Kenali Gejala Diabetes Sebelum Menyerang Tubuh Kita

GEJALA DIABETES –¬†Penyakit diabetes adalah salah satu penyakit yang sudah cukup umum. Hasil survei tahun 2013 jumlah warga yang terkena penyakit diabetes mencapai angka 8 juta. Jumlah yang cukup besar, dan hampir 50% dari mereka belum mengetahui gejala diabetes, sehingga mengetahui terkena diabetes setelah penyakit tersebut mencapai titik parah.

Hal seperti ini seharusnya jangan didiamkan saja. Karena jika didiamkan jumlah penderita penyakit diabetes bisa terus meningkat. Harus ada cara untuk mencegah peningkatan jumlah penderita diabetes. Salah satunya dengan menginformasikan tentang gejala-gejala diabetes.

Mungkin bisa dengan menginformasikan bahaya-bahaya penyakit diabetes terlebih dahulu. Supaya bisa timbul rasa lebih besar untuk menghindari penyakit ini. Setelah itu, bisa kenalkan lebih jauh tentang diabetes seperti gejala-gejala diabetes, siapa saja yang bisa terkena penyakit diabetes, dan lainnya yang berhubungan dengan diabetes.

Cara menginformasikan atau mengenalkannya bisa lewat perorangan, forum, dan media informasi. Apalagi zaman sekarang sudah banyak fasilitas-fasilitas yang mendukung. Salah satunya seperti artikel ini yang menulis tentang penyakit diabetes.

Penyakit Diabetes

gejala diabetes
Sumber: beaconohss.com

Penyakit diabetes adalah penyakit dimana kadar gula darah dalam tubuh lebih tinggi dari normalnya. Dikarenakan kondisi tubuh tidak menghasilkan hormon pengatur kadar gula darah atau insulin. Sehingga kadar gula darah meningkat.

Gula darah dalam tubuh berfungsi sebagai sumber utama yang menghasilkan energi bagi sel-sel otot, selain itu gula darah atau yang biasa disebut dengan glukosa ini juga merupakan sumber energi bagi otak.

Selama ini penyakit ini memiliki dua jenis tipe, yaitu yang sering disebut dengan diabetes tipe 1 dan diabetes tipe 2. Apa perbedaan diantara dua tipe tersebut? Penjelasan yaitu sebagai berikut:

Penyakit Diabetes Tipe 1

Diabetes tipe 1 merupakan tipe yang sudah parah, dimana kondisi tubuh sudah tidak bisa menghasilkan hormon pengatur gula darah atau insulin. Sehingga jalan satu-satunya harus menggunakan alat bantu untuk memenuhi kadar gula dalam tubuh.

Alat bantu bisa berupa menyuntik insulin ke dalam tubuh penderita diabetes tipe 1, suapaya kondisi tubuh tetap terjaga. Sebagian besar penderita diabetes tipe 1 terjadi pada usia muda seperti anak-anak dan remaja.

Penyakit Diabetes Tipe 2

Penyakit diabetes tipe 2 merupakan diabetes yang belum parah, karena kondisi tubuh masih bisa menghasilkan insulin. Namun, jumlahnya yang dihasilkan tidak maksimal sehingga tidak bisa bekerja maksimal dalam mengatur gula darah.

Diabetes tipe 2 masih bisa dikendalikan tanpa menggantung pada alat bantu. Cukup dengan menjalankan pola hidup sehat seperti makan dan olahraga yang teratur. Meskipun begitu penderita diabetes tipe 2 tetap harus menjalankan pengobatan suapaya diabetes tidak mengembang ke tipe 1.

Orang yang memiliki kemungkinan besar terkena penyakit ini adalah orang yang memiliki berat badan yang over atau yang biasa disebut dengan obesitas. Dan sebagian besar yang terkena diabetess tipe 2 adalah mereka yang sudah usia lanjut.

Gejala Diabetes

gejala diabetes1
Sumber: breakingmuscle.com

Gejala diabetes merupakan hal yang sangat penting untuk diketahui. Entah bagi orang yang berisiko tinggi terkena diabetes maupun orang yang memiliki riwayat sehat. Karena langkah yang paling bagus untuk menghindari terkena penyakit ini adalah mencegah.

Untuk gejala diabetes tipe 1 cenderung lebih mudah diketahui karena perkembangan buruk pada kondisi tubuh sangat cepat. Berbeda dengan gejala diabetes tipe 2 yang tidak mudah diketahui karena tidak spesifik. Biasanya setelah 1 – 2 tahun baru bisa diketahui. Berikut ini beberapa gejala diabetes yang perlu diketahui:

  • Cepat haus.
  • Cepat lapar.
  • Sering buang air kecil.
  • Berat badan menurun secara drastis.
  • Ketika terjadi luka, lama sembuh.
  • Mudah terkena infeksi.
  • Mudah nyeri.
  • Badan mudah lemas.

Jika memiliki gejala-gejala tersebut, sebaiknya segera lakukan pemeriksaan ke dokter. Ini merupakan cara mencegah sebelum terlambat. Gejala-gejala diabetes di atas mungkin hampir semua orang pernah merasakan. Namun, hanya di waktu-waktu tertentu. Jika hampir setiap hari gejala tersebut timbul, maka sebaiknya lakukan pemeriksaan.

Faktor Penyebab Diabetes

penyebab diabetes
Sumber: maximizedliving.com

Seperti pada umumnya semua penyakit bisa menyerang siapa saja, termasuk juga penyakit diabetes. Diabetes bisa menyerang siapa saja, namun faktor yang paling besar adalah dari riwayat keluarga. Jika ada salah satu keluarga kandung terutama orang tua yang memiliki penyakit ini, maka sebaiknya segera konsultasikan ke dokter.

Jika belum menular atau terkena terkena, maka mintalah saran dari dokter bagaimana caranya supaya terhindar dari penyakit tersebut. Selain faktor keturunan, faktor yang bisa menyebabkan terkena penyakit diabetes adalah kelebihan berat badan atau obesitas.

Obesitas merupakan kondisi badan yang menjadi sasaran berbagai penyakit mematikan. Dikarenakan orang yang memiliki kelebihan berat badan cenderung memiliki kadar kolesterol tinggi, dan produksi hormon insulin ynag tidak maksimal.

Menyembuhkan Diabetes

diabetess
Sumber: net.doctor.co.uk

Menurut sumber klinikdiabetesnusantara.com sampai saat dunia kesehatan belum menemukan obat untuk menyembuhkan diabetes. Hanya ada cara untuk menurunkan dan menormalkan gula darah pada tubuh, yaitu dengan cara menurunkan berat badan, olahraga, pola makan yang sehat, dan menjaga pola hidup yang baik.

Jadi diabetes sampai saat ini belum bisa disembuhkan, cara yang paling membantu saat ini yaitu dengan menjaga kadar gula darah. Gula darah harus selalu terkontrol agar tidak naik.

Demikian informasi mengenai penyakit diabetes. Kenali gejala diabetes merupakan salah satu langkah untuk menghindari dari serangan diabetes. Selain itu menjaga pola hidup sehat juga sangat perlu dilakukan, karena langkah pertama untuk mencegah datangnya penyakit adalah pola hidup yang sehat.