Penjelasan Lengkap Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil, Posisi Tidur, dan Pantangannya

IBU HAMIL – Semua wanita yang sudah menikah menginginkan yang namanya hamil dan kalu sudah hamil menginginkan si bayi dalam kandungan selalu sehat dan tidak ada gangguan apapun selama masa di kandungan sampa tiba waktunya masa persalinan.

Dengan sebab itu saya menulis sebuah artikel untuk ibu hamil ataupun pra hamil yaitu mengenai makanan sehat untu ibu hamil, posisi tidur untuk  ibu hamil dan 20 pantangan untuk ibu hamil semua ini hanya untuk membantu menginformasikan mengenai ketiga permasalahan itu.

Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil

ibu hamil
alarabiya.net

Pada ibu hamil bukan berarti suatu keharusan mengkonsumsi makanan dengan porsi ukuran yang lebih banyak, akan tetapi memperhatikan akan kualitas dari sebuah makanan yang akan dikonsumsi.

Pengaturan makanan yang akan dikonsumsi harus tepat pada sasaran yaitu disamakan dengan perkembangan akan kebutuhan, usia kehamilan dan perkembangan janin. Lebih baik lagi bagi awal kehamilan yang mana perubahan hormonal bisa meningkatkan sensitivitas yang bisa mempengaruhi ibu hamil.

Berikut adalah beberapa makanan yang bisa anda makan ketika sedang hamil:

  1. Sereal
  2. Produk susu
  3. Buah dan Sayur
  4. Ikan
  5. Kacang-kacangan
  6. Air dan Vitamin

Posisi Tidur Ibu Hamil

ibu hamil
shabiba.com

Posisi tidur yang tidak benar pada ibu hamil bisa menimbulkan berbagai masalah akan kesehatan, semisal nyeri otot, pembengkakan kaki, mendengkur, penurunan tekanan darah, atau bahkan meningkat tekanan darah.

Hindari Tidur Telentang

Setelah sampai di usia kehamilan trimester kedua, terutama sehabis bulan kelima, ibu hamil diharuskan untuk tidak tidur posisi telentang.

Karena akibat tidur terlentang, ibu hamil akan tekanan pada pembuluh darah utama dan vena cava inferior jadi meningkat. Tekanan ini bisa memperlambat peredaran darah pada tubuh ibu hamil, dan juga ke janin.

Menyamping ke Kiri

Sebagian ahli menyarankan untuk ibu hamil tidur dengan posisi menyamping ke kiri. Hal ini berfungsi untuk memperlancar sirkulasi darah, baik yang menuju ke jantung ataupun yang menuju ke ginjal rahim dan janin.

Selain itu, posisi tidur menyamping ke kiri menjadikan bagian perut atau abdomen lebih nyaman dan tidak membuat tekanan pada organ hati yang berada di sisi kanan.

Gunakan Bantal

Bantal bisa membantu membuat posisi tidur ibu hamil merasa lebih nyaman. Bila ibu hamil merasakan nafas sesak atau bernapas pendek, taruh bantal di bawah sisi samping pada tubuh untuk meninggikan posisi dada.

Bila ibu hamil mengeluh sakit terhadap ulu hati, letakkan beberapa bantal pada bagian kepala yang gunannya agar posisi tubuh bagian atas jadi lebih tinggi. Ibu hamil bisa melakukan tidur dengan posisi setengah duduk guna membantu asam lambung tidak naik.

Sebelum itu, untuk menyangga badan tetap berada dalam posisi menyamping ke kiri, ibu hami bisa mengganjal dengan bantal pada bagian perut juga punggung. Bantal khusus ibu hamil juga dapat dipakai untuk membuat tidur jadi lebih nyaman.

20 Pantangan Untuk Ibu Hamil

ibu hamil
paltimes.ps

Pada masa kehamilan ibu hamil dituntut untuk mencukupi asupan nutrisi untuk salah satu pendukung pada perkembangan janin di waktu kehamilan. Ada juga yang menjadi pantangan atau larangan untuk konsumsi beberapa jenis makanan atau gaya hidup yang mempengaruhi terhadap kesehatan janin.

Berikut merupakan pantangan atau larangan untuk ibu hamil yang berkaitan dengan aktivitas sehari-hari dan konsumsi pada makanan tertentu:

1. Memakan Makanan Mentah

Makanan mentah dari hewan dan sayuran mempunyai resiko yang tinggi sebagai pemicu gangguan kesehatan. Makanan dari ikan mentah semisal daging setengah mateng, sushi dan juga adonan kue yang mentah pasti mengandung virus, bakteri, dan parasit lebih banyak sehingga akan mengganggu perkembangan pada janin anda.

