Manfaat Madu Alami untuk Kesehatan dan Kecantikan

MANFAAT MADU – Jenis obat alami yang memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan. Madu sudah sejak zaman dulu kala dipercaya dan dimanfaatkan untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Pada zaman sekarang selain sebagai obat, madu juga memiliki manfaat untuk kecantikan.

Madu merupakan cairan yang berbentuk seperti kental dan memiliki rasa yang sangat manis. Madu dihasilkan oleh lebah madu yang mengambil dari nektar bunga. Ketika di dalam sarang, lebah madu mengeluarkan nektar dan ditempatkan pada sel, dan apabila sel sudah penuh, maka sel akan ditutup kemudian akan terjadi fermentasi.

Kandungan Madu

Manfaat madu untuk kesehatan
http://familinia.com

Madu memiliki rasa yang sangat manis, hal ini disebabkan oleh unsur monosakarida fruktosa dan glukosa, sehingga rasa manis yang dimiliki hampir sama seperti manisnya gula. Berikut daftar analisis yang ada pada madu secara umum.

  • Fruktosa: 38,2%
  • Glukosa: 31,3%
  • Maltosa: 7,1%
  • Sukrosa: 1,3%
  • Abu/analisis kimia: o.2%
  • air: 17,2%
  • Gula paling tinggi: 1,5%
  • Lain-lain: 3,2%

Selain kandungannya yang alami, madu sudah dipercaya memiliki banyak manfaat. Sepanjang sejarah madu, madu sudah dimanfaatkan untuk pengobatan berbagai jenis penyakit. Dan ketika sudah dilakukan penelitian ternyata madu juga mengadung enzim antiseptik, antibakteri, dan juga antioksidan.

Sehingga madu bisa dimanfaatkan untuk perawatan kecantikan wajah. Untuk lebih jelasnya, dalam artikel ini akan membahas macam-macam manfaat madu. Baik manfaat madu untuk kesehatan ataupun manfaat madu untuk kecantikan.

Manfaat Madu untuk Kesehatan

manfaat madu untuk kesehatan
jokonljoko0301.blogspot.co.id

Kita semua tahu bahwa madu memiliki segudang manfaat. Selain karena kealamiannya, madu juga kaya akan kandungan yang baik untuk kesehatan tubuh manusia. Berikut ini merupakan beberapa manfaat madu yang perlu anda ketahui. Agar anda bisa lebih memaksimalkan madu untuk membantu kesehatan tubuh anda.

1. Meredakan Batuk

Batuk merupakan masalah yang terjadi di sistem pernafasan, dan bisa menyerang siapa saja. Dalam arti batuk bisa menyerang anak-anak, orang dewasa, orang tua, dan semua kalangan manusia. Apabila sedang menderita batuk, aktivitas sudah pasti sangat terganggu.

Kandungan antibakteri dan antiviral yang ada pada madu, bisa membantu untuk meredakan batuk. Menurut penelitian yang sudah dilakukan oleh ilmuwan di Penn State College of Medicine, bahwasanya madu teruji bisa mengatasi masalah infeksi saluran pernafasan pada anak-anak yang menyebabkan batuk.

Efek yang terjadi dari madu seperti efek obat batuk yang memiliki kandungan dextromethorphan. Jadi, anda bisa selalu sediakan madu, apabila suatu saat anda atau keluarga anda terserang batuk, segera atasi dengan menggunakan madu.

2. Mencegah Diabetes

Penyakit diabetes merupakan penyakit yang sangat berbahaya, karena bisa menyebabkan kematian. Penyakit ini kebanyakan disebabkan karena pola hidup yang tidak sehat. Terutama terlalu banyak mengkonsumsi gula dan makanan manis yang dibuat dari pemanis buatan. Sehingga bisa menyebabkan gangguan fungsi hormon insulin.

Hormon insulin adalah hormon yang mengatur kadar gula dalam darah, sehingga jika hormon insulin tidak berfungsi dengan normal, kadar gula dalam darah tidak bisa dikendalikan sehingga timbul penyakit diabetes. Pada madu terkandung senyawa gula yang alami apabila dibandingkan dengan gula pasir biasa atau sukrosa. Jadi, madu tetap aman dikonsumsi meskipun memiliki rasa yang manis.

3. Memperbaiki Sistem Kekebalan Tubuh

Menurut penilitian dari Abuharfeil et al pada tahun 1999, madu mampu merangsang pembentukan sel-sel imun yang bisa menangkal serangan penyakit. Selain itu, madu juga mampu merangsang produksi antibodi yang dibutuhkan saat proses penyembuhan. Dikuatkan dengan penelitian selanjutnya pada tahun 2004 yang dilakukan oleh Al-Waili and Haq.

