10+ Cara Menghilangkan Panu Sesuai Resep Dokter Serta Sebab Akibatnya

Menghilangkan Panu – Panu adalah salah satu masalah kesehatan yaitu pada bagian kulit, dalam ilmu kedokteran panu sering juga disebut dengan nama Tinea Versicolor yakni suatu penyakit pada bagian kulit yang timbul disebabkan oleh tumbuhnya jamur pada daerah kulit seperti di leher, tangan, dan bagian badan.

Jenis jamur yang menjadi penyebab timbulnya panu yaitu adalah jamur Candida Albicans. Hampir tipa orang pernah merasakan panu ini, baik itu anak kecil maupun orang dewasa.

Tanda-tanda kemunculan panu bisa dilihat dengan timbulnya bercak-bercak kecil berwarna putih pada kulit, terkadang ada yang berwarna coklat terkantung dengan warna kulit si penderitanya, namun hal ini tidak terlalu diperhatikan. Biasanya panu atau panuan banyak muncul pada bagian punggung, jika panu ini terus dibiarkan tanpa diberi obat atau sebagainya maka ia akan semakin besar dan terus menyebar keseluruh tubuh.

Apa Itu Penyakit Panu?

panu
artikel.co

Sebenarnya Panu bukanlah suatu penyakit berbahaya yang dapat berujung kepada kematian. Namun panu ini lebih kepada efek ketidakpedean seseorang jika tampil tanpa baju didepan orang, coba saja bayangkan jika panu seseorang telah meluas keseluruh tubuhnya, bisa dibayangkan betapa malunya jika nantinya tak sengaja terlihat oleh teman atau rekan kerja? Bagaimana sampai ke wajah? Biasanya orang yang panuan dikatakan sebagai orang yang kurang peduli terhadap kebersihan tubuhnya.

Tidak hanya masalah kepedean, jamur panu ini juga menyebabkan rasa gatal bagi para penderitanya terutama ketika sedang berkeringat, otomatis ketika rasa gatal muncul akan muncul gerakan reflek untuk menggaruknya, semakin jamur panu ini di garuk ia akan semakin meluas dan menyebar oleh karena itu harus hati-hati. Akan lebih baik lagi jika segera diobati.

Jamur sebab munculnya panu suka tumbuh dibagian-bagian kulit yang lembab. Oleh karena itu jamur panu ini lebih sering menyerang orang yang tinggal dengan lingkungan lembab atau panas. Resiko terkena panuan juga akan semakin besar bila kulit cenderung berkeringat dan berminyak.

Penyebab lainnya yaitu seperti melemahnya sistem kekebalan tubuh atau terjadi perubahan hormon. Ketika Seseorang panuan maka akan terlihat bercak-bercak berwarna gelap atau putih. Umumnya jamur panu ini menyerang mereka yang berusia dewasa, remaja, juga terkadang anak-anak.

Menghilangkan ataupun mengobatinya merupakan langkah yang amat penting, karena jika tidak segera diobati panu dapat menyebar dan meluas, tidak hanya menyebar kepada kulit sekitar panu namun bisa juga kulit yang jaraknya jauh dari daerah panu tersebut, tangan penderita yang secara reflek menggaruk panu kemudian tak sengaja menempelkannya pada bagian kulit yang lain menjadi salah satu penyebab panu cepat menyebar.

Apakah Panu Berbahaya?

panu
ste.india.com

Seperti yang telah dijelaskan diatas tadi, panu tidaklah begitu membahayakan hingga berujung pada kematian. Efek dari jamur panu ini hanya akan memberikan rasa gatal yang buasa terjadi jika si penderita sedang dalam keadaan berkeringat atau berminyak.

Namun hal ini bukan berarti panu dibiarkan begitu saja, kita sudah mengetahui bahwasannya jamur panu ini dapat menyebar dan meluas kebagian kulit lainnya, bahkan jika dibiarkan tanpa diobati mungkin saja panu ini menjangkau seluruh tubuh.

Bisa anda bayangkan sendiri bagaimana kelihatan seorang yang panuan begitu banyak bahkan jika sampai menyentuh wajah bagaimana? Pastinya hal ini sangat mengganggu dan memalukan, terlihat bercak-bercak belang saja sudah membuat rasa percaya diri berkurang apalagi jika bercak itu dalam jumlah banyak, oleh karena itu penting bagi kita untuk memperhatikan masalah panu ini.

