Penjelasan Lengkap Cara Mengobati Ambeien Beserta Pengertian dan Penyebabnya

MENGOBATI AMBEIEN – Setiap orang pastinya pernah mengalami sakit. Dan mereka pun menginginkan kesembuhan agar mereka dapat beraktivitas dengan enak di setiap harinya. Hal itu juga tak jauh dengan diri kita yang ingin selalu hidup sehat. Sebab, orang yang sakit akan terganggu aktivitas hariannya.

Terlebih lagi orang yang menderita penyakit ambeien atau wasir, tentunya aktivitas di setiap harinya akan terganggu dan kurang maksimal sebagaimana hari-hari biasa. Nah, di pembahasan ini kita akan membahas mengenai pengobatan. Tapi lebih khususnya membahas tentang mengobati penyakit ambeien.

Sebelum kita jauh mendalam membahas mengenai cara mengobati ambeien, kita akan kenali lebih dahulu apa itu penyakit ambeien?, ciri-cirinya, penyebab, gejala, dan setelah itu kita bahas cara mengobatinya. Mari kita kupas tuntas mengenai penyakit ambeien ini. Berikut penjelasannya.

Apa Itu Penyakit Ambeien ?

Mengobati AMbeien
manjadda.com

Ambeien sering isebut juga dengan wasir atau hemorrhoid. Hemorrhoid merupakan suatu gumpalan pembuluh darah pada anus dan rektum bawah yang berfungsi membantu mengendalikan proses BAB.

Pengertian dari penyakit ambeien atau hemorrhoid adalah pembuluh darah vena yang melebar/membesar  pada rektum dan anus. Hal yang demikian terjadi sewaktu dinding pembuluh darah mengalami kelemahan dan di sisi yang lain terdapat tekanan pada daerah tersebut yang meningkat.

Melebarnya pembuluh darah sebagaimana yang di atas,  mengakibatkan cenderung rapuh dan bentuknya tak beraturan. Nah, dari itu bisa diketahui, bahwa gejala ambeien atau wasir yang utama adalah buang air besar disertai darah.

Namun, banyak sekali orang baru menyadari keberadaannya hanya saat sudah membesar yang kemudian menimbulkan masalah. Dari itu, banyak sekali orang merasakan sakit ambeien karena kurang peka.

Jenis-jenis Penyakit Ambeien

Jenis-jenis Ambeien
rumahwasir.co.id

Ambeien/wasir terbagi menjadi 2 jenis, yaitu ambeien dalam/internal (berasal dari rektum) dan ambeien luar/eksternal (berasal dari anus). Ambeien dapat menimpa seseorang  pada usia berapa pun.

Tapi, hal ini lebih sering dialami oleh para lansia (lanjut usia), entah itu pria maupun wanita. Supaya lebih jelas dan bisa dipahami, berikut jenis-jenis penyakit ambien.

 Ambeien Dalam

Penyakit ambeiein jenis ini terjadi pada bagian dalam rektum. Orang yang menderita penyait ambeien dalam, akan menyadari penyakit itu kambuh jika ada darah yang keluar dari dubur. Namun, penyakit ini tidak terasa sakit bagi penderitanya.

Tanda-tanda awal yang sering terjadi adalah di saat kita terlalu mengejan dan memaksa  saat berlangsungnya buang air besar. Dengan paksaan atau mengejan yang keras, mengakibatkan pembengkakan sel-sel atau pembesaran pada lapisan saluran dubur.

Di situlah rasa sakit dan perih akan sangat terasa disebabkan adanya gesekan antara tinja dengan ambeien.

Ambeien Luar

Jenis ambeien yang satu ini terjadi disebabkan adanya pelebaran atau pembengkakan pada bawah kulit, lebih tepatnya di dekat anus atau tempat pembukaan dubur. Ambeien luar ini lebih sakit dan terasa gatal di daerah anus dari pada ambeien dalam, disebabkan banyak sekali saraf di sekitarnya.

Salah satu tanda dari ambeien luar adalah permukaan anus lebih menonjol dari sebelumnya maupun pendarahan.

