12 Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami [AMPUH]

CARA MENURUNKAN BERAT BADAN – Obesitas dan kegemukan merupakan dua hal yang sudah menjadi momok untuk masyarakat. Kita pun sering tidak sadar bahwa kegemukan ialah salah satu faktor pemicu beragam penyakit.

Suatu riset menyatakan bahwa ada lebih dari satu milyar penduduk dunia yang menderita kelebihan berat badan atau kegemukan serta 300 juta diantaranya telah menderita obesitas. Mengonsumsi makanan berkalori tinggi dan lemak serta kurangnya minat olahraga merupakan salah satu penyebab utama obesitas dan kegemukan.

Kegemukan serta obesitas cenderung terjadi di negara maju. Salah satu negara yang memiliki angka penduduk obesitas tertinggi di dunia yaitu Amerika. Walaupun di Indonesia angka prevalensi obesitas serta kegemukan masih rendah namun permasalahan ini harus perlu diwaspadai.

Faktor yang Menyebabkan Kelebihan Berat Badan

cara menurunkan berat badan
hellosehat.com

Berikut ini faktor-faktor penyebab kegemukan yang butuh diwaspadai yaitu, diantaranya:

1. Kerusakan Otak

Otak yang mengalami kerusakan merupakan salah satu penyebab kelebihan berat badan. Di tahun 1840 seorang dokter di Jerman telah menemukan seorang pasiennya yang mengalami kerusakan di otaknya, khususnya di bagian hypotalamus dan pasien itu dengan cepat mengalami peningkatan berat badan hingga menderita obesitas.

2. Mengonsumsi Alkohol

Alkohol merupakan salah satu zat adiktif yang dapat menyebabkan obesitas dan kenaikan berat badan. Mengonsumsi minuman yang memiliki kandungan alkohol pada umumnya terindikasi tinggi kalori dan bisa memicu rasa lapar. Pada umumnya yang sering mengonsumsi alkohol akan sering makan lebih banyak dari biasanya serta cenderung memakan makanan yang berkalori tinggi.

Maka dari itu, apabila Anda berniat untuk menurunkan berat badan ada baiknya menghindari meminum minuman beralkohol.

3. Gaya Hidup Tidak Sehat

Gaya hidup bisa memberikan pengaruh untuk tubuh kita serta dapat mengakibatkan kegemukan dan permasalahan kesehatan lainnya. Kenapa? Gaya hidup modern cenderung membuat orang semakin malas untuk beraktifitas ataupun berolahraga dan mengonsumsi makanan yang tinggi kalori.

Banyak sekali restoran cepat saji yang seringkali menjadi pilihan dan kebiasaan yang menghabiskan waktu dengan gadget pada saat waktu senggang bisa dapat membuat tubuh kita lebih gampang gemuk.

4. Mengonsumsi Obat-obatan

Ada beberapa obat yang bisa memicu kegemukan pada tubuh seperti pil kontrasepsi atau pil KB yang rutin dikonsumsi oleh para wanita. Riset ini membuktikan bahwasanya pil yang memiliki kandungan estrogen bisa memicu akumulasi lemak dalam tubuh.

5. Kurang Mengonsumsi Sayur dan Buah

Sayur dan buah memiliki kandungan yang kaya akan nutrisi dan serta yang mampu menjaga fungsi pencernaan serta organ tubuh lainnya. Kurang dalam mengonsumsi serta bisa menimbulkan banyak masalah contohnya obesitas, kegemukan, konstipasi dan penyakit lainnya bahkan termasuk kanker.

6. Kurangnya Berolahraga

Olahraga yang kurang merupakan salah satu faktor penyebab kegemukan. Berdasarkan data yang telah dilaporkan oleh WHO, kurangnya aktivitas fisik termasuk olahraga bisa menimbulkan masalah kesehatan, misalnya obesitas dan kegemukan yang bisa memicu timbulnya penyakit contohnya diabetes dan penyakit jantung.

Seperti apa yang kita ketahui bahwasanya diabetes dan penyakit jantung merupakan penyebab utama tertinggi angka kematian di dunia.

7. Mengonsumsi Makanan Berkarbohidrat Tinggi

Mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan lemak, gula dan karbohidrat yang tinggi merupakan salah satu penyebab kelebihan berat badan. Karbohidrat merupakan sumber energi utama dalam tubuh yang akan dipecah menjadi gula sederhana dan dipakai dalam proses metabolisme.

