Pengertian GERD Beserta Gejala, Penyebab dan Cara Mengobatinya

GERD – Gerd adalah Penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease dan biasa disebut GERD merupakan dimana kondisi yang ditandai oleh nyeri pada bagian ulu hati atau dada terasa terbakar akibat naiknya asam lambung menuju esofagus.

Esofagus juga dikenal sebagai kerongkongan merupakan bagian dari saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung. Penyakit asam lambung merupakan masalah yang cukup mudah terjadi di masyarakat.

Penyebab Naiknya Asam Lambung atau GERD

GERD adalah
obatherbal.zahragerd.com

Penyakit asam lambung (GERD) biasanya disebabkan oleh tidak berfungsinya lower esophageal sphinchter (LES). LES adalah lingkaran otot pada bagian bawah esofagus. LES memiliki fungsi sebagai pintu otomatis yang akan terbuka saat makanan atau minuman turun ke lambung.

Setelah makanan masuk ke lambung, LES akan menutup guna mencegah asam dan makanan yang terdapat di dalam lambung tidak naik kembali ke esofagus. Apabila LES menjadi longgar dan tidak tertutup dengan baik, asam lambung bisa keluar dari perut dan menyebabkan penyakit asam lambung atau GERD.

Penyebab GERD biasanya terkait dengan faktor keturunan, konsumsi obat-obatab tertentu, stress, kelebhian berat badan, hiatus hernia, gastroparesis atau mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak. Gejala pada GERD yang akan dirasakan adalah sensasi terbakar pada bagian dada atau nyeri pada ulu hati.

Akibatnya, kita akan merasa tidak nyaman sesudah mengonsumsi makanan. Mulut dan kerongkongan juga akan terasa tidak nyaman, Kita juga akan mengalami rasa sakit dan kesusahan menelan makanan. Perawatan serius akan dilakukan apabila gejala GERD muncul secara terus menerus.

Diagnosis Asam Lambung atau GERD

Pengertian GERD
mesintekno.com

Untuk melakukan diagnosis pada GERD atau asam lambung, dokter cukup menanyakan gejala-gejala yang Anda rasakan. Pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan diagnosis bisa dilakukan melalui prosedur endoskopi. Endoskopi sendiri memakai alat yang disebut dengan endoskop, sebuah tabung yang fleksibel panjang dengan lampu dan kamera di bagian ujungnya.

Alat ini akan dimasukkan lewat mulut untuk melihat penyebab asam lambung dan apabila ada luka di bagian dingin esofagus.

Pengobatan Asam Lambung atau GERD

GERD adalah
obatgerd.zahraherbal.com

Pengobatan yang dilakukan terhadap GERD mempunyai beberapa tahapan yang harus dilalui. Tahap awal yang paling mudah untuk dikerjakan dengan  mengganti pola makan, yaitu beralih ke makanan-makanan yang memiliki kandungan lemak yang rendah, memiliki rasa yang tidak terlalu asin dan juga tidak terlalu pedas,

Pengobatan terhadap GERD mempunyai tahapan. Cara awal yang paling mmudah untuk dilakukan adalah dengan cara mengganti pola makan, yaitu berpindah ke makanan-makanan yang mengandung lemak rendah, rasa tidak terlalu asin, tidak terlalu pedas.

Tapi saat perubahan menu makanan tidak optimal, obat-obatan bisa digunakan untuk meredakan gejala yang dirasakan. Untuk penderita yang mengalami penyakit asam lambung secara kambuhan, kemungkinan dokter akan memberikan resep obat untuk jangka waktu yang panjang.

Apabila langkah-langkah pengobatan tersebut masih belum bisa berhasil mengatasi GERD, kemungkinan prosedur operasi akan dipertimbangkan dan disarankan untuk pasien oleh dokter.

Komplikasi Akibat Asam Lambung atau GERD

GERD adalah
ganodermapluscapsule.wordpress.com

Komlikasi yang paling sering terjadi sebab penyakit asam lambung adalah esofagitis. Esofagitis merupakan peradasangan atau inflamasi pada dinding esofagus atau kerongkongan. Pada kasus esofagus yang parah, penderita GERD akan kesulitan menelan karena timbulnya tukak.

Tukak tersebut terbentuk saat lapisan pada dinding esofagus ter-erosi sehingga menjadi luka. Pada kasus yang lebih parah lagi, luka tersebut bisa menjadi kanker esofagus.

Gejala Penyakit Asam Lambung

GERD adalah
petunjuksehat.com

Saat asam lambung naik, jaringan dinding kerongkongan dan mulut akan menjadi iritasi, iritasi tersebut disebabkan oleh asam lambung. Berikut ini merupakan gejala-gejala yang sangat umum ditemukan dan dialami oleh penderita penyakit asam lambung:

  • Refluks asam lambung atau regurgitasi. Asam lambung yang berada di dalam perut akan kembali ke kerongkongan dan juga ke mulut, sehingga akan muncul rasa asam dan pahit pada lidah.
  • Sensasi terbakar pada bagian dada atau nyeri pada ulu hati. Keadaan seperti ini dirasakan pada tulang bagian dada akibat asam lambung yang naik ke esofagus. Rasa sakit akan terasa lebih kuat sesudah makan dan saat sedang membungkuk.

Selain dari gejala di atas, ada juga beberapa gejala yang lain dan mungkin dirasakan, di antaranya yaitu:

  • Merasakan seakan-akan ada sesuatu yang mengganjal pada kerongkongan waktu menelan.
  • Laringitis (peradangan pada laing atau bagian pita suara yang mengakibatkan tenggorokan sakit dan suaara berubah menjadi parau)
  • Mengalami batuk kering tiada henti, terutama saat malam hari.
  • Merasakan sakit di dada.
  • Mengi.
  • Kesulitan dan nyeri saat menelan makanan maupun minuman.
  • Gigi mengalami kerusakan.
  • Kembung dan sering bersendawa.
  • Bau napas menjadi tidak sedap.
  • Jumlah air liur meningkat secara tiba-tiba

Penyakit asam lambung ringan yang terjadi satu atau dua kali dalam satu bulan biasanya tidak membutuhkan intervensi dari dokter. Ini bisa diatasi dengan mengganti menu makanan dan mengonsumsi obat yang dijual bebas di pasaram saat gejalanya timbul.

Akan tetapi untuk gejala yang lebih parah dan sering terjadi, dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter dan menanyakan obat atau penanganan yang lebih tepat. Konsumsilah obat sesuai dengan dosis dan resep yang sudah diberikan dokter.