gejala penyakit ginjal

Gejala Penyakit Ginjal yang Perlu di Waspadai

GEJALA PENYAKIT GINJAL – Anda mungkin tidak menyadari masalah besar apa yang muncul jika Anda memiliki penyakit ginjal, mungkin ada dari kita yang menganggap hal ini masih sesutu yang wajar, padahal sejatinya hal seperti ini bisa sangat mempengaruhi kualitas hidup seseorang dan jika tidak segera di tanggapi dengan serius hal ini bisa berbahaya, apalagi penyakit ginjal sudah memasuki tahap yang kronis. 

Kebanyakan kerusakan yang terjadi ternyata sudah muncul terlebih dahulu tanpa sepengetahuan Anda, maka dari sinilah kami akan berbagi tentang berbagai jenis gejala penyakit ginjal apa saja yang perlu kita ketahui berikut.

Gejala Penyakit Ginjal

gejala penyakit ginjal
hellosehat.com

1. Kelelahan Sepanjang Waktu

Ginjal yang sehat menghasilkan hormon yang disebut eritropoietin atau EPO, yang memberitahu tubuh untuk memproduksi sel darah merah membawa oksigen. Ketika ginjal gagal berkerja dengan baik, mereka akan mengurangi EPO. Dengan sel darah merah yang lebih sedikit untuk membawa oksigen.

2. Merasa Dingin Padahal Hangat

Anemia dapat membuat Anda merasa dingin sepanjang waktu, bahkan di ruangan itu aslinya hangat.

3. Sesak Napas

Sesak napas muncul dalam dua cara pertama, karena kelebihan cairan tubuh yang dibentuk oleh paru-paru. Kedua karena anemia (kurang sel darah merah), yang membuat tubuh kekurangan oksigen dan akhirnya sesak napas.

4. Sulit Konsentrasi

Anemia berhubungan erat dengan gagal ginjal, yang artinya dalam otak Anda tidak sedang menerima cukup asupan oksigen. Hal ini bisa mengakibatkan memori bermasalah hingga sulit konsentrasi.

5. Gatal Secara Esktrim

Fungsi ginjal adalah membuang sisa metabolisme kotoran dari aliran darah tubuh manusia, jika fungsi ginjal sudah tidak sebagaimana mestinya akibatnya kotoran sisa metabolisme menumpuk, maka dari itu hal ini bisa mengakibatkan penderita merasakan gatal yang ekstrim pada tubuhnya.

6. Bengkak pada Tangan atau Kaki

Gejala penyakit ginjal bengkak ini bisa terjadi, karena tidak terbuangnya kelebihan cairan dalam tubuh yang menyebabkan pembengkakan pada kaki, wajah, pergelangan kaki dan tangan.

7. Makanan Terasa Seperti Logam

Sebuah penumpukan limbah dalam darah (disebut uremia), bisa meningkatkan rasa makanan yang berbeda dan yang di ikuti bau mulut yang bau. Anda mungkin tidak sadar bahwa Anda mulai berhenti menyukai makanan daging, dan Anda juga akan turun berat badanya.

8. Anemia

Sebuah penumpukan limbah dalam darah (disebut uremia), efek sampingnya dapat meningkatkan rasa makanan yang berbeda dan menyebabkan bau mulut. Anda mungkin juga tidak sadar bahwa Anda mulai berhenti menyukai makan daging, atau kehilangan berat badan hanya karena tidak merasa seperti sedang makan.

9. Kesal Perut dan Mual

Sebuah penumpukan parah limbah dalam darah (uremia) akan menyebabkan kesal perut dan mual, sampai kehilangan nafsu makan.

10. Sering Kembung

Orang yang mengalami gejala penyakit ginjal akan mengalami kembung secara berturut-turut dikarenakan sulitnya sesak nafas yang akhirnya dia akan bernafas melalui mulut saja. Bernafas lewat mulut inilah, penyebab seseorang sering kembung.

11. Volume Kencing Sedikit

Salah satu gejala ginjal paling terasa adalah dia akan sadar volume kencing yang mulai menurun. Jika tadinya Anda memiliki kencing yang banyak lalu kemudian mulai sadar volume kencing yang di memiliki turun, maka waspadalah akan sakit ginjal.

12. Sering Bangun di Malam Hari untuk Kencing

Sering kali Anda bisa buang udara kecil dalam jumlah lebih banyak di malam hari atau lebih besar dari biasanya, dengan urin, maka waktu malam itu juga Anda mungkin merasa tertekan atau menderita gangguan buang air kecil adalah gejala penyakit ginjal.

13. Urin Berbau

Urin yang bau muncul karena infeksi pada ginjal. Infeksi itu menyebabkan urin tercampur dengan virus atau bakteri.

14. Kencing Berbusa atau Berbuih

Fungsi ginjal adalah membuat urin, jadi kapan gagal ginjal, urin bisa berubah. Akhirnya sering kali saat Anda buang air kecil, bisa saja jumlahnya lebih banyak, atau lebih besar dari biasanya, dengan urin terlihat pucat.

15. Urin Kencing Merah atau Ungu

Fungsi ginjal adalah cara membuat urin, jadi kapan gagal ginjal, urin bisa berubah, entah urin anda berubah menjadi gelap, atau mungkin bisa sampai urin anda mengandung darah.

16. Nyeri Punggung

Beda nyeri punggung biasa dan mana nyeri punggung akibat gejala penyakit ginjal. Nyeri punggung akibat sakit ginjal rasa nyeri berada di bagian bawah punggung. Selain itu kedua sisi punggung rasanya akan pegal selama berhari-hari.

17. Demam

Demam juga merupakan gejala penyakit ginjal, dijelaskan munculnya demam akibat ginjal terkena infeksi. Infeksi ginjal tersebut muncul karena bakteri dan virus.

Gejala Sakit Ginjal Kronis

gejala penyakit ginjal
Ginjal – Autoimuncare.com

Ketika gejala penyakit ginjal sudah masuk ketahap kronis (CKD). Maka Anda akan mendapatkan pengobatan yang lebih baik lagi atau khusus caranya langsung berkonsultasilah dengan dokter untuk tes urin dan darah. Hanya itu tindakan pertama satu-satunya yang paling baik untuk masa depan ginjal Anda.

Catatan: Kembalinya rasa sakit bukan mesti tanda penyakit ginjal. Ginjal ada di atas pinggang di belakang tubuh. Jika Anda memiliki sakit di sana, segera beritahu dokter.

Lalu buat janji jika jika gejala yang di sebutkan di atas muncul. Mungkin ada beberapa alasan lain, namun lebih baiknya Anda harus berkonsultasi dengan tentang jenis perawatan dan masalah yang Anda hadapi.

Demikian tadi info tentang gejala penyakit ginjal, gejala sakit ginjal, gejala gagal ginjal, dan penyebab penyakit ginjal, semoga info ini bermanfaat bagi anda dan sampai jumpa lagi diartikel-artikel SehatAlfiat lainya.

Leave a Comment