20 Manfaat Buah Naga Merah dan Putih Beserta Penjelasannya

MANFAAT BUAH NAGA – Pada artikel kami sehatafiat kali ini akan membahas tentang seluruh manfaat yang dimiliki buah naga. Nah!! langsung saja mari kita baca dibawah ini.

Buah naga memang menjadi salah satu buah yang banyak dicari oleh orang. Selain rasanya yang enak buah naga juga banyak sekali manfaatnya bagi tubuh dan kesehatan.

Buah naga pertama ditemukan dataran benua Amerika Selatan dan Amerika Tengah. Seiring berjalannya waktu buah naga mulai menyebar ke hampir seluruh dunia terutama di Indonesia.

Khasiat buah naga untuk kesehatan tubuh memang sudah banyak orang yang membuktikannya. Banyaknya nutrisi yang dimiliki oleh buah naga membuatnya sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Buah Naga Merah

buah naga
pixabay.com

Buah naga masih terbagi dalam dua jenis yaitu buah naga merah dan putih. Untuk diawal ini kami terlebih dahulu akan membahas manfaat buah naga merah. Mari langsung saja baca dibawah ini

Mengurangi Resiko Diabetes

buah naga
pixabay.com

Buah naga dipercaya memiliki bayak kandungan vitamin B3 yang dapat mengurangi resiko terjadinya kadar gula darah pada tubuh anda. Karena buah naga dapa mengontrol gula darah pada tubuh anda, maka resiko terkena diabetes bisa diminimalisir.

Bagi kamu yang memiliki keturunan diabetes, cobalah untuk mengkonsumsi buah naga agar dapat mencegah diabetes dari tubuh anda. Mencegah lebih baik dari pada mengobati.

Menjaga Kesehatan Mata

buah naga
pixabay.com

Kandungan betakarotin yang dimiliki oleh buah naga sangatlah bermanfaat bagi kesehatan mata anda. Bila anda sudah bosan untuk mengkonsumsi wortel maka anda bisa beralih ke buah naga ini.

Biasanya orang-orang secara umum hanya mengetahui wortel saja yang dapat memelihara kesehatan pada mata, padahal wortel memiliki rasa yang kurang enak. Mulai sekarang anda bisa mengganti buah naga untuk dijadikan perawatan kesehatan pada mata anda.

Baik Untuk Diet Sehat

buah naga
pixabay.com

Buat kamu yang sedang melakukan diet sehat, tidak salah jika anda mencoba mengkonsumsi buah naga untuk menurunkan berat badan anda. Anda bisa menjadikan buah naga sebagai asupan makanan sehari-hari.

Buah naga merah terkenal sebagai buah yang kaya serat dan rendah kalori. Jika anda mengkonsumsi buah naga maka janganlah takut cepat lapar, kandungan serat yang terdapat pada buah membuat anda merasa kenyang lebih lama.

Dan kandungan kalori yang dimiliki buah naga cukup rendah maka janganlah takut jika memakan buah naga terus menerus akan menambah berat badan pada tubuh anda.

Menjaga Sistem Kekebalan Tubuh

sistem-kekebalan tubuh
tokoherbalacemaxs.com

Bila anda tidak ingin mudah terkena penyakit tentu harus memiliki pola hidup sehat seperti sering ber-olahraga, istirahat yang cukup dan yang paling penting adalah memilih makanan yang memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh.

Berbicara mengenai makanan yang baik untuk menjaga kesehatan, buah naga bisa menjadi alternatif yang bisa kamu pilih.

Kandungan vitamin C, potassium dan protein pada buah naga dipercaya dapat menangkal penyakit yang datang. Bila kamu mudah terkena penyakit ketika terjadi pergantian musim, maka cobalah untuk mengkonsumsi buah naga secara teratur.

Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

buah naga
pixabay.com

Jika anda ingin memiliki tulang dan gigi yang sehat maka carilah makanan yang banyak mengandung fosfor dan kalsium. Dan susu adalah pemasok utama dari kalsium dan fosfor bagi tubuh kita.

Selain susu anda juga dapat mengkonsumsi buah naga secara rutin. Menurut penelitian yang sudah dilakukan oleh FAO, kandungan fosfor dan kalsium pada buah naga sangatlah banyak.

