apa itu Introvert

Penjelasan Lengkap Apa Itu Introvert, Ciri-ciri dan Tingkah Lakunya

APA ITU INTROVERT – Introvert merupakan ciri kepribadian bersifat adanya kecenderungan untuk lebih melihat pada dirinya sendiri, sehingga orang yang memiliki kepribadian introvert lebih bisa fokus mengenai apa yang ia fikirkan, terhadap perasaannya, dan rasa pada hatinya, daripada terhadap hal-hal lain pada luar dirinya.

Mereka yang termasuk sebagai introvert, biasanya memiliki sifat yang pendiam, tenang, dan menjaga diri. Orang introvert bukan berarti orang yang bersifat tidak mau bersosialisasi dengan yang lainnya.

Ada waktunya mereka memanfaatkan waktu bersosialisasi dan berkumpuldengan orang lain, selama lingkungan itu termasuk lingkungan yang cukup dikenalnya, dan ia juga merasa nyaman dengan penduduk lingkungan tersebut.

Ciri Umum Orang Introvert

apa itu introvert
riskology.co

Berikut ini merupakan beberapa ciri yang umum dimiliki oleh orang yang termasuk dalam golongan invert:

  • Sangat sadar (kenal) dengan dirinya sendiri
  • Penuh dengan inspirasi
  • Menikmati pada proses memahami detail
  • Tertarik untuk lebih memahami dan mengetahui dirinya
  • Cenderung untuk memendam emosinya sendiri, tidak suka mengabarkan akan apa yang dialami dan dirasakannya.
  • Pendiam  dan tenang dalam sebuah kelompok apabila dia tidak biasa dengan kelompok itu.
  • Namun, dengan kelompok yang sudah biasa dan sangat dikenalnya, seorang introvert bisa menampilkan sisi sosialnya dengan mudah bergaul dan berkumpul di dalam kelompok tersebut.
  • Biasanya lebih nyaman berkumpul dengan teman atau dengan orang-orang yang dekat dengannya untuk mempererat dan meningkatkan hubungannya dengan orang yang dekat dengan dia tersebut.
  • Hal seperti itu berbeda dengan orang ektrovert yang suka datang ke sebuah acara yang ramai, seperti sebuah pesta misalnya, untuk bertemu dengan orang baru.
  • Lebih suka belajar melalui pengamatan

8 Tingkah Laku Orang Introvert

apa itu introvert
tirto.id
  1. Seorang dengan ciri kepribadian introvert, para ilmuan berpendapat bahwa mereka itu lebih cenderung dalam berteman memiliki kelompok kecil.
  2. Kepribadian introvert lebih berhati-hati dalam memilih teman, bukan bermaksud mereka memilih-milih teman, tapi bagi mereka sebuah pertemanan bukan sekedar teman biasa saja, bahkan lebih dari itu, bagi orang intervert berteman merupakan membangun hubungan atau relasi yang lebih penuh arti dengan orang lain.
  3. Oleh karena itu, bagi intervert hubungan pertemanan yang terjadi pun condong mengarah kehubungan yang sangat mendalam. 
  4. Introvert lebih menyukai pembicaraan dengan orang sedikit, namun dengan sebuah pembahasan yang bermakna. Mereka lebih suka obrolan yang berbobot daripada basap-basi.
  5. Hal demikian bukan berarti introvert cuma mau berteman dengan orang introvert saja, melainkan mereka juga bisa menyambung hubungan pertemanan dengan orang yang memiliki kepribadian eksteovert.
  6. Orang introvert sanggup menghabiskan waktu di rumah sendirian, sambil mendengarkan musik, membaca buku, atau mengerjakan hobi lainnya di rumah. Dengan hal-hal tersebut, ia tidak akan merasa bosan. Justru ia menjadi tambah senang dan bisa fokus sehabis mengerjakan banyak waktu sendirian.
  7. Menurut beberapa pembelajaran, orang ontrovert biasanya lebih mudah tidak fokus (konsentrasi terganggu), terutama di tempat yang ramai. Itulah penyebab mengapa mereka terkadang lebih membutuhkan suasana dan waktu yang tenang dan tidak terlalu bising.
  8. Kepribadian introvert lebih cenderung berfikir dahulu sebelum berbicara, dan cenderung terlebih dahulu sepenuhnya mengerti mengenai sebuah hal sebelum mereka melontarkan pendapat atau menjelaskan mengenai sesuatu.

Introvert Tidak Sama Dengan Pemalu

apa itu Introvert
dailysocial.id

Kerap kali orang introvert dicap sebagai seorang pemalu. Padahal nyatanya tidak seperti itu. Yang sebenarnya Introvert berbeda dengan pemalu. Seorang pemalu kelihatan tidak aktif dalam pergaulan dikarenakan memiliki ketakutan akan sebuah penilaian negatif tentang dirinya.

Sementara orang introvert kelihatn tidak aktif dalam pergaulan dikarenakan memiliki kepribadian yang cenderung untuk lebih pendiam dan tenang, bukan disebabkan malu atau takut. Dua hal tersebut tentu tidaklah sama, bahkan jauh berbeda.

Untuk lebih jelasnya, Kamu mengambil  contoh orang introvert yang bukan pemalu, yaitu Bill Gates. Apakah Bill Gates seorang pemalu? Kayaknya kita semua setuju untuk bilang bahwa Bill Gates bukanlah seorang yang pemalu, meski dia seorang introvert.

Hal yang sebaliknya didapat pada Barbra Streisand, dia merupakan seorang ekstrovert yang pemalu. Barbra sering mengalami rasa ketakutan sebelum ia tampil bernyanyi di panggung, padahal dia adalah seorang ekstrovert yang cinta untuk berada di kerumunan orang banyak.

Kta bisa menyimpulkan bahwa hal yang wajar jika introvert selalu dihubungkan dengan sifat pemalu, karena orang pemalu tapi ekstrovert bisa menjadi seorang introvert dan orang introvert tapi tidak pemalu bisa menjadi seorang pemalu.

Apakah menjadi introvert itu tidak baik?

apa itu Introvert
qerja.com

Tak dapat dihindari bahwa banyak orang yang mengira sifat-sifat dari kepribadian introvert itu adalah sesuatu yang kurang baik (buruk).

Banyak juga yang berfikir bahwa tipe karakter orang ekstrovert itu yang lebih baik, yang suka berkumpul dengan orang banyak, senang bertemu dengan orang-orang baru, cenderung mempunyai pergaulan yang luas, dan lebih terbuka mengenai perasaannya.

Namun, apakah benar seperti itu?

Sebenarnya tidak ada yang paling baik atau paling buruk di antara keduanya (ekstrovert dan introvert). Keduanya merupakan tipe atau bentuk karakter, bukanlah sebuah perkara buruk atau baik.

Anggapan mengenai karakter ektrovert lebih baik daripada introvert, mungkin saja muncul karena lebih banyaknya jumlah orang (populasi) di dunia ini yang memiliki karakter ektrovert.

Leave a Comment