Ciri-ciri Penyakit Ambeien

Ciri-ciri Ambeien
astralife.co.id

Penyakit ambeien sudah tak asing lagi di telinga masyarakat. Orang yang terkena penyakit ini pasti akan berkurang dan terganggu aktivitas setiap harinya. Namun, sebagian orang belum tahu ciri-ciri dari penyakit ambeien ini. Nah, untuk Anda yang belum tahu ciri-cirinya, berikut ciri-ciri penyakit ambeien.

  • Terdapat benjolan akibat pembengkakan
  • Sakit saat buang air besar
  • Sakit kalau mengejan
  • BAB berdarah
  • Gatal, nyeri, di bagian anus
  • Berlendir setelah selesai BAB
  • Terdapat benjolan di luar anus, dll.

Nah, itulah ciri-ciri penyakit ambeien yang bisa Anda ketahui. Jika Anda mendapati pada diri Anda sebagaimana yang terdapat di atas, segera konsultasi ke dokter untuk dilakukan pengecekan.

Penyebab Terjadinya Ambeien

Penyebab Ambeien
suherlin.com

Secara umum, ambeien terjadi disebabkan adanya pembengkakan dan pelebaran yang berada di sekitar anus. Terjadi atau munculnya penyakit ambeien ini belum diketahui secara jelas dan pasti. Namun, dengan adanya beberapa kasusu yang ada, hal tersebut disebabkan adanya tekanan kuat dalam aliran darah di sekitar anus.

Adanya tekanan yang kuat tersebutlah yang mengakibatkan pembengkakan atau pelebaran pembuluh darah di daerah anus. berikut beberapa penyebab terjadinya penyebab ambeien. Selebihnya ada beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko bagi seseorang terkena penyakit ambeien. Antara lain adalah ;

  • Keseringan mengangkat beban berat
  • Sering duduk dalam waktu yang lama
  • Mempunyai penyakit konstipasi yang berkelanjutan disebabkan kurangnya asupan serat makanan
  • Mengalami diare yang cukup lama
  • Melakukan seks anel
  • Berat badan yang berlebihan atau obesitas
  • Muntah-muntah dan batuk yang tak kunjung sembuh atau berkelanjutan
  • Adanya riwayat kesehatan keluarga, yang lebih berisiko dan mudah terkena penyakit ambeien atau hemmoroid
  • Wanita dalam kondisi hamil, dapat meningkatkan suatu tekanan pada pembuluh darah di sekitar anus. Sebab itu, muncullah hemmoroid, dan biasanya akan sembuh sesudah proses persalinan
  • Lansia (Lanjut Usia). Semakin usia menua, semakin lemahnya jaringan penopang tubuh dan akhirnya akan meningkatkan terjadinya hemmoroid atau ambeien

Itulah beberapa hal penyebab yang mengakibatkan pembuluh darah di sekitar anus membengkak. Oleh karena itu, perhatikanlah dan jauhilah hal-hal di atas yang bisa Anda jauhi.

Gejala-gejala Penyakit Ambeien

Gejala Ambeien
wesehat.com

Pada umumnya, gejala yang terjadi atau muncul disebabkan hemmoroid ini ringan. Bahkan, ada beberapa orang yang tidak menyadari kalau dia sedang menderita hemmoroid. Namun, gejala hemmoroid ini dapat hilang dalam jangka waktu beberapa hari saja.

Adapun gejala-gejala ambeien atau hemmoroid yang sering muncul antara lain adalah ;

  • Keluarnya darah warna merah terang setelah buang air besar tanpa adanya rasa nyeri
  • Keluarnya benjolan yang tergantung di luar anus biasanya terasa nyeri dan sensitif. Benjolan tersebut harus didorong kembali ke dalam setelah buang air besar
  • Rasa panas di anus
  • Tidak nyamannya di bagian dubur setelah berdiri lama
  • Keluarnya kotoran dengan sendirinya melalui anus
  • Rasa gatal atau iritasi, sakit, merah dan bengkak di sekitar anus.
  • Mukosa atau lendir yang keluar dari anus setelah buang air besar.

