Green Coffee, Kopi Penurun Berat Badan!

GREEN COFFEE – Sudah tau belum tentang green coffee, kopi hijau yang dipercaya dapat menurunkan berat badan secara cepat. Kopi yang satu ini memang belum begitu terkenal di kalangan masyarakat. Tapi akhir-akhir ini sudah tidak jarang juga banyak yang memburu kopi ini terkait dengan khasiatnya.

Benar atau tidaknya simak penjelasan tentang green coffee berikut ini!

Apa Green Coffee Itu?

pengertian green kopi
http://consumerhealthpress.com

Green coffee merupakan ekstrak yang dihasilkan dari biji kopi arabika yang memiliki warna hijau. Pada suplemen ini terkandung zat yang disebut dengaan chlorogenic acid, yang dipercaya dapat menurunkan berat badan.

Awalnya Ekstrak green coffee ini pertama kali dikenalkan oleh Dr. Oz pada tahun 2012. Ia merupakan seorang dokter disebuah TV di Amerika dan sering disebut ‘guru’ kesehatan karena ketenarannya di dunia kesehatan.

Green cofffe sebenarnya sama seperti biji kopi kebanyakan, karena memang warna asli dari biji kopi adalah berwarna hijau. Akan tetapi, karena sudah melewati proses pemanggangan sebelum dijual ke konsumen, maka warna biji kopi yang awalnya hijau akan berubah warna menjadi cokelat atau kehitaman.

Sudah menjadi hal yang umum, jika kandungan biji kopi itu sarat dengan antioksidan dan senyawa aktif, dan yang sudah jelas yaitu kandungan caffeine dan chlorogenic acidnya.

Asam klorogenik inilah yang dipercaya sebagai bahan aktif utama yang terkandung pada biji kopi hijau yang dapat memberikan efek menurunkan berat badan.

Akan tetapi sayangnya kebanyakan asam klorogenik terbuang ketika biji kopi masuk kedalam proses pemangggangan. Tentunya Inilah yang menjedai perbedaan khasiat antara biji kopi hitam atau kopi pada umumnya dengan biji kopi hijau (green cofee).

Kandungan Nutrisi Green Coffee

Kandungan Nutrisi kopi hijau
http://kuducoffee.net

• Antioksidan tinggi dan chlorogenic acid

Di dalam biji kopi hijau (green coffee) secara alamiah terkandung antioksidan tinggi serta kandungan komponen farmakologus aktif lainnya. setidaknya ada dua jenis kandungan zat yang baik yang dihasilkan dari kopi hijau ini yaitu kafein dan chlorogenic acid.

Kandungan chlorogenic inilah yang diyakini oleh banyak orang dapat menurunkan berat badan secara optimal dan cepat. Akan tetapi sayangnya kandungan zat chlorogenic ini akan sangat mudahnya hilang pad saat proses pemanggangan.

Oleh sebab inilah kemudian kenapa biji kopi hitam tidak dapat memberikan khasiat seperti yang terdapat pada biji kopi hijau.

• Kafein

Kandungan berikutnya adalah kafein, setiap biji kopi umunya di dalamnya terkandung kafein. Mungkin ada sebagia dari kita beranggapan jika kafein itu punya efek buruk bagi tubuh karena dapat membuat gangguan pada beberapa organ tubuh.

Padahal anggapan-anggapan itu sebenarnya tidak benar. Secara alami kafein sendiri memberikan manfaat untuk tubuh, seperti dapat meningkatkan metabolisme menjadi 3 hingga 11%.

Akan tetapi manfaat ini tentunnya akan optimal jika terkandung chlorogenic acid di dalamnya serta dikonsumsi dengan baik dan benar serta tidak berlebihan.

Fakta Ilmiah dari Green Coffee

fakta ilmiah kopi hijau
beautyglimpse.com

Berdasarkan penelitian yang ada bahwa Ekstrak green coffee yang terkandung kafein di dalamnya dapat meningkatkan metabolisme hingga 3-11%. Akan tetapi, di percaya jika kafein bukan merupakan sebagai bahan aktif utamanya, melainkan asam klorogenik.

Beberapa penelitian terkait dengan asam klorogenik pada manusia, menunjukkan jika zat ini dapat mengurangi penyerapan karbohidrat dari saluran pencernaan, sehingga bisa mengurangi kadar gula darah serta mencegah insulin meningkat.

