Hemangioma, Tanda Lahir Merah Pada Bayi

Hemangioma atau lebih dikenal dengan tanda stroberi adalah tanda lahir yang muncul di kulit sebagai akibat adanya pembuluh darah lebih yang berbentuk benjolan elastis dan berwarna merah cerah.

Penyakit ini tergolong jenis tumor pembuluh darah. Terkadang kondisi ini juga bisa membuat kulit terlihat biru atau ungu jika muncul di lapisan kulit yang lebih dalam.

Penyakit ini tergolong penyakit turunan karena sudah menderita ketika masih di dalam kandungan atau sebelum mereka lahir.

Biasanya penyakit ini berbentuk kecil namun dalam kasus tertentu sering ditemukan menjadi besar dan mengakibatkan bekas luka. Hingga saat ini untuk mencegah perkembangannya belum ditemukan cara yang efektif.

hemangioma bisa bertambah besar
www.regionalderm.com

Penyakit ini biasanya ditemukan pada kulit ataupun pada organ dalam tubuh lainnya. Kebanyakan kondisi ini muncul di kulit kepala, punggung, dada, atau wajah, namun dapat muncul di bagian tubuh manapun.

Perkembangan pada jaringan hati mungkin sangat jarang ditemukan, namun bisa saja terjadi. Biasanya di dalam hati ditemukan ketika anda diperiksa untuk gejala penyakit lain.

Umumnya pada kulit biasanya timbul dalam bentuk luka parutan kecil pada bayi dan semakin membesar seiring pertumbuhan usia bayi. Seiring waktu tanda lahir bisa menyusut dan pudar hingga anak berusia 10 tahun.

Gejala Hemangioma

Gejala Pada Kulit

Gejala awal biasanya berupa tanda merah rata yang muncul di tubuh dan bisa tumbuh atau berkembang dengan cepat serta membuat kulit menjadi menonjol. Namun setelah itu, penyakit ini akan memasuki fase tidak aktif dan hilang secara perlahan.

hemangioma pada kulit
obatanakaman.web.id

Penyakit ini tidak memiliki gejala ataupun tanda-tanda khusus ketika terbentuk, namun bisa menyebabkan gejala gangguan kesehatan ketika bertumbuh besar, tumbuh lebih dari satu, dan tumbuh di area sensitif.

Pada kulit biasanya berbentuk luka parutan kecil maupun benjolan. Ketika bertambah besar, biasanya berwarna kemerahan dan ungu seperti tanda lahir. Pada kulit biasanya disebut hemangioma strawberry, karena berwarna merah, biasanya muncul di bagian leher dan wajah.

Gejala Pada Organ Dalam

Umumnya pada organ dalam tidak akan kita sadari sampai ketika berkembang menjadi multiple hemangioma. Kondisi ini yang sering dirasakan oleh penderita diantaranya:

  • Mengalami pusing
  • Mengalami muntah
  • Perut terasa kembung
  • Hilangnya selera makan
  • Mengalami turun berat badan
  • Di bagian abdomen ada perasaan kenyang

Mengenali penyebab hemangioma

Hemangioma terbentuk dari sejumlah pembuluh darah ekstra yang tidak normal. Tetapi hingga saat ini belum ditemukan apa penyebab berkumpulnya pembuluh darah tersebut. Namun ada beberapa faktor resiko yang bisa menyebabkan penyakit ini diantaranya:

  • Lahir premature.
  • Faktor penyakit keturunan.
  • Bayi perempuan.

Cara pengobatan hemangioma

Umumnya hemangioma tidak membutuhkan pengobatan karena akan hilang dengan sendirinya. Namun kondisi ini tak sedap untuk dipandang. Oleh karena itu bagi sebagian orang tua perlu melakukan pengobatan bagi anaknya.

pengobatan hemangioma pada mata
www.bestonlinemd.com
  • Pemberian kortikosteroid bisa dilakukan jika mengganggu penglihatan pada anak. Namun pengobatan ini dapat menimbulkan efek samping seperti kadar gula darah bisa meningkat, penyakit katarak, mengalami gangguan pertumbuhan, dan mempunyai tekanan darah tinggi.
  • Operasi laser, cara ini dilakukan untuk mengatasi rasa sakit dan menghentikan laju pertumbuhan hemangioma. Namun pengobatan ini dapat menimbulkan efek samping seperti timbulnya bekas luka, rasa sakit, warna kulit berubah, dan berdarah.

Pengobatannya jika terdapat satu buah kecil biasanya tidak memerlukan pengobatan dan kemungkinan akan hilang dengan sendirinya. Namun, pada beberapa kasus akan memerlukan pengobatan terutama ketika menimbulkan lesi atau luka.

Dokter mungkin ragu-ragu untuk mengobati yang tidak menyebabkan masalah fisik karena biasanya akan memudar secara bertahap tanpa pengobatan dan perawatan yang malah berpotensi menimbulkan efek samping.