Maka sudah terbukti bahwa buah naga sangat bermanfaat bagi kesehatan gigi dan tulang anda. Dengan memiliki tulang yang kuat maka anda akan terhindar dari osteoporosis serta permasalahan tulang yang lainnya.

Mencegah Kanker

buah naga
pixabay.com

Seperti yang sudah anda ketahui bahwa kanker adalah penyakit yang sangat berbahaya bagi kelangsungan hidup manusia. Penyakit ini sangatlah susah untuk disembuhkan dan walaupun bisa disembuhkan biayanya sangatlah mahal.

Maka dari itu untuk mencegah terjadinya resiko kanker pada diri kita, maka sebaiknya anda mengkonsumsi buah naga merah ini dengan rutin. Buah naga memiliki antioksidan yang tinggi yang terbukti ampuh untuk mencegah kanker.

Anti Aging

menyehatkan-kulit
panduanhidupsehat.com

Selain untuk kesehatan ternyata buah naga juga sangat bermanfaat untuk perawatan kecantikan. Pasti anda sudah tahu biaya untuk kecantikan sangatlah tinggi, maka dari itu sebaik anda berpindah saja ke buah naga.

Nutrisi yang dimiliki buah naga dipercaya dapat membersihkan dan mengencangkan kulit serta mencegah tumbuhnya jerawat pada muka anda.

Membantu Meredakan batuk

manfaat buah naga
gdnonline.com

Manfaat buah naga merah yang selanjutnya adalah sebagai peredam batuk yang ada di tenggorokan anda. Karena buah naga merah mempunyai kandungan B3 yang dipercaya dapat meredam atau mengobati batuk.

Membantu Melancarkan Pencernaan

manfaat buah naga
Huffington Post

Ternyata buah naga juga dapat membantu melancarkan sistem pencernaan, karena buah naga memiliki kandungan air dan serat yang membuat sistem pencernaan anda lebih sehat dan lancar.

Karena kali juga ingin membahas tentang manfaat buah naga putih maka kami akan mempersingkat manfaat buah naga merah ini. Inilah beberapa manfaat buah naga merah untuk diri anda.

  • Sangat bagus untuk kesehatan usus
  • Membantu untuk mencegah terjadinya peradangan
  • Membantu menjaga dan menambah ION pada tubuh
  • Membantu dalam menjaga kesehatan syaraf
  • Bisa sebagai pewarna alami untuk makanan
  • Membantu untuk melancarkan peredaran darah pada tubuh anda.

Manfaat Buah Naga Putih

buah naga
pixabay.com

Setelah membahas tentang manfaat buah naga merah, maka selanjutnya kami akan membahas tentang manfaat buah naga putih. Sebenarnya untuk manfaat buah naga putih tidak jauh berbeda dengan manfaat buah naga merah.

Menurunkan Kadar Gula Darah

manfaat buah naga
pixabay.com

Bagi anda yang mempunyai riwayat diabetes, untuk menjaga kestabilan gula darah adalah sesuatu yang harus dijaga dengan hati-hati. Hal ini membuat para penderita diabetes harus mengurangi asupan makanan yang memiliki kadar gula yang tinggi.

Untuk itu buah naga putih bisa menjadi solusi bagi anda penderita diabetes. Selain memberikan rasa manis buah ini juga dapat menurunkan kadar gula darah yang anda miliki, sehingga dapat membantu dalam mengontrol gula darah.

Menurunkan Kolestrol

manfaat buah naga
pixabay.com

Kadar kolestrol yang tinggi menjadi momok yang sangat menakutkan karena dipercaya bahwa jika memiliki kadar kolestrol yang tinggi maka anda juga memiliki penyakit yang cukup banyak dalam tubuh anda akibat adanya kolestrol.

Namun buah naga putih ini dapat menjaga kadar kolestrol yang ada didalam tubuh anda, jika anda rajin mengkonsumsi buah naga putih maka anda tidak perlu terlalu khawatir tidak dapat mengontrol kolestrol.

Mencegah Tumor dan Kanker

manfaat buah naga
pixabay.com

Tumor dan kanker pasti yang terbayang dalam benak anda adalah sebuah penyakit yang sangat penakutkan jika sudah mendengar kata kanker seolah sang penderita sudah tidak mempunyai harapan hidup didunia.

Untuk itu hal yang terbaik adalah mencegah, buah naga putih ini dapat menjadi solusi untuk mencegah terjadi kanker atau tumor. Antioksidan yang terdapat pada buah naga sangat baik untuk menangkal atau mencegah radikal bebas yang merupakan pemicu terjadinya kanker.

