15 Ciri dan Tanda Kehamilan Untuk Anda Para Calon Ibu

CIRI DAN TANDA KEHAMILAN – Pada artikel kali ini kami akan membahas tentang tanda kehamilan. Kami akan menjelaskannya dengan detail dan terperinci langsung saja anda bisa membacanya di bawah ini.

Tanda kehamilan memang bisa sering dirasakan pada awal kehamilan. Bisa juga meresepkan perasaan ibu menjadi sangat sensitif.

Pertumbuhan kantung janin saja sudah bisa bikin ibu akan lebih merasakan berbagai tanda tanda pada minggu pertama. Meski untuk beberapa ibu tidak bisa merasakan tanda lahir karena dini karena kondisi hormon tubuh.

Dan sejak ibu merasakan berbagai tanda kehamilan maka ibu bisa merasa khawatir yang sangat berlebihan. Atau kadang menjadi kecewa karena setelah merasa tanda-tanda pasti tiba-tiba terasa tanda menstruasi akan datang.

Untuk menghilangkan keraguan sedang hamil atau tidak, maka ibu bisa melihat gejala hamil muda seperti dibawah ini

Tidak Menstruasi

darah
halosehat

Setiap wanita akan mengalami menstruasi setiap satu bulan sekali. Namun ketika ada tanda kehamilan maka wanita tidak akan mengalami menstruasi. Menstruasi biasanya dengan periode antara 26 sampai 29 hari.

Dan kehamilan penyebab embrio berkembang dalam rahim jadi sel telur tidak akan pecah. Hal ini yang membuat wanita hamil tidak akan menstruasi.

Untuk menunggu anda sedang hamil atau tidak maka tunggu beberapa hari dari jadwal menstruasi.

Jika menstruasi tetap datang maka Anda mengalami menstruasi yang terlambat. Jika tidak maka Anda bisa datang ke dokter untuk diperiksa

Bagian Putih Akan Serasa Sakit

kapas
cleanandclear.co.id

Kemudian setelah masuk usia 2 sampai 3 minggu maka ibu bisa merasakan bagian puting yang sakit. Kondisi ini tidak terjadi di semua bagian payudara tapi hanya di bagian puting.

Rasa sakit bisa kejang sebagai perasaan sakit, perih dan lebih sensitif. Ini disebabkan karena siklus dalam tubuh telah berlalu ovulasi dan sel telur sudah bertemu sel sperma jadi bisa hamil.

Untuk menjaga kondisi ini maka ibu bisa mencoba pakaian yang nyaman dan bisa menyerap keringat.

Seperti akan Menstruasi

darah
Tribunnews.com

Salah satu gejala hamil muda yang aneh adalah ibu bisa merasakan seperti akan menstruasi. Gejala ini bisa seperti perut yang tidak nyaman, punggung yang sangat lelah dan seperti tekanan pada bagian perut bawah.

Ini merupakan sebuat tanda saat bagian tubuh ibu memiliki reaksi terjadap tekanan pada rahim. Belum jadi bentuk rahim sudah siap untuk menerima kehamilan.

Tapi tanda ini harus diwaspadai jika memang ada gangguan kehamilan karena awal atau ciri masalah kehamilan.

Morning Sickness

buah naga
kesehatanibuhamil.com

Kemudian saat ibu masuk usia kehamilan awal maka ibu bisa merasakan morning sickness yang lebih kuat. Kondisi ini hanya terjadi saat ibu sudah masuk ke trimester pertama. Mual dan muntah menjadi gejala yang sangat jelas.

Mual dan muntah sebenarnya juga tidak bisa terjadi pada pagi hari tapi bisa sepanjang hari. Jika sudah seperti ini maka ibu bisa sangat lemah. Untuk itu ibu bisa melakukan cara mengatasi mual saat hamil karena ngidam.

Perut Bawah Berkedut

kemuliaan wania ketika hamil
AkhlakMuslim.Com

Kemudian ciri ciri orang hamil yang lain adalah ibu hamil yang berkedut seperti dipukul dari dalam atau tertarik.

