Cara Alami Menghilangkan Tahi Lalat dengan Mudah

Menghilangkan Tahi Lalat – Terkadang kita merasa terganggu dengan munculnya tahi lalat. Tahi lalat yang muncul umumnya berwarna hitam ataupun cokelat pada kulit, berupa bercak atau benjolan kecil.

Tahi lalat sendiri dapat muncul di mana saja, baik muncul tunggal maupun berbentuk komunal. Umumnya tahi lalat biasa berkembang hingga 20 tahun pertama, meski bisa muncul semenjak usia dini.

Jika Anda memiliki tahi lalat antara 10-40 buah saat beranjak dewasa merupakan kondisi yang normal. Banyak cara untuk menghilangkan keberadaan tahi lalat ini baik yang mudah maupun yang membutuhkan uang untuk operasi laser.

Tahi lalat pada umumnya bersifat jinak sehingga tidak membahayakan keselamatan jiwa seseorang. Walaupun demikian, ada tahi lalat yang bersifat ganas seperti kanker kulit melanoma yang harus dihilangkan dari tubuh.

Adapun indikator untuk menghilangkan tahi lalat yakni diameter ukuran dan perubahan yang terjadi. Maka, orang yang mempunyai tahi lalat harus memeriksa lebih teliti apakah terdapat penambahan ketebalan, diameter, warna ataupun bentuk. Selain itu efek samping seperti rasa nyeri ataupun pendarahan.

Menghilangkan Tahi Lalat
https://hellosehat.com

Penyebab Munculnya Tahi Lalat

Tahi lalat bukanlah penyakit yang serius mengancam keselamatan jiwa. Adapun penyebab munculnya tahi lalat seperti:

  • Faktor genetik (keturunan)
  • Faktor gizi makanan
  • Sinar matahari yang terpapar
  • Faktor penggunaan kosmetik dan lainnya

Cara Menghilangkan Tahi Lalat

Adapun langkah-langkah untuk menghilangkan tahi lalat yakni seperti berikut:

  • Bedah Cukur
    Dokter akan membius jaringan sekitar tahi lalat yang akan dihilangkan. Kemudian, dokter akan memotong area sekitar tahi lalat dengna pisau kecil. Langkah ini dilakukan untuk tahi lalat yang berukuran kecil dan tidak membutuhkan jahitan.
  • Pembekuan Cairan Nitrogen
    Tahi lalat yang akan dihilangkan disemprot dengan dosis kecil dari nitrogen. Selanjutnya tahi lalat akan hilang, tetapi membekas meninggalkan luka sepuh seukuran tahi lalat. Luka sepuh tersebut akan hilang secara perlahan
  • Bedah Eksisi
    Bedah eksisi dilakukan jika ukuran tahi lalat lebih besar. Adapun langkah yang dilakukan dokter dengan membius area sekitar tahi lalat, kemudian memotong beserta jaringan kulit dengan pisau bedah. Selepas itu, dokter akan menutup luka dengan jahitan.
  • Membakar Jaringan Tahi Lalat
    Adapun cara lain seperti membakar lapisan atas tahi lalat yang hendak dihilangkan dari tubuh. Adapun langkah yang dilakukan dokter dengan mengalirkan listrik melalui logam yang panas dan menempelkannya pada tahi lalat. Selain itu, pembakaran juga membantu mencegah terjadinya pendarahan.

Adapun beberapa resiko yang dapat muncul selepas melakukan prosedur diatas yakni munculnya infeksi luka, kerusakan saraf, ataupun alergi obat bius. Selain itu pada luka bekas operasi akan muncul timbul jaringan parut.

Guna meminimalkan resiko sangat dianjurkan untuk memilih dokter kulit yang profesional. Dokter akan memberikan gambaran mengenai jenis dan lokasi luka yang boleh jadi muncul selepas melakukan prosedur penghilangan tahi lalat.

Cara Menghilangkan Tahi Lalat dengan Kapur Sirih
http://3.bp.blogspot.com/

Cara Alami Menghilangkan Tahi Lalat

Selain dengan cara medis diatas, kita juga bisa menempuh cara alami untuk menghilangkan tahi lalat dengan bantuan kapur sirih. Adapun langkah yang bisa ditempuh yakni:

  • Ambil sepotong sabun mandi, buatlah irisan sebesar biji jagung (relatif kecil kira-kira diameter 5 mm)
  • Campurkan irisan sabun mandi tersebut dengan sedikit kapur sirih
  • Aduk hingga merata tercampur
  • Oleskan pada bagian yang ada tahi lalatnya

Insya Allah dengan cara diatas dapat menghilangkan tahi lalat dalam satu hari. Semoga dapat bermanfaat.