Waspadalah! Ini Dia Gejala Tipes yang Sering Dianggap Enteng Oleh Banyak Orang

GEJALA TIPES – Tifus atau tipes adalah penyakit yang sering terjadi hampir pada setiap orang, terlebih lagi anak-anak. Tipes ini ada penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang menempel pada minuman dan makanan, terlebih lagi bagi anak-anak yang jajan sembarangan.

Seringkali kita mendengar atau pasien divonis oleh dokter mengalami gejala tipes dan tipes. Ternyata antara kedua hal tersebut sangat berbeda. Berikut ini akan dijelaskan mengenai tipes dan gejala tipes.

Pegertian Tipes

Gejala Tipes
kesehatanaz.com

Tipes atau demam tifoid adalah penyakit yang bisa menyebar melalui makana, minuman, atau bahkan ditularkan langsung oleh pederitanya. Penyebab dari penyakit tipes ini adalah bakteri Salmonella typhi, bakteri ini akan menempel pada makanan dan minuman.

Anak-anak yang sering jajan sembarangan dan daya tahan tubuhnya sedang turun akan sangat mudah untuk terkena penyakit ini. Saat bakteri Salmonella typhi ini masuk ke dalam tubuh, maka tubuh akan langsung demam.

Demam ini menjadi respon dari tubuh akibat adanya benda asing yang masuk dan membahayakan bagi tubuh. bakteri Salmonella typhi ini akan hidup pada aliran darah dan di dalam usus.

Perbedaan Antara Tipes dan Gejala Tipes

Gejala Tipes
o-krohe.ru

Sebenarnya antara tipes dengan gejala tipe itu mengarah pada satu penyakit yang sama, yaitu tipes. Penyebabnya pun sama yakni bakteri Salmonella typhi. Ketika kita memeriksakan penyakit ini ke dokter, biasanya dokter akan mengatakan bahwa pasien telah mengalami gejala tipes.

Hal itu terjadi karena pasies masih merasakan sebatas gejala tipes, untuk memvonis bahwa pasien telah menderita tipes bukan lagi gejala tipes, dokter memerlukan diagnosis lanjut lagi. Biasanya cara yang dilakukan untuk memeriksa apakah kita terkena tipes atau tidak adalah diagnosis tes urin, darah, feses dan sumsum tulang belakang.

Pasien akan mengalami gejala tipes setelah 1 hingga 2 minggu bakteri Salmonella typhi masuk ke dalam tubuh, masa ini disebut sebagai masa inkubasi. Bakteri akan masuk lewat mulut melalui makanan yang sudah dihinggapi bakteri ini.

Bakteri Salmonella typhi hidup di dalam usus selama 1 hingga 3 minggu dan selanjutnya bakteri akan masuk ke dalam aliran darah dengan cara menembus dinding usus. Ketika bakteri sudah berada dalam aliran darah, maka bakteri akan lebih mudah untuk menyebar ke seluruh tubuh dan jaringan tubuh.

Pada kondisi ini , sistem kekebalan tubuh hanya bisa melawan bakteri dengan sedikit perawanan saja karena bakteri terlah hidup di dalam sel tubuh.

Mengenal Gejala Tipes

Gejala Tipes
images.24ur.com

Gejala awal tipes sangat mirip seperti influenza. Penderita akan mengalami radang tenggorokan, flu, demam dan sakit kepala. Namun kondisi ini akan lebih parah setelah lebih dari satu minggu. Berikut ini adalah fase perkembangan gejala tipes;

Infkesi Bakteri Minggu Pertama

Penderita tipes akan gejala seperti sakit biasa atau kecapean. Awal mulanya ditandai dengan kondisi tubuh yang semakin lemah. Setelah bakteri Salmonella typhi masuk ke dalam tubuh dalam jangka waktu satu minggu maka akan muncul beberapa gejala tipes seperti berikut;

  • Tubuh mengalami demam yang sangat tinggi, bahkan hingga mencapai 40 derajat Celcius.
  • Sakit kepala yang sangat hebat mulai dari sekitar mata hingga ke bagian belakang kepala, hal in menyebabkan penderita tidak bisa melakukan aktivitasnya.
  • Gangguan pencernaan yang menyebabkan diare.
  • Nafsu makan yang terus menurun sehingga tubuh menjadi lemah.
  • Batuk kering yang tidak bisa sembuh oleh berbagai macam jenis obat batuk.
  • Timbul bercak merah pada kulit tangan dan kaki.

Infkesi Bakteri Minggu Kedua

Gelaja tipes akan semakin parah jika setelah 2 minggu masih terkena infkesi dari bakteri atau tidak mendapat perawatan yang semestinya. Badan akan terasa sangat sakit dan lemas sehingga tidak bisa melakukan berbagai macam aktivitas. Berikut ini adalah gejala tipes setelah 2 minggu;

  • Perut menjadi bengkak dan terasa lebih keras.
  • Demam naik turun pada sore, siang dan malam hari.
  • Gangguan pencernaan yang semakin parah seperti sembelit atau diare.
  • Nafsu makan yang terus menurun hingga tubuh menjadi kurus.

