Daun Sirih Beserta Pengertian, Ciri-ciri, Manfaat, Efek

DAUN SIRIH – Sirih atau kalau bahasa Latinnya Piper betle adalah tumbuhan asli dari negara kita yaitu Indonesia yang tumbuh dengan cara merambat atau bersandar pada batang pohon yang lain.  Pada umumnya buah dan daunnya bisa dikunyah dengan tembakau, pinang, gambir serta kapur.

Sirih termasuk dari tanaman obat (fitofarmaka) sangat berguna untuk kehidupan dan setiap upacara adat rumpun Melayu.

Di Indonesia sendiri, sirih termasuk flora khas dari daerah Kepulauan Riau. Masyarakat Kepulauan Riau sendiri sangat antusias terhadap budayanya seperti upacara makan sirih terlebih ketika diadakan upacara penyambutan tamu dan memakai sirih untuk obat setiap jenis penyakit. Meskipun begitu, tanaman sirih sering kita jumpai di seluruh Indonesia hanya digunakan atau sekedar untuk tanaman hias.

Pengertian Daun Sirih

pengertian daun sirih
deherba.com

Klasifikasi ilmiah

Kerajaan: Plantae

(tidak termasuk) Magnoliidae

Famili: Piperaceae

Ordo: Piperales

Genus: Piper

Spesies: P. betle

Nama binomial: Piper betle

Ciri-ciri batang, daun, dan bunga/buah

ciri ciri daun sirih
necturajuice.com

Tanaman merambat ini mampu tumbuh hingga sampai tinggi 15 meter. Berwarna coklat kehijauan pada batangnya,bentuknya bulat, beruas dan sebagai sarana keluarnya akar. Daunnya berbentuk jantung dan tunggal, dan pada permukaan daun ujungnya lancip, tumbuh berselang-seling, memiliki tangkai, dan ketika kita remas akan mengeluarkan bau yang enak.

Panjang daun kira-kira 5 sampai 8 cm dan lebar 2 hingga 5 cm. Bunganya seperti bulir, majemuk sertai ada daun pelindung kurang lebih 1 mm yang bentuknya panjang dan bulat. panjang pada bulir betina kira-kira mencapai 1,5 sampai 6 cm yang mana dijumpai kepala putik 3 -4 buah yang warnanya putih dan hijau kekuningan.

Sedangkan Pada bulir jantan panjangnya kira-kira mencapai 1,5 – 3 cm dan dijumpai 2 benang sari yang agak pendek atau sedang . Buahnya dinamakan buah buni dengan warna hijau keabu-abuan serta bentuknya bulat. Memiliki akar tunggang, warna coklat kekuningan serta berbentuk bulat.

 Kandungan dan manfaat Daun Sirih

manfaat daun sirih
via wordpress.com

Daun sirih dianggap didalamnya terdapat Minyak atsiri.  Kandungan dari minyak atsiri diantara lain minyak terbang (betIephenol), seskuiterpen, diatase, pati, gula, zat samak dan kavikol yang bisa membunuh kuman, antioksidasi dan fungisida, anti jamur.

Diantara khasiat utama Sirih yaitu dapat menghilangkan bau badan yang disebabkan oleh cendawan dan bakteri. Daun sirih juga berguna sebagai penahan atau menghentikan pendarahan, memulihkan luka pada kulit, dan gangguan pada saluran pencernaan.

Tambahan lagi, daun sirih ternyata memiliki sifat mengerutkan, membantu dahak untuk keluar, meluruhkan ludah, hemostatik, dan terakhir ketika terjadi pendarahan bisa dihentikan. Pada umumnya dipakai sebagai obat hidung ketika mengeluarkan darah atau mimisan. digunakan 2 buah lembar daun sirih yang masih segar, dibasuhkan dengan air, digulung lalu ditempatkan pada dalam lubang hidung.

Selain sebagai kesehatan, ternyata daun sirih berguna untuk pertanian. Bahan aktif seperti fenol dan kavikol yang terdapat daun sirih hutan dapat dipakai sebagai pestisida nabati untuk melawan hama penghisap.

Beberapa kegunaan lain dari sirih diantaranya

Diare
Ambil sirih kira kira 4 sampai 6 lembar, satu (1) sendok minyak kelapa, dan biji lada kira-kira 6 buah, hancurkan semua bahan hingga halus hingga halus, lalu usap hasil tumbukan itu pada perut. Lakukan secara berulang hingga sembuh.

Sakit gigi
Masak daun sirih bersama 1 gelas berisi air hingga mendidih kemudian tunggu sampai dingin. Pakai hasil rebusan daun sirih itu untuk berkumur, lakukan berulang hingga dirasa sembuh.

Cara lainnya bisa juga dapatkan dua lembar daun sirih kemudian remas-remas bercampur garam dengan jumlah seperlunya. Selanjutnya seduh dan campurkan dengan air panas. aduklah hingga dirasa larut, tunggu sampai dingin dan pakailah untuk berkumur-kumur supaya sakit giginya hilang.