Perut bawah ibu mungkin akan merasa tidak nyaman selama beberapa hari sampai ibu merasa seperti tidak ingin makan atau melakukan aktifitas. Jika ibu berusaha untuk melawan maka tekanan akan terasa lebih kuat.

Memang semua bagian perut ibu akan mengalami peregangan termasuk pada bagian rahim. Ini memang sangat alami karena tubuh ibu siap untuk menerima perkembangan janin sampai lahir.

Namun ibu harus waspada jika kondisi ini berhubungan dengan tanda keguguran tanpa pendarahan dan tanda tanda hamil kosong.

Kram Perut Yang Sering

kram perut
giupban.com.vn

Kehamilan beberapa minggu akan menyebabkan ibu menderita kram perut yang sering. Kram perut bisa seperti ada yang tumbuh pada bagian perut.

Kram perut sebenarnya disebabkan karena otot rahim mulai meregang untuk mendukung perubahan bentuk embrio. Ukuran janin yang bisa besar bisa menyebabkan kram perut yang lebih sering.

Namun jadinya kram yang berlebihan maka bisa masuk ke dokter. Kondisi ini harus diawasi untuk mengetahui adakah kelainan hamil sejak awal termasuk seperti perut melilit saat hamil.

Pendarahan Ringan

peredaran-darah
satujam

Ibu hamil juga bisa mengalami pendarahan ringan pada awal masa kehamilan. Darah yang keluar dari vagina tidak berwarna merah tapi lebih merah muda.

Untuk mengetahuinya ibu bisa mencoba cara membedakan darah haid dan darah awal agar ibu bisa kembali kepastian. Flek bercak darah saat hamil muda biasanya akan berhenti paling lama 2 hari setelah keluar.

Namun biasanya ibu hanya akan mengalami bercak darah selama 1 hari saja. Kondisi ini disebabkan karena sudah terjadi implantasi pada bagian rahim.

Dimana embrio yang terdiri dari sel telur yang sudah dibuahi sel sperma telah menempel pada rahim dan bersiap untuk berkembang menjadi janin.

Perut Terlihat Bengkak

usus buntu
hellosehat.com

Sebenarnya salah satu gejala hamil muda yang jarang terjadi adalah saat perut ibu terlihat bengkak. Sebenarnya istilah ini memang kurang tepat karena perut bengkak bisa saja menjadi tanda gangguan organ tubuh dalam.

Namun karena tubuh ibu terbentuk hormon progesteron yang lebih banyak maka buat perut ibu bengkak. Hal ini bisa terlihat beberapa kali.

Jika ibu bisa yakin dengan tanda kehamilan yang muncul maka tes kehamilan memang sangat dibutuhkan.

Jika usia kehamilan sudah beberapa minggu maka perut bengkak bisa menjadi masalah seperti kelebihan udara ketuban dan bahaya pada ibu hamil.

Perut Kembung

parut kembung
Meetdoctor.com

Perut kembung pada ibu hamil memang biasanya akan terjadi pada awal kehamilan. Perut kembung menandakan ada banyak angin seperti tertahan sehingga perut menjadi tidak nyaman.

Hal ini bisa menyebabkan perut ibu akan terasa lebih sakit terutama dibagian bawah tulang rusuk. Jika ibu bisa kentut atau bersendawa maka biasanya akan mengatasi hal ini.

Namun jika terlalu banyak udara dalam perut maka bisa menjadi pertanda masuk angin pada ibu hamil. Jika ibu suka seperti ini maka bisa mencoba cara mengatasi kembung pada ibu hamil.

Sering Buang Air Kecil

mulas
hallosehat

Perubahan hormon terbentuk berbagai reaksi yang berbeda pada masa awal.

Kondisi ini bisa terjadi saat sedang dalam beberapa minggu. Ibu akan sering kering buang air kecil, tunggu bagian kantung kemih belum terlalu tertekan oleh rahim.

Ibu tidak mau buang air kecil, untuk mencegah infeksi saluran kemih pada ibu hamil. Dan perhatikan juga jika ini menjadi gejala infeksi saluran kemih pada ibu hamil dan gejala adanya kista di rahim.

