10+ Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan dan Kecantikan

KAYU MANIS –Kayu manis (Cinnamomum verum, sin. C. zeylanicum) adalah suatu jenis tanaman penghasil rempah-rempah. Kayu ini adalah jenis rempah yang sangat beraroma, rasanya manis dan pedas. Pada umumnya orang-orang memanfaatkan kayu manis untuk makanan dengan dibakar manis atau anggur panas.

Kayu manis sendiri juga merupakan bumbu makanan paling tua sepanjang sejarah manusia. Pada zaman dahulu Sekitar 5000 tahun bangsa Mesir kuno sudah menggunakannya dan bahkan beberapa literatur sejarah serta naskah kitab perjanjian lama di dalamnya disebutkan secara berulang mengenai jenis bumbu ini.

Secara tradisional Kayu manis pula digunakan sebagai suplemen untuk bermacam macam penyakit. Beberapa orang mencampurkan kayu manis dengan madu dan dipakai untuk menyembuhkan penyakit seperti radang sendi, kulit, jantung, serta perut kembung.

Ciri-ciri Kayu Manis

ciri ciri kayu manis
tanobat.com

Berikut diantara ciri cirinya

  1. Daun tunggal,
  2. kaku mirip kulit,
  3. tempatnya berseling,
  4. panjang tangkai daun sekitar 0,5 hingga 1,5 cm, dan ada 3 buah tulang daun yang tumbuhnya melengkung.
ciri ciri tanaman kayu manis
tanobat.com
  • Daunnya berbentuk elips dan memanjang, dengan panjang sekitar 4 sampai 14 cm, lebar 1,5 hingga 6 cm,
  • ujung daun runcing,
  • tepi rata
  • Bentuk permukaan atas licin dan berwarna hijau,
  • permukaan bawah bertepung warnyanya keabu-abuan
  • Warna Daun muda merah pucat.
pohon kayu manis
ruangtani.com

Tumbuhan kayu manis bisa tumbuh tinggi sekitar antara 5 sampai 15 m, warna kulit pohonnya abu-abu tua dengan aroma khas, dan pada batang atau kayunya berwarna merah coklat muda.

Pada bunganya memiliki 2 kelamin atau disebut bunga sempurna dan berwarna kuning,bunganya memiliki ukuran kecil. Jumlah Kelopak bunga ada 6 helai dengan dua rangkaian. Bunganya tak termasuk bertajuk bunga. Jumlah Benang sarinya ada 12 helai yang tersusun dalam 4 kelompok, pada kotak sarinya terdapat 4 ruang. Adapun untuk penyerbukannya dibantu oleh serangga seperti lebah.

Buahnya pada umumnya dinamakan buah buni dengan bentuk memanjang dan di dalammnya memiliki 1 biji serta ada dagingnya.

Buahnya ketika masih muda berwarna hijau tua sedangkan ketika sudah masak berubah menjadi ungu tua. Buahnya bisa panjang berkisar 1,3 sampai 1,6cm dengan diameter 0,35 sampai 0,75 cm. Sedangkan pada bijinya dapat panjang ukurannya sekitar 0,84 sampai 1,32 cm serta dengan diameter 0,59 hingga 0,68 cm.

Kandungan Zat Kayu Manis

kandungan kayu manis
glucoberryasli.com

Berdasarkan hasil penelitian dari dua orang ahli, Thomas dan Duethi, mereka menemukan bahwasanya pada kayu tersebut terdapat senyawa yang mendominasi seperti minyak atsiri, safrole, tannin, , eugenol, cinnamaladehyde, zat penyemak, kalsium oksalat, dammar dan banyak lagi yang lain.

Apabila diukur berdasarkan jumlah kadarnya maka senyawa Cinnamaldehyde-lah yang paling tinggi. kadarnya bahkan dapat sampai 70% dari total berat kayu manis.

Agar lebih mengetahui lebih dalam lagi tentang kadar kandungan pada kayu tersebut, Dibawah ini akan kami uraikan imanforsinya secara lengkap. Sampel yang dipakai ialah jenis Cinnamomum burmanni, yaitu kayu manis yang sangat mudah didapatkan di daerah Indonesia. Berikut daftar kandungannya.

  • Lemak 2,20 %
  • Kadar air 7,90 %
  • Minyak atsiri 2,40 %
  • Alkohol ekstrak 10 – 12 %
  • Abu 3,55 %
  • Serat kasar 20,30 %
  • Karbohidrat 59,55 %

Khasiat dan Manfaat Kayu Manis

manfaat kayu manis
alodokter.com

Kayu manis merupakan rempah yang di dalamnya tersimpan berbagai manfaat untuk membantu kelancaran program diet. Selain itu, ternyata juga dapat membantu mengurangi dampak negatif dari macam-macam asupan karbohidrat yang tinggi. Sehingga bagi anda yang sedang menjalani program diet, anda boleh menambahkan kayu manis pada makanan anda.

