Codipront

Codipront Kegunaan, Efek Samping, Ulasan, dan Tindakan Pencegahan

CODIPRONT – Atau Kodein Fenilfoloksamin adalah obat batuk dengan efek jangka panjang 10 – 12 jam selain itu kapsul Codipront juga diindikasikan pada perawatan nyeri umum maupun nyeri ringan yang berkesenambungan arah sakit kepala, sakit pada otot, sakit punggung, periode, pramenstruasi dan menstruasi, flu, pilek, sakit gigi, mengurangi demam, termasuk penanganan nyeri maupun kondisi sakit lainnya.

Komposisi Codipront

Codipront
MIMS.com

Kapsul
Setiap kapsul memiliki:

Kodein anhidrat 30 mili gram
Feniltoloksamin 10 mili gram
Dengan bentuk resinat terikat pada ion-exchanger

Sirup
Setiap 5 mili memiliki:

Kodein anhidrat 11,11 mili gram
Feniltoloksamin 3,67 mili gram
Dengan bentuk resinat terikat pada ion-exchanger)

Cara Kerja Codipront

codipront
Procuro.Saúde.com

Codipront diperkaya 2 zat aktif pada tempat kerja yang taksama. Kodein bisa mengurangi batuk dalam tekanan sentral di pusat batuk tersebut. Feniltoloksamin adalah antihistamin yang mempunyai efek dalam masalah alergi.

Zat aktif Codipront terikat pada ion-exchanger yang secara mungkin bisa membuat pelepasan jadi lambat seragam pada saluran pencerna. sampai mencapai efek antitusif waktu yang lama pada penggunaan dosis 2 kali dalam sehari.

Indikasi, pengobatan simtomatik batuk kering (non produktif) dan di barengi oleh alergi yang tinggi

Kontraindikasi, penderita hipersensitif memiliki bahan aktif juga bahan pembantu

Serangan asma akut. Gangguan pada pernafasan (gangguan pernafasan)
Glaucoma sempit

Keadaan koma Hipertrofi prostat yang membentuk resin residu.
Wanita hamil dan menyusui dan penyakit pencernaan

Penggunaan Codipront Untuk Anak:

Codipront sangat dilarang penggunaanya pada anak umur di bawah tahun karena bisa beresiko tingginya depresi pada pernafasan anak tersebut.

Sebab Codipront dalam penggunaan kodein dikontra indikasikan untuk orang yang menderita serangan akut asma, lalu batuk kronik bagi anak-anak secara umum yaitu gejala awal dari asma bronchial sebab itu Codipront tidak boleh untuk sedasi dalam kondisi batuk seperti itu.

Efek Samping Codipront

condipront
Herbalife Independen Distributor Indonesia – WordPress.com

Mual serta muntah hingga bisa timbul rasa permulaan obat. Kecanduan dalam pemakaian dosis berlebih penderita dan sensitif sampai mengangguan koordinasi visio motorik juga kapasitas visual. dan bisa sampai depresi pernafasan maupun euforia.

Pruritus, reaksi kulit akan kemerah-merahan dalam hal ini jarang terjadi, dyspnoea, gangguan tidur, mulut kering, telinga berdengung (sampai tidak sadar efeknya).

Kasus seperti ini bisa menyebabkan naiknya berat badan. Kodein lalu meningkatkan tonus otot polos (seperti otot ginjal, otot usus) hal itu terjadi setelah pemberian dosis lebih sekitar angka 60 mg.

Dosis kelebihan atau terlalu tinggi dosis bisa membuat tenggelamnya pembuluh darah, edema pulmonal lalu akan terjadi di pasien dengan awalan gejala tergangguannya fungsi dari pulmonal.

Efek samping tersebut akan turun kalau pemberian dosis sedikit dan dengan cara pemberian obat secara hati-hati dalam menyesuaikan dosis individual seseorang tersebut. Reaksi hipersensitlvitas pasien akan sensitif karena efek kandungan paraben sirup.

Peringatan dan Perhatian

Jika anda melihat efek samping lain yang tidak tercantum di atas, hubungi dokter untuk mendapatkan saran medis. anda juga dapat melaporkan efek samping pada otoritas pemberian makanan dan obat lokal anda.

Jika batuk masih tetap berlangsung lebih dari 1 minggu atau kemudian disertai demam, ruam atau sakit kepala, konsultasikan ke dokter.

