daun sirsak

Daun Sirsak Untuk Obat Kanker, Asam Urat, Kolesterol, Diabetes dll

DAUN SIRSAK – Belakangan ini masyarakat semakin was-was dengan munculnya berita-berita menakutkan tentang penyakit seperti kanker, diabetes, asam urat dll. Namun disisi lain ada juga berita yang menggemparkan dunia yaitu ramainya teknik pengobatan dengan menggunakan bahan-bahan alami (pengobatan herbal).

Sudah banyak terbukti bahwasannya pengobatan herbal terkhusus menggunakan bahan baku daun sirsak ini sudah dibuktikan melalui penelitian, salah satunya penelitian yang dilakukan oleh Fakultas MIPA Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo yang mengembangkan eksplorasi aktivitas bioaktif pada daun sirsak.

Hasilnya daun yang biasanya menjadi sampah itu bisa bermanfaat untuk anti kanker nasopharynx dan serviks. Prof. Dr. Okid Parama Astirin MS, salah satu dosen peneliti  mengatakan pihaknya saat ini fokus pada dua jenis kanker tersebut.

Tumbuhan Sirsak

daun sirsak
internetsatelit.co.id

Sirsak (Annoma muricata) merupakan tumbuhan yang berasal dari Karibia, Amerika Tengah dan Amerika Selatan. di Indonesia sendiri nama atau sebutan dari buah ini sangatlah bervariasi hampir di setiap daerah mempunyai nama tersendiri seperti di daerah Jawa disebut nongko londo, Madura nangka buris/nangkelan. Masih banyak lagi sebutan lain.

Tanaman sirsak biasa ditanam secara komersial untuk diambil daging buahnya. Tumbuhan ini mampu tumbuh di berbagai macam tempat, namun yang paling baik ditanam di daerah yang cukup berair. Nama sirsak sendiri berasal dari bahasa Belanda (Zuurzak) yang mempunyai arti “kantung yang asam”.

Di Indonesia sendiri pohon sirsak dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 1000 meter dari permukaan laut, tinggi pohon sirsak bisa mencapai 9 meter. Ukuran buahnya 20 – 30 cm dengan berat mencapai 2,5 kg.

Daging buah ini berwarna putih dan memiliki biji warna hitam biasa digunakan untuk bahan baku jus minuman dan es krim. Buah sirsak mengandung banyak karbohidrat, terutama fruktosa. Juga mengandung vitamin C, B1, B2 yang cukup banyak, bijinya beracun dapat digunakan sebagai insektisida alami dan daunnya mengandung banyak sekali manfaat untuk pengobatan.

Manfaat Daun Sirsak

daun sirsak
tips-cara.info

Tidak disangka ternyata daun sirsak mempunyai kandungan herbal multi guna sebagai penyehat tubuh kita yang sakit dengan cara mengolahnya dengan mudah yaitu memanfaatkan air rebusannya atau bisa dengan cara mengkonsumsi praktis dengan membeli kapsul atau jus daun sirsak dengan dosis yang tepat.

Daun sirsak mempunyai banyak manfaat untuk pengobatan seperti penyakit paru-paru, asam urat, kanker, kolesterol, tumor, darah tinggi, radang ginjal, dan ibu menyusui. Daun sirsak memiliki kandungan antioksidan zat pembunuh bakteri kanker hingga 10.000x lebih baik dari kemoterapi. Dan sekarang ini daun sirsak merupakan produk herbal paling dicari di dunia.

Rebusan air daun sirsak ini mempunyai manfaat untuk kesehatan, seperti untuk pengobatan tumor, segala macam kanker, paru-paru, radang ginjal, keputihan, rematik, kista, diabetes, kolesterol, darah tinggi, serta bisa juga dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui.

Kandungan kimia pada daun sirsak sangatlah menggoda banyak pemerhati para kesehatan herbal untuk melakukan penelitian, dan memang benar daun sirsak mempunyai beragam nutrisi untuk kesehatan serta banyak senyawa positif yang terbukti manjur.

Kandungan yang terdapat di dalam tumbuhan daun sirsak:

  • Pada bagian pusat buah mengandung nutrisi sebesar 4%.
  • Pada bagian kulit luar mengandung nutrisi 20%.
  • Pada bagian biji mengandung nutrisi kimia organik 8,5%.
  • Pada bagian daging buah matang terdapat senyawa kimia organik 80%.
  • Calori: 65 gram.
  • Protein : 1 gram.
  • Lemak : 0,95 gram.
  • Karbohidrat :16,5 gram.
  • Serat : 3,2 gram.
  • Kalsium : 14 mg.
  • Fosfor : 27 mg.
  • Zat besi :0,64 mg.
  • Vitamin B1 :0,007 mg.
  • Vitamin A : 10 si.
  • Kalium : 270 mg.
  • Riboflavin : 0,06 mg.
  • Niacin : 1,3 mg.
  • Tryptophan : 11 mg.
  • Metionin : 8 mg.
  • Lysine : 60 mg

Daun Sirsak Untuk Obat Kanker

daun sirsak
tipsdoktercantik.com

Sudah banyak fakta dan pembuktian bahwa daun sirsak banyak mengandung manfaat salah satunya untuk mengatasi kanker, fakta tersebut diperkuat dengan pengalaman empiris banyak pasien penderita kanker yang mengaku sembuh setelah mengonsumsi daun sirsak.