Tahapan-tahapan Penyakit Ambeien

Penyakit hemmoroid bisa digolongkan dalam beberapa tingkatan atau tahapan sesuai dengan kondisi dan tingkat keparahannya. Adapun tingkat penyakit ambeien sesuai tahapan sebagai berikut ;

  • Stadium 1 : Ambeien yang tak terlalu parah, adanya pembengkakan kecil dalam dinding anus, yang tak terlihat dari luarnya
  • Stadium 2 : Adanya pembengkakan lebih besar yang tampak atau keluar di saat berlangsungnya buang air besar. Tapi bisa kembali semula setela selesainya buang air besar.
  • Stadium 3 : Terdapat suatu benjolan kecil satu atau lebih yang tergantung di luar anus, dan bisa didorong kembali setelah selesainya buang air besar.
  • Stadium 4 : Ambeien yang stadium 4 ini merupakan tingkatan yang paling parah, yang mana terdapat benjolan besar menggantung di luar anus. Dan juga tidak dapat didorong kembali lagi ke dalam.

Itulah tahapan-tahapan dalam penyakit ambeien atau hemmoroid. Jika Anda mengalami gejala ambeien yang begitu parah, segera konsultasikan ke dokter. Terlebih saat terjadi pendarahan rektum, secepatnya ke dokter untuk diperiksa, dengan tujuan supaya dokter mengetahui kondisi Anda sepenuhnya.

Cara Mengobati Ambeien Secara Alami

Cara Mengobati Ambeien/wasir
satujam.com

Setelah kita mengenal jauh mengenai penyakit ambeien atau hemmoroid, sekarang kita bahas bagaimana cara mengobati ambeien dengan alami. Memang banyak dan sering ambeien hilang atau kembali semula dengan sendirinya dalam jangka  waktu beberapa hari.

Orang yang mengalami ambeien seharusnya menjalani perawatan rutin supaya tingkat keparahan tidak meningkat. Dan kalaupun seseorang yang penyakit ambeiennya sudah sangat parah, maka tidak ada kata lain kecuali menjalani operasi. Namun, agar penyakit ambeien tidak menjadi lebih parah, Anda bisa lakukan cara-cara alami berikut.

1. Mengkonsumsi Makan Kaya Serat

Mencegah dan mengobati penyakit salah satunya ambeien ini bisa dilakukan salah satunya dengan mengkonsumsi makanan-makanan yang kaya akan serat. Sebab, hal itu akan membantu melembutkan tinja, sehingga di saat Anda buang air besar tak perlu mengejan.

Selain itu, mengkonsumsi makanan kaya serat  juga akan menurunkan risiko pembesaran hemorrhoid dan menurunkan masalah sembelit. Makanan kaya serat banyak terdapat pada sayur-sayuran, biji-bijian, buah-buahan maupun kacang-kacangan.

Jika mengkonsumsi makanan berserat tidak mencukupi, Anda dapat menggunakan suplemen untuk memenuhi serat yang dibutuhkan.

2. Memperbanyak Cairan

Orang yang menderita penyakit wasir, akan sangat mempengaruhi tingkat keparahan jika dia itu kekurangan cairan atau dehidrasi. Dengan memperbanyak minum air putih, maka akan sangat membantu merubah gaya hidup mengatasi dan mengobati ambeien.

UNtuk menjaga daan memeprbanyak cairan yang akan diperoleh tubuh, cara yang terbaik adalah banyak minum air putih. Dengan itu, asupan air yang akan dihasilkan akan membantu tinja menjadi lunak dan mengendalikan proses buang air besar dengan tanpa mengejan.

Nah, oleh sebab itu, perbanyaklah minum air putih agar terhindar dehidrasi yang akan mempengaruhi tingkat keparahan bagi orang yang menderita penyakit ambeien atau hemorrhoid.

3. Cuka Apel

Cuka apel sudah banyak diketahui mampu mengobati penyakit ambeien atau hemmroid. Astrigent yang terdapat padanya sangat membantu untuk mengecilkan dan meredakan pembuluh darah yang membesar atau pembengkakan maupun iritasi  di sekitar dubur.

