Prinsip utama pada metode perawatan ini adalah melakukan penyesuaian rangka tubuh serta struktur-struktur pendukung yang bisa mengatasi gangguan seperti di atas dan mendukung kesehatan total. Unsur utama dari chiropractic adalah tulang belakang.

Walaupu otot-otot, sendi dan susunan saraf pada sekitar tulang belakang juga dilibatkan pada proses penyembuhan nyeri sendi, sakit kepala dan keluhan saraf dan otot tulang belakang (neuromusculokeletal) di leher, lengan, punggung dan kaki.

Keuntungan dari Chiropractic

Chiropractic
thchiro.com

Perawatan Chiropractic bermanfaat untuk pasien pada segala usia yang sedang mengalami berbagai gangguan kesehatan. Beberapa gangguan dialami diantaranya yaitu:

  • Nyeri pada bagian punggung
  • Nyeri pada bagian leher
  • Rasa sakit yang disebabkan oleh radang sendi
  • Cedera Lecutan (Whiplash) atau keseleo pada leher
  • Sakit pada kepala
  • Ketegangan yang disebabkan oleh bermacam tekanan dari aktifitas sehari-hari
  • Banyak cedera yang disebabkan oleh pekerjaan atau olahraga
  • Mengalami perbatasan pada bagian punggung, leher, bahu dan anggota tubuh lainnya.

Kondisi-kondisi tersebut sering mempengaruhi sistem saraf penting  yang mengakibatkan rasa sakitm disfungsi, bahkan sampai ke area yang jauh dari sumber cedera. Perawatan pada tulang (chiropractic) bisa membantu mengatasi penyebab utama dari rasa sakit agar tidak mengganggu struktur kesehatan tubuh.

Perawatan Chiropractic juga bermanfaat untuk mereka yang sudah berusia lanjut, karena proses ini bisa membantu mereka untuk mempertahankan gerakan dan rentang gerak yang baik. Pada beberapa kondisi khusus, efek jangka panjang bisa dirasakan apabila cara ini dikombinasikan dengan terapi lain.

Waktu yang Tepat untuk Menemui Ahli Pijat Tulang (Chiropractor)

Chiropractic
cooldeals.com

Mengalami yang namanya sakit merupakan sesuatu yang normal terjadi dalam kehidupan manusia. Namun, apabila Anda merasakan dalam kurun waktu yang cukup lama (kronis) atau jika sakit yang dirasakan semaik parah sampai mengganggu kegiatan sehari-hari, maka Anda mungkin butuh seorang ahli pijat tulang (chiropractor).

Dalam beberapa kejadian seperti nyeri pada tulang, jika semakin cepat Anda menemui ahli pijat tulang maka semakin besar juga kemungkinan Anda untuk sembuh. Biasanya untuk menemui Chiropractor tidak dibutuhkan rekomendasi dari seorang dokter.

Anda bisa menjumpai Chiropractor kapanpun, walaupun berkonsultasi dengan dokter kepercayaan bisa membuat kondisi Anda ditangani secara menyeluruh. Patut diingat bahwa perawatan Chiropractic tidak bertujuan untuk menggantikan terapi kesehatan lainnya, sehingga konsultasi dengan dokter tetap dibutuhkan.

Para ahli Chiropractic menggunakan metode pendekatan tanpa obat selama melakukan terapi. Mereka sangat terlatih dan berpengalaman dalam berbagai ilmu pengobatan rehabilitasi dan juga memiliki rekomendasi yang sesuai dengan nutrisi, pola makan dan gaya hidup.

Perawatan Chiropractic: Diagnosa

Chiropractic adalah
en.wikimedia.org

Pada kunjungan pertama Anda ke Chiropractic mungkin akan menyertakan konsultasi dan diagnosa awal. Anda mungkin akan ditanyakan tentang riwayat kesehatan. Chiropractor juga akan meminta Anda untuk menunjukkan area dimana Anda merasakan sakit dan melakukan uji fisik rutin pada area tersebut.

Seorang Chiropractor mungkin juga akan memakai rontden pada tulang belakan dan area keluhan untuk memeriksa anatomi tulang dan kondisi jaringan lunak yang berada pada kedua area tersebut. Beberapa tes dilakukan seperti tes rentang gerak, reflek, rabaan, kekuatan otot dan tes saraf (neurologis) dan juga tes tulang (orotpedi).

Selama proses pemeriksaan berlangsung, sebaiknya Anda memberitahu kepada ahli pijat tulang jika Anda mengidap radang send, patah tulang atau gangguan sirkulasi. Chiropractor juga harus mengetahui bahwa pasiennya memiliki gangguan sirkulasi atau sedang hamil.

Apa yang Bisa Diharapkan dari Chiropractic

Chiropractic
hawthorncenter.com

Setelah melewati pemeriksaan secara menyeluruh, Chiropractor akan membuat rencana perawatan yang sesuai dengan kondisi yang Anda alami. Setelah mengamati kesehatan Anda, kondisi tulang belakang dan tingkat cidera serta tujuan jangka panjang secara menyeluruh, Chiropractor akan membahas rencana perawatan Anda.

Sebagaimana telah dikatakan, Chiropractic menggunakakn metode pendekatan tanpa menggunakan obat. Inti dari metode ini adalah perlakuan dan penyesuaian yang meliputi pengguanaan tenaga, pengaruh, arah, kecepatan dan besaran secara tepat pada otot, tulang dan sendi.

Umumnya kasus berfokus pada penyesuaian tulang belakang, tetapi tergantung dengan kondisi Anda, terapi pada pergelangan kaki, tangan, lutut, bahu dan siku juga bisa dilakukan untuk memperbaiki bahkan meningkatkan fungsi masing-masing bagian tersebut.

Perawatan chiropractic ini mungkin akan berlangsung selama beberapa hari atau mungkin beberapa bulan, tergantung dari rencana perawatan yang dianjurkan. chiropractic menggunakan berbagai peralatan diantaranya meja penyesuaian, instrumen mekanis, penggunaan kompres panas dan dingin, alat pendukung pada sepatu dll.

Apakah Chiropractic Ini Aman?

Chiropractic
carikerja.id

Chiropractic dikenal juga sebagai salah satu terapi yang paling aman dan bebas dari obat-obatan untuk masalah tulang dan otot Walaupun sejauh ini keberhasilan dari proses ini masih memuaskan, namun beberapa resiko kecil sering dikaitkan dengan chiropractic.

Setelah perawatan selesai, kemungkinan pasien akan mengalami rasa tidak nyaman serta rasa sakit, akan tetapi sakit itu akan hilang dalam satu hingga dua hari. Untuk memastikan hasil terbaik sebaiknya Anda memnemui Chiropractor yang sudah bersertifikat dan berpengalaman.