cara cepat hamil

Cara Menghitung Masa Subur Pria dan Wanita Lengkap

CARA MENGHITUNG MASA SUBUR – Setiap orang yang sudah berkeluarga tentu menginginkan kehadiran seorang anak untuk melengkapi kebahagiaan mereka. Akan tetapi, sering sekali terjadi kendala ketika pasutri tidak kunjung mendapatkan anak.

Terdapat beberapa hal yang menjadi penyebab pasangan suami istri tidak segera mendapat momongan. Salah satu cara mengatasinya adalah dengan mempelajari cara menghitung masa subur. Dengan demikian, pasangan suami istri dapat menemukan formula yang pas untuk segera mendapatkan momongan.

Cara Menghitung Masa Subur

Cara Menghitung Masa Subur
akhlakmuslim.com

Lalu, bagaimana cara menghitung masa subur supaya dapat segera dikaruniai anak? Satu hal yang berkaitan dengan masa subur wanita adalah ovulasi. Ovulasi adalah lepasnya telur/ovum dari indung telur atau ovarium. Peristiwa tersebut hanya terjadi satu kali setiap harinya dalam satu siklus.

Pada saat terjadinya ovulasi adalah waktu yang tepat untuk menemukan ovum dan sperma. Akan tetapi, tidak ada rumus pasti yang dapat menentukan kapan seorang wanita mengalami ovulasi. Oleh karena itu, anda perlu mengetahui bagaimana cara menghitung masa subur untuk mengetahui kapan seorang wanita mengalami ovulasi.

Mengetahui Siklus Menstruasi

Mengetahui Siklus Menstruasi
hellosehat.com

Mengetahui siklus menstruasi adalah hal penting untuk mengetahui masa kesuburan seorang wanita. Umumnya, wanita mengalami menstruasi selama 28 hari. Akan tetapi, ada beberapa wanita yang masa menstruasinya hingga 32 hari. Siklus haid tersebut dihitung dari hari pertama haid hingga hari pertama haid selanjutnya.

Wanita dengan lama siklus haidnya 28 hari, masa ovulasi biasanya terjadi saat hari ke-14, dengan kata lain terjadi pada pertengahan siklus. Hal yang perlu dipertegas lagi adalah, hal ini bukan sesuatu yang pasti. Pada masa siklus haid 28 hari, diperkirakan masa suburnya terjadi sejak hari ke-6 hingga hari ke-21.

Sebaiknya, anda berhubungan secara teratur guna meningkatkan optimalisasi terjadinya sebuah pembuahan. Jika anda ingin segera mendapatkan momongan, maka ada baiknya untuk melakukan hubungan secara teratur. Hasilnya, kemungkinan terjadinya pembuahan juga akan lebih besar.

Ketahui beberapa tanda terjadinya ovulasi di bawah ini:

  • ada peningkatan suhu tubuh
  • cairan vagina lebih licin dan tipis
  • kekenyalan serviks dan perubahan posisi

Tanda-tanda terjadinya ovulasi tentu hanya dirasakan oleh wanita saja. Oleh karena itu, diperlukan komunikasi jika seorang pria ingin mengetahui apakah istrinya mengalami ke-3 gejala di atas.

Mendata Jadwal Menstruasi

Mendata Jadwal Menstruasi
hijab.dream.co.id

Pendataan jadwal menstruasi akan membantu anda mengetahui kapan masa subur akan terjadi. Pencatatan masa menstruasi akan membantu anda merencanakan kehamilan sesuai dengan masa subur. Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan dalam membuat jadwal masa subur:

  • Jika anda atau pasangan menstruasi, segera tandai kalender rumah anda pada hari pertama siklus haid terjadi.
  • Hitung dan tandai juga hari ke-7, karena itu adalah awal masa subur seorang wanita terjadi.
  • Masa subur terjadi umumnya terjadi selama 14 hari, yaitu pada hari 7-20 pada setiap siklus menstruasi. Akan tetapi, banyak pakar yang mengatakan ada kemungkinan terjadi selama 16 hari, yaitu pada hari 6-21 di setiap siklus.
  • Fokuslah untuk melakukan hubungan seksual setiap hari saat masa subur supaya kemungkinan terjadinya pembuahan pada masa ovulasi lebih tinggi.

Perhitungan di atas hanya dapat dilakukan bagi wanita dengan siklus haid 28-31 hari. Jika anda termasuk wanita dengan siklus haid lebih lama dari 31 hari atau siklusnya tidak teratur, maka ada baiknya berkonsultasi pada dokter untuk mengetahui kapan terjadinya masa ovulasi.

Cara Memaksimalkan Kesuburan

Cara Memaksimalkan Kesuburan
pixabay.com

Ada beberapa cara yang dapat dimaksimalkan untuk memaksimalkan kesuburan. Hal ini berlaku bagi laki-laki dan perempuan. Memaksimalkan kesuburan perlu dilakukan dalam usaha untuk segera mendapatkan keturunan atau menjaga keharmonisan suami-istri. Berikut ini cara-caranya:

1. Berhubungan Seks di Pagi Hari

Berdasarkan penelitian dokter, seks di pagi hari mempunyai peluang mencapai pembuahan lebih tinggi dibandingkan waktu lainnya. Hal ini disebabkan tubuh berada dalam kondisi prima setelah beristirahat secara maksimal.