Saat ini daun sirsak dikenal sebagai daun ajaib pembasmi sel-sel kanker tanpa harus menimbulkan penderitaan akibat kemoterapi. Ajaibnya lagi kandungan yang terkandung dalam daun sirsak akan membunuh sel-sel kanker tanpa menyerang sel lainnya.

Daun sirsak efektif untuk mengobati beberapa penyakit kanker seperti kanker paru-paru, payudara, usus besar, serviks, prostat, dan pangkreas. Seperti yang telah diketahui pengobatan konvensional selama ini hanya mengandalkan operasi.

Selain sangat mahal, metode tersebut sangatlah berisiko merusak sel-sel tubuh lain yang pada dasarnya kondisi tersebut baik-baik saja. Itulah mengapa sebabnya seorang yang menjalani kemoterapi bisa mengalami efek samping seperti rambut rontok, muntah, serta penurunan berat badan.

Cara Mengolah Daun Sirsak Untuk Mengobati Kanker

Caranya sangat mudah, untuk pengobatan kanker 10 – 15 lembar daun sirsak, kemudian direbus dengan takaran 3 gelas air biarkan menguap hingga air tersisa 1 gelas. Agar kemurnian zat yang ada di dalam daun sirsak terjaga gunakanlah kendi.

Lalu minumlah dalam keadaan masih hangat 2x sehari ketika akan tidur dan setelah tidur dengan rutin. Untuk hasil yang optimal gunakan daun sirsak ke 5 atau 6 dari ujung pucuknya. Hindari daun yang berbecak hitam.

Untuk pemilihan daun, Anda bisa menggunakan daun segar ataupun kering. Jika Anda memiliki stok daun sirsak yang cukup banyak, maka lebih baik dikeringkan terlebih dahulu, yang perlu dicatat, pengeringan dilakukan jangan menggunakan sinar matahari.

Karena dapat merusak senyawa yang terkandung di dalamnya, lalu bagaimanakah cara mengeringkannya? Anda bisa menyimpan terlebih dahulu dengan cara disimpan di atas lantai beralaskan kardus bekas hingga kering.

Selain direbus, daun sirsak juga bisa dijadikan jus, dengan cara diblender. Ambil daun sirsak yang masih segar lalu dicincang dan masukkan ke mesin blender, masukkan air panas sebanyak 1 gelas, kemudian buanglah ampas dari hasil penggilingan tersebut.

Minumlah selagi keadaan hangat secara teratur, jika Anda anti dengan bau dan rasanya, tambahkanlah buah-buahan. Hindari penambahan gula, madu, dan sejenisnya.

Terkhusus bagi penderita maag, ramuan daun sirsak bisa dikonsumsi 1 jam setelah makan. Hal tersebut dilakukan untuk mencegah asam lambung naik.

Agar mendapatkan hasil yang optimal lakukan hal di bawah ini:

  • Jangan merokok.
  • Jangan minum alkohol.
  • Istirahat yang cukup.
  • Hindari stres.
  • Perbanyaklah mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan.
  • Rajin berolahraga, bisa jogging, bersepeda, atau hanya sekedar jalan kaki.
  • Mengatur pola makan, hindari makan yang instan, gorengan, junk food dan makanan berbahan msg.

Daun Sirsak Untuk Diabetes

daun sirsak
obatherbalmurah.com

Selain rasa buahnya yang segar ternyata daun sirsak memiliki segudang manfaat untuk mengatasi berbagai kalangan penyakit berbahaya dengan cara meramunya secara tradisional.

Kandungan senyawa yang terdapat di dalam daun sirsak seperti fosfor, kalsium, serat, lemak, kalium, vitamin C, air, dan karbohidrat. Semua zat yang ada itu sangat berkhasiat dalam mengatasi berbagai macam penyakit, salah satunya diabetes.

