersihkan rambut dengan keramas
  • Lakukan perawatan ini seminggu sekali sampai kutu habis

20. Pengering Rambut

Sekarang ini, hampir setiap orang memiliki pengering rambut masing-masing. Jika kutu rambut tidak kunjung habis maka gunakan pengering rambut. Berdasarkan penelitian terbaru, pengering rambut modern mampu membunuh sekitar 55% dari 98% kutu. Oleh karena itu, setelah kamu keramas maka gunakan pengering rambut untuk menghilangkan kutu.

21. Detergen

Detergen memang tidak bisa digunakan untuk membunuh kutu tapi bisa meluruhkan telurnya dari rambut. Kamu bisa mencampurkannya dengan bahan lain, seperti gel rambut atau mayonaes agar hasilnya lebih maksimal.

22. Gel Rambut

Sebetulnya hingga saat ini belum ada penelitian yang menunjukkan khasiat dari bahan ini. Namun sudah ditemui berbagai bukti anekdot dimana menunjukkan bahwa gel rambut smoothers yang memiliki khasiat dalam membasmi kutu rambut yang efektif.
Cara penggunaannya:

  • Pilihlah gel rambut yang pas kemudian oleskan. Fokuskan olesan pada akar rambut.
  • Bungkus rambut menggunakan handuk atau shower cap dan diamkan semalaman
  • Keramas dengan shampo seperti biasa
  • Sisir segera agar kutu bisa segera luruh
No ratings yet.

Please rate this

Leave a Comment