Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

MANFAAT DAUN KELOR – Tanaman kelor memiliki nama Moringa oleifera dalam bahasa Latin, atau disebut juga dengan drumstick plant dalam bahasa Inggris. Manfaat daun kelor sangatlah banyak, hal ini disebabkan memiliki kandungan nutrisi yang melimpah.

Oleh masyarakat umum, terutama di daerah pedesaan baru sebatas mengetahui manfaat daun kelor untuk dijadikan olahan sayuran atau minuman herbal yang memiliki masa penyimpanan yang singkat, sehingga tidak semua kalangan bisa menikmati manfaat daun kelor ini, terutama mereka yang tinggal di perkotaan.

Orang-orang sejak zaman dahulu percaya bahwa manfaat daun kelor sangatlah banyak, dapat digunakan untuk mencegah ratusan jenis penyakit. Pada tulisan ini kita akan membahas secara lengkap mengenai daun kelor, mulai dari kandungan, manfaat untuk kesehatan dan kecantikan serta cara pengolahannya.

Kandungan Daun Kelor

Kandungan Daun Kelor
purwatiwidiastuti.wordpress.com

Daun kelor memiliki kandungan yang amat baik untuk diolah menjadi ramuan obat tradisional, sebab di dalam daun kelor ini terkandung senyawa-senyawa yang bisa dijadikan sebagai gizi pada tubuh. Contohnya teh yang terbuat dari daun kelor terkandung polyphenol tinggi yang berkhasiat sebagai antioksidan. Seperti yang kita ketahui bahwa antioksidan berfungsi sebagai detoksifikasi tubuh dalam memperkuat sistem kekebalan tubuh. Minum teh yang terbuat dari daun kelor juga bisa membantu dalam menjaga kesehatan kulit apabila diminum secara teratur.

Tidak hanya itu daun kelor memiliki kandungan potassium empat kali lebih tinggi dari pisang, kalsium 4 kali lebih tinggi dari susu. Di dalam daun kelor juga terdapat kandungan vitamin C yang kadarnya 7 kali lipat lebih tinggi dari buah jeruk, selain itu juga kandungan vitamin A dalam daun kelor juga berkali lipat dari wortel, protein yang terkandung dalam daun kelor ini dua kali lipat lebih tinggi dari susu.

Karenanya tak heran sekiranya masyarakat banyak mencari daun kelor dan berkeinginan untuk diolah dibuat sebagai bahan dasar obat yang natural. Dengan kandungan zat aktif melimpah yang baik untuk kesehatan di dalam daun kelor ini amat bermanfaat dalam menuntaskan berbagai penyakit, seperti rematik, herpes, sakit mata, alergi bahkan sanggup menghambat dan menghancurkan pertumbuhan sel kanker lebih kuat jika dibandingkan dengan kemoterapi. Dan masih banyak manfaat daun kelor untuk mengobati penyakit.

Cara Mengolah Daun Kelor

Cara Mengolah Daun Kelor
alurmaju.blogspot.co

Dari banyaknya kandungan gizi dan manfaat daun kelor yang tela disebutkan di atas, ternyata kebanyakan orang masih banyak yang bertanya-tanya tentang bagai mana metode mengolah daun kelor untuk dibuat obat alami ?. Jangan linglung sebab disini saya akan memberikan informasi tentang cara mengolah daun kelor untuk diciptakan ramuan obat alami yang benar.

Dari beberapa narasumber yang aku ambil ternyata pengolahan daun kelor dapat diwujudkan serbuk sehingga bisa ditaburkan pada makanan atau dicampurkan dengan minuman seperti jus ataupun sirop. Berikut dibawah ini yakni metode mengolah daun kelor.

  1. Siapkan daun kelor yang diperlukan
  2. Bersihkan daun kelor dengan menggunakan air mengalir
  3. Keringkan daun kelor
  4. Setelah kering tumbuk hingga halus
  5. Saring hasil tumbukan daun kelor
  6. Usulan dalam wadah tertutup
  7. Siap untuk dikonsumsi, baik dicampurkan pada makanan atau juga minuman

Cara Memasak Daun Kelor Yang Benar

Cara Memasak Daun Kelor Yang Benar
cookpad.com

Sudah tau kan kandungan daun kelor? Kini kita beralih terhadap cara memasak daun kelor yang benar. Cita rasa daun-kelor yang segar dan sedap, bisa diolah menjadi berbagai masakan. Salah satunya di antaranya yakni dengan meraciknya menjadi sayur bening yang nikmat. Kamu akan merasakan cita rasa yang segar dari kuah rebusannya, sungguh-sungguh tepat dikonsumsi ketika cuaca tengah panas.