Penyebab Munculnya Panu di Wajah dan Kulit

panu di wajah
deherba.com

Sebelum Membahas lebih dalam mengenai cara menghilangkan panu pada kulit wajah, penting bagi kita untuk terlebih dahulu mengetahui penyebab timbulnya penyakit panu ini. Dengan begitu kita akan lebih berhat-hati dan dapat mencegah timbulnya panuan pada kulit wajah, punggung, tangan, dan sebagainya. Berikut beberapa penyebab timbulnya penyakit panu.

1. Suhu Udara yang Terlalu Lembab

Jika suhu udara terlalu lembab, maka baju dan kulit seseorang akan cenderung lebih basah dari biasanya. Dengan kulit yang cenderung basah ini maka akan semakin mempermudah bagi jamur panu untuk tumbuh di kulit kita.

2. Suhu Udara yang Terlalu Panas

Jika udara terlalu panas akan menyebabkan tubuh kita mudah mengeluarkan keringat. Ketikak tubuh terlalu sering berkeringat maka akan menjadi tempat yang disukai oleh panu untuk tumbuh dan berkembang, apalagi jika tidak sering membersihkan badan atau mandi.

3. Jarang Mandi dan Ganti Baju

Jarang mandi merupakan hal yang paling utama yang mempercepat terjadinya panu pada kulit. Saat tubuh berkeringat ditambah jarang mandi, maka akan menyebabkan tubuh kita menjadi lengket sehingga akan menjadi tempat yang baik untuk pertumbuhan jamur.

Apalagi jika tidak mengganti baju, bibit-bibit jamur panu ini akan menempel pada baju dan akan mempercepat penyebaran jamur panu ke daerah lainnya.

4. Memakai Handuk Secara Bersamaan

Hal ini yang menyebabkan terjadinya penularan panu dari satu orang ke orang lain, jika si A sebelumnya sudah terkena panu kemudian ia hendak mandi dan mengambil handuknya setelah ia selesai datang si B yang hendak madi juga, kemudian ia menggunakan handuk si A karena sebelumnya handuknya sedang dicuci, maka besar kemungkinan si B akan tertular penyakit panu dari si A.

Hal ini tidak hanya berlaku untuk handuk, bahkan baju, celana, dan jenis pakaian lainnya juga bisa menyebabkan terjadinya penularan jamur. Oleh karena itu perlu diperhatikan lebih teliti lagi dalam masalah ini.

Penyebab-penyebab diatas ini hanyalah beberapa dari sekian banyak penyebab lainnya yang sering kita lakukan namun jarang kita sadari, lantas bagaimana cara mengatasi panu jika sudah terlanjur menjangkit tubuh kita, berikut ini akan kita bahas mengenai cara menghilangkan panu di wajah, kulit, punggung, dan daerah lainnya.

Obat Penghilang Panu Sesuai Resep Dokter

obat panu
starberita.com

Setelah mengetahui beberapa penyebab panu selanjutnya kita akan membahas mengenai obat-obatan apa saja sih.. yang menjadi rekomendasi untuk mengobati penyakit panu secara ampuh? Berikut ini adalah obat penghilang panu sesuai resep dan rekomendasi dari para dokter.

1. Canesten Cream

obat panu
busybeesdeal.com

Obat cream yang satu ini merupakan obat  paling ampuh untuk menghilangkan penyakit panu dari kulit maupun wajah anda. Aanda bisa menemukan canesten cream di apotik terdekat, obat yang satu ini mempunyai beberapa jenis varian mulai dari 10 gram, 5 gram, dan lainnya.

Cream canesten ini mampu menghilangkan panu dengan cepat dalam waktu 3 hari saja, jika di aplikasikan sesuai dengan informasi yang diberikan. Harganya dibandrol sebesar Rp. 42. 500,00. Namun harga bisa berbeda-beda tiap apotik satu dengan lainnya.

