Manfaat Teh Hijau Untuk Kesehatan Beserta Pengertian Cara Minum

MANFAAT TEH HIJAU –Teh hijau merupakan teh yang tidak melewati masa tahap fermentasi namun mengalami tahap pengeringan  tetapi tidak mengalami proses fermentasi dan penguapan daun yang agak lebih lama daripada teh putih.

berbagai macam macam teh di dunia mengandung katekin, namun saat sekarang teh hijau lebih terkenal karena mengandung katekinya yang lebih banyak daripada dengan teh hitam. Sehingga sekarang orang-orang lebih mengenal teh hijau sebagai teh yang bisa menghindarkan dan menghentikan perkembangan penyakit kanker.

Teh hijau juga memiliki manfaat yang lain seperti menghindarkan dan mengurangi tekanan darah tinggi, mengurangi jumlah kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh, risiko terserang stroke serta membuat kulit menjadi halus.

Teh hijau atau green tea merupakan termasuk dari  jenis teh yang cukup terkenal untuk diminum, khususnya di beberapa negara Asia misalnya Indonesia dan Jepang. Di negara Jepang sana, salah satu teh yang paling banyak dikomsumsi adalah teh hijau (ryokucha). Jadi seandainya ada yang menyebut teh (ocha) berarti dia menunjuk pada teh hijau itu sendiri.

Asal bahan dari teh hijau sama dengan bahan black tea atau daun Camelia Sinensis. berasal dari bahan yang sama dengan black tea — daun Camelia sinensis — teh hijau tidak mengalami fermentasi seperti teh hitam.

Proses Pembuatan Teh Hijau

proses pembuatan teh hijau
beritadaerah.co.id

Secara umum ada beberapa tahap pembuatannya yaitu 5 tahap:

1. Proses Pelayuan

Daun teh yang baru saja dipetik dari kebun atau masih segar ditebarkan kemudian diaduk agar kandungan air yang masih ada berkurang. Setelah itu, ada proses pelayuan daun dengan menggunakan uap panas tekanan besar.

Pada tahap tersebut, aktifitas enzim yang menghalangi proses fermentasi akan dinonaktifkan. Pada proses tersebut juga kadar air akan berkurang 60 sampai 70%. Kemudian dilanjutkan dengan proses pendinginan seperti biasa

2. Proses Penggulungan Daun

Tujuan dari Proses ini adalah untuk membagi-bagi sel yang mana ketika dicicipi maka teh akan terasa sepet. Proses tersebut hampir sama dengan proses pembikinan teh hitam, akan tetapi daun tak menjadi hancur sama halnya pada black tea.

3. Proses Pengeringan

Proses pengeringan dilaksanakan dengan 2 langkah. Untuk awal, dikeringkan dengan suhu sekitar 110 sampai 135 derajat celcius berdurasi 30 menit dan selanjutnya langkah 2 atau yang terakhir adalah dikeringkan dengan suhu 70 hingga 90 derajat celcius dengan lamanya waktu 60 sampai 90 menit.

4. Proses Sortasi

Di proses sortasi, teh hijau dikelompokkan dalam sejumlah kualitas mutu, misalnya pekko atau daun pucuk, jikeng atau daun bawah (paling tua), kempiring (daun yang sudah dihancurkan)atau bubuk dan juga tulang.

Manfaat Teh Hijau

manfaat teh hijau
merdeka.com

Setelah kita membahas sekilas tentang apa itu teh hijau, beserta proses pembuatannya, saatnya kita membahas tentang manfaat teh hijau yang belum kita ketahui secara kompleks. Baiklah berikut ini beberapa manfaat teh hijau.

1. Menjaga Kesehatan Kulit

Teh hijau bisa berperan dalam melindungi kesehatan kulit dengan natural. Hal demikian dikarenakan teh hijau mampu menjaga kulit kita dari tajamnya sinar ultraviolet, maka secara tak langsung dengan rutin meminum teh hijau bisa membawa kita tercegah dari berbagai penyakit kanker kulit. Di samping bisa menghindarkan dari penyakit kanker kulit, teh hijau pula diyakini dapat mendukung kulit kita agar tak segera berkeriput.

2. Mencegah Risiko Kebotakan

Biasanya salah satu penyebab dari kebotakan rambut dikarenakan rambut yang rontok terus menerus yang disebabkan kurang sehatnya batang maupun akar rambut.

Di sini fungsi teh hijau untuk mencegah risiko kebotakan yaitu sebab zat yang terkandung di teh hijau bisa menjadikan rambut tetap tumbuh dan beregenerasi.

