Kapalan

Penyebab Terjadinya Kapalan Pada Kaki dan Tangan

Kapalan adalah sebuah reaksi alami dari tubuh untuk melindungi bagian kulit, biasanya kapalan ini akan muncul pada kaki, tangan, atau jari serta dapat menyebabkan rasa yang tidak enak saat berjalan ataupun beraktivitas.

Kapalan jika didefinisikan secara umum adalah penebalan atau pengerasan kulit akibat tekanan dan gesekan yang berlebihan pada kulit. Biasanya kulit yang menebal berwarna kekuningan.

Kapalan yang terjadi pada kaki biasanya saat kita berjalan, nah pada bagian inilah yang akan menopamg beban tubuh kamu. Pemilihan alas kaki yang salah dapat menimbulkan penebalan pada kaki. Kulit yang menebal akan membuat bagian kulit tersebut menjadi kurang sensitif pada sentuhan.

Selain itu kapalan tidak hanya timbul pada telapak kaki, tetapi juga terjadi pada tangan. Penyakit ini biasa terjadi pada orang-orang berprofesi sebagai pemain gitar, penabuh drum, pemegang raket, atau pekerja kasar dan lain-lainya.

Gejala yang Timbul Akibat Kapalan

Di bawah ini adalah tanda gejala kulit yang biasanya terjadi:

  1. Kulit berubah menjadi kering ataupun pecah-pecah.
  2. Rasa nyeri atau saat pada saat disentuh pada bagian bawah kulit.
  3. Ada benjolan yang mengeras pada kulit.
  4. Sebagian kulit terasa kasar dan menebal.

Sebenarnya kapalan sering sekali menimbulkan rasa nyeri dan pada kondisi ini memiliki ukuran dan bentuk beragam. Bagi kamu yang memiliki penyakit diabetes ataupun mengalami sirkulasi darah yang buruk, kamu dapat mengonsultasikan dengan dokter sebelum mengobati penyakit ini.

Jika kamu mengalami masalah keduanya, berhati-hatilah karena cidera kecil pada kaki dapat menyebabkan infeksi. Sebaiknya berkonsultasikan dengan dokter jika memang kapalan mulai menimbulkan rasa nyerii ataupun peradangan.

Penyebab Terjadinya Kapalan

Kapalan
procarepodiatry.com.au

Tahukah kamu bahwa penyakit ini akan muncul pada saat berat badan menekan secara berlebihan di salah satu area kulit. Kulit yang areanya mengalami tekanan secara berlebihan akan menebal hal ini bertujuan untuk melindungi jaringan di bawahnya. Reaksi alami tubuh ini akan membuat kulit menebal dan terdapat di telapak kaki maupun telapak tangan.

Kapalan muncul akibat aktivitas yang tekanannya berulang kali pada bagian tertentu saja, namun ada juga beberapa kasus bahwa penyakit ini muncul karena tipe kulit seseorang.

Orang-orang yang cukup berumur memiliki kemungkinan cukup besar untuk terkena kapalan karena jaringan lemak pada kulitnya sudah sangat berkurang, oh iya penyakit ini juga menjadi sebuah tanda bahwa adanya kelainan bentuk pada tulang.

Di bawah ini beberapa pemicu atau penyebab timbulnya kapalan:

Menggunakan Sepatu Tidak Nyaman

Sepatu yang sempit atau hak tinggi dapat menekan sebagian kulit pada kaki. Nah, sebaliknya ketika mengenakan sepatu terlalu longgar juga dapat menyebabkan gesekan dengan jahitan di bagian dalam sepatu. Sebaiknya gunakanlah sepatu yang pas dengan ukuran kaki kamu.

Tidak Menggunakan Kaus Kaki

Kapalan
huffpost.com

Jika kamu tidak menggunakan kaus kaki maka akan terjadinya gesekan dan langsung terjadi pada kulit kaki kamu. Nah, kaus kaki yang ukurannya tidak sesuai dengan kaki juga dapat menyebabkan munculnya kapalan.

Tidak Menggunakan Sarung Tangan

Kapalan
alltheheavylifting.com

Jika kita perhatikan para pekerja yang tidak menggunakan sarung tangan saat bekerja tangannya pasti menebal. Hal ini disebabkan karena menggunakan alat kerja terlalu lama sehingga tangan mengalami gesekan dengan alat kerja. Jika durasinya semakin lama, maka risiko kulit menebal juga semakin besar.

Jika kamu tidak yakin terhadap penyebab terjadi penebalan pada kulit, sebaiknya konsultasikan terlebih dahulu ke dokter.

Diagnosis dan Cara Mengobati Kapalan

Untuk mendiagnosis penyakit ini pada kulit kamu adalah dengan mengonsultasikan terlebih dahulu ke dokter untuk melakukan pemeriksaan fisik. Setelah itu dokter akan menentukan apakan penebalan di kulit kamu ini dikarenakan kapalan, kutil, mata ikan, ataupun kista.

Penyakit ini tidak dapat diobati secara medis, dokter akan menganjurkan beberapa cara salah satu nya untuk menghindari aktivitas atau kegiatan yang dapat menyebabkan awal kemunculannya.

Bagi penderita kapalan di kaki, kemungkinan disarankan untuk menggunakan sepatu yang nyaman dan menggunakan sepatu hak tinggi guna menghindari penyakit ini.

Jika kapalan masih saja terasa sakit setelah diberikan pengobatan di rumah, maka ada alternatif pengobatan penyakit ini secara medis yang dapat dilakukan oleh dokter:

Plester Anti Kapalan

Kapalan
Youtube.com

Dokter akan menyarakan kamu untuk menggunakan plester dengan asam salisilat untuk ditempelkan pada kapalan. Dokter juga akan menentukan durasi seberapa sering kamu harus mengganti plester ini setiap harinya.

Pemotongan Kulit Keras

Dokter yang ahli kulit pastinya akan memotong sebagian kulit yang menebal dan mengeras guna menurunkan tekanan pada jaringan di bawah kulit keras tersebut.

Alat Sepatu Khusus

Kalau yang ini diperuntukan bagi penderita yang memiliki kelainan bentuk kaki, dokter mungkin akan menyarakan alas kaki untuk dimasukkan pada sepatu agar terhindar dari gesekan yang dapat menimbulkan kapalan.

Operasi

Kapalan
mdsaude.com

Untuk penderita penyakit ini operasi adalah kemungkinannya kecil sekali, tapi dokter bisa saja menyarakan tindakan ini guna memperbaiki posisi dan struktur tulang yang selama ini dapat menyebabkan kapalan.

Leave a Comment