Gejala Hepatitis Segala Jenis dari A, B, C, D, E Beserta Pengobatan

GEJALA HEPATITIS – Hepatitis atau biasa kita kenal penyakit kuning adalah penyakit yang terjadi karena adanya peradangan atau pembekakan pada hati atau liver. Kita tahu sendiri bahwasanya organ yang termasuk penting dan memiliki berbagai fungsi adalah hati atau liver.

Adapun beberapa fungsi dari hati adalah:

  1. Mengatur metabolisme
  2. Sebagai tempat penyimpanan vitamin dan zat besi
  3. Menyaring racun dan mengeluarkannya dari dalam tubuh
  4. Sebagai tempat produksi empedu.

Adapun jika fungsi-fungsi diatas tidak bisa dilakukan oleh hati, maka tidak ada organ lagi yang bisa mengganti fungsinya tersebut, dengan demikian bisa menyebabkan terjadinya berbagai macam penyakit berat atau bisa berujung pada kematian. Hepatitis ini banyak sekali macamnya tergantung virus apa yang menjangkitinya.

Tingkatan Hepatitis

tingkatan hepatitits
500px.com

Adapun dalam Tingkat keparahannya, ada 2 pengertian hepatitis menurut para dokter, yaitu:

  • Hepatitis akut

Hepatitis ini terjadi dalam kurun waktu kurang dari 6 bulan. Ada beberapa penyebab dari hepatitis akut, diantaranya adalah mengkomsumsi minuman keras dan alkohol, dan masuknya racun ke dalam tubuh yang merusak jaringan di dalam tubuh. Kemungkinan hepatitit akut ini bisa sembuh secara total atau kalau tidak akan berlanjut ke tahap hepatitis kronis

  • Hepatitis kronis

Berbeda dengan hepatitis akut yang terjadi kurang dari 6 bulan, sebaliknya hepatitis kronis terjadi dalam kurun waktu lebih dari 6 bulan. Maksudnya adalah hepatitis kronis bersifat lama. Adapun kenapa bisa lama, lebih dari 6 bulan bisa lebih disebabkan karena faktor keturunan sejak lahir. Selain itu pengkomsumsian alkohol dan minuman keras juga penyebab dari hepatitis kronis.

Jenis dan Penyebab Hepatitis

jenis hepatitis
haemosexual.com

Adapun jenis dan penyebab hepatitis adalah berdasarkan virus yang menjadi penyebabnya. Berikut beberapa penyebab dan penularannya, yaitu:

Hepatitis A Virus (HAV)

Hepatitis A media penyebarannya adalah tinja yang berasal dari orang yang terkena infeksi virus tersebut. Selain itu cara lain yang paling sering menyebabkan penyakit hepatitis adalah mengkomsumsi makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi.

Hepatitis B Virus (HBV)

Kebanyakan hepatitis b disebabkan ditularkan melalui kontak cairan dari orang yang terinfeksi hepatitis, contohnya darah, air mani, dan jenis cairan tubuh lainnya. Selain itu bayi yang baru lahir juga bisa tertular dari ibu yang mengidap hepatitis. Alat lainnya yang juga menjadi tempat penularan hepatitis B adalah alat suntik.

Hepatitis C virus (HCV)

Penyebab dari hepatitis C sama dengan hepatitis C yaitu dari proses tranfusi darah dan sebagainya.

Hepatitis D Virus (HDV)

Penyakit ini sangat mudah menyerang bagi mereka  yang sudah terjangkit penyakit hepatitis B. Gabungan infeksi hepatitis B dan hepatitis D sangat berbahaya sekali karena menyebabkan penyakit yang lebih serius dan hasil yang kemungkinan lebih buruk.

Hepatitis E virus (HEV)

Inilah penyebab umum dari adanya wabah hepatitis suatu wilayah. Penularan paling umum terjadi adalah melalui konsumsi air atau makanan yang terkontaminasi.

