Diet Mayo, Solusi Cepat Turunkan Berat Badan Anda

DIET MAYO – Berat badan sering kali berpengaruh terhadap kepercayaan diri seseorang. Orang dengan bentuk dan berat badan ideal tentu akan lebih percaya diri bergaul dengan orang lain. Lalu, bagaimana jika anda mempunyai berat badan yang kurang ideal? Diet mayo adalah salah satu solusinya.

Apa itu Diet Mayo?

Apa itu diet Mayo
masbroo.com

Diet mayo adalah program diet selama 13 hari dengan cara tidak mengkonsumsi garam sama sekali. Program ini diperkenalkan oleh sebuah klinik terkenal di Amerika yang bernama Mayo Clinic. Selain garam, diet ini juga menekankan untuk tidak memakan makanan dengan rasa asin.

Garam menjadi bahan utama yang ditekankan pada diet ini karena mempunyai sifat menahan air di dalam tubuh. Jika tubuh memiliki banyak kandungan garam, maka air yang masuk tidak akan keluar dari tubuh secara maksimal. Hal ini menyebabkan berat badan seseorang terus bertambah.

Melalui diet mayo selama 13 hari, tujuannya supaya seluruh garam yang tersisa dapat keluar maksimal bersamaan dengan air yang terus dikonsumsi. Jika asupan garam berhenti karena tidak dikonsumsi, maka berat badan otomatis akan ikut turun karena tidak ada air yang terhambat di dalam tubuh.

Sebagaimana diet pada umumnya, program diet mayo juga akan sangat terasa manfaatnya jika dilakukan secara rutin. Pihak Mayo Clinic sendiri berharap masyarakat dapat menjaga gaya hidup sehat dan melaksanakan diet mayo setidaknya 1 kali setiap bulan.

Cara Melakukan Diet Mayo

Cara Melakukan Diet Mayo
giziforhealth.blogspot.com

Diet mayo memiliki beberapa aturan penting yang wajib dilaksanakan dan akan menjadi penghambat jika dilanggar. berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan jika anda ingin menurunkan berat badan dengan cara diet mayo.

1. Full Puasa Garam

puasa garam
rambutdanketombe.blogspot.co.id

Saat melaksanakan diet mayo, anda harus melakukannya secara maksimal jika ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Hal yang pastinya sangat ditekankan adalah sama sekali tidak mengkonsumsi garam atau makanan asin selama 13 hari. Hal ini tidak boleh dilanggar supaya manfaat dari diet ini dapat dirasakan.

Syarat ini adalah mutlak alias harus. Jika anda melanggarnya, maka jangan berharap diet yang anda lakukan dapat menghasilkan efek yang maksimal terhadap penurunan berat badan anda. Jika melanggar, maka diet harus dimulai dari awal lagi.

2. Perbanyak Minum Air Putih

Perbanyak Minum Air Putih
cerlangcemerlang.wordpress.com

Sebagaimana yang sudah dibahas di atas, salah satu penyebab bertambahnya berat badan adalah karena air yang kita minum tidak keluar secara maksimal melalui sistem ekskresi.  Hal itu disebabkan adanya garam di dalam tubuh manusia. Baik itu berupa garam murni atau makanan dengan rasa asin.

Ketika melakukan diet mayo, otomatis anda akan menghentikan asupan garam. Artinya, tidak ada lagi yang akan menghambat keluarnya air dari dalam tubuh. Hal ini dapat berdampak positif mengurangi kandungan garam yang tersisa dan menurunkan berat badan hanya dalam waktu 13 hari.

3. Tidak Makan Sambil Menonton TV atau Video

Tidak Makan Sambil Menonton TV atau Video
pixabay.com

Kenapa demikian? Faktanya, jika anda melakukan aktifitas makan baik makanan ringan atau berat sambil menonton sesuatu membuat fokus anda terpecah. Banyak kasus orang yang memakan snack berlebihan karena tidak fokus pada makanan, melainkan pada apa yang ia tonton.

Hal ini dapat mengganggu proses diet yang sedang anda jalani. Oleh karena itu, makan sambil menonton Tv sangat perlu untuk dihindari ketika anda melakukan program diet apapun. Tujuannya tentu supaya pola makan anda tetap terjaga dan tidak mengkonsumsi makanan berlebihan.

4. Makan di Rumah

Makan di Rumah
pixabay.com

Makanan di luar rumah tentu memiliki rasa yang pasti jauh lebih enak dibandingkan makanan yang anda buat sendiri. Lalu, kenapa hal ini harus dihindari ketika melakukan diet mayo? Alasannya tentu karena makanan yang dibuat di luar pasti menggunakan bahan penyedap seperti garam.

Hal tersebut tidak dapat ditolerir karena garam sendiri memang menjadi bumbu penyedap yang wajib bagi sebagian besar makanan. Oleh karena itu, anda harus benar-benar memastikan yang dikonsumsi selama melaksanakan diet mayo terbebas dari garam.