3. Menghilangkan Jerawat

Pada umumnya salah satu penyebab timbulnya Jerawat dikarenakan adanya minyak atau kotoran yang berada di kulit, maka menyebabkan pori-pori kulit tertutup.

Kotoran serta minyak yang berada di dalam pori-pori itu bisa dihilangkan dengan meminum teh hijau dengan rutin, sebab di dalam kandungan teh hijau tersedia zat antioksidan.

4. Sebagai Minuman Penurun Berat Badan

Sudah terbukti secara medis bahwasanya Teh hijau mampu meminimalkan penyedotan lemak dalam tubuh maka dengan otomatis kadar lebak di dalam tubuh menjadi turun. Disamping itu, teh hijau juga mengandung ketekin polifenol yang menimbulkan intensitas pembakaran lemak.

5. Menghindarkan Penyakit Diabetes

Pada teh hijau terdapat kemampuan dalam mengontrol konsentrasi jumlah gula di dalam darah. Untuk setiap pengidap diabetes direkomendasikan agar rutin meminum teh hijau.

6. Teh Hijau Mampu Meminimalkan Resiko Kanker

Teh hijau Juga berperan aktif pada tubuh sebagai antioksidan yang 100 kali lebih kuat dibandingkan dengan vitamin C dan 24 kali lebih ampuh daripada vitamin E. Peran ini akan membantu tubuh Anda mencegah atau terjaga dari penyakit yang penyebabnya dikarenakan adanya pertumbuhan sel-sel kanker.

7. Teh Hijau Mampu Menghindarkan Penyakit Jantung

Teh hijau Jepang berperan untuk menghindari kerusakan organ jantung dan stroke di tubuh orang yang menderita hipertensi. Pastinya dengan mengurangi jumlah kolesterol tanpa menurunkan kadar kolesterol yang baik pada tubuh.

8. Teh Hijau Dapat Menolak Radikal Bebas

Teh hijau sendiri termasuk dari rahasia kecantikan dari wanita-wanita Jepang, walaupun di umur tua, kulit dan tubuh tidak tampak layaknya orang tua yang tinggal di negara kita. Hal tersebut disebabkan teh hijau mengandung antioksidan yang juga disebut polifenal yang menjaga tubuh dari serangan radikal bebas. Sehingga dapat menolong anda menghadapi penuaan walaupun usia semakin bertambah.

9. Teh Hijau Mampu Mengurangi Berat Badan

Teh hijau bisa mendukung proses metabolisme natural tubuh dan juga membantu membakar lemak yang tertumpuk di dalam bagian lengan, paha, perut terutama perut dan daerah-daerah yang gampang menyimpan lemak dalam tubuh.

Dengan teratur meminum teh hijau setiap harinya dapat membantu tubuh membakar sampai 70 kalor dalam hanya satu hari saja dan juga membantu mengurangi berat badan sampai bisa 7 kg dalam masa waktu 1 tahun.

Walaupun tidak terlalu banyak, anda bisa mengkombinasikan diet dengan rutin berolahraga dan menjauhi makanan yang banyak mengandung lemak.

10. Teh Hijau Mampu Menjauhkan Kanker Kulit

Penyebab paling utama adanya penuaan yang lebih dini dan adanya kerusakan kulit yang menyebabkan kulit keriput adalah radikal bebas. Supaya terhindar dari hal tersebut, maka perah teh hijau adalah menjauhkan radikal bebas dan lingkungan melawan terhadap kanker kulit.

11. Teh Hijau Mampu Menghambat Resiko Rheumatoid Arthiritis

Rheumatoid arthritis atau arthritis merupakan penyakit yang muncul saat sistem kekebalan tubuh melawan dirinya sendiri, menimbulkan peradangan dalam durasi waktu yang cukup lama di sendi.

Teh hijau bisa membantu anda supaya terhindar dari resiko terkena penyakit disebabkan sejumlah zaat yang ada pada teh dan juga melindungi tulang dari kerusakan tulang rawan dengan mencegah enzim yang menyerang tulang rawan tersebut.

12. Teh Hijau Dapat Membuat Tulang Jadi Kuat

Disamping dapat dijadikan obat penyakit sendi dan tulang, teh hijau pula dibuktikan oleh para ahli untuk dijadikan alternatif herbal dalam menguatkan dan mempertahankan kepadatan tulang. Hal tersebut karena adanya kandungan fluoride yang tinggi pada teh hijau. Dengan begitu kepadatan tulang anda tiap hari akan senantiasa terjaga.

