Flu Singapura Beserta Penyebab, Gejala, Cara Perawatan

FLU SINGAPURA – atau pada umumnya disebut pula dengan penyakit Mulut, Tangan, dan Kaki adalah infeksi menular yang yang diakibatkan karena adanya virus. Biasanya Penyakit ini menjangkiti anak kecil namun dapat juga terjadi ke orang orang dewasa.

Flu singapura dalam istilah kedokteran adalah hand foot and mout disease atau biasa disingkat dengan nama HFMD, di indonesia flu singapura bernama KTM yang berkepanjangan Kaki Tangan Mulut, disebabkan salah satu ciri-ciri penyakit ini terdapat lepuhan pada bagian mulut, tangan, dan kaki.

Lalu apa hubungannya dengan flu singapura? hal ini disebabkan karena penyakit ini pernah menyerang singapura hingga menyebabkan banyak fasilitas umum dan sekolah-sekolah ditutup.

Biasanya pada penderita flu pada tubuhnya terdapat bintil-bintil air dan luka-luka di sekeliling atau di mulut, tangan dan kaki. Tapi, Kerapkali disamping terdapat luka-luka itu juga bisa terdapat pada siku tangan, lutu, bokong, serta lipat paha.

Gejala Flu Singapura

gejala flu singapura
Penyebabk flu singapura pengobatan dan perawatan (http://www.kacamatasehat.com/2017/05/gejala-penyebab-dan-pengobatan-flu.html)

Masa berlangsungnya inkubasi flu kira-kira bisa seminggu, sebelum terlihat tanda dan gejalanya, yakni:

  • Sakit tenggorokan.
  • Demam tinggi.
  • Nafsu makan hilang.
  • Terdapat luka kayak melepuh yang warnya merah pada bagian mulut seperti gusi, lidah serta daerah dalam pipi.
  • Ruam berwarna merah
  • Bayi dan balita sering menangis dan marah.
  • Sakit pada bagian perut.
  • Muntah
  • Batuk.

Gejala yang terjadi pada anak-anak

  • mula-mula anak akan merasakan demam dengan suhu 38 C – 39 C disertai lesu dan pilek.
  • Anak yang sudah agak besar umumnya mengalami sakit tenggorokan, dan anak yang masih bayi yang tidak bisa ngapa-ngapain biasanya akan menolak ASI ataupun makan karena akan terasa sakit saat menelannya.
  • setelah dua atau satu hari berikutnya akan muncul bintik kemerah-merahan yang akan menjadi lecet atau luka pada bagian mulut seperti halnya sariawan, namun berjumlah banyak dan kecil-kecil.
  • Beberapa anak yang terjangkit virus singapura ini mungkin tidak mempunyai semua gejala-gejala diatas, sebagiannya mungkin hanya mendapati lepuhan pada kulit.
  • Sama halnya dengan penyakit virus lainnya, flu singapura ini akan segera membaik dengan sendirinya tanpa diberi obat dengan kurun waktu 7 hingga 10 hari, meskipun begitu anak tetap harus dijaga dengan memberikan istirahat yang cukup ditambah asupan makanan bergizi, cairan, nutrisi yang terpenuhi.

Biasanya, penyakit flu dimulai dari munculnya demam. Sesudah gejala tersebut, kira-kira 1 hingga bisa 2 hari, mulai terlihat luka atau tukak di dekat bagian gusi, lidah, dan juga bagian dalam di pipi. Karena keadaan tersebutlah yang dapat menyebabkan anda merasakan sakit ketika mau minum, makan dan menelan. Setelah itu tidak terlalu lama, mulai muncul ruam di bagian telapak tangan dan kaki, dan juga kadang-kadang di selangkangan dan bokong.

Diantara beberapa yang paling sering terjadinya kasus flu Singapura, pengidap tidak memerlukan bantuan medis, sebab tanda dan gejala penyakit akan turun dengan sendirinya kira kira dengan kurun waktu 7 hari meskipun tidak disertai jenis penanganan apapun.

Namun apabila pengidap merasakan dehidrasi, gejala tidak kunjung pulih pada waktu seminggu, dan mulai tampak gejala fisik lainnya, cepat membawakan pasien untuk mendatangi dokter.

Penyebab Flu Singapura

penyebab flu singapura
Penyebabk flu singapura pengobatan dan perawatan http://www.apakabardunia.com/p/kesehatan.html

Salah satu dari penyebab flu singapura adalah salah satunya Kelompok virus dinamakan  enterovirus A. Beberapa jenis enterovirus A yang paling kerap menjadi penyebab terjadinya flu Singapura diantaranya virus coxsackie A16, A6, A10, dan enterovirus 71.