Andaikata memang benar, maka dengan mengkonsumsi ekstrak biji kopi hijau (green coffee), dapat mengubah makanan yang berkarbohidrat tinggi menjadi lebih rendah.

Selain itu Penelitian lain juga dilakukan pada tikus percobaan. Hasilnya menunjukkan jika asam klorogenik terbukti dapat mengurangi berat badan, mengurangi lemak yang berasal dari makanan, mengurangi lemak yang ada di dalam hati serta memperbaiki fungsi hormon pembakaran lemak adiponektin.

Asam klorogenik ini juga sudah terbukti dapat mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL) serta trigliserida pada tikus. Tentunya banyak sekali manfaat yang ditunjukan dari penelitan-penelitan yang sudah ada.

Manfaat Green Coffee

Manfaat Green Coffee
authoritynutrition.com

Inilah manfaat green coffe untuk diet dan bagi kesehatan berikut ulasannya untuk anda.

1. Membantu pembakaran lemak

Ada berbagai jenis mineral dan vitamin yang terkandung di dalam kopi hijau. Kandungan itu akan dapat membantu untuk meningktakan metabolisme pada tubuh.

Sehingga dapat membantu proses pembakaran lemak lebih optimal dan cepat dari biasanya. terutama lagi akan lebih optimal jika diimbangi dengan olahraga yang teratur dan rutin.

2. Menunda rasa lapar

Manfaat berikutnya dari kopi hijau dalam membantu menurunkan berat badan ialah bisa menekan rasa lapar. Dengan hal ini tentunya akan menguntungkan anda serta menjadikan anda tidak makan terlalu banyak dan sering.

Manfaat ini juga akan anda dapatkan pada saat anda menggunakan cara diet dengan air putih dalam program menurunkan berat badan.

3. Kaya antioksidan

Antioksidan adalah Salah satu kandungan nutrisi yang paling banyak terkandung di dalam biji kopi hijau ini, yang mana fungsi dari antioksidan ini ialah membantu mengganti sel baru yang terdapat radikal bebas.

Antioksidan inilah yang akan membantu dalam menjaga kadar gula darah yang nantinya dapat mencegah rusaknya atau matinya sel-sel kulit.

4. Meningkatkan metabolisme tubuh

Kandungan asam chlorogenat yang ada pada kopi hijau ini akan diproduksi oleh tubuh sebagai antioksidan alami tubuh, tentunya dengan antioksidan ini dapat membantu meningkatkan sistem metabolisme tubuh.

Jadi dengan mengkonsumsi kopi hijau ini, tidak hanya membuat membuat lidah anda termanjakan dengan rasanya akan tetapi juga anda dapat merasakan khasiatnya.

5. Mengurangi tingkat kolesterol jahat

Kolesterol jahat sering kali menjadi penyebab munculnya berbagai jenis penyakit yang cukup serius di dalam tubuh. Misalnya saja penyakit jantung, stroke dan serangan darah tinggi akibat dari adanya penyumbatan pembuluh darah atau yang juga sering disebut sebagai penyakit kardiovaskular.

Menurut Penelitian yang telah ada, dengan mengonsumsi green coffee secara teratur dan rutin bisa mengurangi resiko terkena kolesterol tinggi.

6. Mengurangi radikal bebas

Kandungan chlorogenat acid pada kopi hijau ini mempunyai efek untuk menangkal radikal bebas 10 kali lipat lebih efektif jika dibandingkan dengan jenis kopi lainnya.

Biji kopi hijau yang belum disangrai atau dipanggang ini mempunyai kandungan yang sangat baik untuk kesehatan kulit serta dapat mencegah penuaan dini contohnhya saja kandungan folifenol serta acam ferulic.

7. Menurunkan tekanan darah tinggi

Dua penyakit yang harus selalu kita waspadai ialah Penyakit tekanan darah tinggi atau hipertensi, karena penyakit tersebut dapat menjadi pembunuh secara diam-diam.

Tekanan darah tinggi tidak memiliki gejala yang spesifik, akan tetapi akan nampak jika sudah terlalu parah atau bisa juga karena sudah berkomplikasi dengan penyakit-penyakit lainnya.

Salah satu asupan makanan yang dapat membuat tekanan darah tinggi turun ialah dengan rajin mengkonsumsi green coffee.

Karena berdasarkan penelitian, yang mana dalam penelitian tersebut menggunakan sampel sebanyak 117 orang pria yang mengalami tekanan darah tinggi.