Keterangan Obat:

  1. Obat Anti parasit dan jamur
  2. Komposisinya: Klotrimazol 1%
  3. Indikasinya: mengobati topikal dari candidiasis serta dapat digunakan untuk mengobatai ruam popok
  4. Perhatian: Hindari terkena area mata ketika mengaplikasikannya, jika terjadi efek samping segera hubungi dokter terdekat. Hindari mengoleskan krim pada area vital.
  5. Efek samping obat: Iritasi, Kulit terasa terbakar dan kering
  6. Dosisnya: oleskan sebanyak 2 hingga 3 x dalam sehari
  7. Cara Penggunaan obat: Bersihkan area sekitar kulit yang terkena panu, lalu oleskan krim canesten 2 hingga 3 kali dalam sehari

2. Thecort

Thecort-Obat-Panu-Paling-Ampuh-di-Apotik
obatantibiotik.com

bila anda mencari salep untuk mengobati penyakit panu pada anak, mungkin obat yang satu ini adalah pilihan yang tepat selain aman obat ini juga tidak meninggalkan bekas panu pada kulit anak. Agar tidak terasa panas setelah dioleskan kipaslah bagian yang panuan tersebut. Thecort tidak hanya untuk anak bagi orang dewasa juga bisa digunakan, harga satuan obat ini yaitu Rp. 63.500,00.

Keterangan Obat:

  1. Anti parasit dan Jamur
  2. Komposisi obat: Miconazole nitrat 2% dan Hydrocotsone 1%
  3. Indikasi: Mengatasi infeksi kulit, jamur panu, infeksi kulit kuku.
  4. Perhatian: Tidak dianjurkan bagi yang mengalami alergi atau hipertensif terhadap bahan miconazole nitrat.
  5. Efek samping obat: Gatal dan panas pada area kulit.
  6. Cara Penggunaan: Gunakan tiap setelah mandi pagi dan sore, oleskan pada bagian kulit yang terkena jamur panu.

Cara Menghilangkan Panu di Wajah dan Kulit dengan Bahan Alami

obat panu alami
cdns.klimg.com

Panu terkadang tidak begitu parah jika hal-hal penyebab timbulnya panu diatas tadi tidak sering dilakukan, jika panu segera diatasi biasanya dalam 1 minggu kedepan panu tersebut akan segera menghilang.

Jika panu belum tersebar begitu luas atau sudah parah umumnya dalam kurun waktu 4 atau 5 hari panu akan segera terobati. Namun bagi orang yang memiliki kulit sensitif biasanya akan merasakan perih pada bagian kulitnya, sehingga cenderung menggaruk jamur panu tersebut hal ini perlu diperhatikan lagi, karena dengan menggaruk panu akan mempercepat penyebaran jamurnya, langsung saja berikut beberapa cara alami menghilangkan panu.

1. Bawang Putih

Siapa sih yang nggak kenal sama bawang putih? Itu lho.. yang biasa digunakan untuk bahan masakan di dapur. Ya.. bawang putih bisa digunakan sebagai obat alami yang dapat menyembuhkan panu, kandungan anti bakterial serta anti fungsi mampu menetralisir dan mengurangi terjadinya pertumbuhan jamur.

Cara Menghilangkan Panu di Wajah Dengan Bawang Putih:

Tahap pertama yaitu siapkan 2 potong bawang putih, kemudian potonglah menjadi ukuran yang kecil-kecil, setelah itu tempelkan pada bagian yang terkena panu. Aktivitas ini bisa dilakukan baik sebelum maupun sesudah mandi, jika nantinya terasa pedih segera hentikan, terkadang daya tahan kulit tiap orang berbeda-beda. Lakukan aktivitas ini 2x dalam sehari.

2. Garam dan Lengkuas

Sejak dulu ketika seseorang mengalami sakit maka satu-satunya obat yang paling ampuh yaitu adalah bahan-bahan alami. Sebab sudah banyak bukti khasiat yang telah digunakan dari zaman nenek moyang hingga turun temurun.

Begitu juga dengan penyakait panu yang pastinya sudah pernah dirasakan orang zaman dahulu, biasanya yang menjadi obatnya yaitu campuran dari garam dan lengkuas yang dikenal cukup mujarab untuk menghilangkan panu secara total. Kandungan senyawa anti jamur pada lengkuas akan mencabut jamur hingga ke akarnya.

Cara Menghilangkan Panu di Wajah Menggunakan Garam dan Lengkuas:

Pertama siapkan satu batang lengkuas, kemudian belah batang lengkuas menjadi dua bagian. Setelah itu oleskan panu dengan garam secukupnya, lalu mulailah menggosok bagian yang terkena panu dengan lengkuas tadi. Biasanya akan terasa perih, jika sudah tak tahan istirahatlah sejenak supaya rasa perih hilang, kemudian kembali menggosok.

3. Jahe

Umumnya jahe digunakan untuk bahan masakan untuk di konsumsi. Namun ternyata jahe juga bisa digunakan sebagai obat alami untuk menghilangkan panuan. Pengobatan panu menggunakan jahe ini sudah dilakukan secara turun-temurun sejak dahulu kala, hal ini pastinya sudah menjadi bukti khasiat dari jahe untuk mengobati panu.