Alergi. 
Siapkan 6 lembar daun sirih, satu potong jahe kuning dan satu setengah sendok minyak kayu putih,. Hancurkan bahan bahan tersebut sampai halus bersamaan. Sesudah halus,  gosokkan pada daerah yang terdapat Alergi atau gatal-gatal.

Bronkhitis 
Sediakan daun sirih berjumlah 7 lembar dan gula batu satu (1) potong. Haluskan daun sirih, kemudian rebus dengan gula batu dan 2 gelas air sampai mendidih. Masukkan rebusan tersebut ke saringan kemudian diamkan sampai dingin.  minum 3 kali per hari,  tiap 1 kali adalah 3 sendok makan.

Keputihan
Siapkan 7-10 lembar daun sirih lalu rebus dengan 2 m5 liter air hingga mendidih. Ketika masih hangat manfaatkan untuk membasuh dan membersihkan.

Sifilis. 
Siapkan daun sirih sebanyak 25-39 lembar sekaligus dengan tangkainya, garam dapur seperlunya dan gula aren 1 1/4 kg. Didihkan semua bahan dengan 2 liter air, lalu disaring. 1 hari Diminum 3 kali secara berulang-ulang.

Menghilangkan keringat berlebih

Khasiat sirih lainnya ialah dapat mengontrol senyawa kavicol dan estragol pada produksi kelenjar keringat. Langkahnya, gosokkan hasil rajangan dari dua lembar daun sirih pada bagian ketiak secara terjadwal. Anda juga boleh minum rebusan air daun sirih sebanyak 2 gelas tiap hari.

Obat untuk payuda** yang membengkak

Untuk langkahnya, sediakan beberapa lembar daun sirih, lalu bakar hingga layu. Kemudian, taruh pada payuda** yang bengkak ketika masih hangat.

Obat asam urat

Langkahnya, didihkan 8 lembar daun sirih yang masih muda kedalam 500 ml air hingga tersisa 3 gelas saja. Minum dengan rutin 75 ml air panas 3 kali satu hari.

Mengurangi produk ASI yang berlebihan

Bahan: 4 lembar daun sirih dan minyak kelapa seperlunya.

Langkah pembuatan: olesi daun sirih dengan minyak kelapa, Lalu dipanaskan dengan api. Cara pemakaian: tempelkan di seputar buah dada ketika masih hangat.

Sakit Jantung

Bahan: daun sirih 3 lembar, biji kemukus 7 pasang, bawang merah 3 siung, dan terakhir jintan putih 1 sendok.

Langkah membuat: seluruh bahan tersebut dihancurkan sampai benar-benar halus, dicampur dengan 5 sendok air panas, didiamkan beberapa menit, lalu ditekan dan disaring.

cara penggunaan: satu hari diminum 2 kali dan dilakukan secara rutin.

Mimisan Pada Hidung

Waktu dahulu, manusia memanfaatkan sirih untuk penyembuh luka dan memperlambat pendarahan.

Pengobatan alami yang biasa dilakukan ketika terjadi mimisan di hidung ialah dengan menyumbat lubang hidung dengan gulungan daun sirih yang telah dicuci bersih.

Untuk menyembuhkan luka luar dan menghentikan pendarahan luka luar, daun sirih juga pada umumnya digunakan. Berikut adalah cara pemakaiannya:

  1. rajang beberapa helai daun sirih sampai halus
  2. gosokkan  pada luka luar
  3. Jika mau, lapisi luka dengan memakai perban

Pengobatan dapat dikerjakan secara berulang-ulang sampai luka pulih kembali.

Radang Tenggorokan

Resep yang diwariskan secara turun temurun dari nenek moyang tersebut bukanlah tidak disertai alasan.

Daun sirih mempunyai kandungan  styptic yang mampu meredakan pendarahan.  Bukan hanya styptic, daun berwarna hijau tersebut juga didalamnya terdapat kandungan vulnerary dan minyak atsiri yang bisa memulihkan luka dan menghindarkan infeksi pada tenggorokan.