Satu-satunya cara yang disarankan adalah membuat makanan sendiri. Sengan demikian, anda dapat memastikan sendiri tidak ada garam pada makanan yang dikonsumsi selama melakukan diet mayo.

5. Tentukan Menu Makan Selama Diet

Tentukan Menu Makan Selama Diet
www.konsultankolesterol.com

Sebagaimana yang telah dibahas pada poin sebelumnya, diet mayo dapat terealisasi dengan baik jika benar-benar tidak mengkonsumsi garam. Solusinya adalah membuat menu makanan di rumah. Oleh karena itu, penting sekali menentukan jenis dan resep makanan yang akan dikonsumsi.

Diet selama 13 hari dengan tidak mengkonsumsi garam memang sangat sulit jika dilakukan tanpa persiapan. Oleh karena itu, anda harus menyiapkan dulu menu makanan yang akan anda konsumsi selama diet 13 hari tersebut.

Jangan dulu putus asa mencari menu makanan saat diet mayo. Sudah banyak informasi tentang menu makanan sehat yang dapat dengan mudah anda buat di rumah tanpa menggunakan garam. Beberapa contohnya akan kami bahas di bagian bawah.

6. Rutin Berolahraga

Rutin Berolahraga
huffpost.com

Olahraga sangat dianjurkan ketika melakukan diet. Porsi olahraga yang adalah yang berkesinambungan meski durasi waktunya tidak terlalu lama. Bukan olahraga yang durasinya panjang namun hanya dilakukan seminggu bahkan sebulan sekali.

Beberapa contoh olahraga yang biasa dilakukan ketika diet adalah jogging dengan durasi waktu minimal selama 30 menit. Porsinya sedang-sedang saja, akan tetapi dilakukan dengan rutin selama proses diet. Bahkan baiknya kebiasaan berolahraga terus dijaga setelah diet.

7. Komitmen dengan Proses Diet

Komitmen dengan Proses Diet
diet-plan.com

Sebuah proses memang terkadang selalu dianggap sulit padahal prosesnya sama sekali belum dijalani. Oleh karena itu, supaya hambatan tersebut tidak terasa berat maka pertimbangkan pula target dan manfaat yang ingin dicapai. Ketika anda melakukan diet, tentu tujuannya untuk menurunkan berat badan.

Diperlukan komitmen tinggi untuk melakukan sebuah proses diet untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk memudahkan anda memegang komitmen diet, ada beberapa hal yang menjadi poin penting.

Beberapa contohnya adalah menjaga mata dari segala bentuk makanan atau snack yang ada di luar rumah. Selain itu, untuk memudahkan proses diet, ada baiknya anda mengajak teman dekat, kerja, atau mungkin keluarga anda sendiri untuk menjalani diet bersama-sama.

Melakukan diet ditemani dengan orang lain akan memudahkan kalian untuk menjalani kegiatan diet sehari-hari. Selain itu, tentunya anda akan mempunyai orang yang akan mengingatkan jika mental diet anda mulai mengendor.

8. Target Realistis

Target Realistis
StyleCraze.com

Pentingnya menentukan target yang akan dicapai berbanding lurus dengan sejauh apa anda sanggup menjalankan diet yang ditentukan. Berat badan seseorang yang melakukan diet mayo dapat berkurang hingga maksimal 10 kg. Luar biasanya, berat badan tersebut dapat berkurang hanya dalam waktu 13 hari saja.

Jika anda memasang target tidak realistis seperti ingin berat badan turun hingga 14 kg, tentu itu sangat mustahil dicapai. Hal lain yang perlu anda ketahui adalah, bagaimana proses diet yang anda jalani. Apakah selama 13 hari tersebut semua aturan diet dipenuhi, atau banyak yang anda langgar.

Jika anda masih banyak melakukan pelanggaran dan tidak melakukan diet sesuai instruksi, maka jangan berharap hasilnya akan maksimal. Oleh karena itu, jika ingin mendapatkan manfaat diet maksimal, anda juga harus menjalani proses diet semaksimal mungkin.

9. Hindari Makanan Ringan

Hindari Makanan Ringan
pixabay.com

Makanan ringan adalah salah satu jenis makanan yang paling harus dihindari selama diet dan juga harus banyak dikurangi ketika anda menginginkan pola hidup yang sehat. Tenang saja, banyak cara untuk mengemil dengan menu yang sehat.

Sehat afiat juga akan membahas makanan yang bagus untuk mengganti kebiasaan anda makan snack yang tidak kandungan gizi yang baik untuk tubuh. Lanjutkan membaca jika anda ingin mengetahui resep sehatnya.