2. Ikan dengan Kandungan Merkuri yang Berlebihan

Biasanya ikan laut memang sangat baik guna kesehatan, termasuk juga dengan kesehatan janin anda. Akan tetapi anda harus memilih dengan cermat karena jenis ikan yang mengandung banyak merkuri tidak bagus bagi janin anda.

3. Makanan Pemicu Alergi (yang Memiliki Alergi)

Menghindari macam jenis makanan pemicu alergi misalkan kacang atau dengan produk olahannya, baik ketika hamil atau saat menyusui karena dapat menurunkan risiko alergi pada sang buah hati.

4. Mengkonsumsi Minuman Beralkohol

Alkohol berpengaruh terhadap kemampuan otak janin maka untuk anda yang meminum minuman beralkohol ketika mengandung bisa menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan dalam beberapa gangguan bayi saat lahir termasuk gangguan fisik dan juga IQ.

5. Kafein

Banyak penelitian yang mengkaitkan antara kafein dan juga kehamilan. Pada keadaan yang normal tidak mengandung kafein sudah tidak baik diminum dalam jumlah yang melebihi batas setiap harinya sama juga dengan ibu hamil karena kandungan kafein yang terkandung di dalam secangkir kopi.

minuman supleman akan menimbulkan resiko keguguran dan juga dengan berat badan rendah bahkan pada kasus yang ekstrim akan mengakibatkan kematian ketika lahir.

6. Kalori yang berlebih

Ketika anda lagi mengandung memang benar membutuhkan tambahan kalori tetapi dalam jumlah yang cukup atau tidak berlebihan dalam porsi yang tepat. Hal ini guna menghindari masalah obesitas terhadap anda yang sedang hamil.

7. Memakai Baju yang Ketat

Memakai baju ketat akan menambah resiko apalagi di tempat bagian perut yang sangat akan mengganggu pada perkembangan janin. Begitu juga dengan memakai baju ketat akan mengurangi gerak tubuh anda.

8. Merokok

Kebiasaan menghisap rokok yang tetap dilakukan di masa kehamilan akan menjadikan bayi terlahir dengan menjadikan berat lahir rendah. merokok juga tidak baik untuk semua kalangan baik itu anak kecil dewasa, laki-laki wanita dan terkhususnya lagi ibu yang sedang hamil.

9. Susu yang Tidak Di Pasteurisasi

Pasteurisasi yang dipakai bertujuan untuk memusnahkan bakteri jahat dengan memfungsikan suhu panas. Susu yang tidak dipasteurisasi sangat berisiko adanya bakteri listeria yang bisa meningkatkan risiko keguguran dan juga penyakit serius.

11. Berendam Dalam Air Panas atau Sauna

Selama kehamilan baiknya ibu menghindari ruangan atau lingkungan jang memiliki suhu panas. Berdasarkan sebuah penelitian, risiko keguguran yang terkena oleh ibu hamil akan meningkat menjadi dua kali lipat juka ibu berendam di dalam air panas.

12. Mengkonsumsi Obat-obatan Tanpa Resep Dari Dokter

Selama kehamilan ibu dianjurkan untuk tidak menggunakan obat-obatan tanpa disertai dengan petunjuk dari dokter. soalnya, obat yang diminum oleh ibu yang sedang hamil bisa masuk ke dalam plasenta lalu sirkulasi janin yang ada pada kandungan ibu hamil.

13. Memakai Sepatu Hak Tinggi

selama masa-masa kehamilan oenggunaan sepatu hak tinggi tidak disarankan. dikarenakan, penggunaan sepatu hak yang tinggi selama waktu kehamilan akan menjadikan otot-otot yang ada pada daerah pinggang terjadi peregangan. Karena disebabkan oleh itu, ibu hamil jadi mengeluh pegal-pegal dan rasa sakit pada wilayah pinggangnya.

14. Memakai Obat Anti Nyamuk (yang cair atau dibakar)

memakai obat nyamuk selama masa kehamilan itu amat tidak dibenarkan. dikarenakan , di dalam campuran obat anti nyamuk terdapat bahan kimia aktif dan termasuk pada golongan pestisida. Zat kimia pestisida akan mendatangkan efek samping, salah satunya adalah bisa memicu terjadinya kerusakan pada saraf.