Keberadaan Persebaran virus dari jenis ini mulai ke jaringan di mulut, sekeliling amandel, dan juga masuk dalam sistem pencernaan.

Sampai akhirnya persebarannya sudah keseluruh tubuh melewati aliran darah. Meskipun begitu sebelum persebaran sudah sampai organ-organ paling penting, pengendalian akan dilakukan oleh sistem imunitas

Adapun salah satu sumber utama penularan kelompok virus ini yaitu melalui mulut. Penularan flu Singapura dari satu orang kepada orang lain yaitu kontak secara langsung dengan penderita, melalui:

  • Cairan hidung atau tenggorokan yang keluar ketika bersin.
  • Ketika batuk ada Air liur atau ludah yang keluar ke udara.
  • Cairan yang asalnya dari pelepuhan luka.
  • Adanya kontaminasi tinja atau kotoran pengidap pada suatu permukaan benda.

Cara Penularan Flu Singapura

Penyebabk flu singapura pengobatan dan perawatan (http://4.bp.blogspot.com)

Terjadinya penularan flu disebabkan oleh virus Rna famili picornaviridae yang terdiri dari virus coxsackie B, Coxsackie A, Enterovirus, dan Echovirus. Virus yang paling sering menyebabkan terjadinya flu singapura yaitu Coxsackie A16, sementara penyebab timbulnya kasus berat hingga kematian adalah Enterovirus 71.

Terjadinya penularan flu singapura dengan cepat dikarenakan adanya virus2 tersebut, mulai dari penyakit flu biasa, saat bersin, tinja, air ludah, dan cairan ekskreta. Penularan juga bisa terjadi secara tidak langsung seperti barang-barang yang terkena atau terkontaminasi oleh cairan tsb.

Umumnya penyakit ini menyerang anak berusia 2 minggu hingga 5 tahun, terkadang anak hingga usia 10 tahun juga kena, sedangkan orang dewasa pada umumnya kebal terhadap virus ini.

Contohnya infeksi virus seperti pada umumnya, seperti cacar air, anak yang sudah terkena penyakit flu singapura tidak akan merasakan yang kedua kalinya karena tubuhnya sudah memiliki kekebalan terhadap virus ini untuk yang akan datang.

Diagnosis Flu Singapura

diagnosis flu singapura
Penyebabk flu singapura pengobatan dan perawatan https://mediskus.com/penyakit/flu-singapura

Penyebab Tanda dan gejala flu Singapura bisa salah satunya dari berbagai jenis virus. Adapun diantara faktor yang dapat dijadikan indikator pembeda antara gejala flu Singapura dengan dengan Terdapat beberapa hal yang bisa membedakan gejala flu Singapura dengan penyakit lainnya, diantaranya:

  • Terdapat Pola dari gejala . terdapat adanya gejala-gejala yang runtut dapat dijadikan penentu apakah seseorang terjangkit flu Singapura atau tidak. Gejala flu Singapura pada umumnya diawali adanya sakit tenggorokan dan demam. Selanjutnya dibarengi dengan adanya luka-luka sekitar mulut, dan ruam di kaki dan tangan.
  • Umur penderita. Biasanya kebanyakan pasien Flu Singapura adalah anak yang masih berumur  dibawah 10 tahun.
  • Bentuk dan ukuran luka. Salah satu yang dapat membedakan antara flu singapura dengan jenis penyakit lainnya yaitu didasarkan pada ukuran luka pada bagian tubuh penderita. Luka pada penderita flu Singapura berukuran lebih kecil dibandingkan dengan luka pada penderita cacar.
  • Beberapa faktor di atas bisa dijadikan hasil yang cukup untuk digunakan bahan diagnosis dokter. Akan tetapi apabila belum pasti dan yakin, biasanya dokter hendak mengidentifikasi cairan yang berasal dari kulit, tenggorokan, maupun rektum darah atau tinja untuk diamati lebih lanjut di laboratorium.

Pengobatan dan Pencegahan Flu Singapura

pengobatan flu singapura
Penyebabk flu singapura pengobatan dan perawatan http://www.radionz.co.nz/news/national/325368/logic-seen-in-singapore-fighter-pilot-base-in-nz

Biasanya  flu tersebut tidak memerlukan pemberian obat.  pengobatan. Keadaan tersebut umumnya sembuh dengan sendirinya sesudah kira-kira waktu seminggu. Penyebab flu singapura adalah karena virus, sehingga ini biasanya pulih dengan sendiri setelah kurang lebih satu minggu.

