Penyakit Katup Jantung, Penyakit Jantung yang Jarang Diketahui Orang

katup jantung – Jantung adalah salah satu organ yang memegang peranan sentral dalam tubuh. Tugas utama jantung salah satunya adalah mengatur pendistribusian darah dan oksigen ke seluruh tubuh dengan sempurna.

Oleh karena itu menjaga kesehatan jantung berarti menjaga kestabilan distribusi darah dan oksigen ke seluruh tubuh.

Kurangnya kepedulian terhadap kesehatan akan berpengaruh pada kinerja organ dalam tubuh sehingga mengganggu keseimbangan kerja organ-organ tubuh lainnya, salah satunya adalah jantung.

Permasalahan yang terjadi pada jantung umumnya diketahui terjadi akibat adanya penyumbatan aliran darah oleh lemak di dalam arteri jantung, yang disebut penyakit jantung Koroner.

Akan tetapi pada kenyataanya, tidak semua penyakit jantung yang diderita disebabkan karena penyumbatan darah oleh lemak.

Salah satu penyebab yang lain adalah terjadinya gangguan pada katup jantung.

Pengertian Katup Jantung

Katup jantung adalah gerbang atau pintu-pintu aliran darah yang terdapat pada jantung yang letaknya berada pada keempat bilik pada jantung dan pembuluh darah.

katup jantung
qefes.net

Keberadaan katup  ini bertujuan untuk menjaga kestabilan aliran darah di seluruh tubuh baik yang masuk maupun yang keluar melalui jantung.

Berikut nama-nama dan posisi katup tersebut di dalam jantung:

  • Katup Trikuspid terletak di antara Atrium(serambi) kanan dan Ventrikel(bilik) kanan.
  • Katup Mitral terletak di antaran Atrium(serambi) kiri dengan Ventrikel(bilik) kiri.
  • Katup Pulmonal Terletak diantara Ventrikel(bilik) kanan dengan arteri Pulmonaris yaitu pembuluh darah yang membawa darah bergerak menuju paru-paru untuk mendapatkan oksigen.
  • Katup Aorta terletak di antara Ventrikel(bilik) kiri dengan pembuluh Aorta yang berfungsi untuk mendistribusikan darah yang telah bercampur dengan oksigen ke seluruh tubuh.

Terjadinya masalah pada katup jantung umumnya terjadi akibat kelainan atau adanya gangguan pada katup.

Hal tersebut menyebabkan katup sulit untuk mengalirkan darah ke bilik atau ke pembuluh darah selanjutnya, bahkan sebagian darah mengalir kembali ke area sebelumnya.

Bagaimana Katup Jantung Bekerja?

Selama jantung manusia masih berdetak, Katup ini akan terus bekerja. Katup Mitral dan katup Trikuspid akan terbuka secara bersamaan mengalirkan darah masuk kedalam bilik jantung.

Setelah darah masuk ke bilik jantung, kedua katup tersebut akan tertutup kembali. Darah yang ada di bilik jantung akan dipompa keluar melalui katup Pulmonal dan katup Aorta yang juga otomatis akan menutup setelah darah keluar dari bilik jantung.

Mekanisme kerja jantung ini akan terus berulang dengan sempurna sampai salah satu atau lebih dari katup tersebut mengalami kelainan atau gangguan.

Apa Penyebab Terjadinya Penyakit Katup Jantung?

gejala penyakit katup jantung
alarabiya.net

Gangguan yang terjadi pada katup umumnya disebabkan oleh dua hal. Yaitu:

Stenosis Katup Jantung

Gangguan ini terjadi akibat hilangnya fungsi katup jantung karena terjadi kekakuan, penebalan atau saling menempel.

Hal tersebut menyebabkan darah tidak dapat mengalir dengan sempurna ke ruang selanjutnya yang akhirnya memicu terjadinya penyakit jantung yang disebut penyakit Stenosis katu trikuspid.

Regurgitasi atau Insufisiensi Katup Jantung

Penyakit jantung yang satu ini umumnya disebut dengan penyakit jantung bocor. Kondisi ini terjadi dimana katup tidak dapat menutup dengan sempurna atau tidak dapat kembali ke posisi semula.

Kondisi tersebut akhirnya menjadikan darah yang telah dipompa menuju ke ruang selanjutnya kembali ke ruang sebelumnya yang mengakibatkan kurangnya suplai darah ke seluruh tubuh.

Meskipun secara teori penyebab terjadinya penyakit ini umumnya disebabkan oleh dua penyebab diatas, namun munculnya penyakit ini bisa juga disebabkan oleh pengaruh dari penyakit lain yang diderita sebelumnya.

Penyakit-penyakit yang juga dapat menyebabkan munculnya penyakit katup jantung diantaranya adalah sifilis, penyakit jaringan ikat, kardiomiopati, penyakit arteri koroner, tekanan darah tinggi, serangan jantung, radiasi, serta aneurisma aorta.

Gejala-gejala dari penyakit katup jantung diantaranya:

  • Kesulitan pernafasan.
  • Merasakan tekanan yang berat pada bagian dada khususnya saat sedang melakukan aktifitas.
  • Merasa pusing.
  • Kelelahan.
  • Frekuensi detak jantung tidak normal.
  • Mengalami peningkatan berat badan.
  • Pingsan.

Apabila anda atau orang terdekat anda mengalami gejala diatas, ada baiknya apabila anda segera memeriksakan diri ke dokter agar segera dilakukan diagnosa lebih mendalam.

Beberapa Penanggulangan Penyakit Katup Jantung

katup jantung sehat
benhvienthucuc.vn

Ada beberapa jenis obat yang biasa digunakan dalam hal penanggulangan jenis penyakit jantung ini. Beberapa diantaranya adalah:

Diuratik adalah obat yang fungsi utamanya adalah membantu penanggulangan gejala gagal jantung dengan cara menghilangkan kelebihan cairan yang ada didalam darah dan pada jaringan tubuh.

Beta Blockers yaitu obat yang berfungsi untuk menurunkan frekuensi kerja jantung sehingga jantung bekerja dengan lebih lambat.

Anticoagulant yaitu jenis obat-obatan yang berfungsi memperlambat proses pembekuan darah sehingga menghindarkan bekuan darah pada area katup jantung.

Antiaritmia yaitu obat yang berfungsi untuk mengontrol frekuensi detak jantung.

Vasodilator yaitu obat yang juga berfungsi meringankan kerja jantung serta mengontrol peredaran darah yang telah melalui katup agar tidak kembali lagi.

Itulah beberapa jenis obat yang umumnya dikonsumsi oleh seseorang yang menderita penyakit katup jantung.

Selain penanggulangan melalui konsumsi obat-obatan, penanggulangan penyakit katup jantung ini juga dapat dilakukan melalui proses operasi serta beberapa prosedur-prosedur lainnya.

Bagaimana Mencegah Penyakit Katup Jantung?

Penerapan pola hidup yang sehat adalah hal utama yang harus dilakukan untuk mencegah munculnya penyakit katup jantung ini. Apabila gejala-gejala penyakit ini mulai terasa, sebaiknya segera mengkonsumsi obat-obatan yang dapat mengurangi resiko terkena penyakit katup jantung ini dan segera menghubungi dokter.

Itulah gambaran singkat mengenai penyakit yang menyerang jantung semoga artikel ini bermanfaat.