Manfaat dan Khasiat Daun Bidara Secara Medis dan Non Medis

manfaat dan khasiat daun bidara
aktualita.co

Manfaat dan khasiat daun bidara – Bidara atau dalam nama latinnya disebut Zizphus Mauritiana adalah sejenis tumbuhan kecil yang banyak ditemukan di daerah kering.

Tanaman ini memiliki beragam nama di berbagai daerah berbeda seperti widaradarabukol , bĕkul; bĕdara, bidara, rangga, serta kalangga.

Tumbuhan ini memiliki ciri-ciri diantaranya tangkai yang berduri, mengeluarkan bunga kecil berbulu dengan aroma yang wangi, serta memiliki buah berbentuk bulat dengan tekstur daging buah yang lembek dan kecut.

Pohon yang termasuk dalam kelas tanaman semak ini hanya mampu tumbuh hingga setingg 15 meter. Memiliki karakter tumbuh yang tegak atau melebar serta susunan cabang-cabang yang tidak beraturan.

Pohon ini merupakan pohon yang spesial dengan beragam manfaat yang dimilikinya.

Buahnya dapat dimakan, daun-daunnya dapat dijadikan sayuran serta kulit hingga akarnya dapat dijadikan obat.

Dahulu Nabi Muhammad SAW biasa menggunakannya untuk menjaga kesehatan tubuh.

Pohon bidara sendiri beberapa kali disebutkan didialam Al-quran salah satunya disebutkan dalam surah Al-Waqiah ayat 27-32 yang menggambarkan pohon ini sebagai salah satu hiasan surga.

Jadi dapat di simpulkan bahwa pohon bidara memang memiliki banyak keutamaan.

Namun, sayangnya masih banyak diantara kita yang tidak mengetahui manfaat dan khasiat daun ini.

daun bidara
kabarmakkah.com

Pada artikel kali ini kita akan membahas manfaat dan khasiat daun bidara secara medis dan non medis.

Manfaat dan Khasiat Daun Bidara Secara Medis yang Perlu Anda Ketahui:

1. Didalam bidara terdapat senyawa anti bakterial yang sangat ampuh menyembuhkan penyakit yang berasal dari penyebaran virus seperti flu, pilek, flu burung bahkan virus HIV Aids.

2. Senyawa anti oksidan juga ditemukan terkandung didalam daun bidara. Dimana senyawa ini sangat efektif dalam meningkatkan kekebalan tubuh terhadap serangan virus penyakit.

3. Dapat mengatasi keluhan-keluhan seputar lambung seperti maag, tukak lambung hingga kanker lambung.

4. Mampu meringankan bahkan mencegah penyakit kardiovaskuler atau penyakit jantung

5. Kandungan glikemik yang rendah dipercaya dapat menyembuhkan penyakit diabetes.

6. Memiliki komposisi fitokimia dan kimia yang sangan berguna untuk kesuburan rambut seperti memanjangnkan, menghitamkan serta menebalkan rambut.

7.Membersihkan kulit dari kotoran, mencegah kerusakan kulit serta mampu mengurangi minyak berlebih di wajah.

8. Khasiatnya sebagai anti oksidan mencegah serta mengatasi pertumbuhan-pertumbuhan jaringan yang tidak normal dalam tubuh seperti kanker, tumor, kista, dll.

9. Memiliki kandungan anti septik yang dapat digunakan untuk mengobati luka ringan.

10. Memberikan peremajaan kembali sel-sel tubuh yang mengalami kerusakan sehingga dapat kembali normal

11. Daun bidara yang masih muda, dapat digunakan untuk mengobati keluhan-keluhan seputar permasalahan kewanitaaan seperti keputihan, dan haid yang tidak lanacar

12. Didalam daun bidara juga terdapat kandungan mineral dan kalsium tinggi yang berkhasiat yang berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi

13. Dapat mengatasi keluhan ejakulasi dini atau lemah syahwat pada pria.

14. Senyawa yang dihasilkan dari ekstrak bidara dapat memberikan rasa nyaman pada tubuh sehingga dapat mencegah timbulnya depresi

Selain dari sisi medis, manfaat dan khasiat daun bidara juga dapat dirasakan secara non medis

Manfaat dan Khasiat Daun Bidara Secara Non Medis

Daun Bidara Untuk Memandikan Jenazah

Bidara digunakan untuk memandikan jenazah. Dalam sebuah hadis Ummu ‘Athiyyah Rodhiyallohu ‘Anha berkata, “Nabi Shollallohu Alaihi Wa sallam pernah menemui kami sedangkan kami kala itu tengah memandikan puterinya (Zainab), lalu Beliau bersabda: ‘Mandikanlah dia tiga, lima, (atau tujuh) kali, atau lebih dari itu. Jika kalian memandang perlu, maka pergunakan air dan daun bidara. (Ummu ‘Athiyyah berkata, ‘Dengan ganjil?’ Beliau bersabda, ‘Ya.’) dan buatlah di akhir mandinya itu tumbuhan kafur atau sedikit darinya.”

Daun Bidara Untuk Menghindarkan Dari Gangguan Jin dan Sihir

Daun ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan gangguan jin dan sihir.

Caranya cukup sederhana, cukup dengan menghaluskan tujuh lembar daun kemudian larutkan didalam air sembari dibacakan ayat kursi, surah al-kafirun, al-ikhlas, al-falaq, dan an-naas.

Selanjutnya sebagian dari air tersebut diminum sebanyak tiga kali dan sebahagiannya lagi digunakan untuk mandi insyaAllah gangguan jin akan hilang.

Demikianlan beberapa manfaat dan khasiat daun bidara secara medis dan non medis semoga dapat meberikan manfaat untuk anda dan keluarga.

Leave a Comment