Kegunaan, Dosis, dan Efek Samping Incidal

INCIDAL – Halo teman-teman sekalian apakah kalian tahu apa itu Incidal?, Incidal adalah obat-obatan bermerek dengan kandungan bahan aktif cetirizne dihidroklorida, cetirizine adalah obat antihistamin yang di pergunakan untuk pengobatan penyakit-penyakit seperti bersin karena alergi, alergi yang terjadi pada akulit, gatal-gatal, pembengkakan, dan sebagainya.

Oleh karena itu pada artikel kali ini saya akan menjelaskan secara rinci tentang bahan aktif yang terdapat di dalam obat ini, yaitu cetirizine, serta cara penggunaannya, kontradiksi, dosis obat, efek samping obat, serta informasi keamanan.

Penjelasan Mengenai Obat Incidal

Obat Incidal
Obat Incidal (https://ecs7.tokopedia.net)

Cetirizine merupakan obat-obatan jenis antihistamin, cetirizine mempunyai mekanisme kerja yang berfungsi untuk menghambat zat kimia di dalam tubuh yang di sebut dengan histamin, histamin adalah mediator kimia yang menyebabkan terjadinya reaksi peradangan dan alergi, seperti alergi kulit, bersin, dan sebagainya.

Efek histamin bagi tubuh yaitu muncul rasa gatas pada hidung sehingga menyebabkan bersin-bersin, rasa gatal dan kemerah-merahan pada kulit, dan terjadinya pembengkakan.

Biasanya di apotik obat incidal tersedia dengan bentuk kapsul dan ada juga yang berbentuk sirup, tiap kapsul berisi zat cetirizine dihidroklorida sebanyak 10 mg, sedangkan untuk sirup tiap 5 ml botolnya mengandung zat cetirizine dihidroklorida sebanyak 5 mg.

Indikasi atau Kegunaan

kegunaan obat incidal
kegunaan obat incidal (https://mediskus.com)

Obat Incidal berfungsi untuk memberikan keringanan terhadap peradangan dan alergi-alergi yang terjadi pada tubuh, contohnya seperti hidung yang gatal-gatal karena alergi, mata merah dan berair, kulit yaang gatal-gatal, dan banyak lagi, selain itu incidal juga dapat mengurangi bentol-bentol yang terdapat pada biduran, berikut kondisi spesifik yang bisa di obati oleh incidal.

Berikut kondisi-kondisi lainnya yang bisa ditangani oleh incidal-OD:

  • Menghilangkan rasa gatal-gatal pada kulit karena alergi termasuk juga mengobati penyakit kulit eksim.
  • Jika terdapat penyakit gatal-gatal yang di sebabkan oleh bakteri, jamur, dan parasit, cara mengobatinya incidal harus dikombinasikan terlebih dahulu dengan obat yang mampu membunuh mikroorganisme tersebut.
  • Membantu mengobati hayfever yaitu alergi dingin, alergi-alergi sepanjang tahun juga dapat di sembuhkan oleh incidal, contohnya bersin karena bulu-bulu hewan, alergi terhadap debu, dan sebagainya.

Dosis Incidal-OD dan Cara Penggunaan

dosis obat incidal
https://ecs7.tokopedia.net

Dosis Incidal yang tepat disesuaikan dengan kondisi dan usia pasien, dokter akan menentukan dengan tepat. Secara umum berikut dosis yang disarankan:

Dosis yang tepat sesuai dengan pasiennya dapat anda lihat sebagai berikut:

Incidal tersedia dalam bentuk kapsul maupun dalam bentuk botol, untuk anak-anak yang berusia di atas 12 tahun dan orang dewasa obat dipakai 1 x 1 kapsul, diminum serta dimakan.

jika selama 3 hari gejala alergi tidak kunjung membaik segera konsultasikan ke dokter atau juka membutuhkan konsumsi obat incidal dengan waktu lebih dari 6 minggu untuk penyakit-penyakait kronis.