2. Melakukan Seks Berdekatan dengan Waktu Ovulasi

Pentingnya mengetahui masa subur adalah supaya dapat memperhitungkan kapan masa ovulasi terjadi. Melakukan hubungan seks setidaknya sekali setiap hari menjelang masa ovulasi berfungsi meningkatkan kemungkinan terjadi pembuahan. Berkurangnya sperma karena sering melakukan seks tidak akan menimbulkan masalah bagi seorang pria.

3. Gaya Hidup Sehat

Gaya hidup yang sehat dapat berpengaruh terhadap kesuburan seseorang. Melaksanakan gaya hidup sehat baiknya dilakukan beberapa bulan sebelum masa kehamilan. Beberapa caranya adalah dengan mengkonsumsi makanan bergizi, brhenti merokok, menjaga berat badan, dan juga rutin olahraga.

4. Pertimbangkan Prakonsepsi

Prakonsepsi sangat bermanfaat untuk pasangan yang memiliki masalah kesehatan. Caranya adalah dengan bertanya langsung kepada dokter untuk mendapatkan hasil identifikasi tentang keadaan tubuh secara keseluruhan. Selanjutnya, dokter akan memberikan resep berupa pengobatan atau multivitamin yang sesuai menjelang kehamilan.

5. Mengkonsumsi Vitamin

Penggunaan vitamin untuk memperlancar kehamilan dapat dilakukan sebelum janin terbentuk. Suplemen yang sangat bermanfaat pada tahap ini adalah asam folat. Selain berfungsi dalam masa perkembangan bayi, asam folat juga bermanfaat mengurangi resiko spina bifida dan cacat tabung saraf.

6. Rutin Berhubungan Seks

Pasangan suami istri yang mempunyai kesuburan baik biasanya disebabkan rutin melakukan hubungan seks. Setidaknya hubungan seks dilakukan 2 sampai 3 kali dalam jangka seminggu. Semakin sering anda melakukan hubungan seksual, maka kemungkinan terjadinya kehamilan akan lebih tinggi.

Cara Menghitung Masa Subur Pria

cara menghitung masa subur
hellosehat.com

Pada umumnya kebanyakan orang-orang yang menganggap masalah kesuburan ini adalah hanya urusan perempuan, padahal seorang lelaki juga mempunyai masa-masa subur yang mana masa-masa subur itu menentukan keberhasilan atau tidak keberhasilannya pada proses kehamilan.

Hanya saja, masa subur pada seorang pria ini berbeda dengan masa subur pada seorang wanita yang telah lebih umum dikenal. Pada lelaki, selama lelaki itu masih menghasilkan cairan sperma dengan memiliki kualitas baik dan dalam jumlah yang sangat cukup, maka hal itu dapat dianggap dalam masa-masa subur.

Namun, bagaimana sebenarnya kualitas cairan sperma pria yang subut itu? Masa subur seorang lelaki memang bisa diukur melewati cairan spermanya. Berikut ini ilaha beberapa masalah yang dapat menentukan seberapa subur seorang lelaki.

Kuantitas

Nominal jumlah cairan sperma dalam sekali pemancaran atau pemuncratan memiliki pengaruh yang sangat tinggi sekali akan keberhasilan membuahi sel telur pada pasangannya. Dan idealnya, sekali pengeluaran atau pemuncratan, 15 juta lebih sel sperma per mililiter menyebar luas dan membuahi sel telur pasangannya.

Apabila jumlahnya lebih sedikit dari jumlah awal, maka ada kemungkinan persentase sperma tersebus dapat terjadi pembuahan dan sel telur juga akan menurun.

Pergerakan

Pergerakan sebuah sperma yang baik harus mempunyai gerakan yang gesit untuk menggapai dan membuahi sel-sel pada telur. Sebelum menghamili atau membuahi sel telur, cairan sperma harus tetap hidup ketika sedang berenang menyebrangi rahim, leher rahim, dan yang terakhir adalah saluran tuba.

Untuk kemungkinan kehamilan dapat terjadi, setidaknya dari 40% sperma harus mempunyai keahlian dan kemampuan bergerak yang baik.

 Struktur

Biasanya atau normalnya, bentuk dari cairan sperma itu terdiri dari kepa yang mana bentuk dari kepala tersebut berbentuk obal dan berekor panjang. Dengan bentuk tersebut semata-mata hanya untuk menyukseskan gerakan sperma untuk menuju kepada sel telur.

Umumnya, struktur sperma bisa membantu untuk meningkatkan peluang-peluang untuk terjadinya kehamilan atau gemar disebut dengan sebutan pembuahan.

