Gejala Typus beserta Cara Pengobatan dan Pencegahannya

GEJALA TYPUS – Typus? Tau penyakit yang satu ini kan, atau mungkin diantara kita ada yang pernah merasakan penyakit typus ini. Biar lebih tau lagi tentang typus ini, yuk Simak penjelasan di bawah ini tentang penyakit Typus!

Pengertian Typus

arti typus
yersinclinic.com

Thypus adalah suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri pada usus halus dan tidak jarang juga terjadi pada aliran darah. Penyebab utama penyakit typus ini ialah bakteri Salmonella typhi ataupun Salmonella paratyphi.

Bakteri ini selain menyebabkan typus dapat juga menyebabkan keracunan makanan (gastroenteritis) atau septikemia.

Penyakit thypus sering disebut juga dengan nama tifus. Dalam dunia kedokteran sendiri penyakit ini dikenal dengan istilah Thypus abdominalis atau Typhoid Fever disebabkan berhubungan dengan usus pada perut

Penyebab Typus

salmonella typhi
pengobatantipes.com

Penyebab utama Typus ialah karena adanya infeksi bakteri. Bakteri tersebut bernama Salmonella Typhi. selain Salmonella Typhi, terkadang Typus ini juga disebabkan oleh bakteri lainnya, seperti Salmonella paratyphi A, dan Salmonella paratyphi B, atau jenis Salmonella yang lainnya.

Tapi, Umumnya penyakit Typus ini disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Bakteri ini bisa hidup pada suhu ruangan ataupun suhu yang rendah untuk beberapa hari. Bakteri ini biasanya hidup di makanan-makanan kering, sampah dan tinja.

Cara penyebaran penyakit typus ini ialah melalui bakteri yang masuk kedalam tubuh melalui saluran pencernaan, disana bakteri ini berkembang biak. setelah itu bakteri ini menembus dinding usus untuk menuju saluran limfa, lalu menuju ke dalam pembuluh darah dalam waktu 24-72 jam.

Yang nantinya terjadi pembiakan pada sistem retikuloendothelial dan menyebar kembali ke pembuluh darah yang kemudian menimbulkan berbagai gejala klinis.

Gejala Typus

Gejala Typus
corticalchauvinism.files.wordpress.com

Berikut ini gejala-gejala terkena penyakit tifus pada umumnya, akan tetapi mungkin ada gejala-gejala lain. Berikut uraiannya:

  1. Terjadi Demam tifoid yang sangat tinggi, bahakan suhu badan dapat menacapai suhu 40 derajat Celsius, demam ini akan meningkat selama beberapa hari.
  2. Biasanya Kondisi tubuh terasa Fit pada saat pagi hingga siang hari, namun sebaliknya, di siang hari hingga malam tubuh terasa lemas.
  3. Berkurangnya Nafsu makan, terkadang juga disertai dengan mual ketika mau makan.
  4. Berkurangnya berat badan. Karena typus ini disebabkan oleh bakteri yang menyerang usus, ini lah yang menjadikan sari-sari makanan tidak apat diserap optimal oleh tubuh.
  5. Denyut nadi melambat. orang yang terkena tifus denyut nadinya akan melambat. ini disebabkan karena adanya toksin (racun) yang berasal bakteri tifus yang mempengaruhi reaksi tersebut.
  6. Lidah berwarna putih. orang yang terkena typus lidah bagian tengahnya terlihat berwarna putih serta pinggirnya berwarna merah. Kemudian kalau lidah dijulurkan kedepan maka biasanya lidahnya gemetar.
  7. Terkadang ada Terlihat Ruam pada leher dan perut berupa bintik-bintik yang berwarna merah.
  8. Untuk kasus typus yang lebih serius lagi, dapat mengakibatkan usus menjadi berlubang, Jika tidak segera ditindaklanjuti bisa menyebabkan terjadi infeksi pada jaringan yang melapisi bagian dalam perut dan berakibat sangat fatal dan serius.
  9. Ada juga Gejala typus lainnya seperti, sembelit, sakit perut, sakit kepala. Tak jarang juga orang yang terkena gejala typus itu seperti orang yang kebingungan, diare ataupun muntah.

Pengobatan Typus

obat typus
bodyonept.com

Berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan untuk pengobatan typus ini;

  1. Penymbuhan Penyakit ini bisa dilakukan dengan pemberian Antibiotik selama 7 sampai 14 hari tentunya sangat dianjurkan sekali dengan pengawasan dokter.
  2. Untuk Pemulihan kondisi tubuh sendiri setelah terkena penyakit tifus memang tergolong cukup lama, kira-kira sekitar antara 1 hingga 3 bulan sebelum nantinya kondisi tubuh dapat benar-benar kembali normal lagi.
  3. memperbanyak waktu istirahat serta pastikan kebutuhan nutrisi terpenuhi untuk mempercepat pemulihan tubuh.
  4. Makan makanan yang memiliki gizi yang cukup. Hindari dahulu makan sayuran yang masih mentah dan makanan yang disajikan/disimpan pada suhu ruangan, Usahakan makan makanan yang masih panas.
  5. Jangan melakukan aktivitas yang membutuhkan banyak energi. Baiknya energi tersebut dipakai untuk proses pemulihan kondisi tubuh.
  6. Konsultasi dengan dokter terkait perkembangan yang ada agar bisa dievaluasi secara optimal.

Pencegahan Typus

gejala typhus
rd.com

Penyakit typus dapat dicegah dengan melakukan pemberian vaksin. Pemerintah sendiri sangat menganjurkan unutk melakukan Vaksinasi typus walaupun belum sampai diwajibkan. Biasanya Vaksin diberikan kepada anak-anak yang berusia dua lebih serta diulang daalam setiap tiga tahun sekali.

Pemberian vaksin ini biasanya dilakukan dengan cara disuntik teruntuk para balita dan bentuk oral bagi yang sudah berusia enam tahun ke atas. Walau pemberian vaksin ini tidak menjamin 100% memberikan perlindungan, akan tetapi pemberian vaksinasi tifoid cukup efektif dalam mengurangi kemungkinan terjangkitnya penyakit typus.

Dan seandainya terkena infeksi penyakit typus, umumnya tidak akan separah pada orang yang belum melakukan vaksinasi. Kemudian Pencegahan yang juga efektif lainnya adalah dengan memperhatikan kebersihan sekitar terutama terhadap makanan dan minuman yang akan dikonsumsi.

Jauhi makan makanan di tempat yang terbuka yang gampang terkena bakteri. Lakukan istirahat yang cukup agar daya tahan tubuh meningkat dan sering-sering berolahraga.

Itu lah tadi penjelasan singkat terkait dengan pengertian, penyebab, dan gejala typus. Semoga dapat menambah wawasan kita dalam dunia kesehatan sehingga kita bisa antisipasi terhadap penyakit typus ini. Jangan lupe shere artikel ini agar dapat bermanfaat bagi yang lain juga. terimakasih