Cara Menurunkan Kolesterol Alami Tanpa Efek Samping

Kolesterol adalah salah satu penyakit yang saat ini banyak menjangkit warga Indonesia. Hal ini dapat disebabkan karena gaya hidup yang kurang sehat dan konsumsi makanan yang sembarangan.

Mengkonsumsi gorengan dan makanan yang mengandung santan menjadi penyebab utama kolesterol tinggi di Indonesia. Bahkan menurut data dari WHO, sekitar 35 persen warga Indonesia memiliki kadar kolesterol di atas normal.

Selain buruknya pola makan, kurangnya aktifitas olahraga semakin membuat seseorang berpotensi terkena kolesterol. Jika ada orang yang pola makannya tidak dijaga dan malas berolahraga, baca artikel tentang kolesterol ini sampai habis.

Kolesterol Normal

kolesterol normal
familinia.com

Kolesterol adalah bagian dari lemak yang disalurkan oleh darah ke seluruh sel di dalam tubuh yang membutuhkannya. Tingkat kolesterol normal manusia adalah kurang dari 200 mg/dl (density lipoprotein).

Batas kolesterol tinggi seseorang adalah 200-239 mg/dl. Seseorang dikatakan mempunyai kolesterol tinggi jika total tingkat kolesterolnya mencapai 240 mg/dl.

Secara umum ada dua jenis kolesterol yang terdapat di dalam tubuh manusia. Pertama adalah HDL atau high density lipoprotein. HDL adalah kolesterol baik yang berfungsi menurunkan resiko penyakit jantung dan stroke.
Jenis kolesterol yang kedua adalah LDL atau low density lipoprotein. LDL adalah kolesterol jahat yang berbahaya bagi tubuh hingga dapat menyebabkan stroke dan serangan jantung.

Tanda Kolesterol Tinggi

makanan untuk menurunkan kolesterol
segiempat.com

Sebelum kolesterol menyebabkan penyakit jantung atau stroke, biasanya ada beberapa gejala yang akan dirasakan seseorang yang kadar kolesterolnya tinggi. Kenali tandanya dan segera cek kadar kolesterol anda jika merasakan beberapa gejala berikut ini.

1. Nyeri dada

Ciri pertama orang yang kadar kolesterolnya tinggi adalah sering terasa nyeri di sekitar dada. Jika kamu sering mengalaminya, ada baiknya untuk segera melakukan pengecekan kadar kolesterol.

2. Sulit Bernafas

Pada umumnya gejala sulit bernafas sering dikaitkan dengan penyakit asma. Ternyata, hal ini juga merupakan salah satu anda seseorang yang memiliki kadar kolesterol tinggi.

3. Otot Kaki Lemah

Tanda seseorang memiliki kadar kolesterol yang tinggi selanjutnya adalah otot kaki yang lemah. Hal ini pada umumnya disebabkan pasokan darah ke otot kaki kurang maksimal. Lemahnya otot kaki tersebut seringkali dialami oleh orang yang kurang berolahraga.

4. Sakit Area Kaki dan Tangan

Jika anda sering mengalami rasa sakit pada bagian kaki dan tangan, segeralah periksa kadar kolesterol pada tubuh anda. Rasa sakit pada ke-2 area ini merupakan salah satu gejala yang dirasakan seseorang yang kolesterolnya bermasalah.

5. Tubuh Mudah Lemah

Kurangnya pasokan oksigen dan minimnya aliran darah yang mengalir dapat menyebabkan tubuh seseorang mudah lemah. Tubuh yang mudah lemah ini juga menjadi salah satu tanda penderita kolesterol tinggi.

6. Kesemutan

Kesemutan pada umumnya akan terjadi jika seseorang duduk terlalu lama dengan posisi yang tidak berubah. Sering mengalami kesemutan adalah salah satu kolesterol yang tinggi.

Penyebab Kolesterol Tinggi

makanan penyebab kolesterol
ikons.id

Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan kolesterol tinggi. Berikut ini adalah beberapa contoh gaya hidup tidak sehat yang dapat memicu tingginya kadar kolesterol jahat di dalam darah.

1. Kurang Berolahraga

Kurang berolahraga menyebabkan energi di dalam tubuh menumpuk dan tidak tersalurkan secara maksimal. Hal menyebabkan penumpukan kalori sehingga dapat menyebabkan terjadinya kolesterol tinggi.

2. ‎Mengkonsumsi Minuman Beralkohol

Orang yang mengkonsumsi minuman beralkohol berlebihan sangat rentan terkena berbagai penyakit. Contohnya adalah darah tinggi, penyakit jantung, dan kolesterol tinggi.