Saat anda sedang mengkomsumsi makanan anda dengan berbagai karbohidrat yang tinggi. Ketika itu juga tubuh anda akan dipacu agar menyimpan lemak.

Serta juga saat tubuh anda tak mampu memproduksi jumlah insulin yang memadai dalam proses metabolisme serta membakar kadar pati dan gula, maka tingkat gula darah pun menjadi bertambah dan lemak juga akan menumpuk. Tentunya hal demikian akan membuat tubuh berubah jadi gemuk.

Kali ini manfaat kayu manis bagi dietlah yang akan bertugas dalam mendukung proses metabolisme serta pembakaran pada lemak.

Manfaat Kayu Manis Untuk Kesehatan

1. Mengontrol Gula Darah

Beberapa penelitian membuktikan bahwa ternyata kayu manis bisa mengontrol jumlah gula darah pada tubuh, jadi ia adalah makanan yang sesuai bagi para pasien diabetes dan hypoglycemic. Kayu tersebut pun bisa menyeimbangkan kondisi hati dan energi pada tubuh.

2. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat

Kayu manis dapat mengurangi kadar kolestrol jahat (LDL). Hingga saat sekarang, kita tahu LDL adalah zat berbahaya untuk tubuh karena dapat menyebabkan berbagai macam penyakit misalnya penyakit jantung, stroke serta obesitas. Melalui kegiatan rutin komsumsi kayu tersebut, tentunya Anda pun mampu memperlambat risiko penyakit kardiovaskular.

3. Anti Infeksi

Kayu manis mempunyai sejumlah elemen anti-infeksi yang alami. Dalam sejumlah , kayu manis cukup efektif membunuh bakteri H. Pylori yang bisa menimbulkan sakit maag, dan sejumlah macam penyakit yang lain yang disebabkan bakteri.

4. Meringankan Sakit pada Penderita Rematik

Kayu manis bisa menurunkan rasa sakit yang salah satunya penyebabnya karena rematik. Berdasarkan hasil penelitian yang dikerjakan oleh Department of Internal Medicine menguraikan bahwa ternyata kayu manis pun mampu menurunkan kadar sitokin (protein-protein kecil untuk mediator serta pengatur imunitas, inflamasi maupun hematopoesis) yang bisa menimbulkan rematik.

5. Obat Serbaguna

Kayu manis juga bisa digunakan sebagai pengawet makanan yang natural, disamping itu pula terdapat serat, kalsium, zat besi dan mangan yang diyakini ampuh meredakan rasa nyeri ketika haid atau melahirkan. Kayu manis mempunyai kandungan alami yang dinamakan cinnamaldehyde yang mampu menormalkan hormon, menambah jumlah hormon progesteron dan menurunkan hormon testosteron di tubuh wanita.

6. Pengobatan Alzheimer

Sejumlah peneliti di Cytokine Research Laboratory, Department of Experimental Therapeutics, University of Texas juga sudah mengembangkan kayu manis untuk menjadi jenis rempah yang bisa digunakan sebagai obat untuk Beragam penyakit neurodegenerative misalnya Parkinson, Alzheimer, Parkinson, tumor otak, multiple sclerosis, serta meningitis. Di tempat yang sama juga ada semacam penelitian yang menjelaskan bahwa kayu manis dapat meredakan peradangan kronis yang berhubungan dengan gangguan pada neurologis.

7. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Penelitian di University of Texas menjelaskan bahwa ternyata penyakit proliferasi sel kanker bisa diredakan dengan kayu manis. Selain itu juga, kayu manis juga termasuk salah satu rempah yang bisa menjadi obat kanker.

Kita sendiri sudah mengenal banyak akan manfaat kayu manis untuk bumbu masakan. Kayu manis merupakan jenis rempah hasil produksi ekstrak kulit pohon genus Cinnamomum yang juga merupakan salah satu komoditi ekspor paling besarIndonesia.

Akan tetapi, tak sekedar dipakai untuk bahan campuran makanan dan minuman, kayu manis nyatanya pun digunakan untuk industri obat-obatan dan kosmetik karena sudah dibuktikan dari berbagai penelitian bahwa kayu tersebut memiliki beragam manfaat di bidang kesehatan. Beberapa  jenis kayu manis yang memiliki efek penting untuk kesehatan ialah kayu manis asli dari Indonesia, yakni Cinnamomum burmannii, yang pula diyakini bermanfaat dalam menghindarkan mual, menurunkan kejang pada otot, membuang gas, dan menghindarkan infeksi.

di bidang kesehatan manusia, pada kayu manis terdapat beragam fungsi lumayan besar, diantaranya dijadikan antioksidan dan antimikroba ketika secara langsung berhadapan dengan oksidan atau mikroba, dan juga berfungsi sebagai antiinflamasi, antikanker, dan antidiabetes secara tidak langsung dengan mekanisme reseptor termediasi.

fungsi kayu manis bagi kesehatan dibantu oleh berbagai bahan aktif yang mana pada kayunya tersebut ada kandungan minyak esensial, misalnya cinnamyl acetate, cinnamaldehyde, dan cinnamyl alcohol.

