Macam-macam Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

MANFAAT JERUK NIPIS – Jeruk nipis merupakan jenis tumbuhan yang masuk ke dalam suku jeruk-jerukan dengan istilah ilmiah Lat citrus aurantifolia.

Berbicara mengenai jeruk nipis ini biasanya menjadi salah satu pelengkap bumbu penambah rasa pada masakan tertentu, air jeruk nipis biasa digunakan sebagai penetralisir bau amis. Selain dari pada itu ternyata jeruk nipis mempunyai banyak sekali manfaat bagi kesehatan dan kecantikan Anda, simak berikut ini.

Kandungan Jeruk Nipis

manfaat jeruk nipis
Blog.umy.ac.id

Kandungan yang terdapat di dalam jeruk nipis ini sangatlah banyak seperti: Asam sitrat, asam amino (triptofan, lisin), minyak atsiri (felandren, sitral, limonen, lemon kamfer, kadinen, gerani-lasetat, inali-lasetat, aktilaldehid, nonildehid), damar, kalsium, lemak, fosfor, asam sitrun, besi, belerang, vitamin C dan B1.

Ditambah lagi senyawa flavonoid dan saponin yaitu hesperidin ( hesperetin 7-rutinosida), eriocitirin, tengeretin, naringin, eriocitrocide. Hespedirin bermanfaat untuk menghambat sintesis prostaglodin dan beguna sebagai antioksidan serta antiinflamasi.

Hepedirin juga mampu menghambat azoxymenthane (AOM) yang menginduksi karsinogenesis pada kendung kemih tikus. Jeruk nipis juga mengandung 7% minyak essensial dengan kandungan limonen, citral, bisabolene, terpineol, fenchon, dan terpenoid dll.

Pernah dilakukan penelitian mengenai Hespedirin dan Naringin, Del Leo dan Del Bosco (2005) mengemukakan bahwa hespedirin dan naringin mempunyai efek dalam penghambatan proliferasi sel kanker, menunda tumor genesis, dan agen kemopreventif karsinogenesis.

Hespedirin juga bisa menurunkan lipopolysaccharide yang mampu menginduksi hepatotoksitas terhadap hepar tikus.

Rincian Kandungan Beserta Manfaatnya

1. Kaya Flavonoid

Flavonoid merupakan senyawa yang memberikan warna terhadap tanaman. Buah jeruk dan jus kaya akan flavonoid, flavonoid ini bertindak sebagai antioksidan kuat. Sedangkan antioksidan sendiri membantu tubuh dalam melindungi serangan radikal bebas.

2. Macronutrients, Serat dan Kalori

Segelas air jeruk nipis segar mengandung 1 gr protein, 0,17 gr total lemak, yang merupakan 2% dai nilai yang sudah ditetapkan oleh Amerika Serikat Food and Drug Administration berdasarkan diet 2.000 kalori per hari.

Karbohidrat yang terkandung di dalamnya sekitar 20 gr, serat 1 gr, dan 60 kalori. Selain dari pada itu, air jeruk nipis juga mempunyai sejumlah lemak yang bebas kolesterol.

3. Kandungan Asam Sitrat

Asam sitrat inilah yang membuat rasa asam pada jeruk nipis, dalam sebuah studi yang meneliti aktivitas antibakteri air jeruk terhadap spesies bakteri berbahaya ternyata air jeruk nipis efektif dalam mengurangi penyebaran bakteri karena asam sitrat dalam jus.

4. Nilai Micronutrient

Sudah menjadi rahasia umum bahwasannya jeruk nipis memang kaya akan vitamin C oleh karena itu segelas air jeruk nipis segar bisa sampai mengandung 73 mg, lebih dari 100% nilai harian vitamin C yang dibutuhkan tubuh.

Vitamin C sangatlah penting untuk pengembangan jaringan tubuh, membantu penyembuhan luka, dan mendukung dinding pembuluh darah. Kandungan mikronutrien penting dalam jeruk nipis dalam jumlah kecil antara lain: Kalium, fosfor, magnesium, kalsium, Vitamin A dan B.

5. Kandungan Mineral

Kandungan jeruk nipis lainnya seperti: Kalium, tembaga, dan besi. Kalsium merupakan sebuah komponen penting dalam sel dan cairan tubuh membantu mengontrol detak jantung dan tekanan darah.

Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan

manfaat jeruk nipis
Intisari.grid.id

Manfaat jeruk nipis untuk kesehatan di antaranya: Ambeien, Amandel, Sakit gigi, Batuk dan batuk berdahak, Bau badan, Batu ginjal, Difteri, Demam, Haid tidak teratur, Sehabis melahirkan, Jerawat, Vertigo, Mencegah rambut rontok atau berketombe, dan melebatkan rambut.

