Pengertian Gluten dan Efek Samping Gluten

GLUTEN ADALAH – Di artikel kami kali ini akan membahas tentang pengertian gluten, makanan yang mengandung gluten, dan efek samping dari mengonsumsi gluten.

Gluten merupakan salah satu jenis protein yang biasa terkandung pada hasil persilangan gandum biasa dengan jelai atau barley.

Jika anda menemukan makanan yang berkemasan dan memiliki tulisan gluten-free maka itu memang, makanan itu tidak mengandung protein gluten.

Makanan-free gluten sebenarnya hanya di menunjukkan kepada orang-orang yang memiliki penyakit celiac atau mereka yang memiliki intoleransi pada gluten.

Lalu bagaiman jika kita yang tidak memiliki penyakit itu dan lalu mengonsumsi gluten. Makanan yang tidak memiliki gluten tidak dapat memberikan manfaat pada kita, sedangkan makanan yang mengandung gluten akan lebih bermanfaat bagi kita.

Sudah banyak penelitian yang mengatkan makanan yang mengandung biji-bijian utuh maka itu memiliki manfaat bagi anda yang ingin menurunkan risiko diabetes dan penyakit jantung, karena gluten ini dapat menurunkan risiko diabetes dan penyakit jantung.

Tapi sebagain makanan yang tidak mengandung gluten enak sangat tidak bernutrisi seperti vitamin B, kalsium, serat, magnesium, zat besi, dan seng.

Makanan Yang Mengandung Gluten

Pengertian gluten
Pixabay.com

Barley, gandum, dan rye adalah makanan yang mengandung gluten paling tinggi di dunia. Tepung gandum yang biasanya kita oakai sebagai bahan makanan ternyata juga memilki zat keyal (gluten).

Namun dengan sesegera berjalannya waktu makan yang memiliki gluten semakin banyak, jika anda ingin mengetahui makanan yang telah gluten atau tidak, maka anda bisa lihat di kemasan.

1. Kue Manis dan Permen

Kue manis
pixabay.com

Diet dengan menghindari gluten termasuk permen, karena permen mungkin saja memilki zat yang mengandung gluten.

Makanan yang haru dihindari juga adalah makanan yang di buat dengan bahan-bahan seperti malt, semua cokelat dan permen yang mengandung cokelat yang mengandung malt, es krim, permen yang memiliki kandungan ekstrak sereal, dan masih banyak lagi.

2. Daging Olahan

Sosis
pixabay.com

Satu salah studi yang sudah dipercanya merekomendasikan untuk tidak mengonsumsi semua daging olahan. Sariawan adalah salah satu dari bentik arthritis yang disertai dengan gejalsakit perut, itu disebabkan olah makanan yang mengandung gluten.

Selain mendung zat yang dapat mengandang terjadinya kanker, hampir semua daging olahan seperti hot gog, bologna, sosis pepperoni dan pete, mangandung zat gluten yang cukup tinggi.

3. Minuman Yang Mengandung Alkohol

Minuman ber alkohol
pixabay.com

Hilangkan kebiasan meminum minuman yang mengandung alkohol sperti bier, ale, bier ringan dan berbgai minum yang diolah dengan cara difermentasi dengan biji-bijian yang mengandung gluten.

Siapapun yang sudah di diagnosa dengan intoleransi gluten sebaik anda menahan diri dari meminum minuman yang mengandung alkohol yang disuling dari biji-bijian yang mengandung gluten.

4. Biji – bijian

Jagung kering
pixabay.com

Biji- bijian tentu saja yang harus dikurangi konsumsinya karena jika terlalu sering mengonsumsi biji-bijian makan akan terkena rekasi alergi gluten, seperti yang dilansir  oleh universitas terkenal yaitu University Medical Center.

Semua biji-bijian dan makanan yang mengandung biji-bijian seperti roti, kue, mie, donat, pancake, bihun dan masih banyak agi yang lainnya yang mengandung gluten, kecuali makana yang sudah di kasih label glute-free.

Efek Samping Mengonsumsi Gluten

Tanda-tanda penyakit demam berdarah
putihbiru.com

seperti yang sudah sebutkan di atas apa saja makanan yang mengandung glute, Ternyata makanan yang mengandung gluten sulit dicerna oleh usus. Didalam usus kita gluten yang memiliki tekstur lengket akan menepel ke dinding usus.

Reaki yang bisa ditimbulkan setelah seing makanan yang mengandung gluten adalah kembung, sakit perut, pilek, asma, sakit kepala, sakit otot, eksim, dan bahkan dapt menimbukan sindron iritasi ada usus.

Bisa juga bisa saling mempengaruhi ganguan yang serius pada pencernaan seperti celiac sprue, yaitu kerusakan pada permukaan halus dinding usus yang bisa kejam ketidak mampuan dinding usus unutkurkan nutrisi.

1. Gangguan Pada Usus

Usus
Pixabay.com

Salah satu makanan yang sering kit ajumpai yang mengandung gluten adalah mie. Mie tebuat dati tepung terigu yang mengadung gluten.

Sistem pencernaan manusia normalnya membutuhkan waktu 3-4 kali 24 jam atau sekitar 3 hari untuk bisa mencerna mie. Jika makan mie dengan porsi yang bayak atu seing makan makin banyak juga mie yang tidak tecerna oleh usus.

Lalu kalau ada makanan yang tidak bisa dicerna oleh usus akan menjadi zat toksin. Jika di tubuh kit kebayakan toksin yang menumpuk maka otomatis akan menjadi lemak.

2. Alergi Radang Kulit Atau Radang di Kulit

Tanda-tanda penyakit dbd
Glilloberryasli.com

Gluten adalah bahan makanan yang bisa diandalkan alergi atau iritasi pada kulit seperti ruam, jerawat, gatal-gatal, dan bintik-bintik. Jika anda mengalami gejala begini anda berhenti untuk mengonsumsi gluten.

3. Penuaan Dini

Orang tua
Pixabay.com

Tubuh manusia coba sydah ditakdirkan agar bisa menangkal sebagian level oksidasi.Kalau sudah oksidasinya sudah banyak, maka akan menimbulkan penuaan dini.Tingkat oksidasi akan semakin meningkat dan berkembang terhadap kesehatan kulit

(Sekian penjelasan dari kami semoga bisa bermanfaat bagi para pembacanya)