Dari pada anda mengkonsumsi suplemen yang tidak jelas terbuat dari apa maka sebaiknya anda mengkonsumsi buah naga putih yang sudah terjamin kesehatannya dan juga terjamin untuk mencegah terjadinya kanker dan tumor.

Memelihara Kesehatan Mata

bayi-memakai-kacamata
cutebabywallpapers.com

Seperti buah naga merah ternyata buah naga putih juga memiliki manfaat untuk menjaga kesehatan mata anda agar lebih sehat. Seperti jika mengkonsumsi buah naga lebih nikmat dibanding dengan mengkonsumsi wortel.

Memelihara Kesehatan Mulut

kesehatan mulut
Medical NewsToday

Sebagai bagian dari organ pencernaan kesehatan mulut sangat penting untuk kita jaga. Dengan kandungan vitamin C pada buah naga putih dapat membantu menjaga kesehatan mulut sehingga mulut sehat dan pencernaan pun lancar.

Memelihara kesehatan jantung

jantung
onlymyhealth.com

Jantung merupakan salah satu organ vital manusia yang memiliki peran sangat penting sehingga kesehatannya mesti terjaga. Selain rasanya enak ternyata buah naga putih juga sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Melancarkan pencernaan

buah naga
SehatRaga.com

Sebagaimana buah dan sayuran pada umumnya buah naga putih juga memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga sangat baik untuk melancarkan pencernaan.

Menghindarkan ibu hamil dari pendarahan

buah naga
modernfarmer.com

Pendarahan merupakan hal yang sangat dihindari oleh ibu hamil karena sangat berbahaya bagi kesehatan ibu maupun janin. Oleh karena itu ibu hamil dianjurkan untuk mengonsumsi buah naga putih yang bermanfaat untuk mencegah timbulnya pendarahan.

Menghindarkan ibu hamil dari anemia

buah naga
hellosehat.com

Selain pendarahan penyakit anemia juga sangat rentan menghinggapi ibu hamil. Oleh karena itu ibu hamil disarankan mengonsumsi makanan yang kaya akan zat besi, salah satunya buah naga putih.

Menjaga kesehatan tulang dan gigi

manfaat buah naga
YouBeauty.com

Kandungan kalsium dan fosfor pada buah naga putih sangat baik untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi baik bagi orang dewasa maupun anak-anak.

Pada anak-anak diperlukan sebagai pendukung untuk masa pertumbuhan sementara pada orang dewasa diperlukan untuk memelihara kesehatan tulang dari berbagai penyakit seperti osteoporosis. Oleh karena itu buah naga putih sangat dianjurkan untuk semua kalangan umur.

Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

manfaat buah naga
caraobati.com

Bakteri dan virus yang ada disekitar kita pastinya harus kita hindari. Tetapi untuk terhindar dari bakteri rasanya tidak akan bisa. Maka dari itu kita harus membentengi diri kita dari virus dan bakteri.

Tidak perlu jauh-jauh ternyata buah naga putih juga dapat melindungi anda dari berbagai virus dan bakteri yang ada di sekitar anda. Karena buah naga memiliki kandungan vitamin C yang dapat melindungi anda dari virus dan bakteri jahat.

Mencegah Penuaan Dini

Inilah impian semua wanita yang ada didunia yaitu mencegah penuaan dini. Antioksidan yang dimiliki buah naga putih tidak hanya baik untuk mencegah kanker dan tumor tetapi ternyata juga dapat mencegah penuaan dini.

Antioksidan terkenal dapat mencegah timbulnya gejala penuaan dini untuk para wanita dan para lelaki. Dengan rajin mengkonsumsi buah naga maka anda akan tercegah dari penuaan dini.

Sekian penjelasan dari kami semoga dapat bermanfaat bagi para pembacanya. Sebenarnya semua jenis buahnya sehat tetapi masing-masing buah mempunyai manfaatnya masing-masing, semoga setelah anda membaca artikel anda menjadi lebih sering mengkonsumsi buah.

Silahkan baca artikel kami yang lainnya yang membahas tentang kesehatan. Jika ada pertanyaan silahkan tuliskan di kolom dibawah ini. Sekian dan terimakasih

 

No ratings yet.

Please rate this

Leave a Comment