Manfaat Sirup Ambroxol

MANFAAT SIRUP AMBROXOL – Ambroxol merupakan salah satu jenis obat yang masuk ke dalam golongan mukolitik, yaitu jenis obat yang berfungsi untuk mengencerkan dahak.

Ambroxol biasanya digunakan untuk mengatasi gangguan pernapasan akibat dari produksi dahak yang berlebihan di dalam kondisi seperti dan emfisema bronkiektasis pada seseorang.

Dengan mengkonsumsi obat mukolitik dengan takaran dan waktu ayng tepat, maka Insya Allah dahak yang diproduksi akan menjadi lebih encer sehingga lebih mudah untuk dikeluarkan dari tenggorokan ketika batuk.

Yang Perlu Diperhatikan dalam Penggunaan Ambroxol

sumber: alivianrobby.wordpress.com

Bagi wanita yang tengah hamil dan menyusui, sesuaikanlah dosis pemakaian dengan anjuran dari dokter. Bagi wanita hamil dengan janin yang masih dalam usia dua belas minggu pertama, tidak disarankan untuk mengkonsumsi obat ini.

  • Tanyakan dosis yang tepat kepada dokter apabila hendak memberikan ambroxol kepada anak-anak.
  • Harap berhati-hati bagi penderita tukak lambung atau ulkus.
  • Apabila terjadi reaksi alergi atau overdosis, maka segeralah temui dokter.

Dosis Ambroxol

sumber: rsnas.kulonprogokab.go.id

Untuk orang dewasa, dosis diberikan sebanyak 30- 120 mg perhari. Dosis ini akan disesuaikan dengan kondisi pasien, tingkat keparahan dan reaksi tubuh terhadap obat. Bagi pasien anak-anak, dosis juga akan disesuaikan dengan berat badan mereka.

Peringatan Penggunaan Ambroxol

Pengertian Gastritis Adalah
shavana.com

Ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian ketika anda hendak mengkonsumsi ambroxol. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Untuk anda wanita yang tengah hamil atau menyusui, hanya boleh mengkonsumsi ambroxol dengan resep dokter. Untuk anda yang tengah hamil dengan usia janin kurang dari dua minggu, maka akan sangat disarankan untuk tidak mengkonsumsi obat ini. Karena mengkonsumsi ambroxol di dalam kondisi janin yang masih sangat lemah akan berbahaya bagi janin dan sang ibu sendiri.
  • Ambroxol bisa diberikan kepada anak-anak, tetapi sebaiknya harus ditanyakan terlebih dahulu mengenai dosis yang sesuai kepada dokter
  • Bagi anda yang tengah menderita penyakit tukak lambung sebaiknya berhati-hati saat mengkonsumsi obat jenis ini
  • Ketika mengkonsumsi obat ini, tampak terjadi reaksi alergi atau overdosis, maka sesegera mungkin untuk menemui dokter untuk mendapatkan penanganan yang lebih lanjut
  • Ambroxol tidak disarankan untuk para penderita hipersensitif terhadap komponen yang ada di dalam obat ambroxol
  • Bagi anda yang memiliki gangguan maag pada lambung, disarankan untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter

Peringatan di atas tidak boleh diabaikan dan harus disesuaikan secara seksama, sehingga tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan

Jenis obat apapun harus dikonsumsi dengan dosis yang benar karena dapat menimbulkan hal yang buruk yang dan pada akhirnya akan menimbulkan beberapa reaksi yang mungkin membuat penyakit menjadi lebih parah

  • Untuk orang dewasa, pada umumnya diberikan dosis sebanyak 30-120 mg di setiap harinya
  • Untuk anak-anak pemberikan dosis ambroxol biasanya disesuaikan dengan berat badan mereka
  • Untuk anak-anak dengan usia lebih dari lima tahun bisa mengkonsumsi satu hingga tiga sendok makan sirup
  • Setelah mengkonsumsi ambroxol, disarankan pula untuk meminum banyak air putih

Pemberian dosis ini sebenarnya sangat bergantung dengan kondisi kesehatan si penderita dan tingkat keparahannya. Apabila terasa perbedaan setelah mengkonsumsi ambroxol, maka bisa dikatakan respon tubuh sangat baik.

Cara Mengkonsumsi Ambroxol dengan Benar

sumber: theoldnow.it

Ikutilah anjuran dari dokter dan baca informasi yang tertera pada kemasan ambroxol sebelum mulai mengkonsumsinya. Konsumsi ambroxol setelah anda makan.

Pastikan ada jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis yang berikutnya. Usahakanlah untuk mengkonsumsi ambroxol di jam yang sama setiap harinya untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Untuk pasien yang lupa mengkonsumsi ambroxol, maka disarankan untuk segera meminumnya apabila sudah teringat. Tetapi jangan menggandakan dosis ambroxol pada jadwal berikutnya apabila anda sudah melewatkan jadwal yang terlupa.

Efek Samping Ambroxol

penyebab denan berdarah
wildus.tistory.com

Terkadang ambroxol  dapat menyebabkan efek samping dengan gangguan pada sistem pencernaan seperti rasa muntah, mual, dan nyeri pada ulu hati. Efek samping tersebut biasanya merupakan efek samping yang ringan.

Berikut ini efek samping lain yang dapat ditimbulkan dengan mengkonsumsi ambroxol. Efek samping ini terjadi karena tubuh menyesuaikan diri dengan benda asing yang masuk ke dalamnya, sehingga sangat mungkin mengakibatkan beberapa efek samping sebagaimana berikut ini:

  • Bagi ibu menyusui, mengkonsumsi obat ini dapat meningkatkan konsentrasi pada bronkus, sehingga dosis yang digunakan harus tepat
  • Terjadinya reaksi ringan pada tubuh yang bersifat gastro-intestinal, seperti nyeri pada ulu hati, muntah, mual, dan dyspepsia.
  • Terjadinya alergi sekalipun jarang terjadi namun ada kemungkinan terjadi karena ada beberapa orang yang mengalami alergi dengan kandungan zat yang terdapat di dalam ambroxol.
  • Penggunaan ambroxol pada ibu hamil trisemester pertama untuk tidak mengonsumsi obat ini. Namun pada ibu hamil yang sudah memasuki usia kehamilan lebih dari 28 minggu, dilaporkan tidak terjadi efek berarti

Jika anda mengalami beberapa efek samping dari penggunaan ambroxol sebgaimana di atas, maka sebaiknya anda memeriksakan diri anda kepada dokter untuk mendapatkan tindakan yang lebih tepat.

Nah demikianlah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan mengenai cara penggunaan, efek samping, hingga manfaat ambroxol. Semoga dapat menjadi petunjuk dan membuat kita lebih mengerti cara kerja dan cara penggunaannya.

Leave a Comment