Diare Tanpa gejala

sembelit
zhivotu.net

Diare saat hamil biasanya disebabkan karena adanyak bakteri dalam usus yang menyebabkan cairan usus menjadi lebih banyak.

Kemudian kondisi ini menyebabkan tinja menjadi lebih lunak sehingga tidak bisa bertahan dalam usus sampai sudah waktunya. Ibu hamil akan mengalami diare yang kebetulan terjadi pada minggu pertama kehamilan.

Kondisi seperti ini merupakan bentuk perubahan hormon yang sangat cepat pada ibu hamil. Untik mengatasi bahaya diare pada ibu hamil maka ibu bisa minum obat diare ibu hamil atau obat mencret untuk ibu hamil.

Mudah Sembelit

sembelit
hallosehat

Selain diare maka beberapa ibu hamil juga bisa merasakan sembelit yang buruk dengan tanda susah BAB saat hamil. Saat hormon progesteron semakin banyak dalam tubuh maka usus menjadi lambat saat bekerja.

Maka ini akan menyebabkan cairan usus dan gerakan usus banyak. Tinja menjadi lebih kering dan ibu akan terkena sembelit. Jika ibu tersebut bisa melakukan hal ini maka ibu harus mencoba untuk makan secara rutin.

Serat menjadi obat diare yang paling sehat dan baik untuk ibu hamil. Sumbernya serat juga mengandung asam folat sehingga bisa sembuh cacat janin.

Kondisi ini harus segera diobati untuk menghilangkan ambeien saat hamil dan bahaya ambeien untuk ibu hamil.

Keputihan Akibat Jamur

jamur
tandapagar

Saat hormon progesteron meningkat dengan cepat maka ibu hamil bisa menderita keputihan saat hamil yang berat.

Penyebab keputihan pada ibu hamil bisa disebabkan oleh infeksi jamur yang akan menyebabkan banyak cairan atau lendir keluar.

Tapi bentuk keputihan tidak terlalu cair jadi lebih tebal. Selain itu keputihan yang ini juga bisa menyebabkan sakit atau gatal. Namun jika disertai dengan rasa panas atau sakit saat buang air kecil maka kemungkinan ibu terjangkit penyakit kencing.

Keputihan untuk ibu hamil harus diperhatikan jika memang sudah pernah menderita infeksi serviks.Untuk mencegah efek keputihan yang berat itu ibu bisa melakukan cara mengatasi keputihan gatal

Rasa Logam di Mulut

mulut
okezone

Ibu hamil sejak awal bisa merasakan tidak nyaman pada bagian mulut, seperti aroma atau rasa logam dari mulut. Kondisi ini menyebabkan bagian mulut ibu menjadi lebih asam.

Peningkatkan hormon progesteron bisa menyebabkan gejala ini agar ibu bisa merasa tidak nyaman. Jika sangat berlebihan maka bisa menyebabkan ibu selalu ingin muntah.

Namun jika mengikuti pusing atau demam maka bisa menjadi kondisi yang lebih berbahaya. Sebaiknya saat ibu sudah merasakan gejala ini maka berhenti untuk mengkonsumsi minuman berkafein.

Ibu tidak bisa merakan gejala hamil yang normal seperti ibu hamil muda cepat lapar.

Lendir Vagina Lebih Banyak

air
muhammadamin.com

Kehamilan awal juga bisa menyebabkan lendir pada bagian vagina menjadi lebih banyak. Kondisi ini menyebabkan banyak cairan yang keluar, lebih lisin dan sangat sulit untuk dihilangkan.

Jika kadar progesteron dalam tubuh semakin tinggi maka lendir menjadi tebal, warna putih sampai kecoklatan.

Namun jika cairan ini memiliki aroma yang tidak nyaman maka gejala penyakit lain mungkin bisa diperhatikan. Ibu bisa mendapatkan pemeriksaan untuk melihat hasil yang paling pasti.

Sekian pejelasan tentang ciri dan tanda hamil semoga dapat lebih bermanfaat bagi para pembacanya dan jika adanya yang ingin lebih tahu apa saja ciri dan tanda hamil sebaiknya anda langsung saja berkonsultasi kepada dokter yang ahli.

5/5 (1)

Please rate this

Leave a Comment