Leukosit adalah

Penjelasan Mengenai Leukosit dan fungsinya

LEUKOSIT ADALAH – Darah manusia terdiri dari sel-sel darah dan juga cairan yang disebut sebgai plasma darah. Sel darah terdiri dari Sel darah merah (erythrocit), Sel darah ini akan membawa nutrisi dan oksigen ke organ, jaringan serta sel-sel dalam tubuh kita.

Sistem pertahanan tubuh yang sangat diperlukan ialah sel darah putih (leukosit) untuk mencegah kuman, bakteri, virus, dan kotoran lain yang menjadi pemicu penyakit yang bisa melemahkan tubuh.

Leukosit

Leukosit adalah
haryherbal.blogspot.co.id

Leukosit memperkebal tubuh dari sebuah serangan penyakit dengan cara memakan (fagositosis) si penyakit tersebut. Begitu tubuh kita mendeteksi adanya infeksi, dengan langsung sumsum tulang akan menghasilkan lebih banyak sel-sel darah putih guna melawan infeksi.

Kita bisa mengetahui kadar  darah putih atau leukosit kita dengan melakukan cara pemeriksaan darah lengkap, lebih khusus lag mengenai hitung seberapa jumlah leukosit dan hitung juga jenis leukosit.

Apabila didapati hasil kadar leukosit tinggi atau dengan maksud lain di atas dari nilai normal, maka pasti muncul berbagai pertanyaan apa penyebab dari meningginya kadar leukosid.

Penyebab Leukosit Tinggi

Leukosit adalah
apatadi.com

Peningkatan pada sel darah putih melebihi dari normal disebut leukositosis. Keadaan ini dapat dipengaruhi oleh beberapa hal seperti:

  • Infeksi yang paling utama infeksi bakteri
  • Produksi sel darah putih yang tidak normal akibat penyakit sumsum tulang
  • Gangguan pada sistem kekebalan tubuh
  • Reaksi pada obat-obatan misal epinephrine

Umumnya dari kebanyakan orang yang sudah mengetahui mengenai leukosit tinggi disebabkan oleh infeksi, namun dari kenyataannya ada banyak penyebab yang lain, kenapa leukosit menjadi tinggi, penyebabnya sebagai berikut:

Infeksi

Jumlah leukosit (leukositosis) banyak meningkat akibat adanya infeksi. Baik infeksi yang umum dan biasa  terjadi pada tubuh yang biasanya ditandai dengan datangnya demam, atau juga infeksi peradangan yang akan terkena pada sumsum tulang yang menghasilkan leukosit. virus dan infeksi bakteri tertentu dapat menyebabkan terjadinya leukositosis.

Alergi

Leukositosis masih ada hubungannya juga dengan reaksi kekebalan pada tubuh berupa alergi atau hipersensitifitas, misalnya pada seseorang yang mengidap asma dan serangan alergi lainnya.

Penyakit Sum-sum Tulang

Beberapa kasus pada leukositosis yang mengancam kehidupan dan paling serius ialah yang berhubungan dgn penyakit sumsum tulang. Kanker.

Ketika didapatkan leukosit tinggi melebihi 30.000 per mm kubik, hal ini bisa disebabkan dengan adanya keganasan atau kanker yang terdapat pada sumsum tulang yang mendasari, termasuk kanker darah atau leukemia.

Penyebab Lainnya

Psikis dan stres fisik, asupan obat-obat tertentu semisal beta agonis dan lithium, operasi pengangkatan limpa, dan anemia hemolitik itu semua termasuk penyakit leukosit tinggi.

Tingginya leukosit terhadap tubuh merupakan tanda-tanda peningkatandalam  produksi sel-sel guna melawan infeksi pada tubuh.

Disaat terjadi infeksi, secara otomatis leukosit akan melakukan menghancurkan organisme yang menyebabkan infeksi atau fagositosis. Adanya gangguan pada sistem kekebalan tubuh akan menimbulkan peningkatan jumlah sel-sel darah putih.

Fungsi Leukosit atau Sel Darah Putih

Leukosit adalah
rumahulin.com

Leukosit  atau sel darah putih fungsinya untuk melindungi tubuh pada infeksi atau penyakit lainnya yang kemungkinan menyerang. Naiknya produksi leukosit pada tubuh karena terjadi infeksi. Tubuh memerlukan leukosid untuk melawan adanya infeksi yang terjadi.

Infeksi bisa datang karena bakteri, virus, atau penyebab lain. Leukosit yang meninggi harus dilakukan pemeriksaan lanjutan. Di antaranya untuk mendeteksi leukemia atau kanker darah. Leukemia adalah penyakit yang penyebabnya adalah kelebihan produksi sel darah putih.

Kelainan Sumsum Tulang

Tubuh akan merangsang sumsum tulang untuk memproduksi sel darah putih lebih banyak yang gunanya untuk mengatasi infeksi. Sumsum tulang akan bekerja super keras memproduksi leukosit.

Sumsum tulang akan terus menerus dipaksa memproduksi leukosit sampai kondisi sudah terasa aman. Hanya saja, disaat ada masalah dengan sumsum tulang, akan menyebabkan kadar sel darah putih semakin meningkat.

Terjadi Peradangan

Setiap terjadi peradangan, infeksi, dan  alergi akan menyebabkan kenaikan jumlah pada sel darah putih. Ini merupakan reaksi terusan terhadap obat yang dipakai untuk meningkatkan produksi pada sel-sel darah putih.

Cara Menaikkan Kadar Leukosit Rendah

Kondisi lain yang bisa menimbulkan leukositosis adalah leukemia stres, limfotik, batuk rejan, dan merokok. Diperlukan pemeriksaan lanjut oleh  dokter guna mengetahui gejala yang telah terjadi, pemeriksaan fisik dan juga pemeriksaan lab, selain leukosit yang disamakan dengan gejala yang diderita.

Apabila terjangkit infeksi bakteri dokter akan segera memberikan Antibiotik guna mengatasi infeksi sebagai penyebab utama tingginya kadar leukosit terhadap tubuh.

Sebaiknya terlebih dahulu beristirahat sampai gejala tertangani terus dapat dilakukan olahraga ringan guna menjaga kebugaran tubuh. Sedangkan apabila kadar leukosit lebih rendah dari kadar normalnya disebut leukopenia hal ini dikarenakan oleh

  • Infeksi virus (misalnya virus dengue)
  • Kelainan bawaan terhadap sumsum tulang
  • Obat-obatan yang berpengaruh terhadap kerusakan sel darah putih
  • Infeksi yang menyebabkan penyediaan sel darah putih lebih cepat habis daripada produksinya
  • Kondisi lain seperti HIV/AIDS,leukemia, kemoterapi, dan kekurangan vitamin

Untuk mencegah hal tersebut yang dapat dilakukan adalah

  • Makan makanan sehat dan bergizi yang seimbang
  • Cuci tangan dengan air dan campuran sabun
  • Hindari kontak langsung dengan orang yang sedang sakit
  • Menggunakan masker
  • Berolahraga secara rutin

Leave a Comment