Nah, lalu bagaimana cara memasak daun kelor yang benar menjadi sayur bening? Berikut ini bahan yang perlu kamu sediakan.

  1. Daun-kelor sebanyak 3 ikat
  2. Air sebanyak 3 gelas dengan garam sebanyak 1 ½ sendok makan
  3. Temu kunci sebanyak 1 ruas yang dimemarkan
  4. Gula putih sebanyak 1 sendok makan
  5. Bawang merah yang diiris halus sebanyak 4 butir

Untuk menambah kesegaran dari daun kelor, kamu bisa menambahkan tomat yang dipotong. Selain memperindah tampilan juga akan menambah cita rasa dan kesejukan dari sayur jernih daun kelor tersebut. Langkah selanjutnya adalah memasak dari daun kelor. Cara memasak daun kelor yang benar menjadi sayur bening hampir sama dengan resep yang lain.

Cara memasaknya:

  1. Bersihkan daun kelor dengan memisahkan daun dari batangnya. Cucilah dengan mengaplikasikan air yang mengalir.
  2. Selanjutnya yaitu merebus air pada panci sampai air mendidih.
  3. Sesudah air mendidih, kamu dapat memasukkan bahan bahan seperti daun-kelor, temu kunci, bawang merah. Tidak lupa untuk memberikan cita rasa seperti garam dan gula pasir.
  4. Daun kelor diaduk-aduk, kemudian biarkan sampai benar-benar matang.
  5. Sesudah matang, matikan api dan angkat.
  6. Sayur bening daun-kelor siap untuk dihidangkan.

Demikianlah cara memasak daun kelor yang enak dan memiliki cita rasa segar. Dengan seluruh manfaat yang dimilikinya, tentu saja sayur daun kelor ialah metode gampang untuk sehat bukan? Kamu hanya perlu membatasi pola makanmu dengan sayuran bergizi supaya konsisten selalu fit dan sehat.

Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan

Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan
hellosehat.com

Berikut ini adalah manfaat daun kelor untuk kesehatan. Sebenarnya ada lebih banyak lagi manfaatnya tapi kami hanya membahas beberapa di antaranya. Manfaat daun kelor bagi kesehatan di bawah ini adalah yang paling populer dan sangat dibutuhkan di masyarakat umum.

Khasiat Daun Kelor Untuk Asam Urat

Perihal khasiat daun kelor untuk asam urat telah tidak diragukan lagi sebab telah jadi resep obat tradisional orang dahulu sebagai penurun asam urat dan obat penyembuh asam urat yang paling ampuh. Dengan cara mengobati asam urat dengan daun kelor telah di akui oleh dunia medis akan isi kandungan daun kelor sebagai metode mengolah daun kelor untuk asam urat dengan benar maka penyakit asam urat langsung bisa di sembuhkan.

Adapun isi kandungan lainnya akan khasiat daun kelor untuk asam urat yakni jenis alkoloid dan kholkisin selain mencegah asam urat senyawa itu bisa mencegah terjadinya pembengkakan merah pada persendian dan juga radang persendian.

Berikut ini merupakan manfaat daun kelor untuk asam urat. Untuk cara membuatnya, hal hal yang harus di persiapkan ialah:

  • Siapkanlah daun kelor yang masih segar
  • Air 500ml untuk merebus daun kelor
  • Panci untuk air rebusan daun kelor
  • Gelas belimbing untuk hasil ai rebusan daun kelor

Cara untuk mendapatkan khasiat daun kelor untuk asam urat cukup mudah. Ambillah daun kelor yang masih segar ambil daun kelornya saja lalu masukan daun kelor kedalam panci tuangkan air ke dalam panci yang berisi daun kelor kemudian masaklah air daun kelor hingga mendidih dan air rebusan daun kelor menyusut sampai 250 ml.

Lalu tuangkan ke dalam gelas hasil air rebusan daun kelor dan tunggu sampai hangat kemudian minumlah langsung habis untuk hasil optimal akan khasiat daun kelor untuk asam urat minumlah air rebusan daun kelor dengan metode mengolah daun kelor untuk asam urat.

Manfaat Daun Kelor Untuk Kanker

Kaya akan khasiat untuk kesehatan daun kelor ini mempunyai manfaat sebagai obat alami kanker dan banyak juga manfaatnya yang lain seperti manfaat daun kelor untuk kanker payudara, otak, sister, tulang, mulut rahim, hati, darah, rahim dan kulit. tetapi sebelum kita ke manfaat daun kelor untuk obat kanker mari kita mengetahui isi kandungan daun kelor dan variasi jenis kanker apa saja yang dapat di cegah dan di obati oleh daun kelor ini.