Cara Menghilangkan Panu di Wajah Menggunakan Jahe:

Pertama siapkan satu batang jahe, kemudian potong dan kupaslah jahe tersebut menjadi kecil. Setelah itu oleskan jahe yang sudah dipotong pada bagian yang terkena panu. Lakukan aktivitas ini 2x sehari setelah selesai mandi.

4. Belerang

Dalam bahasa jawa biasanya disebut lirang, obat yang satu ini sidah menjadi bahan ampuh tradisional untuk menghilangkan penyakit panu. Saat ini banyak pemandian air hangat yang memiliki kandungan belerang yang pastinya berkhasiat untuk menghilangkan penyakit kulit termasuk panu.

Cara Menghilangkan Panu di Wajah Menggunakan Belerang:

Pertama siapkan bongkahan belerang, setelah itu celupkan belerang tersebut ke air, lalu oleskan belerang  tadi ke bagian tubuh yang panuan, lakukan sebanyak 2x dalam sehari.

5. Membeli Produk anti Jamur

Jika sudah terlanjur parah dan terasa sangat gatal, langkah terbaik yang perlu anda lakukan yaitu adalah membeli produk anti jamur yang biasa dijual di apotek, seperti lation, krim, sampo, atau obat-obatan herbal yang digunakan untuk penyembuhan penyakit kulit.

Beberapa obat-obatan yang bisa diperoleh tanpa resep seperti salep yang sudah umum digunakan banyak olrang, salep yang memiliki kandungan cicloprox, miconazole, ketoconazole, dan selenium sulfide.

6. Obat Panu Oral

Tidak hanya menggunakan krim oles seperti salep, ada waktunya juga kita untuk meminum obat, jika efek dari obat oles tersebut sudah tak lagi berpengaruh atau malah semakin parah, langkah berikutnya yaitu bisa dengan minum obat-obatan yang memiliki kandungan Itraconazole dan Flucona zole.

Namun tidak selalu hal ini harus dilakukan, jika memang panu sudah menyebar kemana-mana atau seperti serangan panu yang terus berulang-ulang terjadi, ada baiknya jika meminta obat serta resep dari dokter.

7. Minyak Kelapa

Kandungan dari minyak kelapa yaitu asam lemak yang mampu menghentikan perkembangan jamur penyebab panuan. Caranya anda hanya tinggal mengoleskan minyak kelapa pada bagian kulit yang terkena panu, kemudian biarkan hingga mengering.

8. Lidah Buaya

Lidah Buaya memiliki kandungan protein 14 KDA juga kandungan anti jamur dan anti radang. Caranya tinggal mengoleskan gel lidah buaya pada bagian yang terkena panuan, lakukan sebanyak 2-3x dalam seharinya.

9. Yogurt

Yogurt yang digunakan untuk mengobati panu haruslah menggunakan yogurt tawar agar bisa bereaksi, sebab kandungan probiotik yang dimilikinya mampu mengontrol dan mengurangi pertumbuhan jamur panu. Cara penggunaannya tinggal mengoleskan yogurt tawar pada bagian panuan, setelah itu diamkan selama 20 hingga 30 menit, kemudian bersihkan dengan air hangat.

10. Minyak Esensial Oregani

Campurkan minyak zaitun dan minyak esensiar oregano kemudian oleskan pada bagian yang terkena panuan, lalu diamkan selama 30 menit. Kemudian setelah selesai bersihkan dengan air hangat.

11. Cuka Apel

Adanya kandungan antimikroba pada cuka apel yang mampu mengendalikan pertumbuhan dan perkembangan jamur pada kulit. Cara menggunakannya cukup simpel, campurkan air hangat dengan cuka apel, setelah itu oleskan pada bagian yang terkena panu, lalu diamkan selama 15 menit setelah itu dibersihkan.

12. Kunyit

Obat herbal lainnya untuk menghilangkan panu yaitu adalah kunyit, kandungan antiseptik yang cukup tinggi pada kunyit mampu mengurangi perkembangan jamur pada kulit.

13. Beeswax

Dengan mencampurkan antara minyak zaitun, madu, dan beeswax menjadi satu kemudian dioleskan kepada bagian yang panuan selama 3x dalam sehari, terbukti ampuh untuk menghilangkan jamur panu dengan cepat.