13. Teh Hijau Dapat Mengurangi Jumlah Kolesterol

Teh hijau pula mampu mengurangi jumlah kolesterol dengan perbandingan kolesterol jahat lebih banyak dikurangi dan menjaga jumlah kolesterol baik yang mana di bidang kesehatan biasa dinamakan HDL Cholesterol (High Density Lipoprotein Cholesterol).

14. Teh Hijau Dapat Menghindari Obesitas

Teh hijau dapat menghambat dari pembentukkan obesitas dengan menghentikan gerakan glukosa pada sel lemak. Apabila anda melakukan diet sehat disertai meminum teh hijau dan juga membiasakan latihan di tiap pagi bisa mendukung kesuksesan program penurunan berat badan anda.

15. Teh Hijau Dapat Mencegah Diabetes

Teh hijau sendiri adalah minuman yang termasuk dari minuman kesehatan herbal yang mampu menghambat penambahan jumlah gula darah dalam tubuh seseorang yang terkena diabetes maupun yang tidak. Mengkomsumsi teh hijau dari Jepang ini dengan teratur mampu menetralisir jumlah glukosa dalam darah dan menormalkan tingkat metabolisme pada tubuh.

16. Teh Hijau Mampu Menghindari Alzheimer

Alzheimer merupakan sejenis penyakit yang melawan otak dan efeknya yang terlihat dari pasien diantaranya adalah akan susah ketika mengingat dan daya konsentrasinya berkurang. Diantara penyebabnya adalah adanya sel-sel otak yang rusak yang menjadikan otak terlihat mengecil dan mengerut. Penyakit ini pada umumnya berkaitan dengan orang senja yang umurnya sudah melewati 60 tahun.

17. Teh Hijau Dapat Mencegah Kerusakan Hati

Teh hijau akan membuat tranplantasi lemah pada tubuh penderita dengan gagal hati. Beberapa penelitian membuktikan bahwa teh hijau mampu membunuh dan menghilangkan radikal bebas berbahaya yang menumpuk di hati yang berlemak.

18. Teh Hijau Dapat Menghindarkan Hipertensi

Mengkomsumsi secara rutin teh hijau akan mendukung mengurangi tekanan darah. Selain itu juga teh hijau memiliki sifat netral yang dapat menekan angiotensin, memicu peningkatan tekanan darah.

19. Teh Hijau Merupakan Obat Bagi Yang Keracunan Makanan

Adanya zat atau bakteri yang berbahaya merupakan penyebab dari keracunan makanan. Keracunan makanan disebabkan oleh bakteri berbahaya dalam makanan. Dari sejumlah penelitian mengenai teh hijau, sudah menemukan satu buah senyawa katekin yang menghancurkan bakteri yang masuk ke dalam tubuh disebabkan makanan yang tak sehat . Maksudnya adalah dapat membasmi racun yang membuat keracunan makanan.

20. Teh Hijau Dapat Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Antioksidan dikenal pula sebagai flavonoid yang dapat dijumpai pada kandungan teh hijau. Flavonoid dan polifenol sama-sama bekerja bersama dalam hal meningkatkan sistem imun tubuh manusia yang menjadikan tubuh semakin kuat dalam membasmi infeksi bakteri atau penyakit virus.

21. Teh Hijau Dapat Menyembuhkan Pilek dan Flu

Penyakit pilek dan flu kerap berefek kepada seseorang yang mekanisme pertahanan tubuh masih lemah atau sangat renta. Demikian juga dengan manfaat sebelumnya yang sudah dijelaskan. Faktanya ramuan teh hijau mampu menambah tingkat mekanisme pertahanan tubuh yang maksudnya adalah mungkin dapat merawat kondisi semacam pilek dan flu pula mempunyai petunjuk tambahan bantuan dari vitamin C.

22. Teh Hijau Dapat Mengobati Asma

Jika Anda terkena penyakit asma dan kerapkali kambuh disaat kondisi yang tak memungkinkan, cobalah agar secepatnya minum teh hijau yang masih hangat dengan disertai tubuh bersantai. Dengan demikian kandungan theophyline dalam teh hijau akan berperan merileksasikan otot-otot yang membantu saluran bronkial, jadi mampu menurunkan risiko paling buruk asma.

Tips Sehat Cara Minum Teh Hijau

tips cara membuat teh hijau
liputan6.com

1. Minum 2 – 3 cangkir sehari
2. Hindari minum teh hijau saat perut kosong
3. Hindari minum teh hijau setelah makan
4. Jangan minum larut malam
5. Singkirkan segera kantong teh hijau

Demikianlah berbagai manfaat teh hijau untuk kesehatan dan manfaat teh hijau untuk kecantikan. Semoga bermanfaat.

Leave a Comment