Jerawat di Dagu, Cara Ajaib Mengatasinya

Jerawat Di Dagu – Anda pasti pernah merasakan bagaimana paniknya melihat jerawat yang bermunculan, terlebih ketika muncul di tempat yang dirasa akan menurunkan citra diri. Jerawat di dagu jelas sangat menjengkelkan dan mengganggu penampilan wajah.

Pada umumnya jerawat dapat muncul dimana saja, tak terkecuali di dagu. Selain di wajah, jerawat juga dapat muncul di dada, leher, bahu ataupun punggung.

Jerawat muncul sebagai akibat penyumbatan folikel rambut di kulit, hal ini disebabkan oleh kotoran yang bercampur dengan minyak dan sel kulit mati.

Cara Mengatasi Jerawat Di Dagu
Sumber Gambar: https://www.youtube.com/watch?v=7bSAqEsuuY8

Penyebab Jerawat di Dagu

Sebelum masalah jerawat di dagu dapat mengganggu terlalu jauh, tentu lebih baik segera di hilangkan. Untuk dapat menghilangkan dan atau menghindari munculnya jerawat ini, sebaiknya kenali faktor-faktor penyebabnya seperti:

  • Gaya hidup. Satu hal yang dapat menjadi salah satu faktor penyebab jerawat adalah gaya hidup Anda. Terapkan gaya hidup sehat berikut ini agar jerawat di dagu tidak berani datang.
  • Jangan malas mandi. Salah satu penyebab munculnya penumpukan kotoran, minyak, dan make up yang bergabung bersama keringat dan akan menyumbat pori-pori wajah. Sangat dianjurkan untuk segera mandi setelah beraktivitas dan senantiasa membiasakan diri untuk membersihkan diri dan wajah.
  • Make Up. Hindari make up yang mengandung banyak minyak, hal ini dapat beresiko menyumbat pori-pori dan menyebabkan kulit muncul jerawat. Pilihlah make up yang memiliki label nonacnegenic atau noncomedogenic.
  • Asupan makanan. Kurangilah konsumsi produk dengan komposisi gula olahan. Fakta berbagai penelitian juga menganjurkan Anda untuk mengurangi diet tinggi karbohidrat atau produk olahan susu. Produk-produk ini dapat berpotensi meningkatkan resiko jerawat, termasuk jerawat di dagu.
  • Hindari kebiasaan merokok. Kebiasaan buruk ini juga wajib dihindari apabila Anda ingin terbebas dari jerawat. Bukan hanya jerawat, merokok erat kaitannya dengan resiko datangnya penyakit lain.

Penyebab Medis di Balik Jerawat

Jika Anda merasa gaya hidup bukanlah faktor yang memicu tumbuhnya jerawat, maka disarankan untuk memeriksakan diri ke dokter spesialis. Mungkin Anda mengalami kondisi lain yang lebih serius seperti:

  • Ketidakseimbangan hormon. Dokter biasanya akan melakukan pemeriksaan menyeluruh seperti tes darah guna mengetahui adanya ketidaknormalan pada kadar hormon tubuh. Ketika terbukti bahwa jerawat Anda bersifat hormonal, dokter akan memberikan obat guna menyeimbangkan hormon.
  • Sindrom ovarium polikistik. Jerawat yang tumbuh banyak termasuk di dagu sangat memungkinkan sebagai pertanda bahwa Anda mengindap sindrom ovarium polikistik. Pada kondisi seperti ini, jerawat terjadi sebagai akibat peningkatan hormon testosterone.

Adapun langkah penanganannya, dokter spesialis kandungan dapat memberikan obat-obatan ataupun penanganan lain untuk meredakan gejala.

Penanganan Jerawat Menggunakan Obat-Obatan

Anda juga bisa mencoba menggunakan pembersih wajah yang mengandung benzoil peroksida ataupun asam salisiat ataupun kombinasi keduanya. Kedua zat ini dapat membunuh bakteri penyebab jerawat.

Selain itu membersihkan pori-pori dari penyumbatan hingga dapat membantu meredakan jerawat di dagu yang membandel sekaligus tentu mencegah timbulnya jerawat.

Jika merasa tidak tahan lagi dengan jerawat di dagu yang membandel, mintalah pengobatan dokter. Dokter akan memeriksa dan memberikan pilihan perawatan yang cocok, misalnya obat minum, chemical peeling, microdermabrasi ataupun menggunakan laser.

Gaya Hidup Sehat untuk Mencegah Jerawat di Dagu
Sumber Gambar: stonybrook.edu

Gaya Hidup Sehat dari Sekarang

Ketika jerawat di dagu belum juga sembuh, ubahlah gaya hidup Anda. Hindari makanan yang memicu jerawat seperti produk susu, ganti dengan makanan yang lebih sehat seperti ikan, minyak zaitun dan biji-bijian.

Rawatlah wajah dengan lebih baik. Hindari semaksimal mungkin menggosok wajah yang berjerawat terlalu keras. Dan jangan malas untuk membersihkan wajah secara teratur.
Selain itu, belajar mengendalikan stress.

Stress ini dapat menjadi faktor yang memperburuk kondisi wajah yang berjerawat. Meditasi, olahraga ataupun melakukan hal-hal yang disukai juga dapat dilakukan guna meredakan stress.

Jerawat di dagu yang tidak sembuh-sembuh memang menyebalkan. Saat sedang menjalani proses penyembuhan, hindari mencungkil jerawat agar tidak membuat kulit teriritasi. Hingga dapat menyebabkan jerawat bertambah parah ataupun bahkan menciptakan jaringan parut.