Diabetes sendiri terbagi menjadi beberapa jenis atau tipe antara lain yaitu:

  1. Diabetes mellitus (Tipe 1). Penyebab utama diabetes jenis ini adalah berkurangnya rasio insulin dalam darah yang disebabkan karena menghilangnya sel beta yang memproduksi insulin pada langerhans pankreas.
  2. Diabetes mellitus (Tipe 2). Penyebabnya karena ada kelainan pada metabolisme yang disebabkan oleh mutasi pada banyak gen.
  3. Diabetes mellitus (Tipe 3). Tipe yang ke 3 ini biasa dialami oleh ibu hamil dan akan pulih seketika sesudah melahirkan.

Penyakit diabetes mellitus adalah sebuah gangguan pada metabolisme yang berpengaruh pada fungsi tubuh seperti memanfaatkan produk pencernaan yang mengatur glukosa darah dan memberikan sel-sel dalam tubuh dengan energi.

Membuat Ramuan Untuk Diabetes

  • Siapkan 10 lembar daun sirsak basah.
  • Cuci dan kemudian rebus dengan 2 gelas air, biarkan hingga air menjadi 1 gelas.
  • Minumlah dalam keadaan hangat.
  • Lakukan dengan rutin 2 kali sehari.

Manfaat Daun Sirsak Untuk Asam Urat

daun sirsak
fahmy.web.id

Manfaat daun sirsak memang sudah dikenal sejak zaman dahulu, daun sirsak juga dapat mengobati asam urat dengan cepat.

Bagi penderita penderita asam urat atau yang mempunyai riwayat asam urat, Anda dapat mencoba membuat ramuan dari daun sirsak, manfaatnya bisa dibuktikan setelah mencobanya.

Untuk membuat ramuan dari daun sirsak sangatlah mudah.

  • Ambil 5 lembar daun sirsak muda.
  • Rebus dengan air dan tunggu hingga mendidih lalu angkat.
  • Minumlah ketika air sudah dalam keadaan hangat.
  • Minum rutin 3 kali dalam sehari, insyaAllah dalam waktu singkat asam urat akan terobati.

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kista Ovarium

daun sirsak
Tribunnews.com

Senyawa yang terkandung pada daun sirsak yaitu: Annocatalin, annohexocin, annomurine, annonacin, anonol, annomuricin, gigantetroin, calclourine, muricapentocin, asam linoleat, dan asam gestisic itu semua dapat menjaga kesehatan Anda melalui sistem kekebalan tubuh.

Kandungan zat yang dimiliki oleh daun sirsak tersebut sangatlah efektif untuk membunuh semua jenis sel tumor dan kanker seperti kista, kanker payudara, usus besar dll.

Kista Ovarium

Mungkin banyak dari kita yang belum mengetahui apa itu kista ovum, berikut penjelasannya. Kista ovum merupakan sebuah benjolan yang berisikan cairan, di mana benjolan tersebut tidak statis, akan tetapi dinamis dan bisa berkembang pada indung telur yang biasa disebut ovarium.

Cairan yang ada di dalamnya bisa berisi cairan udara, kental, nanah bahkan bisa sampai meradang. Kista juga bisa bersifat kanker jika penuh dengan materi padat, hal ini lebih sering didapati pada wanita dalam masa reproduksi dibandingkan wanita yang menopause.

Penyebab kista yaitu apabila struktur kista (folikel) di dalam ovarium gagal pecah dan melepaskan sel telur, sehingga cairan tersebut mengendap dan membentuk kista yang lebih kecil.

Gejala yang mungkin dirasakan oleh penderita kista yaitu ketika wanita mengalami siklus haid yang tidak teratur, rasa sakit yang luar biasa pada saat haid disebabkan karena proses pelepasan telur yang tertunda pada periode evolusi. Bisa juga muncul gejala-gejala berikut.

  • Mual-mual dan muntah.
  • Sakit pada bagian perut terasa penuh dan tertekan.
  • Nyeri pada area pinggul setelah berhubungan atau latihan intensif.
  • Sakit atau seperti ada tekanan saat buang air.
  • Timbul kram secara tiba-tiba.

Di bawah ini adalah resep alami dari daun sirsak untuk mengobati kista ovarium:

  • Sediakan 15 daun sirsak yang masih segar (baru dipetik) dan 3 gelas air putih bersih.
  • Cuci daun dan tiriskan.
  • Rebus 3 gelas air tersebut bersama daun.
  • Biarkan sampai menguap dan air tersisa 1 gelas.
  • Dinginkan, saring, dan kemudian minumlah.

Konsumsi daun sirsak dengan rutin, karena tidak cukup sehari dalam mengatasi penyakit kista ovarium. Terakhir bahwa menjaga organ reproduksi sangatlah penting, dengan cara mengganti pembalut, setidaknya 3 atau 4 jam sekali ketika Anda sedang Menstruasi.

Leave a Comment