Menu Diet Mayo

Menu Diet Mayo
obatsakitdalam.blogspot.com

Diet mayo dapat dijalankan dengan mudah jika mempunyai berbagai menu makanan yang sesuai dengan keinginan kita. Setidaknya, makanan tersebut tidak terlalu mainstream seperti diet orang yang sedang membentuk otot misalnya. Berikut ini beberapa menu diet mayo untuk memaksimalkan diet anda:

1. Buah dan Sayur

Buah dan Sayur
ekoran.co.id

Buah dan sayur tidak hanya dianjurkan bagi orang yang akan melakukan diet dengan cara yang diberikan Mayo Clinic. Ke-2 jenis tumbuhan ini sangat dianjurkan untuk dikonsumsi karena memiliki berbagai kandungan vitamin dan gizi seimbang. Bahkan, sayuran dijadikan sebagai makanan utama bagi para vegetarian.

Bagi anda yang akan melakukan diet ini, dianjurkan untuk mengkonsumsi setidaknya 3 porsi buah setiap harinya. Selain itu, lengkapi juga dengan 4 porsi sayur. Buah dan sayur tersebut dapat dikonsumsi sebagai cemilan, makanan pendamping, atau makanan utama.

2. Karbohidrat

Karbohidrat
sportyjuice.com

Mayo Clinic mempunyai tim analisa kesehatan yang berkualitas. Hal itu dibuktikan dengan berbagai tips yang mereka susun untuk melakukan diet mayo. Tim Mayo menganjurkan untuk mengkonsumsi 4-8 porsi karbohidrat. Hal ini akan menjaga terpenuhinya energi yang anda butuhkan setiap hari.

3. Lemak

Lemak
wiranews.com

Asupan lemak ketika diet perlu diseimbangkan untuk mendapatkan hasil yang maksimal ketika diet. Lemak disarankan untuk dikonsumsi adalah lemak sehat dengan porsi sebanyak 3 hingga 5 sajian per hari.

4. Makanan Manis

Makanan Manis
rsd.co.id

Pada praktek diet umumnya anda akan dilarang keras mengkonsumsi makanan manis. Akan tetapi, hal itu sedikit berbeda pada praktek diet mayo. Makanan manis boleh dikonsumsi dengan batasan jumlah kalori per hari sebanyak 75 kalori. Makanan manis yang disarankan seperti dark chocolate. 

Menu Diet Mayo Setiap Hari

Menu Diet Mayo Setiap Hari
lighthouse-indonesia.com

Menu diet mayo akan lebih baik jika resep atau menunya mengikuti pola yang sudah disusun oleh para ahli. Berikut ini menu lengkap diet ala Mayo Clinic yang sudah disusun oleh ahli gizi mereka:

Hari ke-1, ke-7, dan ke-13

  • Sarapan: 1 cangkir sereal, 1 cangkir susu non lemak, 1 buah pisang ukuran besar, secangkir teh herbal. Anda dapat melakukan variasi makanan dengan mencampurkan atau mix and match di satu kali waktu makan.
  • Makan siang: 2 roti gandum, isian menggunakan 100-110 gr dada ayam non lemak/tuna, 1 sdt bubuk kari, 1 sdm, mayonaise rendah kalori, dan daun selada.
  • Makan malam: 110 gr buncis kukus, 75 gr irisan buah bit, 1 buah jeruk, air lemon.

Hari ke-2 dan ke-8

  • Sarapan: 1 cangkir susu dan 2 sdm kismis, segelas  minuman tanpa kalori
  • Makan siang: 2 butir telur rebus, 1 ikat bayam rebus/kukus, 1 buah tomat.
  • Makan malam: 1 cangkir buah campur, minuman tanpa kalori, 1 potong pizza.

Hari ke-3 dan ke-9

  • Sarapan: 1 gelas teh atau kopi (boleh ditambah gula) tanpa susu
  • Makan siang: tomat 1 buah, 1 ikat bayam, rebus atau kukus, 2 butir telur rebus
  • Makan malam: 57 gr daging sapi panggang, 100 gr buncis kukus, salad, dan minuman bebas kalori
  • Cemilan: sayur/buah

Hari ke-4 dan ke-10

  • Sarapan: 1 buah wortel, mentah, parut, bumbui dengan lemon atau jeruk nipis
  • Makan siang: 250 gr ayam kukus, bumbui sedikit tetangga
  • Makan malam: 1 mangkuk pepaya bumbui dengan jeruk nipis, 1 gelas susu tanpa lemak
  • Cemilan: 1 cangkir baby carrot

Hari ke-5 dan ke-11

  • Sarapan: setengah cangkir jus jeruk
  • Makan siang: campuran saus kare, bayam, dan makaroni panggang
  • Makan malam: campuran jamur, saus tomat, dan bakso bakar, puding
  • Cemilan: sayuran

Hari ke-6 dan ke-12

  • Sarapan: 75 gr strawberry dengan setengah cangkir jus jeruk
  • Makan siang: kue kentang, ayam katsu, dan buah
  • makan malam: saus kare, puding buah segar, telur rebus
  • Cemilan: buah atau sayur
No ratings yet.

Please rate this

Leave a Comment