Infeksi Bakteri Minggu Ketiga

Setelah memasuki minggu ketiga, maka penderita kemungkinan telah mengalami tipes dan bukan lagi gejala tipes. Kondisi ini tentu akan semakin parah jika tidak segera ditindak lanjuti. Tubuh penderita akan sangat lemas bahkan untuk berjalan pun sangat sulit.

Tubuh mengalami demam yang tak kunjung sehing setiap harinya. Pada kondisi ini biasanya disertai dengan beberapa gejala komplikasi seperti penyebaran bakteri dari usus ke bagian organ tubuh lain.

Infeksi Bakteri Minggu Keempat

Pada minggu keempat biasanya kondisi penderita akan semakin membaik, naun pada masa ini adalah masa kritis dari penyakit tipes. Walaupun kondisi penderita lebih bugar dan demam menurunn namun dokter harus tetap memantau perkembangan penderita tipes ini.

Biasanya setelah melewati minggu keempat dan penderita masih belum menunjukan perkembangan kesembuah total, makan pada minggu kelima atau keenam tubuh penderita akan kembali seperti kondisi di minggu pertama.

Komplikasi Penyakit Tipes

Gejala Tipes
cloudinary.com

Penyakti tipes yang tidak ditangani dengan serius maka dapat menimbulkan berbagai penyakit baru atau komplikasi yang cukup parah dan sangat berbahaya. Bahkan kondisi terburuk dari penyakti tipes ini adalah kematian.

Hal ini disebabkan karena infeksi bakteri pada usus akan menyebar ke seluruh organ tubuh sehingga sulit diobati dengan cepat. berikut ini adalah penyakit yang mungkin terjadi jika gejala tipes tidak segera ditangani;

Miokarditis

Kondisi ini yaitu munculnya peradangan pada bagian otot jantung sehingga penderita akan kesulitan untuk bernafas serta terasa nyeri yang sangat sesak pada dada. Jika penderita mengalami kondisi ini makan perlu perwatan yang lebih intensif bahkan diperlukan juga pengecekan infeksi jantung.

Pendarahan Pada Usus

Pendarahan pada usus merupakan komplikasi yang sering terjadi akibat dari tipes ini. Kondisi dari pendarahan pada usus ini adalah terjadinya lubang atau perforasi pada bagian usus. Kondisi ini terjadi pada minggu ketiga.

Saat terjadinya pendarahan usus, biasanya tekanan darah mengalami penurunan dan pendarahan pada kotoran. Bahkan hal lebih parahnya, penderita akan mengalami munta, mual dan pendarahan.

Komplikasi Lain

Komplikasi lain yang bisa terjadi namun termasuk jarang adalah radang paru-paru, infeksi pada ginjal, gangguan halusinasi dan radang selaut otak.

Cara Mencegah Tipes

Gejala Tipes
agrotani.com

Tipes termasuk penyakti yang sangat umum namun terhitung pula penyakit yang sangat parah. Namun, ada baiknya kita menjaga pola hidup sehat agar tipes tidak menyerang kita. Berikut ini dalah cara yang paling efektif untuk mencegah tipes;

  • Mengkonsumsi makanan yang sehat serta cara mengolahnya pun dengan cara yang sehat pula.
  • Banyak minum air putih setiah harinya.
  • Jika kalian adalah orang yang sangat sibuk hingga sering kali kelelahan, makan jaga juga asupan vitamin dan nutrisi agar tubuh tetap sehat dan kuat.
  • Hindarilah makanan dan minuman yang berada didalam kulkas atau ruang terbuka dalam kurun waktu yang lama.
  • Jangan mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran yang tidak dicuci.
  • Jangan membeli makanan sembarangan, perhatikan juga makanan agar tidak terkena lalat atau kotoran lainnya.
  • Mencuci tangan sebelum makan dan menjaga kebersihan tubuh.

Pemulihan Tipes

Gejala Tipes
cerlangcemerlang.wordpress.com

Penderita tipes tidak akan langsung mendapatkan kesembuhan secara langsung dan total. Maka dari itu perlu adanya perawatan untuk mempercepat proses pemulihan. Berikut ini dalah proses pemulihan penyakit tipes;

  • Minum air yang banyak untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Air putih juga dapat membantu meningkatkan stamina.
  • Hindari makan pedas, mengandung cabai dan santan. Jika mengkonsumsi makan tersebut maka akan membuat kondisi usus menjadi lebih buruk lagi.
  • Konsumsi makanan yang lunak seperti bubur yang dicampur dengan sayuran atau lauk lain, hal ini akan mempermudah makanan diserap oleh tubuh.
  • Hindari meminum minuman yang mengandung alcohol dan kafein.
  • Hindari mengkonsumsi susu atau makanan dan minuman yang mengandung susu karena kondisi usus yang masih sangat sensitif.

Demikian lah penjelasan gejala tipes dan tipes, ingatlah pepatah bahwa mencegah lebih baik daripada mengobati. Mulailah dari sekarang untuk terus menjaga kesehatan tubuh dan menjaga pola hidup sehat.
Semoga bermanfaat.