Selain itu, konsumsi alkohol berlebih dapat menyebabkan pengerasan hati atau sirosis yang akan sangat berbahaya jika efeknya terasa saat sedang berkendara. Hal ini dapat menyebabkan terjadinya kecelakaan karena efek samping alkohol dapat datang kapan saja.

3. Makanan yang Mengandung Lemak Jenuh Tinggi

Contohnya adalah udang jeroan daging kambing, telur puyuh, cumi, kerang, santan, kulit ayam dan gorengan. Mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh sebaiknya dibatasi. Bagi orang yang sudah menderita kolesterol tinggi justru sangat dianjurkan untuk meninggalkan makanan tersebut.

4. Merokok

Tingginya kadar kolesterol juga bisa disebabkan karena aktivitas merokok. Di dalam rokok terdapat zat kimia yang bernama akrolein. Zat kimia tersebut bisa menghentikan kinerja kolesterol baik untuk mengangkut lemak dari tubuh menuju hati untuk proses pembuangan. Hal ini mengakibatkan Arteri menjadi sempit atau biasa disebut arterosklerosis.

5. ‎Usia dan Faktor Genetik

Usia dan faktor genetik juga dapat menjadi salah satu faktor tingginya kolesterol seseorang. Bertambahnya usia seseorang penyempitan arteri yang semakin meningkat. Hal inilah yang memicu Tingginya tingkat kolesterol.

Cara Menurunkan Kolesterol

obat penurun kolesterol
blog.chasemr.com

Secara umum ada dua cara efektif untuk menurunkan kolesterol. Pertama adalah menjalani pola hidup sehat, dan yang kedua mengkonsumsi makanan yang dapat menurunkan kolesterol.

Sebelum membahas makanan apa saja yang dapat membantu menurunkan kolesterol, sebaiknya anda ketahui dulu cara menurunkan kolesterol yang dapat dilakukan dengan mudah berikut ini.

1. Sering Tersenyum

Cara menurunkan kolesterol yang cukup mudah adalah sering tersenyum. Menurut penelitian tersenyum dapat meningkatkan HDL seseorang. Secara tidak langsung Hal ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi.

2. Berhenti Merokok

Berhenti merokok dapat menaikkan lima persen kadar kolesterol baik dalam satu tahun. Sebaliknya, jika anda terus merokok justru akan membuat kadar kolesterol yang ada di tubuh anda terus naik.

3. Rutin Berolahraga

Studi kasus menyatakan menurut teks seorang ahli jantung berolahraga minimal dua setengah jam dalam satu minggu sudah cukup untuk memperbaiki LDL dan meningkatkan HDL. Jika terasa berat cobalah untuk melakukan olahraga ringan terlebih dahulu seperti jalan santai setelah itu baru naikkan intensitasnya supaya olahraga tidak terasa berat.

4. Mengatur Emosi

Istirahat sejenak Sebelum menjadi salah satu hal yang dapat meningkatkan kolesterol adalah stres dan sering marah. Oleh karena itu menjaga emosi dan menenangkan pikiran dapat menjadi solusi untuk menjaga kadar kolesterol anda tetap baik.

Luangkanlah waktu untuk bersantai, membaca buku, minum teh bersama keluarga dan melakukan aktivitas lain yang dapat meningkatkan kebahagiaan anda.

Buah untuk Menurunkan Kolesterol

draxe.com

Mengkonsumsi buah adalah salah satu cara menurunkan kolesterol. Meskipun efeknya cenderung lambat jika dibandingkan menggunakan obat, akan tetapi cara ini lebih aman karena tidak mempunyai efek samping.

1. Pisang

Teratur mengkonsumsi pisang adalah salah satu cara menurunkan kolesterol. Pisang merupakan buah dengan kandungan serat dan kalium yang cukup tinggi. Kedua kandungan tersebut dapat membantu menyehatkan jantung, menurunkan tekanan darah, menurunkan kolesterol jahat.

2. Semangka

Buah semangka mempunyai kandungan likopen yang berfungsi untuk mengontrol kandungan kolesterol jahat yang terdapat di dalam darah.

3. Tomat

Selain semangka, tomat juga merupakan buah penurun kolesterol yang mempunyai kandungan likopen. Selain itu, tomat juga mempunyai manfaat untuk menenangkan lambung yang dapat membantu meringankan penyakit maag kronis.

4. Buah Zaitun

Formula buah zaitun yang baik untuk dijadikan penurun kolesterol adalah dengan buah zaitun yang dicampur 2 sendok makan minyak zaitun. Cara mengkonsumsinya biasanya dicampurkan dengan salad dan dikonsumsi pada pagi hari.

