gejala asam urat

Penjelasan Lengkap Mengenai Ciri-ciri, Penyebab, dan Gejala Asam Urat

GEJALA ASAM URAT – Asam urat benar menjadi sebuah penyakit yang paling umum terjadi pada orang yang sudah lanjut usia. Walaupun sekarang sudah banyak orang dewasa yang meranjak usia pertengahan juga mengalami beberapa gejala asam urat.

Asam Urat

gejala asam urat
myzhain.blogspot.co.id

Penyakit asam urat atau disebut juga gout adalah kondisi yang bisa menyebabkan gejala nyeri yang tidak bisa ditahan, rasa panas di persendian, dan pembengkakan. Meski semua sendi pada tubuh bisa terjangkit asam urat, namun yang paling sering terjangkit adalah sendi jari tangan, pergelangan kaki, lutut, dan jari kaki.

Pada kenyataan yang ada laki-laki lebih rawan terjangkit penyakit asam urat dibandingkan wanita, terutama saat usianya di atas 30 tahun. Pada wanita, biasanya penyakit ini berisiko menyerang setelah menopause.

Orang yang terjangkit serangan penyakit asam urat umumnya akan merasakan perkembangan gejala yang begitu cepat pada beberapa jam pertama.

Rasa sakit bisa dirasakan selama 3-10 hari. Pembengkakan tidak hanya terjadi di sendi, akan tetapi di daerah sekitar sendi dibarengi warna kulit menjadi memerah. Pada fase ini, penderita bisa tidak mampu menggerakkan tubuhnya secara leluasa.

Gejala Asam Urat

gejala asam urat
hellosehat.com

Sendi yang seketika terasa sangat sakit (terkhusus sendi jempol kaki) adalah gejala penyakit asam urat yang biasa terjadi. Tidak jarang penderita penyakit asam urat kesulitan untuk berjalan disebabkan rasa sakit yang sangat terasa. Meski dapat menyerang kapan saja, namun gejala biasanya lebih terasa di malam hari.

Tidak cuma sendi jempol kaki, sendi-sendi lain yang berada di ujung anggota badan rentan juga terkena penyakit asam urat. Contohnya ialah sendi pergelangan kaki, lutut, telapak kaki tengah, pergelangan tangan, siku dan jari-jari tangan.

Biasanya nyeri merambat dengan cepat dengan tempo beberapa jam saja. Nyeri keras ini akan dibarengi dengan sensasi panas, pembengkakan, juga kemunculan warna kemerahan terhadap kulit yang melapisi sendi.
Serangan asam urat biasanya berlangsung dalam waktu 3 sampai 10 hari.

Saat gejala membaik dan bengkak mulai kempis, kulit di sekitar sendi akan tampak bersisik, terkelupas, serta terasa gatal. Meski serangan asam urat bisa membaik dengan sendirinya, tapi kondisi ini tidak boleh dibiarkan.

Pengobatan harus tetap dijalani, dengan maksud untuk mengatasi risiko kambuh yang lebih parah lagi, risiko penyebaran ke sendi yang lain, dan risiko akan kerusakan permanen terhadap sendi.

Pantangan Asam Urat

gejala asam urat
jamuheritage.com

Pantangan asam urat harus diperhatikan benar-benar oleh penderita penyakit asam urat supaya tidak bertambah parah. karena jika penderita mengabaikan pantangan-pantangan tersebut penderita asam urat akan mengalami kekambuhan. Di bawah ini makanan dam minuman yang harus di hindari bagi penderita asam urat.

Pantangan Asam Urat Dari Makanan

Asam urat banyak ditimbulkan oleh makanan. Supaya asam urat tidak kumat lagi, penderita harus menghindari makanan yang menjadi penyebab datangnya asam urat. Sebaiknya jangan mengkonsumsi makanan yang memiliki zat purin tinggi agar tidak menimbulkan asam urat.

Dilarang mengkonsumsi Makanan di bawah ini, karena zat purinnya lebih dari batas normal bagi pria atau wanita.

  1. Kerang
  2. Makanan Laut
  3. Daging Berlemak
  4. Ikan Yang Diasinkan
  5. Makanan Dengan Bahan Kedelai
  6. Ikan Kakap
  7. Berbagai Macam Jenis Daging
  8. Biji Melinjo Dan Kacang Tanah
  9. Daun Melinjo
  10. Kulit Ayam
  11. Bayam Dan Kangkung
  12. Jeroan

Pantangan Asam Urat dari Minuman

Tidak hanya makanan yang menjadi larangan namun dari segi minuman juga ada yang dilarang untuk diminum. Yang menjadi larangan adalah berikut ini :

  1. Soda.
  2. Bir.
  3. Alkohol.
  4. Kopi.
  5. Minuman Cokelat Hangat.

Penyebab Asam Urat

gejala asam urat
fitnessformen.co.id

Gejala pembengkakan dan nyeri terhadap penyakit asam urat ditimbulkan oleh tusukan kristal-kristal tajam pada sekitar sendi yang membentuk akibat menumpuknya zat asam urat.

Seseorang yang dalam kesehariannya sering memakan makanan yang menjadi sebab meningkatnya asam urat (contohnya hidangan laut, jeroan, daging merah dan yang lainnya) dan seseorang yang suka mengonsumsi minuman yang beralkohol akan berisiko tinggi terjangkit penyakit asam urat.

Selain itu, penyakit ini juga sering diderita oleh orang-orang yang memiliki diabetes, obesitas, hipertensi, atau penyakit ginjal kronik.

Obat Tradisional Asam Urat

gejala asam urat
agenobatdenature.blogspot.co.id

Ada banyak pilihan obat untuk asam urat yang ada di pasaran, baik berupa tablet maupun dalam bentuk ramuan jamu, tapi jangan sembarangan dalam menggunakan obat itu, karena bisa jadi malah menyebabkan efek buruk terhadap kesehatan.

Maka dari itu selalu konsultasi dengan dokter untuk setiap obat yang akan diminum. Sebagai cara yang bebas juga aman untuk mengobati penyakit asam urat ialah obat tradisional asam urat yang ada dibawah ini.

  1. Brotowali
  2. Kumis kucing
  3. Sambiloto
  4. Daun salam
  5. Teh hijau
  6. Sidaguri

Ciri-ciri Asam Urat

gejala asam urat
csdnews.com

Penyakit asam urat yang tidak diobati dengan baik bisa menimbulkan asam urat akut. Untuk mengenal apakah Anda terjangkit asam urat atau tidak, dibawah ini ciri-ciri asam urat.

  1. Nyeri pada sendi kaki
  2. Jempol kaki sakit
  3. Kaki terasa seperti terbakar
  4. Jaringan pada sendi mengeras
  5. Persendian bengkak
  6. Kemerahan pada bagian sendi
  7. Tidak bisa bergerak bebas
  8. Sendi tak bisa digerakkan
  9. Terasa sangat gatal atau bersisik terhadap sendi
  10. Sendi tidak nyaman

Leave a Comment