Cara menggunakannya cukup mudah, cukup merebus daun kelor secukupnya di dalam teko yang telah diisi air lalu air rebusannya diminum secara rutin setiap hari.

Manfaat Daun Kelor Untuk Diabetes

Diabetes merupakan salah satu ragam penyakit yang di akibatkan sebab gagalnya fungsi pankreas, Gagalnya fungsi pankreas menyebabkan gula yang semestinya di cerna dan di olah tubuh tak terserap dengan bagus oleh tubuh sehingga menyebabkan penumpukan kadar gula darah. Kadar gula darah yang di atas batas normal menyebabkan pelbagai kegagalan fungsi pada tubuh, dimana cara metabolisme menjadi kacau yang menyebabkan berbagai gejala gejala pada penderita diabetes.

Salah satu pengobatan tradisional yang bisa kamu gunakan sebagai pilihan mengobati diabetes yaitu dengan menggunakan daun kelor. Untuk mengambil manfaatnya, kamu dapat mencontoh langkah pengolahan daun kelor seperti berikut ini.

Yang kamu butuhkan:

  • Daun kelor
  • Air 3 gelas
  • Panci keramik/tanah liat

Cara mengolah:

  1. Pastikan kamu sudah membersihkan daun kelor hingga benar benar bersih, Kemudian godog atau rebus daun kelor di panci keramik yang telah di isi air 3 gelas atau 600 ml.
  2. Kalau air rebusan telah menguap hingga satu gelas/200 ml kembali tambahkan air sebanyak satu gelas kemudian ulangi sekali lagi.
  3. Sehingga ada 3 kali perebusan yang bertujuan untuk mengeluarkan zat penting dalam daun kelor.
  4. Setelah itu angkat, saring dan tiriskan.
  5. Tertib minum : 3x 1 gelas tiap-tiap hari.

Manfaat Daun Kelor Untuk Mata

Manfaat daun kelor telah terbukti dapat menjaga kesehatna mata, di antaranya mencegah rabun jauh, katarak, mata minus, pembuluh darah mata pecah glaukoma, dan lain-lain. Daun kelor ini tenar kaya antioksidan dan oleivera yang terdapat pada daun kelor ini memiliki manfaat untuk memberikan perlindungan kepada kerusakan retina.

Melakukan pengobatan dengan manfaat daun kelor dapat membantu mencegah kerusakan pada pembuluh retina dan menjaga pembuluh darah retina. Daun kelor bahkan bisa menghambat penebalan membran kapiler dan mencegah kerusakan pada retina. Kelor juga mengandung beta karoten (vitamin A) yang apabila dikonsumsi secara teratur dapat mencegah terjadinya penglihatan kabur.

Beta karoten diproses menjadi retinol di dalam tubuh sehingga membantu penglihatan mata dalam ruangan dengan cahaya redup dengan mengaktifkan sel-sel batang pada retina. Pasokan yang cukup dari beta karoten inilah yang dapat meningkatkan pandangan mata. Gizi dalam daun kelor memiliki peranan penting untuk memelihara otak dan mata.

Untuk memakai manfaat daun kelor caranya cukup gampang adalah dengan mengambil 3 lembar daun kelor, tumbuk hingga halus, lalu campur dengan air 1 gelas, aduk hingga segala tercampur merata, lalu setelah segala selesai diamkan terpenting dulu supaya ampasnya mengendap, sesudah mengendap kamu jadikan sebagai obat tetes mata.

Khasiat Daun Kelor Untuk Kolesterol

Sebagian opsi yang dapat dilakukan untuk menurunkan kadar kolesterol diantaranya seperti mengontrol berat badan secara bijak, melakukan olahraga rutin setidaknya 30 menit dalam satu hari, mengurangi konsumsi makanan berlemak, menjauhi junk food, konsumsi buah-buahan serta konsumsi  sayur -sayuran yang berwarna hijau. Ragam makanan hal yang demikian dapat membantu menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh. Salah satu solusinya merupakan dengan mengonsumsi tanaman kelor bagian daunnya maupun buah kelor.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh ekstrak daun kelor dengan terjadinya penurunan kadar kolesterol pada uji coba tikus. Hipotesa bisa muncul sebab efek hal yang demikian merupakan adanya peran dari suatu senyawa bioaktif, senyawa sitosterol dalam daun kelor.