5. Alpukat

Buah alpukat sangat mudah ditemukan di Indonesia. Buah yang sering dijadikan jus ini sangat menyehatkan karena memiliki kandungan lemak jenuh tunggal yang cukup banyak. Kandungan lain yang terdapat pada buah avokad adalah beta sitosterol yang dapat menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Sayuran Penurun Kolesterol

healthline.com

Selain mengkonsumsi buah, sayuran juga merupakan salah satu cara menurunkan kolesterol jahat. Sayuran yang dikonsumsi adalah yang mengandung antioksidan, vitamin dan juga serat yang tinggi. Berikut ini beberapa contoh sayuran yang dapat membantu menurunkan kolesterol jahat.

1. Bawang putih

Bawang putih dapat membantu anda untuk menurunkan kadar kolesterol jahat karena mempunyai fungsi mencegah partikel kolesterol menempel pada bagian dinding pembuluh darah.

2. Biji Rami dan Chia

Biji Rami Indonesia mengandung serat larut yang bermanfaat untuk mengikat kolesterol dan lemak supaya tidak diserap tubuh. Selain itu dua jenis sayuran ini juga mempunyai kandungan asam omega-3 yang cukup tinggi.

3. Kacang Kedelai

Kacang kedelai merupakan bahan utama untuk membuat tahu dan tempe. Oleh karena itu tahu tempe dan makanan yang dibuat menggunakan kacang kedelai terkenal memiliki manfaat yang baik sebagai penurun kolesterol.

Bahkan protein dari kedelai bisa membantu mengurangi kadar LDL sebanyak 8% hanya dengan mengkonsumsi 10 gram tahu saja setiap harinya.

4. Bayam

Dokter ahli jantung berhasil mengungkap fakta bahwa salah satu cara melenyapkan kolesterol jahat adalah mengkonsumsi makanan yang mengandung Lutein. Lutein sendiri merupakan pigmen kuning yang terdapat pada sayuran hijau.

Bayam adalah salah satu sayuran yang kaya akan kandungan Lutein. Tingginya kandungan Lutein ada bayam sangat bermanfaat untuk menghilangkan kolesterol yang tersumbat pada dinding pembuluh darah.

5. Biji-bijian

Ada banyak jenis biji-bijian yang dapat dijadikan proxy untuk membantu meringankan kadar kolesterol anda. Contohnya adalah kacang hitam kacang polong kacang merah dan jenis kacang-kacangan lainnya. Kandungan serat larut di dalam biji-bijian juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Cara untuk memaksimalkan biji-bijian supaya lebih efektif menurunkan kolesterol adalah menjadikannya sebagai campuran sup. Formula ini dapat membantu mengurangi kadar LDL sebanyak 8% hanya dengan mengkonsumsi 90 gram biji-bijian saja.

Minuman Penurun Kolesterol

indonesianface.com

Selain mengkonsumsi buah dan sayur yang kaya akan serat, ternyata cara menurunkan kolesterol juga dapat dilakukan dengan mengkonsumsi beberapa jenis minuman.

1. Teh Hitam

Meminum teh tanpa tambahan gula merupakan salah satu alternatif untuk membantu Anda terhindar dari kolesterol jahat. Menurut penelitian, teh mengandung komponen bioaktif yang dapat mencegah akselerasi penyumbatan LDL atau kolesterol jahat pada pembuluh darah.

Teh yang digunakan untuk media penurun kolesterol jahat adalah jenis teh hitam. Mengkonsumsi 1 gelas air seduhan teh hitam setiap pagi sudah cukup untuk menjaga kesehatan agar terhindar dari kolesterol tinggi.

2. Susu Kedelai

Susu kedelai mempunyai kandungan protein nabati, lesitin dan isoflavon yang tinggi. Lesitin dapat membantu menghilangkan kolesterol yang terdapat di dalam darah. Sedangkan isoflavon dapat memperkecil resiko seseorang terkena kanker osteoporosis dan penyakit lain yang disebabkan oleh kolesterol.

Mengkonsumsi susu kedelai menjadi cara menurunkan kolesterol yang banyak diminati. Hal ini karena susu kedelai mempunyai rasa yang enak dan sudah banyak tersedia di berbagai toko.

Pantangan Penderita Kolesterol

makanan penyebab kolesterol
cara menurunkan kolesterol – ikons.id

Akan terasa percuma jika Anda banyak mengkonsumsi makanan dan minuman penurun kolesterol tanpa mengontrol asupan  makanan yang berpotensi meningkatkan kolesterol di dalam darah. Oleh karena itu ada baiknya anda juga membatasi bahkan menghindari makanan yang dapat membuat kadar kolesterol anda meningkat.

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang memiliki kandungan lemak jenuh tinggi yang konsumsinya perlu anda batasi supaya kolesterol dalam darah tidak meningkat.

1. Gorengan

Gorengan adalah penyumbang kolesterol jahat terbanyak di Indonesia. Jajanan yang mudah di dapatkan di berbagai tempat ini sebenarnya memiliki lemak jenuh tinggi.