Dengan alasan ini, madu dipercaya mampu memperbaiki sistem kekebalan tubuh manusia. Dan hal ini juga sudah banyak yang merasakan kebenarannya. Oleh karena itu, jika kekebalan tubuh anda sedang berkurang dan mudah terserang penyakit, anda bisa memanfaatkan madu untuk memperbaiki sistem kekebalan tubuh anda.

4. Meningkatkan Stamina Energi

Manfaat madu bagi kesehatan tubuh selanjutnya adalah madu bisa membantu meningkatkan stamina. Dulu, para atlit mengkonsumsi madu dan telur untuk meningkatkan staminanya saat bertanding. Hal ini kemudian dibuktikan oleh ilmuwan yang melakukan penelitian kepada 39 atlit.

Kemudian dibagi dengan sebagian menerima asupan madu dan sebagian menerima asupan protein. Hasilnya, atlit yang diberi asupan madu memiliki stamina yang lebih baik. Selain itu, sudah teruji juga oleh banyak orang. Seperti para buruh pabrik, dan para binaragawan.

5. Mengurangi Resiko Serangan Jantung

Penyakit jantung merupakan penyakit yang sangat berbahaya dan bisa menyebabkan kematian. Kandungan antioksidan pada madu bisa membantu dalam menangkal efek radikal bebas yang bisa merusak sel pada jantung. Selain itu, manfaat madu dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh juga berefek baik dalam mengurangi serangan jantung.

Manfaat madu memang sangat bagus untuk kesehatan tubuh, selain kandungan di atas, madu juga mengandung potassium dan zinc yang berperan dalam mengatur tekanan darah dan juga detak jantung manusia.

6. Meredamkan Panas Demam

Demam merupakan salah satu indikasi untuk mengetahui suatu penyakit tertentu. Apabila tidak segera ditangani maka bisa menyebabkan kejang dan komplikasi. Hal ini sering terjadi pada anak-anak.

Pada madu terkandung senyawa antiinflamasi, merupakan senyawa yang mampu membantu meredekan peradangan. Dan juga bisa meningkatkan kekebalan tubuh, yang akan berefek pada penurunan demam.

7. Mencegah Kerusakan Hati

Keruakan hati biasanya disebabkan karena terlalu berlebihan mengkonsumsi alkohol. Manfaat madu ternyata bisa juga untuk mencegah kerusakan hati. Madu bisa membantu proses detoksifikasi alkohol atau senyawa ethanol di dalam darah.

Mengkonsumsi madu setelah mengkonsumsi alkohol dapat mempercepat proses eliminasi ethanol. Sehingga bisa mengurangi efek yang tidak baik yang disebabkan oleh alkohol. Namun, mengkonsumsi madu juga perlu diperhatikan supaya tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Karena madu mengandung spora dan bakteri yang bisa menimbulkan kotra indikasi.

Itulah beberapa manfaat madu untuk kesehatan tubuh. Selain manfaat untuk kesehatan, madu juga dipercaya memiliki manfaat untuk kecantikan. Terutama untuk perawatan kecantikan kulit dan bagian anggota tubuh lainnya pada perempuan.

Manfaat Madu untuk Kecantikan

Manfaat madu untuk kecantikan
Sumber: familina.com

Manfaat madu untuk kecantikan bukanlah hal yang baru diketahui, namun sudah sejak zaman dahulu. Hal tersebut diyakinkan lagi dengan bukti penelitian yang menyatakan bahwa madu mengandung enzim antiseptik, antibakteri, dan antioksidan.

Madu yang digunakan untuk perawatan yaitu madu yang yang masih asli dan murni. Yaitu madu yang belum dipasteurisasi, diproses, dan belum dipanaskan menggunakan cara apapun. Madu yang seperti itu akan lebih bagus dalam merawat kecantikan anda seperti merawat kulit, rambut, dan lainnya. Untuk lebih jelasnya berikut adalah beberapa manfaat madu untuk kecantikan.

1. Masker Pelembab

Salah satu manfaat madu untuk kecantikan yang madu bisa dimanfaatkan sebagai masker pelembab. Madu merupakan humectant. Humetant merupakan bahan yang mampu  menyerap air dan mampu mempertahankan lapisan kulit.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan madu asli secukupnya pada bagian kulit kering anda, lalu diamkan selama beberapa menit. Antara 15 – 20 menit. Jika sudah berjalan antara 15 – 20 menit, bilaslah dengan air hangat supaya lebih maksimal.