Radang tenggorokan sekilas terlihat sama dengan asma. Meskipun bukan termasuk penyakit yang parah, tetapi radang tenggorokan mempunyai tanda-tanda atau gejala yang sangat menyebalkan dan sangat mengganggu  . Yak, anda bisa mengolah rebusan daun sirih, dengan metode yang juga mirip dengan penyembuhan asma, tetapi minumlah air rebusan itu, hanya disaat mengalami sakit tenggorokan saja. Tenggorokan anda bisa lega karena Air rebusan dari daun sirih ini  dan meredakan gejala sakit tenggorokan, diantaranya:

  • Suara yang serak
  • Batuk – batuk
  • Rasa perih ketika menelan
  • Susah mau ngomong

Khasiat rebusan daun siri yang selanjutnya ialah untuk menyembuhkan iritasi pada mata dan meredakan rasa sakit. Mata adalah termasuk organ tubuh yang paling rentan dan paling sering terimbas peradangan dan infeksi. Hal tersebut dikarenakan mata acapkali terbuka dan terdapat allergen dan polutan yang bisa menimbulkan iritasi pada mata, yang menjadikan mata menjadi :

  • Terasa Gatal
  • Berwarna merah
  • Terasa sakit dan perih

Pada saat terjadi iritasi mata , dan obat tetes mata normal tidak bisa digunakan sebagai penyembuhannya, oleh karenanya,  anda bisa mencoba memakai daun sirih yang sudah direbus untuk meredakan gejala iritasi pada mata.

Bagaimana caranya?

Berikut ini adalah cara-cara untuk mengolah daun sirih agar bisa menyembuhkan rasa sakit iritasi pada mata :

  • Siapkan daun sirih 1 hingga 2 lembar
  • Masak daun sirih sampai mendidih bersama ½ – 1 gelas air
  • Diamkan sampai airnya terasa dingin dan juga tidak panas
  • Teteskan hasil rebusan daun siri ke mata, atau anda juga bisa memakai air rebusan sirih untuk mengompres mata anda dengan kain.

Disaat pemakaiannya dijalankann secara tepat, maka sebenarnya daun sirih ialah tumbuhan herbal yang dapat menghilangkan resiko penyakit kanker sekaligus. Ini dikarenakan didalam daun sirih terdapat alkaloid, flavonoid dan juga polifenol,yang mana peran pentingnya ialah untuk antioksidan serta juga anti-inflamasi.

Akhirnya zat-zat asing pun bisa ditahan untuk masuk ke dalam tubuh Dengan kandungan senyawa-senyawa tersebut. Zat asing benar-benar berisiko ketika mereka mengganggu sel tubuh kita, karenanya kita butuh senyawa pada sirih tersebut untuk menghentikan kanker tumbuh. Di bawah ini adalah cara meminum air daun sirih untuk mencegah kanker.

untuk langkah-langkahnya:

siapkan lembar sirih sesuai kebutuhan. Selanjutnya dibasuh dengan air hingga bersih dan masak sampai benar-benar airnya mendidih. Kemudian sesudah dimatikan apinya, kita harus  membiarkan rebusan tersebut dingin terlebih duluira-kira 30 menit. Nah, ketika sudah dirasa dingin, boleh dicampur dengan gula batu atau gula jawa untuk pemanis. dengan meminumnya secara teratur, zat asing yang menyebabkan perkembangan sel kanker dalam tubuh akan terbunuh.

Gangguan haid

Untuk anda para perempuan yang sering merasakan gangguan saat haid atau menstruasi, serta anda tidak tertarik dengan jamu – jamu yang katanya bisa menormalan haid, anda bisa coba meminum rebusan dari sirih ini. Hal ini sudah terbukti, pasalnya berbagai  obat-obatan yang beredar di pasaran juga terdapat kandungan ekstrak  sirih.

Berikut ini cara membuat rebusan sirih :

  • Siapkan daun sirih sebanyak 3 sampai 5 lembar.
  • Masak daun tersebut dengan air sampai mendidih.
  • Biarkan dan diamkan sampai tidak terasa panas, selanjutnya minum ketika menjalani masa haid atau menstruasi.

Manfaat daun untuk kecantikan

Selain manfaatnya untuk kesehatan dan penyembuhan tubuh, nyatanya manfaat sirih juga ada untuk kecantikan. Berikut ini diantara daftar manfaat sirih khususnya bagi kecantikan:

1). Menghaluskan kulit

Langkahnya, hancurkan 3–5 lembar sirih dengan air panas. Pakai untuk masker saat telah menjadi hangat, kerjakan setidak-tidaknya satu minggu sekali.

2). Melenyapkan jerawat

Masak 10 lembar daun dengan 250 ml air hingga warnanya berubah menjadi kecokelatan. Pakai air rebusan tersebut untuk mengompres wajah tiap hari secara teratur.

3). Menghambat penuaan dini

Manfaat daun juga dapat dipakai sebagai pencegahan terhadap penuaan dini. Caranya, rebus daun sirih merah 6 lembar, 10 biji kurma, 100 gram kacang hijau dan 40 gram gingseng talinum dalam 4 gelas air sampai hanyabersisa 2 gelas saja. Campurkan juga dengan 2 sendok makan jeruk dan madu, aduk sampai rata. komsumsi rebusan tersebut 2 kali satu hari dalam 1 kali seminggu sebanyak 1 gelas.

Demikianlah daun sirih beserta manfaat, pengertian, dan cara menggunakannya

5/5 (1)

Please rate this

Leave a Comment