8. Anti penggumpalan darah

Kandungan bahan aktif pada batang manis, cinnamaldehyde, telah diteliti mempunyai efek pada trombosit darah, yaitu bagian darah mempunyai peran dalam proses penggumpalan darah pada saat terjadinya luka. Namun, pada kondisi tertentu, trombosit juga memiliki kecenderungan untuk menggumpalkan darah pada keadaan normal. Selain menghambat aliran darah, penggumpalan darah di dalam peredaran darah oleh trombosit akan memengaruhi proses pengangkutan oksigen dan nutrisi ke seluruh sel tubuh serta meningkatkan tekanan darah.

Cinnaldehyde pada kayu tersebut dapat membantu mencegah penggumpalan darah ketika tidak diinginkan dengan menghambat pelepasan asam lemak arachidonic dari trombosit dan mengurangi pembentukan molekul thromboxane A2 dari trombosit. Hal ini juga telah dibuktikan melalui penelitian oleh tim dari Chiba University, Jepang.

9. Antioksidan

Berbagai rempah-rempah yang eksis, kayu manis sudah jelas terdapat aktivitas andioksidan yang tinggi. Diantara kandungannya adalah jenis antioksidan, yaitu polifenol (hydroxycinnamic acids), yang mampu menjaga tubuh dari serangan oksidatif yang disebabkan karena radikal bebas.

Polifenol pada kayu tersebut pula dapat dipakai dalam menjaga dan melindungi kesehatan organ atau anggota tubuh manusia yang lain, seperti menjaga kulit dari radiasi sinar UV, menurunkan gejala penuaan, menurunkan kadar inflamasi, melindungi kesehatan otak dan merawatnya dari dementia, melindungi pembuluh darah dan juga sistem serta menghentikan pertumbuhan sel kanker dan tumor.

Salah satu bahan makanan yang dibutuhkan oleh manusia pada zaman saat ini adalah Antioksi, terlebih lagi bagi mereka yang mau tidak mau berhadapan dengan beragam polusi di kota besar, agar senantiasa melindungi kesehatan. Salah satu pemecahan dari masalah tersebut, adalah dengan secukupnya mengkomsumsinya.

10. Antimikroba

Kayu tersebut juga ternyata mampu untuk menghambat perkembangan jamur dan bakteri, misalnya jamur atau bakteri dari jenis Candida. Candida adalah mikroorganisme yang dapat menimbulkaninfeksi. Pada umunya candida dapat dijumpai di usus, mulut serta vagina yang menimbulkan gangguan di kulit dan membran mukus. Pada sekitar daerah dalam tubuh, infeksi Candida dapat diminimalisir malahan bisa dilenyapkan dengan komsumsi kayu manis. Fungsinya tersebut dibantu oleh kandungan cinnamaldehyde yang dapat ditemukan pada minyak kayu tersebut.

Disampaing menyembuhkan infeksi karena jamur Candida, manfaat lainnya ialah bisa menyembuhkan penyakit Irritable Bowel Syndrome (IBS) karena bakteri gastroenteritis.

Khasiat Resep Obat Kayu Manis dan Madu

resep kayu manis dan madu
purwatiwidiastuti.files.wordpress.com

Memudarkan Parut Jerawat

Jika Anda merasa risih dengan munculnya jerawat di wajah, anda bisa mencoba resep ramuan madu dan bubuk kayu manis. Langkah membuatnya yaitu campurkan madu 3 sendok makan beserta bubuk kayu manis sebanyak 1 sendok makan. Kemudian ramuan tersebut poleskan ke wajah sebelum hendak tidur. Pada keesokan harinya, cucilah wajah bersama air hangat. Kerjakan secara teratur dan sering selama dua minggu, maka jerawat pada wajah anda menjadi pulih sampai kedalamnya.

Meringankan Gangguan Pecernaan

Taburkan Bubuk kayu seperlunya di atas madu sejumlah 2 sendok makan dan lalu dengan diminum dapat menurunkan kadar keasaman pada lambung. Sebaiknya disarankan agar ramuan tersebut dikomsumsi sebelum Anda makan.

Demikianlah informasi seputar kayu kulit beserta ciri-ciri, dan berbagai manfaat yang terkandung di dalamnya. Semoga bermanfaat.

No ratings yet.

Please rate this

Leave a Comment