Minyak goreng yang dipakai berkali-kali juga menyebabkan jajanan yang satu ini tidak baik jika dikonsumsi berlebihan.

2. ‎Keju

Keju banyak dikonsumsi sebagai sebagai varian rasa beberapa jenis makanan. Rasanya yang khas ternyata menyimpan kandungan lemak jenuh tinggi yang kurang baik jika dikonsumsi secara berlebihan.

3. ‎Mentega

Mentega biasa digunakan untuk menjadi pengganti minyak goreng pada beberapa masakan. Mentega juga digunakan sebagai campuran kue.

Ternyata, mengganti minyak goreng dengan mentega bukanlah solusi mengurangi asupan lemak jenuh, Jika anda ingin lebih sehat, gunakan minyak zaitun untuk membuat masakan yang anda suka. Minyak zaitun lebih sehat dan aman daripada mentega atau minyak goreng.

4. ‎Santan

Makanan yang disajikan di Indonesia banyak yang mengandung santan. Jika anda ingin terhindar dari penyakit yang disebabkan kolesterol jahat, mulailah membatasi asupan santan ke dalam tubuh sekarang juga.

6. ‎Daging Berlemak

Konsumsi daging berlemak yang berlebihan tidak baik untuk tubuh. Contoh daging berlemak adalah daging bebek, kulit ayam, dan kulit bebek.

7. ‎Biskuit dan Kue

Kue dan biskuit yang enak pasti mengandung gula yang tinggi. Hal ini akan tidak baik bagi kesehatan jika dikonsumsi berlebihan.

Waktu memakan biskuit dan kue biasanya dilakukan pada saat ada waktu luang. Ini berarti, orang yang sering makan kue dan biskuit sangat jarang berolahraga. Inilah yang membuat kue dan biskuit sangat berpengaruh terhadap kadar kalori tubuh.

Bagi anda yang masih ada pada garis aman dari penyakit yang disebabkan kolesterol lainnya untuk membatasi makanan yang mengandung bahan di atas. Akan tetapi bagi yang kadar kolesterolnya sudah tinggi akan lebih baik untuk benar-benar menghindari makanan tersebut.

Dampak dan Bahaya Kolesterol

Cara menurunkan kolesterol
cara menurunkan kolesterol – ahlikolesterol.com

Kolesterol jahat yang ada pada tubuh seseorang dapat menyebabkan berbagai gangguan kesehatan. Bahkan gangguan kesehatan tersebut akan menderita seseorang secara bertahap dari mulai Sakit biasa hingga proses.

Gejala awal yang dialami penderita kolesterol tinggi mungkin hanya akan merasakan beberapa rasa sakit biasa seperti kaki kesemutan atau kepala yang terasa pusing.

Akan tetapi jika terus dibiarkan kolesterol jahat bisa terus merusak tubuh dan menyebabkan beberapa penyakit kronis. Berikut ini adalah contoh dari bahaya kolesterol.

1. Menyebabkan Gangguan Kesehatan

Selain menjadi penyebab dari beberapa penyakit kronis tumpukan kolesterol jahat juga bisa mengganggu kesehatan seseorang. Beberapa gangguan kesehatan yang disebabkan oleh kolesterol jahat adalah tinja berdarah, mati rasa daerah kaki, dan sakit rahang.

2. ‎Mengakibatkan Batu Empedu

Kolesterol yang mengendap di dalam tubuh menjadi penyumbang terbesar yang menyebabkan penyakit batu empedu. Hal ini disebabkan kadar kolesterol yang tinggi menjadikan empedu tidak seimbang.

3. Stroke dan Serangan Jantung

Kolesterol jahat yang menumpuk di dalam tubuh juga bisa menyebabkan stroke dan serangan jantung. Hal ini terjadi karena aliran darah yang tidak normal karena terjadi penyempitan pada pembuluh nadi.

Selain menyerang pembuluh nadi tumpukan kolesterol jahat juga dapat menyumbat pembuluh darah otak. Hal inilah yang pada akhirnya dapat menyebabkan serangan jantung darah tinggi dan stroke.

4. Menyebabkan Aterosklerosis

Aterosklerosis adalah sebuah kondisi ketika terjadi penyempitan dan pengerasan pembuluh nadi. Hal ini disebabkan penimbunan endapan lemak dan zat-zat Sampah di dalam tubuh yang tidak terbuang secara maksimal.

Penderita aterosklerosis akan merasakan gejala nyeri atau kram pada daerah yang mengalami penyumbatan. Aterosklerosis juga menjadi salah satu gejala awal penderita penyakit jantung koroner dan stroke yang dapat menyebabkan kematian.