Peran sitosterol ataupun disebut dengan beta-sitosterol dapat meningkatkan fungsi komponen usus untuk meresap lemak maupun kolesterol dengan demikian kadar kolesterol yang beredar di dalam darah dapat diwariskan. tersebut sehingga bisa mencegah perubahan VLDL yang menjadi LDL ataupun lemak jahat.

Manfaat Daun Kelor Bagi Kecantikan

Manfaat Daun Kelor Bagi Kecantikan
tips-shares.blogspot.co.id

Adapun beberapa manfaat daun kelor bagi kecantikan wajah dan kulit, antara lain:

Menghilangkan Noda Hitam (Flek) Pada Wajah

Kandungan vitamain C yang ada di dalam daun kelor ialah gizi yang kapabel untuk menghilangkan noda hitam (flek) pada wajah. Caranya ialah dengan menjadikannya sebagai masker wajah. Sebagaimana kita ketahui bahwa vitamin C selain sebagai penguat metode kekebalan tubuh (imunitas), juga tenar sebagai kandungan yang kapabel mencerahkan kulit sehingga flek-flek di wajah bila hilang. Sistem pembuatan masker dari daun kelor pun terbilang mudah, ialah:

  1. Cuci hingga bersih sebagian lembar daun kelor, kemudian tumbuklah daun kelor hal yang demikian sampai halus dan lembut.
  2. Daun kelor yang telah ditumbuk dicampurkan dengan bedak bayi dalam jumlah secukupnya. Kalaupun tidak dicampurkan juga tidak apa-apa, hanya pilihan.
  3. Letakkanlah hasil tumbukan yang sudah dicampur atau tak dicampur dengan bedak bayi hal yang demikian ke permukaan wajah sampai merata dan diamkan selama 15 hingga 20 menit. Tentu sebelumnya wajah juga harus dibersihkan lebih-lebih dulu dengan air.
  4. Kemudian bilaslah dengan menerapkan air. Lakukanlah kebiasaan ini setidaknya 2 hari sekali atau paling tak sebanyak 2 kali dalam seminggu dalam satu bulan. Nantinya noda hitam (flek) pada wajah pasti akan berangsur-angsur memudar dan walhasil hilang dengan sendirinya.

Metode perawatan seperti ini terhitung menjadi pilihan yang dijalankan sebab di samping harganya yang murah, juga metode yang harus dilakukan terbilang praktis. Selain itu, cara ini juga termasuk cara alami yang terbebas dari kandungan-kandungan kimia yang biasanya ada  dan diaplikasikan pada pembersih wajah dalam dunia kecantikan.

Menghilangkan Jerawat Pada Wajah

Kandungan vitamin C yang tinggi di samping bisa menghilangkan noda hitam (flek) sebagaimana sudah ditunjukkan di atas, juga bisa berguna untuk menghilangkan jerawat yang timbul. Caranya malah hampir sama dengan menghilangkan noda hitam (flek), yakni:

  1. Cuci hingga bersih sebagian lembar daun kelor, kemudian tumbuklah sampai halus dan lembut.
  2. Bersihkan wajah dengan menerapkan air. Cukup dioleskan saja hasil tumbukan daun kelornya yang telah dibuat pada bagian wajah yang menjadi tempat tumbuhnya jerawat, dalam artian hasil tumbukan dioleskan di atas jerawat yang muncul sampai menutupinya.
  3. Diamkan selama 20 menit hingga terasa cukup kering, lalu bilas dan bersihkan dengan memakai air sampai bersih. Lakukanlah sistem perawatan ini secara rutin dan teratur sebelum tidur malam bila menginginkan jerawat kencang hilang. Sehingga wajah kembali bersih dan cemerlang.

Menyehatkan Kulit Wajah

Dari beberapa manfaat daun kelor yang sudah dipaparkan sebelumnya, dapat disimpulakan juga bahwa daun kelor yang bisa membebaskan wajah dari noda hitam (flek) dan jerawat berarti bisa menyehatkan kulit. Hal tersebut dikarenakan kandungan vitamin C pada daun kelor sangatlah baik untuk kesehatan kulit.

Selain itu juga, mengonsumsi daun kelor sebagai menu hidangan makan juga diyakini sanggup memperhalus kulit dan mencegah munculnya jerawat sehingga wajah dan kulit akan terlihat semakin berseri-seri, sehat, bersih, dan menawan.

Sebagai Antioksidan

Kandungan vitamin C nya yang tinggi selain sebagai penghilang noda hitam (flek) dan jerawat pada wajah, juga bisa berfungsi sebagai antioksidan yang bagus bagi tubuh. Selain mana, antioksidan yang berasal dari kandungan vitamin C yang tinggi bisa berfungsi untuk menangkal radikal bebas yang merugikan kesehatan.