Menghentikan kebiasaan merokok, Radang tenggorokan, Lendir di tenggorokan, Kurap atau panu, Demam atau panas saat malaria, Pegal linu, Melangsingkan badan, Menambah stamina, Tekanan darah tinggi, Membantu dalam pengangkatan sel kulit mati, Membantu membersihkan komedo, Membantu wajah lebih sehat dan bersinar.

Di bawah ini merupakan sedikit penjelasan mengenai penyakit-penyakit di atas.

Diabetes

Menurut American Diabetes Association, jeruk nipis dan buah jeruk dianggap sebagai makanan super untuk diabetes. Hal itu disebabkan karena serat larut yang ada di dalamnya sangat tinggi yang membuat makanan ideal untuk membantu proses mengatur penyerapan gula pada tubuh ke dalam aliran darah, mengurangi lonjakan gula darah yang merupakan resiko serius bagi penderita diabetes.

Anti Kanker

Sudah banyak dijelaskan bahwa jeruk nipis merupakan buah yang kaya dengan kandungan zat anti kanker (flavonoid) yang berperan sebagai pembunuh dan pencegah kerusakan sel.

Penyakit Jantung

Serat larut yang ada pada jeruk menjaga kadar gula darah, menjadikan tekanan darah lebih rendah, dan mampu menghilangkan kolesterol LDL (Kolesterol buruk). Selain itu serat jeruk juga mengurangi peradangan pada pembuluh darah yang merupakan tindakan pencegahan yang dikenal dengan penyakit jantung, serangan jantung, dan stroke.

Pencernaan

Jeruk nipis mempunyai aroma dan rasa yang khas, apabila dimakan akan mulut akan menghasilkan air liur dan itu sangatlah membantu pencernaan utama. Keasaman alami akan memecahkan molekul makro makanan.

Kemudian flavonoid senyawa yang ditemukan di dalam minyak yang di ekstak dari jeruk nipis merangsang sistem pencernaan dan meningkatkan sekresi cairan pencernaan empedu, dan asam.

Flavonoid juga merangsang gerak peristaltik. Itu semua adalah alasan kenapa konsumsi acara jeruk nipis dengan makan siang dan malam hari. Begitulah yang dilakukan oleh masyarakat di India.

Gangguan Pernapasan

Minyak flavonoid yang diekstrak dari jeruk nipis secara luas dipakai dalam obat-obatan anti-kongesif seperti alat penguat, balm, dan inhaler karena adanya kaempferol. Hanya dengan cara menghirupnya sudah mampu mengatasi rasa sesak dan mual.

Demam

Vitamin C ditemukan dalam konsentrasi tinggi dalam buah jeruk, secara alami dapat membantu menurunkan suhu.

Pada umumnya buah jeruk mampu mengurangi demam tinggi, penderita harus mengonsumsi jus lemon dan air. Akan tetapi jika demam ringan sampai demam sedang, cukup jus buah lainnya terutama jus jeruk, itu akan mengatasi demam.

Radang Sendi

Salah satu penyebab radang sendi adalah banyaknya asam urat yang menumpuk di dalam tubuh. Asam sitrat ditemukan dalam buah jeruk nipis. Buah jeruk pada umumnya mempunyai sifat anti inflamasi dan bisa digunakan untuk sejumlah isu peradangan.

Gangguan Kemih

Kandungan kalium tinggi yang ada di dalam jeruk nipis ini sangat efektif untuk menghilangkan zat beracun dan endapan yang bisa disimpan di dalam ginjal dan kandung kemih. Sifat disinfektan jeruk nipis membantu menyembuhkan infeksi pada sistem kemih, membersihkan penyumbatan air seni yang berasal dari endapan kalsium dalam saluran kemih.

Asam Urat

Sumber munculnya asam urat ini disebabkan oleh 2 hal yaitu: Akumulasi radikal bebas dalam tubuh dan akumulasi racun yang ada di dalam tubuh, terutama asam urat. Jeruk nipis mampu mengatasi kedua hal tersebut.

Jeruk nipis adalah sumber antioksidan dan pendetoks (vitamin C dan flavonoid) yang mengurangi jumlah radikal bebas serta detoksifikasi tubuh.

Jeruk Nipis Untuk Kecantikan Kulit

manfaat jeruk nipis
Pintubelajarcerdas.blogspot.com

Berikut ini adalah beberapa manfaat jeruk nipis yang bisa Anda gunakan untuk mempercantik kulit secara alami.

Mengatasi Jerawat dan Bekas Noda

Faktor utama yang menyebabkan jerawat dan noda adalah kotoran, minyak dan sel kulit mati yang menyumbat pada pori-pori wajah. Masalah jerawat ini sering terjadi pada orang dengan jenis kulit yang cenderung berminyak.