Obat incidal dapat berinteraksi dengan obat-obatan sejenis anti depresi, anti ansietas, anti kejang-kejaang, obat penenang, dan obaat anti lainnya, mintalah keterangan yang jelas tentang dosis obat kepada dokter, agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan, jika point-pointnya masih kurang jelas bisa kembali lihat ringkasan dibawah ini.

  • Untuk Dewasa serta anak > 12 tahun: kapsul yang di konsumsi 1 x sehari atau jika dalam bentuk botol 2 sendok takar sirup 10 ml sekali perharinya.
  • Anak dengan usia rentang 6 hingga 12 tahun: 2 sendok takar sirup sekali perharinya.
  • Anak dengan usia 6 bulan hingga 1 tahun: konsumsi setengah sendok takar tiap harinya, atau jika bingung sesuaikan dengan petunjuk dokter, tidak boleh digunakan lebih dari seminggu.

Cara Penggunaan:

  • Gunakan obat ini secara teratur sesuai petunjuk dokter untuk mendapatkan manfaat optimal.
  • Minumlah pada waktu yang sama setiap hari, kecuali secara khusus diinstruksikan oleh dokter.
  • Harap bersabar, karena membutuhkan waktu kira-kira hingga satu jam setelah diminum sampai akhirnya obat memberikan efek.
  • Selalu ikuti petunjuk dokter, karena bisa saja dosis akan berbeda tergantung kondisi Anda.

Efek Samping Incidal-OD

Efek samping obat incidal
Efek samping obat incidal (https://lh5.googleusercontent.com)

Zat cetrizine pada HCL dapat menyebabkaan munculnya rasa kantuk, lelah, mulut kekeringan, muntah-muntah, serta diare, efek samping serius yang terjadi biasanya kesulitan bernapas atau menelan, gejala-gejala overdosis seperti timbulnya rasa ngantuk yang berlebihan, rasa gelisah, menurunnya tingkat kesadaran.

Jika terjadi tanda-tanda reaksi alergi segera dapatkan bantuan dari medis darurat, seperti rasa gatal-gatal, sulit untuk bernapas, terjadi pembengkakan pada wajah, pada bibir, lidah, ataupun tenggorokan, segera hubungi dokter jika terjadi efek samping sebagai berikut.

 

  • Jantung berdetak tidak beraturan, cepat, dan terasa berdebar-debar.
  • Tubuh gemetaran, tubuh melemah, atau mengalami gangguan tidur aatau susah tidur.
  • Selalu merasa gelisah hingga kegelisahan yang hiperaktif.
  • Kebingungan dan mengalami gangguan penglihatan.
  • Tidak kencing sama sekali atau hanya sedikit.

Informasi Keamanan

informasi keamanan obat incidal
informasi keamanan obat incidal (http://sepatusafetyonline.com)

 

Perhatikan informasi keamaan berikut ketika anda menggunakan obat incidal, ada beberapa aspek yang perlu anda ketahui, diantaranya sebagai berikut:

Jika anda mengalami hipersensitif terhadap antihistamina segera konsultasikan ke dokter.

Jika anda anda sedang dalam keadaan hamil segera beritahu dokter ataupun anda berencana akan hamil.

Jika ingin menggunakan antihistamina lebih, obat gugup, obaat anti depresi ataupun obat tidur beritahu dokter terlebih dahulu apakah diperbolehkan atau perlu syarat-syarat tertentu.

Jangan menggunakan obat incidaal bersamaan dengan obat lain, jika ingin menggunakan obat lain beritahu dokter terlebih dahulu, agar tidak terjadi hal yang tidak di inginkan.

Bayi premature, bayi yang baru lahir, serta anak yang masih berusia dibawah 6 bulan tidak direkomendasikan menggunakan obat incidal.

Obaat incidal tidak selalu direkomendasikan dokter kepada anak-anak, jadi jangan sembarang menggunakannya, beritahu dokter terlebih dahulu jika ingin menggunakaannya.

  • aji

    terimakasih banyak informasinya