Pemberian pada penderita harus dengan cara yang sangat hati-hati, karna kalau tidak penderita bisa depresi sistim saraf pusat berat, depresi pernafasan, alkoholisme akut, penyakit pulmonal akut.

Hati-hati terhadap penyakit dengan kelainan kejang, gangguan fungsi ginjal dan hati, demam, hipotiroidisme, penyakit Addison, colitis ulserosa, prostat hipertrofi penyakit yang baru dilakukan bedah saluran pencernaan atau saluran kemih.

Bisa menyebabkan atau memperburuk konstipasi lalu pada dosis tinggi bisa terjadi hipotensi bagi penderita hipovolemia.

Dosis dan Cara Penggunaan Codipront

condipront
Naukas.com

Kapsul
Dalam Resep dokter
Anak pada umur 14 tahun atau dewasa bisa 2 kali sehari 1 kapsul pada pagi dan sore hari juga tidak over.

Sirup
Tersedia  dari dokter, minum 2 kali sehari di pagi juga sore hari:
Anak umur 2 sampai 4 tahun: ½ sendok 5 ml (2,5 mili)
4 sampai 6 tahun: 1 sendok  5 ml (5,0 mili)
6 sampai 14 tahun: 2 sendok  5 ml (10,0 mili)
Umur 14 tahun keatas dewasa: 3 sendok  5 ml (15,0 mili)

Obat akan diminum sebelum tidur.
Codein sangt dilarang pada anak kurang dari umure 2 tahun. Dalam kasus penderita lanjut usia individu atau gagal ginjal. Petujuk ex obat dan pengobatan.

Codipront pada banyak obat umumnya setelah melewati kadaluarsa teteap tidak boleh gunakan.
Simpan dengan baik jauhkan jangkauan anak kecil taruhlah pada tempat yang aman.

Interaksi Obat

Dalam penggunaan Codipront bersama penggunaan obat sentral depresan contohh: barbiturat, psikofarmaka,beberapa macam antialergi atau antihistamin juga analgesik) akan memberi potensiasi sedasi ples depresi pernafasan.

Kombinasi Codipront terhadap alkohol akan membuat turun kemampuan psikomotor (power berkonsentrasi maupun power pemecahan masalah yang kompleks) lebih kuat dari masing-masing komponen oleh sebab itu kombinasi ini sudah dilarang.

Catatan: Kodein sangat berpotensi ketergantungan primer. Penggunaan jangka yang lama ditambah dosis tinggi bisa menganggu, dan yang akhirnya bisa menjadi kebiasaan pada pemakaian kodein terhadap kebiasaan opiat lain atau sebaliknya.

Pada kasus ini banyak yang sudah ketergantungan pada opiat, penggunaan obat perlu diperhitungkan sebab bisa meninggikan resiko kambuh pada hal tersebut.

Walau sudah digunakan sesuai petunjuk, kodein mampu mempengaruhi reaktif misal, gangguan pada mengendarai kendaraan atau kegiatan fisik berbahaya lainnya, cara terbaiknya adalah menghindari hal berbahaya selama menjalani terapi.

Dokter wajib mengambil keputusan dalam setiap kasus individu pada keadaan reaktivitas juga teliti dalam dosis individu. Ukuran kodein dan alkohol atau obat lain yang berpengaruh pada sistem saraf yang bisa membuat efek sedasi ples depresi pernafasan.

Dalam kondisi sirup Codipront akan mengental bila didiamkan dan baru akan cair sirup jika sudah dikocok saat digunakan, sifat thixotropic menjamin keseragaman distribusi zat aktif.

Kemasan Codipront

condiprot
TwiCopy

Isi Codipront Kapsul
Ukuran dus 1 blister, 10 kapsul atau no. DNL7412415501A2
Ukuran dus, botol, 100 kapsul atau no. DNL7412415501A1

Codipront Sirup
Ukuran dus, botol, 60 mili atau no. Reg. DNL7412415637A1.
Simpan dengan suhu Tempat 25 sampai 30 ° C, lindungi dari sinar cahaya lansung, ikuti panduan dan resep Dokter.

Demikian info mengenai Codipront, semoga info ini bisa berguna bagi anda dalam penggunaan kapsul maupun sirup Condipront, trimakasi dan sampai jumpa lagi di artikel-artilkel SehatAlfiat lainya.

Leave a Comment