Homeopathy, Obat Mujarab Untuk Berbagai Macam Penyakit

HOMEOPATHY – Banyak orang di Indonesia yang belum tahu apa itu Homeopathy. Disebabkan minimnya informasi dan sosialisasi mengenai ini. Di samping itu, kalau sudah bicara “bisnis” kesehatan, maka akan kita dapati bahwa pengobatan itu terbagi menjadi 2 yaitu herbal (tradisional) dan kimia (modern). Homeopathy termasuk dalam kategori pengobatan herbal atau tradisional.

2 kubu ini sangat jarang sekali akur. Justru yang sering dijumpai di lapangan adalah terjadinya informasi untuk saling menjatuhkan satu sama lain.

Kalau Anda search di Google tentang Homeopathy, Anda akan mendapati begitu banyak konten yang pro dan kontra. Padahal, untuk bisa menilai sesuatu harus menggunakan data dan fakta. Maka dari itu, kali ini Sehat Afiat akan membahas secara lengkap mengenai Homeopathy ini.

Gunakan menu di bawah untuk menelusuri keseluruhan konten.

1. Apa Itu Homeopathy?

Ia adalah suatu metode atau ilmu pengobatan alami yang mayoritas landasannya berdasarkan prinsip “serupa dapat menyembuhkan yang serupa”, maksudnya bagaimana?

Secara ringkas, prinsip di atas bisa ditafsirkan seperti ini;

Sejumlah gejala penyakit yang terjadi pada orang normal (sehat) bisa digunakan untuk menyembuhkan gejala yang sama/serupa yang terjadi pada orang yang sedang sakit.

Metode penyembuhan ini sebenarnya sudah ada sejak ke-5 sebelum masehi yang diperkenalkan pertama kali oleh seorang tokoh bernama Hipokrates. Apa yang ditemukan oleh Hipokrates ini tidak terlalu populer di masanya, sehingga perlahan-lahan metode ini tidak pernah lagi digunakan.

Kemudian pada abah ke-17 masehi, seorang bernama Dr. Samuel Hahneman pada tahun 1970 menjadi sangat tertarik dengan Homeopathy. Dokter berwarga negara Jerman ini menjadi jatuh cinta setelah mempelajari bagaimana metode ini bisa bekerja dengan sangat baik. Dokter Samuel mengkampanyekan ilmu pengobatan ini ke masyarakat.

Hasil dari kampanye ilmu pengobatan Homeopathy yang dilakukan dokter Samuel sukses melebihi era Hipokrates. Sejak itu Homeopathy mulai dikenal dan mulai menyebar secara perlahan dari orang ke orang.

2. Cara Kerja dan Pemakaian

Tubuh manusia telah dirancang dengan santa canggih oleh Allah SWT. Salah satu bentuk kecanggihannya itu adalah sistem imun (kekebalan) yang dimiliki oleh tubuh. Sehingga dengan itu, sakit yang sedang Anda alami bisa sembuh dengan sendirinya sesuai dengan kapasitas imun di dalam tubuh.

Metode yang sama digunakan Homeopathy untuk penyembuhan.

Apabila sistem imun dalam tubuh melemah, maka penyakit akan dengan mudah menyerang tubuh Anda. Pada dasarnya obat Homeopathy ini bekerja menyeimbangkan sistem penyembuhan yang sudah ada dalam diri, juga menguatkan sistem imun pada tubuh dengan tujuan mampu memperbaiki “kerusakan” yang terjadi pada tubuh secara mandiri.

Di kalangan praktisi Homeopathy, ketika sedang sakit tubuh manusia itu harus dilihat secara keseluruhan, bukan satuan yang terpisah-pisah. Bahkan bukan hanya faktor internal tubuh, tapi juga eksternal.

Jadi, ketika proses diagnosa dilakukan, seorang dokter Homeopathy akan melihat manusia dengan cakupan yang sangat luas dan menyeluruh. Bagaimana sejarahnya di masa lalu (baik orangtua maupun dirinya sendiri), bagaimana proses berinteraksinya dengan lingkungan (baik secara sosial maupun individu), sampai faktor fisik dan psikis.

3. Apakah Homeopathy Aman?

Setiap kali ada info pengobatan yang baru didengar, pertanyaan di atas adalah sesuatu yang wajar. Seseorang tidak ingin mengambil risiko yang besar. Baik Jawabannya akan kami jelaskan secara utuh.

Di Indonesia ilmu pengobatan ini adalah hal yang sangat amat baru. Tapi di negara-negara seperti Jerman, Perancis, Swiss, dan Inggris sudah banyak diterapkan. Dan tidak ada masalah.

Saat Dr. Samuel Hahneman meramu ulang obat Homeopathy yang awalnya diracik oleh Hipokrates, ada banyak formulasi (penataan ulang) yang dilakukan, sehingga tidak ada masalah atau efek samping saat dikonsumsi.

Obat ini dibuat dari bahan-bahan yang sangat alami, seperti tumbuh-tumbuhan, mineral dan beberapa zat dari unsur hewani. Obat ini tidak mengandung racun, juga tidak mengandung zat-zat yang menyebabkan seseorang ketergantungan (kecanduan). Saking amannya, obat ini bisa dikonsumsi oleh ibu yang sedang mengandung (hamil), ibu yang sedang fase menyusui bayi, bahkan bayi yang baru lahir juga tidak apa-apa mengkonsumsi obat Homeopathy.