Kemudian para pria tersebut selama 28 hari mengkonsumsi green coffee yang dicampur dengan palsebo. Hasil yang ditunjukan ialah tekanan darah mereka mengalami penurunan yang cukup signifikan.

8. Mengatasi penyakit Alzheimer

Manfaat berikutya dari kopi hijau bagi kesehatan ialah dapat mengatasi penyakit Alzheimer. Penyakit ini adalah penyakit kelainan mental yang disebabkan oleh rusaknya saraf otak.

Dengan meminum kopi hijau secara rutin dan teratur tentunya akan dapat membantu mengatasi penyakit azheimer ini nantinya.

9. Melawan resistensi insulin

Insulin adalah hormone yang diproduksi oleh kelenjar pancreas. Fungsi dari hormone insulin begitu penting bagi tubuh yaitu sebagai tempat diubahnya gula menjadi energi pada tubuh.

Akan tetapi terkadang juga insulin ini mungkin mengalami resistensi atau kerusakan disebabkan kondisi tubuh yang tidak normal serta karena asupan makanan yang salah.

Contohnya saja terlalu banyak mengonsumsi gula inilah yang nantinya membuat kerja insulin menjadi over drive sehingga akhirnya mengalami kerusakan fungsi.

Untuk mencegah itu terjadi anda dapat meminum green coffe ini (kopi hijau) ini secara teratur agar menjadikan tubuh anda menjadi lebih sehat.

Efek Samping Green Coffee

efek samping kopi hijau
gardeningctr.com

Green coffee nampaknya masih belum begitu populer dikalangan masyarakat umum. Namun begitu, kehadirannya akhir-akhir ini sudah banyak dicari oleh orang.

Green coffee yang didapat dari biji-biji kopi asli tanpa proses pemanggangan ini mempunyai warna hijau asli dan kandungan klorogenat yang tinggi.

Klorogenat yang terkandung di dalam kopi biasa jumlahnya tidak terlalu banyak, akan tetapi pada kopi hijau klorogenat masih tersimpan utuh pada setiap butirnya.

Sehingga Klorogenat ini yang nantinya menjadi idola bagi para pelaku diet. Khasiatnya untuk menurunkan berat badan sudah terbukti ampuh tanpa harus berolahraga.

Berikut ini hal-hal yang perlu menjadi perhatian dari efek samping green coffee ini :

1. Diabetes

Green coffe memiliki kandungan kafein yang masih cukup tinggi, karena kopi ini tidak melalui proses pemanggangan terlebih dulu.

Tingkat kafein yang berbeda inilah yang bisa mengakibatkan perubahan cara dalam memproses gula darah pada tubuh.

Kafein yang berlebih bisa menyebabkan kenaikan gula darah serta menyebabkan diabetes. Oleh karena itu konsumsi green coffee disesuaikan dengan kebutuhan saja, jangan berlebihan.

2. Hipertensi

Seperti pada kopi lain pada umumnya, jika dikonsumsi secara berlebihan tentunya dapat menyebabkan tekanan darah tinggi atau pun hipertensi.

Green coffe yang dengan tanpa melalui pemrosesan panjang sebelum dikonsumsi yang mengandung kafein besar, Inilah yang nantinya pada saat dikonsumsi secara berlebihan akan bisa memicu terjadinya tekanan darah tinggi yang lebih cepat.

3. Kolesterol Tinggi

Walaupun belum terbukti secara pasti bahwa green cofee dapat menyababkan kolesterol tinggi, akan tatapi hal ini tentunya perlu menjadi perhatian.

Sehingga nantinya agar terhindar dari kolesterol berlebih. Green coffee ini tidak melalui pemrosesan panjang inilah yang menjadi kandungan senyawa di dalamnya masih terjaga dengan baik.

Dan jika di konsumsi berlebihan dapat memnybabkan terjadinya berbagai penyakit seperti halnya kolesterol.

4. Osteoporosis

Kandungan kafein pada green coffee yang cukup banyak dapat meningkatkan kalsium yang memerah pada urin. Sehingga jika dikonsumsi secara berlebihan akan dapat berefek tulang menjadi lebih cepat keropos. Oleh sebab itu konsumsi kafein haruslah dibatasi.

Itulah tadi penjelasan singkat tentang green coffee, baik itu manfaatnya ataupun efek sampingnya, serta tidak lupa disertai dengan pengertian dan fakta-fakta ilmiah dari si kopi hijau ini. Semoga dapat menambah pengetahuan bagi para pembaca Sehat Afiat. Jangan lupa shere ya, terimakasih.