Ciri-ciri Gejala Demam Berdarah (Dbd) Pada Anak dan Orang Dewasa

CIRI-CIRI DBD – Mengetahui ciri-ciri demam berdarah merupakan sebuah langkah awal yang sangat tepat sekali, karena penyakit demam berdarah dapat menimbulkan kematian bagi sesorang. Sehingga harus ditangani dengan tepat dan segera, karena pada dasarnya penyakit dbd, merupakan penyakit yang berbahaya.

Karena terkadang seseorang yang mengalami penyakit dbd tidak menunjukan gejalanya secara langsung, bahkan terkadang tidak menunjukan ciri gejala dbd sama sekali. Sehingga kita perlu waspada mengenai penyakit dbd ini, karena bisa menyerang baik itu orang dewasa, anak-anak ataupun balita.

Untuk anda yang ingin mengenali ciri-ciri dbd yang terjadi oleh penderita demam berdarah, supaya anda tidak mengalami keterlambatan dalam penanganan, ada baiknya kita mengenali gejala-gejala ddb yang spesifik ditimbulkan oleh infeksi virus demam berdarah. Berikut adalah gejala yang biasanya dialami oleh pasien demam berdarah :

Demam tinggi

ciri ciri demam berdarah
meetdoctor.com

Ciri-ciri dbd yang sering terjadi salah satunya adalah demam, tetapi tidak semua penyakit demam merupakan gejala penyakit dbd, hanya salah satu indikasi seseorang mengalami masalah didalam tubuhnya terjangkit virus dengue pada tubuh seseorang. Sebenarnya, demam merupakan mekanisme kekebalan tubuh alami sebagai sinyal bahwa tubuh tengah memberi tambahan perlawanan pada infeksi pathogen. Tubuh akan menambah temperatur maksimal untuk mematikan pathogen virus atau bakteri yang masuk ke di dalam tubuh.

Pada penderita demam berdarah akan terjadi didalam sebagian fase yang umumnya dikenal sebagai fase pelana kuda. Pada fase pertama, umumnya terjadi pada tiga hari sehabis masa inkubasi. Pasien akan mengalami demam yang terlalu tinggi hingga temperatur tubuh menggapai 40 derajat celcius.

Pada fase ke-2 demam akan turun, namun walau demam turun, fase ini adalah fase yang gawat dan berbahaya gara-gara umumnya pasien atau keluarganya akan menganggap dirinya sudah merasa sembuh dan mnegakibatkan terlambatnya penanganan demam berdarah, hal inilah yang dapat membahayakan bagi dirinya, jika tidak segera diberi penganan dengan cepat.

Fase ketiga adalah fase penyembuhan di mana tubuh kembali mengalami demam tinggi dan kandungan trombosit jadi meningkat.

Nyeri Otot

gejala dbd
vsechnoozdravi.cz

Sama halnya dengan penyakit malaria, nyeri otot termasuk merupakan diantara tanda-tanda demam berdarah. Pada kala tubuh terinfeksi virus, sistem kekebalan akan menghasilkan cytokine, histamin dan protein lainnya untuk menangkal kerusakan dan mengalahkan infeksi tersebut. Akan tetapi, kandungan zat tersebut kecuali terlalu tinggi mampu membawa dampak nyeri pada otot khususnya pada pasien demam berdarah.

Sakit Kepala

penyebab dbd
hellosehatc.om

Pasien demam berdarah termasuk umumnya mengalami sakit kepala hebat. Sakit kepala merupakan salah satu diantara sinyal atau tanda-tanda suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus.

Pada kala tubuh terinfeksi virus, sistem kekebalan tubuh akan mencoba untuk mengolah interferon dan zat kimia lain yang mampu membawa dampak munculnya rasa sakit di kepala.

Muntah

mual dan muntah
sainsme.com

Seperti yang udah disebutkan sebelumnya, bahwa infeksi virus dengue mampu menambah kandungan asam didalam lambung yang membawa dampak mual dan muntah hal inilah yang sering terjadi pada penderita dbd.

Bercak atau Ruam Merah

tanda-tanda penyakit dbd
glucoberryasli.com

Demam, sakit kepala, dan ruam merah adalah tiga tanda-tanda utama demam berdarah. Ruam merah umumnya muncul pada kulit pasien kala tubuh berada didalam fase pertama demam tinggi.

Biasanya ruam tersebut akan muncul pada daerah wajah, leher dan dada yang sesudah itu mampu menyebar ke anggota tubuh yang lain, tetapi ruam merah ini bisa hilang dengan sendiriya, ketika penyakit dbd sudah sembuh dalam diri kita.

Mual

penyebab demam berdarah
wildus.tistory.com

Gejala lain yang ditimbulkan oleh infeksi virus dengue adalah mual atau didalam arti medis disebut nausea. Saat virus menginfeksi tubuh, lambung umumnya akan mengeluarkan lebih banyak asam lambung sebagai respon kekebalan tubuh. Naiknya asam lambung membawa dampak mual dan perasaan mengidamkan muntah.

Sakit perut

tanda-tanda penyakit demam berdarah
putihbiru.com

Pasien demam berdarah akan merasakan rasa sakit pada perut, yang berasal dari luka yang disebabkan oleh infeksi pada ulu hati. Pada biasanya pasien demam berdarah akan merasakan sakit pada bagian perut yang hebat sebelum mengalami pendarahan.

Gusi Berdarah

gusi berdarah
okezone.com

Disebut demam berdarah gara-gara penyakit ini mampu membawa dampak pendarahan pada sebagian anggota tubuh, tidak benar satunya adalah gusi. Terkadang bagian tubuh terinfeksi virus dengue, pembuluh darah akan menjadi rentan dan mampu dengan dengan mudah terserang penyakit, karena rendahnya permeabilitas dinding pembuluh darah.

Pasien demam berdarah umumnya disarankan untuk tidak menggosok gigi, atau menyentuh gusi dengan tusuk gigi.

Diare

obat diare
alodokter.com

Diare mampu menjadi tidak benar satu tanda-tanda akibat infeksi virus dengue, walau jarang ditemukan pasien demam berdarah yang mnegalami tanda-tanda ini. Berdasarkan penelitian, hanya 6 persen berasal dari pasien demam berdarah mengalami diare.

Infeksi virus dengue mampu membawa dampak masalah pada pencernaan dan penyerapan air pada usus besar agar penderita demam berdarah mengalami diare.

Jika seseorang mengalami satu atau sebagian tanda-tanda diatas, tersedia baiknya untuk langsung datang ke dokter untuk meraih penangan yang tepat. Sebaiknya pasien segera diberi paracetamol atau obat pereda demam yang lain. Hindari untuk memberi tambahan aspirin atau dispirin pada pasien yang mengalami demam akibat infeksi virus dengue.

Ingatlah bahwa yang terpenting bagi pasien adalah untuk selamanya menjaga kandungan cairan didalam tubuh dengan meminum lumayan air atau larutan ion. Usahakan pasien mendapat istirahat yang lumayan untuk mempercepat sistem penyembuhan itulah beberapa ciri-ciri Dbd yang harus kamu ketahui.