Cara Kerja dan Fungsi Empedu Dalam Tubuh Manusia

FUNGSI EMPEDU – Tahukah anda apa itu empedu? Empedu merupakan salah satu organ tubuh yang mempunyai fungsi tersendiri. Fungsi empedu sangat berperan untuk kehidupan manusia. Pada kesempatan ini, kita akan membahas apa itu empedu? Dan apa fungsi empedu? Fungsi empedu sangat banyak sehingga peran empedu begitu besar.

Sebelum kita membahas mengenai fungsi empedu, harus kita ketahui terlebih dahulu apa itu empedu. Untuk lebih jelasnya, berikut penjelasan tentang pengertian empedu;

Empedu
anatomyhumanbodymuscles.blogspot.co.id

Apa itu empedu? Itu merupakan pertanyaan yang sangat menarik, empedu adalah sebuah cairan yang bersifat basa dan mempunyai warna hijau kekuning-kuningan serta berasa pahit. Cairan tersebut mengandung pigmen bilirubin,urobin, biliverdin, dan semua itu merupakan hasil skresi dari hepatosit hati yang berada di sebagian besar vertebrata.

Di setiap harinya, hati mesekresikan cairan empedu sehingga menghasilkan sebanyak 500 cc sampai 1000 cc yang mana sekresinya terus-menerus berjalan dan memproses. Kalaupun seseorang mengkonsumsi makanan ataupun semua yang bersangkutan dengan lemak, maka proses penyekresinya pun akan lebih meningkat. Dalam organ tubuh manusia, cairan empedu disimpan pada sebuah kantung yang berbentuk seperti buah pir, biasa disebut dengan kantung atau kandung empedu.

Setelah disimpan di kandung empedu, lalu dilepaskan menuju usus dua belas jari yang akan berfungsi untuk membantu proses pencernaan makanan. kandung empedu tersebut merupakan membran yang berotot yang terletak pada sebuah lobus di bawah hati yang sampai ke pinggir depannya.

Kandung empedu mempunyai kapasitas sekitar 60 ml dan mempunyai panjang antara 8 – 122 cm. Adapun lapisan yang terdapat pada kantung empedu meliputi lapisan dalam mukosa, atau viseral (membran mukosa), lapisan otot bergaris, serta lapisan luar pariental atau disebut juga seriosa.

Nah, itulah pengertian mengenai empedu dari letak dan cara bekerja empedu yang terdapat pada tubuh manusia.

Macam-macam Fungsi Empedu

Empedu
safrakesesiameliyati.blogspot.co.id

Dan kita harus ketahui bahwa empedu ini mempunyai banyak fungsi bagi tubuh manusia dan juga  memiliki peranan penting untuk sistem pencernaan serta sistem ekskresi manusia. Untuk lebih jelasnya mengenai fungsi khusus yang terdapat pada empedu, berikut penjelasannya.

1. Membantu Fungsi Kerja Enzim Pencernaan

Empedu
healthyfoodcourt.com

Empedu sangat berfungsi untuk membantu dalam sistem pencernaan. Kita ambil contoh, salah satunya adalah membantu fungsi enzim pencernaan dengan adanya bantuan dari fungsi pankreas. Enzim pencernaan yang berperan pada usus halus bisa bekerja secara optimal dalam kondisi basa, dan sedangkan zat makanan yang masuk menuju ke usus mempunyai sifat asam.

Nah, sifat asam tersebut diperoleh dari percampuran HCI, sekresi pada bagian lambung yang memiliki fungsi untuk mencerna makanan. Di situlah empedu membantu proses pencernaan, sehingga fungsi empedu sangat diperlukan oleh tubuh. Dan sifat asam yang terdapat pada usus halus dapat memicu pengeluaran hormon sekretin dari kelenjar pankreas.

Kosentrasi empedu akan menurun atau menjadi lebih encer jika hormon sekretin merangsang empedu supaya mengabsorbsi air dan Na-bikarbonat. Namun, pH yang terdapat pada empedu semakin meningkat dari pada sewaktu masih berada pada kantung empedu.

Dan dengan meningkatnya pH yang terdapat pada empedu, empedu dapat membantu mengoptimilisasi kerja serta fungsi enzim pencernaan. Yaitu dengan cara menetralisir sifat asam dan menciptakan kondisi basa yang menjadikan kerja enzim pencernaan berubah menjadi lebih optimal.

Kalaupun sifat makanan yang masuk ke dalam usus semakin bersifat asam, maka semakin banyak pula empedu empedu yang akan disekresikan.

2. Empedu Mampu Melarutkan Lemak

Empedu
kukau.blogspot.co.id

Didalam tubuh manusia kurang lebih terdiri dari 70% air. Adapun air yang masuk ke dalam tubuh manusia tersebut, berfungsi sebagai pelarut akan zat-zat makanan supaya memudahkan proses penyerapan yang dilakukan tubuh. Tapi, air tidak mampu untuk melarutkan lemak yang masuk ke dalam tubuh, karena air tidak bisa bersatu dengan lemak.

Nah, lemak tersebut akan dilarutkan oleh salah satu organ tubuh yang disebut dengan empedu.  Asam empedu mempunyai permukaan dengan ikatan peptida polar dengan sebab itu, terjadi tarik-menarik dengan molekul air (hidrofilik). Adapun permukaan yang lain lebih bersifat hidrofobik. Permukaan hidrofobik berikatan dengan lemak yang membentuk suatu struktur disebut misel.

3. Membantu Fungsi Kerja Enzim Lipase

Empedu
upload.wikimedia.org

Fungsi yang terdapat pada enzime lipase adalah  untuk merombak lemak menjadi dua molekul, yaitu asam lemak dan gliserol. Partikel lemak cenderung mengumpul antara satu sama lain, akhirnya menyebabkan partikel terbentuk lebih besar. Hal demikian sangat mempengaruhi kerja enzim lipase menjadi lebih lambat.

Nah, disitulah empedu membantu kerja enzim lipase dengan membentuk misel-misel. Misel yang terbentuk  cenderung  bermuatan negatif, sehingga terjadi tolak menolak antara masing-masing misel. Akibatnya luas permukaan partikel semakin besar dan enzim lipase lebih cepat merombak lemak.

4. Empedu Berperan Sebagai Bakterisida

Empedu
salamislam.com

Sekarang renungkan, betapa banyaknya mikroba yang turut masuk bersamaan dengan makanan yang kita makan. Pastinya tidak terhitung mikroba yang masuk ke dalam tubuh kita bersamaan dengan makanan. Nah, pertanyaannya kenapa kita tidak mengalami sakit setelah kita makan?

Organ yang satu inilah yang akan menjawab pertanyaan tersebut. Saat itulah empedu berperan, peran sistem imun yang berperan dan memiliki mekanisme pertahanan sendiri sebagaimana empedu. Empedu memberikan dan menciptakan kondisi basa yang mampu menghambat bahkan mematikan mikroba yang akan masuk ke dalam tubuh kita.

Nah, itulah fungsi yang dimiliki oleh empedu pada tubuh manusia, hebat bukan? Oleh sebab itu fungsi empedu sangat dibutuhkan dan sangat berperan untuk kesehatan diri manusia. Sekiranya cukup jelas tentang pembahasan fungsi empedu, dan semoga bermanfaat untuk kita semua.