Masa Subur Wanita agar Tidak Hamil

cara menghitung masa subur
infosehat609.blogspot.co.id

Sebagai seorang wanita yang telah mempunyai pasangan atau sudah menikah, mungkin kalian juga perlu yang namanya harus mengetahui kapan terjadinya ketidak suburan pada wanita agar tidak terjadinya hamil.

Buat apa? Nah, untuk kalian yang memang belum siap untuk mempunyai anak selepas menikah atau belum mempunyai momongan, pada masa tidak subur itu kalian masih tetap bisa untuk bisa melakukan berhubungan dengan suami tanpa harus menghawatirkan takut hamil atau takut mengandung.

Kenapa masa subur dan masa tidak subur itu sangat begitu pentingnya? Ketika masa ovulasi atau masa-masa subur, ketika kalian para pasangan suami dan istri sedang berhubungan maka proses terjadinya kehamilan pada sel telur akan tinggi

Maka dari itu bagi pasangan suami dan istri yang mempunyai keinginan segera mempunyai keturunan, mereka biasanya selalu mencari-cari hari yang sangat tepat di saat seorang wanita telah mengalami masa suburnya. Begitu juga dengan sebaliknya. Ketika dimana masa tidak subur seorang wanita datang ada kemungkinan terjadi kehamilan pada sel-sel telur itu sangat kecil.

Nah, kebetulan sekali bagi kalian yang belum mengetahui kapan wanita berada pada masa tidak suburnya, dan ingin mengetahui tentang hal tersebut maka simaklah artikel dibawah ini:

Menghitung Kapan Masa Tidak Subur Wanita Agar Tidak Hamil

Umumnya, masa kesuburan seorang perempuan ini terbagi menjadi dua bagian, yakni masa subur biasa dan puncak=puncaknya masa subur. Biasanya yang sering terjadi pada puncak masa subur inilah proses pembenihan sesudah melakukan suatu hubungan dengan pasangannya akan sangat tinggi.

Sementara puncak masa subur ini biasanya akan terjadi sekitar 12 hari sesudah terkena haid pertama. Jadi rumus dari puncak masa subur ini adalah bertepatan pada hari pertama haid + 12 hari. Sebaliknya untuk masa kesuburan biasa seorang wanita, biasanya terjadi pada tiga hari sesudah dan tiga hari sebelum puncak masa subur.

Selain dari itu, adapun dari 2 hari dan 3 hari seletah masa subur kadang juga sudah termasuk kedalam kategori masa subur.

Untuk lebih gampangnya kami akan memberikan sedikit contoh untuk menentukan masa subur dan tidak subu perempuan supaya tidak hamil setelah melakukan suatu hubungan dengan pasangannya. Misalkan pada hari pertama halangan pada tanggal 8, maka masa puncak masa subur pada wanita ini akan terjadi pada tanggal 20.

Sebaliknya masa subur pada wanita ini biasa akan terjadi dari tanggal 17 sampai tanggal 23. Sedangkan untuk masa tidak suburnya seorang wanita ialah 19 hari sesudah mengalami haid pertama, berarti didalam contoh ini masa tidak subur ialah dimulai dari tanggal 27 sampai masa haid berikutnya yang akan datang.

Tanggal itulah yang mungkin dapat kalian manfaatkan untuk melakukan suatu hubungan bersama pasangan kalian supaya tidak terjadinya kehamilan.

  • H = Tanggal pertama ketika haid
  • H+9 sampai H+15 = Adalah masa subur
  • H+12 = Tanggal puncak kesuburan
  • H+19 = Mulai memasuki masa-masa tidak kesuburan.

namun, contoh perhitungan tadi ialah contoh perhitungan masa subur untuk peredaran haid yang teratur. Sebaliknya, bagi perempuan yang mempunyai peredaran haid tidak teratur, sepertinya kalian harus menghitung masa subur dengan menggunakan cara yang memang cukup sulit atau susah.

Untuk mengetahui masa-masa tidak subur wanita supaya tidak akan terjadinya hamil ketika sedang melakukan suatu hubungan dengan pasangan suami istri dan kapan saja masa subur bagi waniya yang mempunyai peredaran haid tidak teratur, maka kalian harus mencatat atau menulis peredaran haid terakhir sebanyak 6 bulan terakhir.

Sesudah itu maka kalian carilah peredaran-peredaran atau siklus haid dengan hari yang paling lama. Apabila kalian telah menemukan berapa lama siklus terpanjang yang pernah terjadi, kurang dengan 11. Maka itulah masa subur terakhir dimasa haid tersebut, sedangkan untuk peradaran atau siklus terpendek, maka kalian mengurangi jumlahnya dengan 18.

____________________________

Demikianlah artikel yang saya tulis tentang membahas cara menghitung masa subur, mudah-mudahan adanya artikel ini bisa bermanfaat untuk kita semua. Dan yang harus di ingat adalah, janganlah mempraktekannya untuk yang belum memiliki hubungan suami dan istri.

Leave a Comment