Gejala Hepatitis

gejala hepatitis
tipskesehatan.com

1. Nyeri Sendi

Seseorang yang mengalami gejala hepatitis diantaranya adalah merasakan nyeri sendi pada beberapa bagian tubuh. Sebenarnya nyeri sendi sendiri masih umum dan ada kemungkinan lain bukan hanya dapat dialami jika mengalami asam urat saja.

Apabila anda merasakan gejala ini disertai dengan gejala yang lain yang termasuk dari gejala hepatitis, sebaiknya anda secepatnya untuk menghubungi dokter.

2. Nyeri Perut

Selain terasa nyeri pada bagian sendi, ada gejala lain yang bisa memperkuat terjadinya hepatitis, yaitu nyeri pada bagian perut. Penderita akan mengalami nyeri pada bagian kanan perut, bawah tulang rusuk dan rasanya tersambung sampai ke punggung bagian atas. Indikasinya adalah kemungkinan adanya kerusakan pada sel hati atau batu empedu.

3. Nafsu Makan Hilang

Gejala ini sangat umum terjadi dan selalu didapati pada orang yang sudah menderita hepatitis. Penderita tidak menyadari kalau nafsu makannya hilang. Selain itu seseorang yang sudah hilang nafsu makannya akan cenderung muntah dan warna air kencing kuning. Maka tidak jarang orang yang terinfeksi oleh penderita penyakit hepatitis akan menurun berat badannya.

4. Merasa Pusing Kepala

Penderita hepatitis juga mengalami gejala lain setelah infeksi yaitu merasa pusing di kepala. Pada tahap awal gejala hepatitis yaitu Pusing kepala, meskipun hanya pusing kepala banyak orang yang tidak menyadari jika gejala hepatitis yang sedang terjadi.

5. Kulit lebih terlihat kuning

Pada penyakit hepatitis atau penyakit kuning salah satu gejala yang gampang dideteksi yang muncul adalah kulit terlihat warna yang kekuning-kuningan. fungsi hati berjalan tidak normal yang mana hati berfungsi untuk menyaring racun dan dan sebagai sistem ekskresi. Akibatnya Pengeluaran pada tubuh menjadi buruk karena fungsi pengeluaran atau ekskresi saja tidak dapat berjalan dengan baik.

6. Gangguan pencernaan

gangguan pencernaan adalah termasuk dari Gejala hepatitis A yang lainnya. Gejala hepatitis ini akan menyebabkan penderitanya mengalami diare, mual, serta muntah. Biasanya ketika mau muntah, perut akan mengalami rasa enek. Muntah bisa dialami siapa saja, baik bayi, anak anak, dewasa, bahkan usia senja juga mengalami gejala ini.

Pengobatan Hepatitis

pengobatan hepatitis
obatsakit2011.blogspot.com

Ada beberapa cara untuk menangani dan mengobati penyakit hepatitis diantara yaitu:

1. Mengkomsumsi kunyit. Di dalam kunyit terdapat minyak atsiri dan juga kurkumin. Kedua zat tersebut sangat membantu dalam penyembuhan hepatitis, Adapun cara membuatnya yaitu, ambil kunyit dan parutan kemudian parut kunyit tersebut. Campur parutan kunyit tersebut dengan beberapa sendok madu. Setelah itu baru diminum.

2. Konsumsi Temulawak. Temulawak dipercaya bisa menyembuhkan penyakit hepatitis. Hal ini dikarenakan di dalam temulawak ditemukan kurkumin dan juga xanthorrhiza. Untuk cara pembuatannya sama seperti pembuatan kunyit di atas.

3. Vaksinasi. Lakukan vaksinasi supaya tubuh bisa mendapatkan antibodi terhadap berbagai jenis virus hepatitis. Saat ini hanya ada vaksinasi untuk jenis virus hepatitis A dan B.

Demikianlah informasi tentang gejala hepatitis, mulai dari gejala hepatitis A, gejala hepatitis B dan gejala hepatitis C. Semoga bermanfaat, terima kasih.