2. Membersihkan Pori-pori

Kandungan enzim pada madu bisa mencerahkan kulit dan melindungi pori-pori. Selain itu, sifat antibakteri dari madu ini juga mampu mencegah penumpukan bakteri yang menyebabkan komedo dan juga jerawat.

Caranya dengan mencampurkan 1 sendok makan madu asli yang msih mentah dengan 2 sendok makan minyak kelapa, kemudian aduk sampai rata. Oleskan dan pijat pada bagian kulit yang kering, tunggu beberapa menit kemudian bilas dengan air hangat.

3. Menghilangkan Bekas Luka

Manfaat madu juga bisa menghilangkan bekas luka, kandungan senyawa anti-inflasi dan antibakteri bisa membantu dalam mengurangi bekas luka pada kulit. Selain itu, bagus juga dalam meningkatkan atau mempercepat regenerasi jaringan.

Caranya yaitu dengan mencampurkan 1 sendok makan madu asli yang masih mentah dengan 1 sendok makan minyak zaitun. Aduk hingga merata lalu oleskan pada bagian kulit yang terdapat bekas luka, kemudian tutup dengan kain hangat.

4. Menghaluskan Kulit

Kandungan pada madu yang masih asli dapat menyehatkan dan menyembuhkan kulit. Untuk memaksimalkan, bisa dicampurkan dengan minyak kelapa, dan cuka apel. Apabila bahan-bahan tersebut dicampurkan, ini merupakan ramuan yang bagus untuk memperhalus kulit.

Caranya dengan mencampurkan 1 sendok makan madu asli, kemudian 1 sendok makan cuka apel, dan 1 sendok minyak kelapa. Campurkan sampai merata, lalu oleskan pada kulit yang anda tuju. Diamkan selama 10-15 menit, jika sudah bilas dengan air hangat.

5. Mengatasi Jerawat

Masalah jerawat merupakan masalah yang paling sering djumpai. Apabila anda adalah orang yang memiliki masalah jerawat, anda bisa manfaat madu untuk megobatinya. Kandungan pada madu yaitu anti bakteri dan anti jamur bisa mecegah dan mengobati masalah jerawat. Sifat anti-inflamsi pada madu mampu meredakan iritasi dan juga kemerahan.

Caranya cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan setetes atau secukupnya madu asli yang masih mentah pada bagian kulit wajah yang terdapat jerawat. Lalu biarkan antara 10-15 menit, kemudia bilas dengan air hangat.

6. Exfoliator

Madu mengandung antioksidan , enzim, dan nutrisi yang bagus untuk kulit. Selain membersihkan kulit, kandungan tersebut juga bisa menyehatkan kulit dan melembabkan kulit. Selain itu, kandungan lainnya yaitu baking soda yang merupakan exfoliator alami yang mampu mengangkat sel-sel kulit mati.

Caranya dengan mencampurkan 2 sendok makan madu asli dan 1 sendok baking soda. Sedikit basahi kulit, lalu oleskan secara merata campuran tersebut pada kulit yang dituju. Tunggu beberap menit kemudian bilas dengan air.

7. Kondisioner Rambut

Manfaat madu untuk membantu menangani rambut kusam, kandungan enzim dan nutrisi pada madu asli yang masih mentah bisa membantu melembutkan rambut. Untuk memaksimalkan bisa ditambahkan dengan minyak kelapa.

Caranya yaitu dengan mencampurkan 1 sendok makan madu asli mentah dan 1 sendok makan minyak kelapa. Untuk memakainya yaitu dengan membasahi rambut anda, lalu pakailah campuran ini dengan cara dipijatkan atau keramaskan.

Begitu banyak manfaat madu yang bisa anda dapatkan, dengan catatan tidak berlebihan dalam menggunakannya. Pakailah sesuai aturan yang baik, karena meskipun kaya akan manfaat, madu juga bisa menjadi kontra indikasi jika salah dalam penggunaannya, seperti berlebihan dalam mengkonsumsi madu dapat menyebabkan hal-hal yang tidak diinginkan.

Demikian sedikit penjelasan mengenai manfaat madu untuk kesehatan dan kecantikan. Pada intinya madu sangat banyak manfaatnya, pada artikel ini hanya menyebutkan beberapa manfaat saja. Namun, perlu diperhatikan dalam memilih madu, karena sekarang sudah sulit untuk mendapatkan madu yang asli dan murni tanpa campuran. Semoga bermanfaat.

No ratings yet.

Please rate this

Leave a Comment