Hal-hal di atas menunjukkan bahwa obat ini aman untuk dikonsumsi kapan saja, di mana saja, dan oleh siapa saja.

4. Sumber Obat-obatan

Melanjutkan penjelasan di atas, Anda akan tahu bahwa kandungan obat yang terdapat pada homeopathy merupakan racikan yang terdiri dari bahan-bahan alami dan tidak membahayakan.

Kandungan Nabati Atau Tumbuhan

  • Jika digunakan seluruhnya atau seluruh bagian bagian tanaman  : Aconite, A indica, Arnica, Belladona, Chamomilla, Dulcamara, Eupharasia, Hypericum, Ledum, Rhuta, Hyoscyamus
  • Dari batang saja : Jaborandi,Sabina
  • Dari akar : Bryonia, Cicuta Virosa, Phytalocca, Artemisia, Aurum, Triphyllum, ipecacuanha
  • Dari tangkai : Gelsemium, phodophyllum, Sanguinaria.
  • Dari umbi-umbian : Allium Cepa, Allium sativa
  • Dari daun : abrotanum, Digitalis, Thuja, Rhus Tox
  • Dari bunga : Agnus Cactus, SabalSerrulata
  • Dari biji: Nux Vomica, Coffea, Cubeba, Crataegus
  • Dari kacang-kacangan : Aesculus
  • Dari Kulit Kayu Lapisan terluar : Baptisia, Cinchona, Hamamelis
  • Yang diolah dari sari tumbuhan: Oilum Cojoputy, Croton, Abies negra, Aloe soc, Opium
  • Dari tanaman tidak berbiji / jamur : Agaricus, Lycopodium, Bovista

Sumber Hewani

  • Blata Orientalis, Cantarides, Tarentula Coccus cacti, Cimex
  • Racun lebah madu (Apiis Mel), racun ular surukuku (Lachesis), racun dari Spansh Fly (Cantarides), Susu anjing ( Lacaninium)

Sumber Mineral

  • Dari logam seperti Aurum, Cuprum
  • Dari unsur seperti Sulphur, Iodum
  • Dari Senyawa Anorganik seperti Arg.nit.,Calc phos
  • Dari senyawa Organik seperti Petroleum
  • Dari jenis asam anorganik dan organik

Nosodes

Nosodes adalah bagian dari penyakit-penyakit pada hewan atau tanaman, kotoran-kotorannya, sekresi atau ekeresinya

  • Dari hasil penyakit pada manusia : Psorinum, Medorrhinum , Tubercullinun , Bacillinum, Variolinun, Influenzinum, Carcinosinum
  • Dari  hasil penyakit pada hewan : Antrachinum, Hydroprobinum
  • Dari penyakit pada tumbuhan : Secale Corc, Ustillago

Sarcodes

  • Hormon dan ekstrak kelenjar hewani
  • Dari jaringan hewan yang sehat seperti Thyroidinum, Insulin
  • Dari sekresi jaringan seperti Adrenalin, Cholestrinum

Imponderabilia

  • Magnetis polus ambo
  • Magnetis polus arcticus
  • Magnetis polus australis
  • Electricity
  • Luna ( Bulan )
  • Sol ( Matahari )
  • Radium bromide
  • X-ray
  • New imponderabilia : Spectrum Infra Merah

Sumber-sumber Sintesis

Buatan manusia, yakni Histamin Hydrochloricum, bahan kimia yang dimurnikan seperti : Cortico-tropin.

Ophio Toxin

Hanya berasal dari sumber bisa atau racun-racun saja.

5. Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

Untuk lebih memuaskan Anda mengenai informasi homeopathy, maka Sehat Afiat memutuskan untuk menampilkan berbagai pertanyaan umum yang muncul dari orang-orang yang baru menyelami apa itu homeopathy.

Sakit apa saja yang bisa disembuhkan dengan pengobatan Homeopathy?

Homepati menangani pasien secara menyeluruh, bukan penyakitnya. Gejala yang timbul dan yang di alami pasien akibat penyakit yang dikeluhkan adalah tanda2 bagaimana pasien tersebut “respon” atau bertindak untuk melawan penyakit yang ada pada pasien tersebut.

Apabila pasien tersebut ditangani secara menyeluruh (holistik) dengan obat homeopati, badan pasien tersebut (daya-tahan tubuh, sistem endokrin, dll) akan bertindak untuk menyembuhkan badannya sendiri dengan lebih cepat dan baik. Dengan demikian, hampir semua jenis kategori penyakit secara prinsip bisa disembuhkan, dan secara fakta, telah berhasil disembuhkan. Pertanyaannya sekarang menjadi, “apakah pasien tersebut bisa sembuh?” Jawabannya adalah: Setiap pasien harus ditangani sebagai seorang individu yang unik. Setiap kasus bisa menghasilkan jalan penyembuhan yang berbeda-beda. Maka setiap orang yang mempunyai keluhan atau penyakit, harus berkonsultasi dulu. Secara prinsip, IYA, setiap pasien mempunyai kesempatan untuk sembuh secara total. Apakah homeopati bisa memprediksi apa pasien akan sembuh? TIDAK, homeopati bukan pengobatan ajaib, mukjizat atau “miracle”. Tidak seorangpun yang bisa memprediksi jalan setiap orang. Sebagai orang yang beragama, saya hanya bisa memberi jaminan Insya-Allah (God-Willing).