15. Melakukan Diet di Masa Kehamilan

Diet tidak dianjurkan dan disarankan dilakukan semasa kehamilan. Selain akan membahayakan keadaan ibu hamil, diet yang dilakukan selama masa kehamilan akan membahayakan janin pada kandungan. Lakukanlah diet disaat janin yang ada dalam kandungan sudah lahir, demi menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

16. Melewati Jalan Rusak atau Berlubang

Jalan yang rusak akan menimbulkan terjadinya guncangan yang sangat mengganggu pada kehamilan itu sendiri. Apabila ibu hamil sudah terlalu sering terkena guncangan, maka akibat yang akan ditimbulkan akan menimbulkan rasa trauma pada kehamilan.

Jika ibu hamil terpaksa harus menerjang jalan yang jelek, maka cara alternatifnya mengurangi kecepatan bisa dilakukan atau mencari jalan yang memang lebih baik termasuk pilihan yang tepat.

17. Melakukan Perawatan Rambut Kimiawi

Dikarenakan, bahan kimia yang terdapat dalam produk perawatan rambut itu bisa masuk ke dalam pori-pori kulit kepala, lalu masuk ke pada aliran darah ibu dan sangat akan berbahaya untuk janin yang sedang dikandung. Sehingga dampaknya dapat meningkatkan risiko janin akan lahir dlam kondisi cacat.

18. Perawatan Kulit yang Berbahaya Untuk Ibu Hamil

  • Lotion dan pembersih kulit yang terkandung asam salisilat.
  • Tabir surya dengan kandungan perlindungan kimia.
  • Produk pemutih kulit yang mengandung hydroquinone.
  • Produk perawatan kulit dengan kandungan parabens.

19. Obat Jerawat yang Berbahaya Untuk Ibu Hamil

  • Obat jerawat yang di dalamnya mengandung Retinol A
  • Obat jerawat yang di dalamnya mengandung Benzoil Peroksida.
  • Obat jerawat yang di dalamnya mengandung hidrokortison
  • Obat jerawat yang di dalamnya mengandung accutane.
  • Obat jerawat yang di dalamnya mengandung salicylic acid bisa menimbulkan terjadinya komplikasi terhadap ibu hamil.

20. Menicure dan Pedicure

  • Perawatan yang dapat digunakan untuk mempercantik dan memperindah kuku yaitu dengan melakukan menicure dan pedicure. Akan tetapi, selama waktu kehamilan menicure dan pedicure sebaiknya dihindari.
  • Basecoat, top coat dan aseton adalah bahan cat kuku yang apabila terhirup akan mempengaruhi terhadap kehamilan.

Buah yang Baik dan Sehat Untuk Ibu Hamil

ibu hamil
3rbdr.net

Memang Buah-buahan mempunyai banyak kandungan yang sangat bermanfaat guna menjaga kesehatan tubuh terlebih lagi untuk ibu hamil.

Mengkonsumsi buah-buah setiap hari sangat dianjurkan untuk menjadi pemenuhan nutrisi tubuh yang hanya bisa didapatkan dari buah-buah itu sendiri. Oleh sebab itu, janganlah pernah ragu saat mengkonsumsi macam buah-buah dengan rutin dan teratur disetiap harinya.

Umumnya, buah-buahan memang mengandung manfaat bagi siapa saja yang mengkonsumsinya. Begitupula untuk Ibu hamil, berbagai jenis buah-buahan justru disarankan untuk mengkonsumsinya terkait dengan periode yang ditentukan pada masa kehamilannya.

Hal ini keluar dari manfaat buah yang umumnya memang baik buat dikonsumsi oleh Ibu hamil pada usia kandungan berapa saja.

Berikut berbagai buah-buahan yang baik untuk dikonsumsi oleh Ibu hamil, diantaranya adalah:

  1. Apel
  2. Anggur
  3. Buah Naga
  4. Cherry
  5. Alpukat
  6. Strawberry
  7. Jambu Air
  8. Jeruk
  9. Kurma
  10. Pisang
  11. Salak
  12. Semangka
  13. Delima
  14. Pepaya
  15. Pir
  16. Mangga
  17. Manggis
  18. Melon
  19. Nangka
  20. Durian

itulah penjelasan singkat mengenai ibu hamil yang mencakup makanan sehat untuk ibu hamil. posisi tidur ibu hamil dan juga 20 pantangan yang tidak boleh dilakukan oleh ibu hamil. apabila ada banyak kekurangan dari penulisan ini, saya prbada meminta maaf dan terimakasih atas waktunya.

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kalian semua.

No ratings yet.

Please rate this

Leave a Comment