Flu disebabkan oleh virus, maka Anda tidak dapat memakai antibiotik dalam pemulihannya. Akan tetapi, Anda dapat menjalankan secara sendiri beberapa perawatan supaya dapat menurunkan tanda dan gejalanya:

  • Supaya bisa mengurangi sakit nyeri dan demam, kasih ibuprofen atau paracetamol . Jangan kasih aspirin kepada penderita anak dan remaya yang masih berumur di bawah 16 tahun, sebab bisa menyebabkan sindrom.
  • Berikan waktu istirahat secara cukup dan juga suruh untuk banyak meminum minuman yang dingin agar bisa mengurangi nyeri di tenggorokan. Serta juga dilarang untuk memberikan makanan atau minuman  yang bersifat pedas serta asam, sebab dapat menimbulkan luka pada mulut dan akan ada rasa lebih perih.
  •  Kasihkan makanan yang lunak seperti sup, sebab karena keadaan ini yang menjadikan mereka sulit untuk menelan.

kebersihan tubuh bisa meminimalisir risiko terjadinya penularan virus. Memakai  antiseptik yang terdapat kandungan povidone – iodine mampu mengatasi dan menghindarkan munculnya infeksi sekunder karena bakteri. Berdasarkan suatu penelitian, ternyata povidone – iodine mampu menghancurkan 99.99% virus HMFD/Flu Singapura selama 15 detik.

Antiseptik povidone – iodine dapat didapatkan dalam bentuk larutan bagi kulit atau larutan kumur, jadi bisa dipakai sebagai obat karena luka gesek maupun luka garukan pada lepuh flu Singapura yang biasanya didapati pada bagian tangan, mulut dan kaki.

Untuk meredakan peluang terjadinya penularan flu tersebut, dibawah ini adalah diantara cara yang dapat diterapkan.

  • Pengisolasian terhadap Pengidap . Flu Singapura sangat rentan menyebar dan memular, karenanya penderita direkomendasikan agar diisolasi sampai benar-benar pulih total.
  • Melakukan pembersihan pada area yang dianggap tempat kontaminasi virus. Sisir bersih setiap area yang dianggap sudah terkontaminasi virus, seperti pada pakaian, seprei, meja, alat makan, dengan memakai sabun dan air bersih.
  • Menjaga kebersihan pada tangan. Gunakan antiseptik, misalnya larutan yang terdapat kandungan providone-iodine untuk membersihkan. Disamping mematikan bakteri yang bisa menjadi penyebab infeksi sekunder, povidone – iodine pula mempunyai efek memiliki efek membunuh virus (virucidal) yang lebih komplek dibandingkan dengan antiseptik jenis lain.   Cuci juga tangan secara teratur, Terlebih lagi sesudah BAB, sesudah mengganti popok anak, sesudah menyiapkan makanan, dan juga sebelum makan.

Perawatan Flu Singapura Terhadap Anak

Penyebabk flu singapura pengobatan dan perawatan (https://www.bebekidsworld.com/image/data/blogs/demam-pada-anak.jpg)

Umumnya flu singapura tidak membutuhkan pengobatan maupun perawatan yang khusus, cukup dengan melakukan perawatan di rumah dengan memberikannya istirahat dan asupan makanan yang cukup, agar dapat mengurangi gejalanya pada sang anak, berikut caranya:

  • Berikan anak minuman atau cairan dingin agar dapat meredakan rasa sakit pada tenggorokannya, minumlah air lebih banyak supaya tidak terjadi dehidrasi.
  • Makanan ataupun minuman yang terasa pedas atau asam jangan diberikan juga gorengan dan keripik sejenisnya, karena makanan – makanan seperti ini memiliki sifat iritasi yang menyebabkan sariawan sehingga akan menambah rasa sakit pada anak.
  • Agar dapat meredakan demam dan nyeri, berikan anak acetaminophen atau parasetamol.
  • Jangan berikan aspirin kepada si anak. Antibiotik juga jangan diberikan disebabkan penyakit ini tidak disebabkan oleh bakteri melainkan oleh virus, dengan memberikan antibiotik kepada anak malah memberikan efek samping kepada anak yaitu terjadinya infeksi oleh bakteri yang kebal oleh antibiotik pada jika suatu hari muncul.

Jika sang anak atau bayi mengalami diare, muntah-muntah atau tidak nafsu makan sehingga menjadi lesu dan lemah, maka perlu dirawat di rumah sakit terdekat, perawatan di rumah sakit bisa membantu memberikan zat-zat nutrisi kedalam tubuh anak melalui infus.

5/5 (1)

Please rate this

Leave a Comment