8. Hormonal

Di dalam tubuh manusia terdapat manusia terdapat dua hormon utama yang berpesan sebagai pengendali berat badan yaitu Ghrelin dan Leptin. Kedua hormon ini bisa memberikan pengaruh berat badan seseorang. Walaupun, kedua hormon ini dipengaruhi secara genetis, namun fungsi kerjanya pun dapat dikendalikan oleh beberapa hal lain.

9. Genetis

Faktor genetis merupakan salah satu penyebab obesitas atau kegemukan yang tidak bisa dikendalikan. Orang tua yang mempunyai berat badan yang berlebih atau gemuk cenderung akan menurunkan sifat ini kepada anaknnya. Jadi janganlah heran jika Anda menemui keluarga yang hampir seluruh anggotanya mengalami kelebihan berat badan atau kegemukan.

Cara Menurunkan Berat Badan Secara Alami

cara menurunkan berat badan secara alami
hellosehat.com

Apakah Anda sudah pernah mencoba beragam cara untuk menurunkan berat badan namun belum mendapatkan hasilnya? Mungkin program atau diet menurunkan berat badan Anda tidak benar.

Tiga kunci utama dalam menurunkan berat badan yaitu cukup istirahat, olahraga teratur, dan makan dengan benar. Berikut ini cara menurunkan berat badan secara alami, simak penjelasannya berikut ini:

A. Makan dengan Benar

makanan sehat untuk menurunkan berat badan
www.konsultankolesterol.com

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk memilih makanan dengan benar diantaranya yaitu:

1. Memilih Jenis Makanan yang Sehat

Artinya, ketika menyantap makanan perlu diperhatikan apa saja yang berada dalam piring. Makanan yang sehat itu memiliki kandungan serat, protein dan cukup karbohidrat. Namun perlu diketahui bahwa rasio bahan makanan sangat penting dalam upaya menurunkan berat badan. Porsi sayuran dan buah ada baiknya memenuhi setengah porsi makanan Anda.

2. Mengurangi Makanan Berkalori

Perlu diingat bahwa rasa kenyang tidak disebabkan oleh jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh melainkan jumlah makanan. Kurangilah kalori dalam masakan Anda dengan mengganti bahan makanan tinggi karbohidrat dan berlemak dengan buah-buahan atau sayuran.

Hal ini tentunya bisa Anda siasati dengan banyak cara, seperti mengurangi daging dan keju pada pasta, mengganti susu ful krim pada makanan dengan susu rendah lemah, mengganti roti pada burger dengan salad, mengganti kuah sup yang berbahan dasar krim dengan kaldu sayuran.

3. Menghindari Makanan Berlemak

Usahakan hindari makanan yang memiliki kandungan banyak lemak dan minyak serta tinggi karbohidrat. Makanan seperti itu dapat memberatkan fungsi kerja saluran cerna serta meningkatkan resiko kegemukan. Dalam tubuh kita terdapat banyak sel lemak yang bisa bertambah banyak serta membesar apabila tubuh menerima asupan makanan tinggi akan kandungan karbohidrat dan lemak yang berlebih.

4. Makan dengan Porsi Kecil

Cobalah untuk makan dengan menggunakan piring kecil agar bisa membatasi porsi makan Anda. Makan dengan porsi sedikit namun sering lebih efektif dalam upaya penurunan berat badan. Dengan porsi kecil anda bisa makan sekitar 4 sampai 5 kali dalam sehari, tapi harus memerhatikan asupan makanan yang masuk dalam tubuh.

5. Menentukan Menu Makan Malam yang Tepat

Ketika makan malam usahakan untuk makanan yang rendah kalori, namun mengenyangkan seperti sayur dan buah. Jika Anda tetap ingin menyantap protein dan karbohidrat saat makan malam, maka pilihlah makanan yang memiliki kandungan karbohidrat kompleks seperti umbi-umbian dan kentang serta aturlah porsi protein dalam makanan Anda.

6. Memilih Produk Bahan Makanan yang Tepat.

Supaya memiliki berat badan yang ideal, pilihlah produk bahan makanan yang rendah kalori dan rendah lamak. Anda  pun dapat mengeceknya pada label bahan makanan yang tertera pada kemasan misalnya tepung, gula, produk susu dan lainnya.

Hindari juga menambahkan mayones, mentega atau produk makanan lain ke dalam makanan secara berlebihan. Mentega memang dapat membuat makanan menjadi lebih lezat, tetapi perlu diketahui bahwa mentega mengandung kalori dan lemak yang bisa menambah berat badan Anda.