Ditambah lagi bakteri pada pori-pori yang akan memperburuk peradangan, meningkatkan kemerahan dan nyeri. Di sinilah jeruk mulai berperan, di mana sifat antibiotik yang terkandung di dalamnya mampu menghambat pertumbuhan bakteri penyebab jerawat.

Untuk menjaga dari jerawat, Anda dapat mengombinasikan dengan madu, sudah kita ketahui bersama bahwa madu mempunyai sifat anti bakteri yang mencegah pertumbuhan bakteri, sedangkan sifat asam yang ada pada jeruk nipis akan mengontrol  minyak pada kulit wajah.

Mengatasi Noda Hitam

Jeruk nipis bisa digunakan untuk meringankan bintik-bintik gelap, caranya:

  • Ambil jeruk nipis dan ratakan perasan airnya pada kapas.
  • Oleskan pada bagian wajah yang gelap dan diamkan dalam kurun waktu 30 menit.
  • Tetap berada di dalam rumah untuk menghindari kotoran seperti debu dsb. Dan hindarilah matahari secara langsung, karena air jeruk nipis bisa membuat kulit sensitif terhadap sinar matahari.
  • Yang terakhir hanya saran, pakailah tabir surya sebelum keluar rumah.

Anti Penuaan

Seiring bertambahnya usia dan juga paparan sinar UV matahari, membentuk melanin yang akan sangat berpengaruh terhadap warna kulit. Lalu akan muncul bintik-bintik gelap dan menimbulkan tanda-tanda penuaan.

Untuk mengatasi hal tersebut Anda dapat melakukan beberapa cara ini:

  • Ambil jeruk nipis, kupas, lalu gosokkan pad kulit.
  • Bisa juga dengan memakai masker alami dengan kulit jeruk nipis, yang secara signifikan mengurangi pigmentasi berlebihan.

Mengatasi Flek Hitam

Untuk mengatasi plak hitam pada kulit Anda bisa melakukan cara sederhana berikut: Mencampur tepung dengan menambahkan beberapa perasan air jeruk nipis, kemudian oleskan secara merata pada kulit dan biarkan hingga kering.

Ketika kering, cucilah muka dengan air dan keringkan. Untuk mendapatkan hasil yang baik lakukanlah cara seperti ini seminggu sekali.

Menghilangkan Kulit Mati

Sebelumnya sudah dibahas bahawa jeruk nipis mengandung asam sitrat, di mana senyawa tersebut sangat membantu untuk mengelupaskan sel kulit yang mati. Jeruk nipis sering digunakan untuk perawatan kecantikan di salon-salon spa dan pengobatan rumah guna meningkatkan kesehatan dan penampilan pada wajah.

Mencegah Pori-pori

Astringent sangat efektif dalam mengencangkan otot-otot, itulah salah satu alasan mengapa sering digunakan dalam produk kecantikan dan perawatan kulit. Minyak jeruk nipis mempunyai sifat astringent yang bisa dipakai untuk mencegah pori-pori.

Kulit Bersinar

Caranya mudah sekali untuk mendapatkan kulit yang bersinar, buatlah segelas air hangat, campur dengan madu, dan air perasan jeruk nipis setiap pagi dengan teratur. Lihat beberapa minggu ke depan perhatikan perbedaan kulit Anda.

Menjaga Kelembaban Kulit

Cara yang terakhir ini juga cukup mudah untuk dilakukan caranya: Air perasan jeruk nipis dicampur dengan putih telur, bisa dijadikan masker untuk mempertahankan kelembaban kulit wajah Anda.

Efek Samping Masker Jeruk Nipis

manfaat jeruk nipis
Tandapagar.com

Saat ini banyak cara-cara alami yang digunakan untuk mencerahkan kulit. Salah satunya dengan masker jeruk nipis ini. Masker dari jeruk nipis diklaim banyak orang memiliki manfaat seperti mencegah jerawat, menghambat proses penuaan dll.

Pada dasarnya masker yang terbuat dari jeruk nipis tidak memiliki efek samping yang berbahaya karena memakai bahan alami. Akan tetapi bagi Anda yang mempunyai kulit sensitif disarankan agar lebih hati-hati.

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan Anda bisa melakukan tips-tips berikut:

  • Cuci bersih terlebih dahulu sebelum digunakan.
  • Pisau yang digunakan juga harus bersih dari kotoran atau bahan lain.
  • Hindari memakai masker jeruk nipis setiap hari.
  • Cukup gunakan 1 – 2x/minggu selama 30 menit atau lebih dan jangan gunakan melebihi 60 menit.
  • Bilas dengan air bersih dan keringkan.

Apabila Anda sudah mencoba dan muncul tanda-tanda aneh seperti kemerahan, nyeri, bahkan timbulnya jerawat dsb. Hentikan pemakaian dan konsultasikan ke dokter spesialis kulit.

No ratings yet.

Please rate this

Leave a Comment