Apa Itu Hernia, Penyebab dan Cara Mengatasinya

APA ITU HERNIA, PENYEBAB DAN CARA MENGATASINYA – Pengertian hernia adalah suatu penyakit yang terjadi ketika ada organ dalam tubuh yang menekan keras melalui jaringan otot atau jaringan lemah yang berada di sekitarnya.

Normalnya, otot kita sangatlah kuat untuk menahan organ-organ tubuh sehingga otot-otot tersebut tetap berada di lokasinya masing-masing. Melemahnya otot tersebut sehingga tidak bisa menahan organ di sekitarnya akan mengakibatkan hernia.

Hernia muncul ada yang dari lahir dan ada pula yang berkembang dalam hitungan bulan dan tahun, namun ada juga hernia yang muncul secara tiba-tiba. Hernia muncul karena adanya kelemahan pada bagian perut sehingga bagian organ yang lain dapat keluar dari posisinya.

Jenis-jenis Hernia

APA ITU HERNIA, PENYEBAB DAN CARA MENGATASINYA
sehatunikmat.blogspot.com

Tempat munculnya hernia terjadi di seluruh abdomen, penyakit hernia ini terbagi menjadi beberapa jenis berdasarkan letaknya yaitu:

  • Hernia Otot terjadi ketika ada sebagian yang mencuat pada abdomen.
  • Hernia Femoralis terjadi ketika ada jaringan lemak atau sebagian usus yang mencuat ke bagian atas paha bagian dalam.
  • Hernia Insisi terjadi ketika ada jaringan yang mencuat lewat luka bekas operasi yang belum sembuh pada abdomen.
  • Hernia Diafragma terjadi ketika ada organ perut yang berpindah ke rongga dada melalui celah pada diafragma. Mirip seperti hernia umbilikus
  • Hernia Spigelian terjadi karena adanya sebagian usus yang mendorong jaringan ikan perut spigelian fascia dan menonjol di dinding perut depan kanan, kiri, dan bawah pusar.
  • Hernia Epigastrik terjadi saat ada jaringan lemak yang mencuat keluar dan menonjol pada dinding abdomen, di antara pusar dan tulang dada bagian bawah.
  • Hernia inguinalis ¬†terjadi karena ada sebagian usus atau jaringan lemak di rongga perut yang mencuat ke selangkangan. Hernia jenis ini merupakan hernia yang paling sering terjadi pada laki-laki.
  • Hernia Hiatus terjadi dikarenakan adanya bagian lambung yang masuk lewat celah diafragma (sekat antara rongga dada dan rongga perut) yang kemudian mencuat ke rongga dada. Indikasi yang mungkin terjadi ialah rasa sakit di dada yang datang setelah makan.

Faktor Penyebab Penyakit Hernia

Apa Itu Hernia, Penyebab dan Cara Mengatasinya
shieldhealthcare.com

Pada umumnya penyakit hernia sering terjadi pada pekerja-pekerja yang banyak mengangkut  barang-barang berat, pekerja pabrik, dan pada orang yang sering meniup balon. Gejala klinis yang biasa terjadi pada penderita hernia ialah:

  • Terdapat benjolan pada lokasi hernia.
  • Rasa nyeri di bawah perut yang amat sangat sakit.
  • Terjadinya gelembung pristal yang mudah didengar.
  • Rasa mual yang terjadi pada daerah terjadinya hernia.
  • Kondisi perut terkadang kembung disertai mual dan muntah.
  • Apabila otot-otot sudah kendor maka benjolan mulai menghilang.

Penyakit hernia harus segera ditangani dan diobati. Apabila terlambat dalam penanganannya akan berakibat pada pendarahan, alat vital menjadi kecil, pembesaran usus yang keluar semakin membesar, penurunan fungsi seksual dll.

Meski hernia lebih banyak diderita terhadap orang yang berusia lebih tua disebabkan menurunnya masa otot yang mengendur guna menjaga tubuh pada tempatnya sampai terjadi proses hernia.

Kegiatan fisik yang terlalu berlebihan juga dapat menyebabkan terjadinya hernia lebih cepat seperti pada mereka yang mengalami obesitas berlebihan, sehingga kerja organ tubuh bagian dalam tertekan dan terjadi pengenduran pada bagian perut bawah.

Cara menghindarinya ialah dengan menjaga kesehatan dan stamina tubuh agar tetap dalam keadaan sehat, dilakukan dengan cara mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung serat bersumber dari buah dan sayuran.

Setelah menjaga makanan yang sehat lalu sebaliknya hindarilah jenis makanan tertentu yang bisa menyebabkan batuk, dan juga hindari penyebab terjadinya konstipasi dan juga menekan/mengejan terus-menerus, jangan mengangkat barang yang terlalu barat.

Cara Mengatasi Hernia Secara Tradisional

APA ITU HERNIA, PENYEBAB DAN CARA MENGATASINYA
emwa2013.org

Pada umumnya dalam mengatasi hernia ini dilakukan operasi, baik operasi kecil maupun besar. Akan tetapi untuk melakukan operasi dibutuhkan dana yang lumayan banyak. Nah bagi kita yang kurang mampu tentunya akan menjadi beban yang cukup berat. Karena mahalnya biaya operasi, maka muncullah penemuan obat-obatan alami yang mudah ditemukan di sekitar kita antara lain:

Jahe

Mengatasi hernia dengan ramuan jahe merupakan cara yang paling gampang dan mudah dilakukan tak hanya itu, biaya yang dikeluarkan juga sangat minim. Caranya yaitu dengan membuat minuman jahe 1 gelas, lalu minumlah setiap pagi hari saat perut anda masih kosong. Manfaat wedang jahe ini dapat mengurangi rasanyeri akibat hernia.

Akar Manis

Caranya sangat mudah tinggal campurkan 1 sendok makan bubuk akar kayu manis ke dalam 1 gelas susu dan minumlah sekali saja dalam seminggu. Susu yang dicampur dengan akar manis akan mempercepat proses penyembuhan penyakit hernia yang sedang anda rasakan.

Teh

Ini adalah alternatif bagi anda yang tidak menyukai bahkan anti dengan jahe dan susu. Caranya anda dapat mengkonsumsi teh chamomile, meminumnya dengan keadaan hangat secara teratur.

Yoghurt

Yoghurt merupakan susu segar yang telah difermentasi. Yoghurt memang memiliki banyak sekali manfaat untuk kesehatan salah satunya yaitu mengurangi rasa nyeri pada penyakit hernia. Cukup mengkonsumsi yoghurt 3x sehari insyaAllah anda akan sembuh. Aamiin.