Dalam kasus kecantikan sendiri, antioksidan akan cakap menjaga kulit agar tetap segar, bersih, dan berkilau secara natural. Sesudah ini dikarenakan vitamin C juga turut menolong dalam pembuangan racun yang dikeluarkan dari jaringan tubuh.

Membersihkan Kulit Gunakanlah Menyeluruh

Selain untuk kesehatan dan kebersihan wajah semata, namun manfaat daun kelor bagi kecantikan kulit sebetulnya juga bisa diaplikasikan untuk membuat kulit bersih secara menyeluruh sehingga nampak cemerlang dan bersinar. Caranya memanfaatkannya tidaklah berbeda dengan pembuatan masker wajah biasa, hanya saja untuk kali ini dicampur dengan beras dan minyak zaitun, yaitu:

  1. Cuci hingga bersih daun kelor secukupnya, kemudian tumbuk hingga halus.
  2. Campurkan hasil tumbukan daun kelor tersebut dengan beras yang juga telah ditumbuk dengan keadaan yang masih agak kasar.
  3. Tambahkan sedikit minyak zaitun supaya terasa lebih harum. Kemudian gunakanlah campuran tersebut sebagai scrub atau lulur dan balurkan secara merata ke semua tubuh seraya memberikan pijatan-pijatan lembut dan perlahan.
  4. Dirasa cukup, bersihkanlah dengan sistem mandi seperti umumnya. Dengan kata lain, sistem ini ialah metode mandi yang memakai daun kelor, beras, dan minyak zaitun sebagai lulurnya.

Menghilangkan Keriput

Manfaat terakhir yang dapat diperoleh dari daun kelor untuk kecantikan yaitu kesanggupannya dalam menghilangkan keriput yang umumnya tak jarang timbul terutamanya dulu di sekitaran wajah. Masker daun kelor seperti metode pada poin 1 setidaknya 3 kali dalam seminggu agar yang hasil diperoleh optimal.

Cara Membuat Jus Daun Kelor

Cara Membuat Jus Daun Kelor
inspirasidata.com

Untuk membuat jus daun kelor, berikut ini adalah bahan-bahan yang perlu kamu siapkan:

  • Daun kelor 1 gelas
  • Air Hangat 1 Gelas
  • Madu 1 sendok makan
  • Jus jeruk nipis separuh irisan lemon

Cara membuat jus daun kelor

  1. Campurkan bahan pertama dan kedua bersama-sama dalam mixer, sampai daunnya tergiling dengan baik.
  2. Tiriskan ke dalam gelas dan tambahkan jus lemon dan madu.
  3. Konsumsilah di kala perut kosong.

Daun kelor ialah pabrik vitamin dan mineral. Manfaat kesehatan tak cuma untuk penurunan berat badan. Ini membantu dalam memberantas seluruh lemak perut, memberimu perut yang rata. Manfaat mengkonsumsi daun kelor sangat besar.

Efek Samping Daun Kelor

Efek Samping Daun Kelor
efeksamping.com

Setelah kita membahas perihal Manfaat Daun Kelor Bagi Kesehatan, kali ini Mama akan membahas tentang efek samping mengkonsumsi daun kelor. Untuk efek samping mengonsusmi daun kelor terbilang cukup berbahaya juga, tetapi bahaya daun kelor ini cuma dalam keadaan tertentu.

Jika kelor diberikan kepada ibu hamil ada sedikit kekhawatiran sebab bahan kimia yang terkandung pada akar, kulit kayu, dan bunganya bisa membuat kontrak rahim dan ini bisa menyebabkan keguguran. Belum ada penelitian yang menjelaskan perihal keamanan daun kelor pada wanita selama kehamilan, meskipun daun kelor sekali-sekali dipakai oleh masyarakat pedesaan untuk meningkatkan produksi ASI.

Sebagian penelitian menampilkan kemungkinan hal tersebut, melainkan belum ada penelitian yang cukup untuk memberikan informasi mengenai apakah aman untuk bayi. Oleh karena itu, hal yang terbaik yakni untuk menghindari daun kelor di kala sedang hamil atau menyusui.

***

Demikianlah uraian lengkap manfaat daun kelor untuk kesehatan dan kecantikan, kandungan, cara mengolah serta efek sampingnya. Semoga bermanfaat. Jika ada yang alami, aman dan murah, mengapa harus memilih yang hasil sintesis yang lebih mahal dan belum tentu aman?

No ratings yet.

Please rate this

Leave a Comment