Aktifitas Fisik dan Berolahraga

berolahraga untuk menurunkan berat badan
huffpost.com

Aktivitas fisik dan olahraga sangat penting untuk membangun postur tubuh serta mengurangi berat badan. Penelitian menyatakan bahwa hanya dengan mengonsumsi makanan rendah kalori tidak akan menurunkan berat badan secara signifikan apabila tidak dibarengi dengan aktivitas fisik.

Banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk meningkatkan aktivitas fisik terutama untuk Anda yang memiliki mobilitas yang rendah, contohnya:

7. Upayakan Untuk Rutin Melakukan Aktivitas Fisik

Anda tidak usah berpikir bahwa aktivitas selalu terkait dengan olahraga berat, karena melakukan aktivitas ringan seperti berjalan kaki atau bersepeda selama satu jam dalam sehari pun cukup untuk menjaga berat badan Anda.

8. Melakukan Olahraga Secara Rutin Cukup 10 Menit Tiga Kali Dalam Sehari

Apabila Anda bekerja di kantor, maka Anda dapat berjalan selama sepuluh menit, naik dan turun tangga atau melakukan aktivitas lainnya. Riset menyatakan bahwa rutin melakukan aktivitas fisik 150 menit dalam satu minggu dapat membantu untuk menurunkan berat badan.

9. Melakukan Aktivitas Fisik Lainnya

Jangan hanya duduk di depan komputer, gadget atau TV, cobalah untuk melakukan aktivitas lainnya yang menggunakan fisik contohnya berkebun saat akhir pekan, hiking, berenang, bermain basket bersama teman. Disamping dapat membakar kalori, aktivitas fisik pun akan menurunkan produksi kortisol atau yang biasa lebih dikenal dengan hormon pemicu stress.

Sebagaimana yang sudah kita ketahui bahwa stres pun bisa berdampak buruk bagi tubuh, orang yang stres cenderung merasa lapar sehingga akan lebih banyak makan dan mengakibatkan kenaikan berat badan.

10. Melakukan Peregangan Otot Sebanyak Dua Kali Dalam Seminggu

Otot yang aktif bekerja lebih optimal dalam membakar lebih banyak kalori daripada otot yang jarang dipergunakan. Lakukanlah peregangan dengan cara sit up, push up dan jenis aktivitas peregangan lainnya.

11. Melakukan Latihan HIT

Salah satu metode olahraga yang sangat disarankan untuk Anda yang ingin menurunkan berat badan yaitu HIT atau High Intensive Interval Training. HIT bisa dilakukan dengan berbagai jenis olahraga yang termasuk dalam latihan kardio seperti berenang, jalan cepat, lari dan lain sebagainya.

Metode HIT yang dimaksud yaitu gabungan antara latihan dengan intensitas yang tinggi dengan waktu istirahat yang lebih panjang. Contohnya apabila Anda melakukan 30 menit latihan HIT maka Anda akan melewati fase-fase berikut yaitu 1 menit berlari cepat dan 2 menit berjalan, kemudian 1 menit lari cepat dan 2 menit berjalan begitu seterusnya.

12. Istirahat yang Cukup

Istirahat yang cukup adalah salah satu kunci usaha dalam menurunkan berat badan. Ketika tidur tubuh memperbaiki fungsi kerja organ dan sekaligus membersihkan saluran cerna dari sisa metabolisme atau zat-zat beracun.

Tidur yang cukup akan dapat membantu menurunkan berat badan serta mampu mengembalikan stamina Anda yang telah berkurang setelah melakukan aktivitas pada siang harinya. Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa adanya hubungan antara kuantitas dan kualitas tidur dengan berat badan seseorang.

Kurang tidur bisa jadi mengganggu sistem kerja tubuh dan menimbulkan mutasi beberapa gen yang berperan sebagai pengendali berat badan. Mutasi gen bisa menimbulkan obesitas di kemudian hari. Tidak hanya berpengaruh pada perubahan genetis, kurangnya tidur pun dapat menimbulkan hilangnya kontrol rasa kenyang dan lapar dalam tubuh.

Sekian cara menurunkan berat badan secara alami yang terbukti ampuh. Sebaiknya agar kesehatan Anda terjaga, konsultasikan dahulu kepada dokter agar bisa mendapatkan informasi yang akurat. Terima kasih.

 

No ratings yet.

Please rate this

Leave a Comment