Selain itu, penggunaannya cukup mudah dan tak perlu ribet. Penggunaan cuka apel ini cukup dengan mencampurkan cuka apel dengan air biasa dengan takaran yang sama, lalu rendam kapas dan oleskan pada bagian hemmoroid secara perlahan. Lakukan secara berulang sampai rasa sakit atau pembengkakan tersebut mereda.

4. Minyak Kelapa

Minyak kelapa juga mampu mengurangi rasa sakit dan mampu membantu meredakan pembengkakan serta mengecilkan pembuluh darah yang membesar begitu juga peradangan yang terjadi di sekitar anus.

Dengan minyak kelapa, proses penyembuhan penyakit ambeien akan semakin cepat. Pemakaian minyak kelapa untuk penyakit ambeien juga tak terlalu susah dan ribet. Pemakaian minyak kelapa tersebut hanya dengan mengoleskannya di benjolan yang muncul di sekitar anus. Atau juga bisa dengan mengkonsumsinya setiap hari 1 – 2 sdt (sendok teh makan) minyak kelapa ekstrak virgin di setiap harinya.

5. Bawang Putih

Selain bermanfaat sebagai bumbu dapur, bawang putih juga bermanfaat sebagai obat alami ambeien. Bumbu dapur yang kaya akan belerang termasuk didalamnya terdapat peroksidase, asam amino, mineral, enzim semisal allinase serta myrosinase.

Tumbuhan ini terhitung punya zat anti inflamasi, antibakteri, zat dan detoksifikasi. Pada asam amino yang disebut alliin, saat bawang putih dihancurkan, alliin diubah jadi allicin oleh enzim, allinase. Allicin jni bertanggung jawab sebagai zat antibakteri yang ampuh untuk menyingkirkan bau.

Fungsi bawang putih untuk ambeien terhitung dapat meningkatkan sirkulasi darah, menghancurkan bermacam bakteri usus, dan memelihara pembuluh darah.

Untuk mengobati ambeien, bawang putih dapat dioleskan langsung ke tempat yang terkena ambeien, atau terhitung dapat dimakan secara mentah.

6. Akar Kangkung

Perlu Anda ketahui bahwa kangkung sangat dipercaya sejak dulu mampu meredakan penyakit ambeien atau wasir. Namun, bagian kangkung yang sangat berkhasiat untuk obat adalah bagian akarnya. Pilih akar kangkung cabut yang bagus dan kemudian cuci akar kangkung tersebut.

Setelah itu rebus dan ambil air rebusannya untuk dioleskan atau diusapkan dibagian benjolan ambeien  yang terdapat di sekitar anus. Lakukan hal tersebut secara rutin di hari-hari Anda sampai benar-benar sembuh.

7. Lada Hitam

Pati Anda merasa aneh saat mengetahui bahwa lada hitam bisa menjadi obat penyakit ambeien. memang terdengar aneh sih, tapi menggunakan lada hitam untuk mengobati ambeien cukup dahsyat dan ampuh.

Sebab, kandungan anti peradangan dan kemampuan analgesik sangat membantu mengurangi gejala-gejala serta meredakan dan melegakan ambeien. Bahkan sangat efektif dalam menyembuhkan ambeien yang sudah terbilang parah ataupun yang sudah berdarah.

Dalam mengkonsumsi lada hitam ini cobalah 5 – 6 di setiap pagi dan sore saat perut dalam kondisi kosong. Lakukan hal ini secara rutin, sampai ambeien atau hemorrhoid benar-benar sembuh.

Catatan : Jika mengkonsumsi lada hitam membuat Anda bermasalah dalam pencernaan, maka hentikan penggunaan lada hitam tersebut. Dan juga, jangan mengkonsumsi lad hitam ini dalam jangka waktu yang lama.

8. Kulit manggis

da  pastinya khasiat yang terdapat pada kulit manggis. Banyak sekali manfaat dan khasiat yang telah diketahui dari kulit manggis setelah adanya penelitian. Bahkan, di berbagai kalangan banyak yang sedang membicarakan buah yang berwarna ungu yang tengah menjadi pembicaraan hangat.

Hal ini bukan karena rasanya yang lezat dan manis, akan tetapi bagian kulitnya yang memiliki banyak kandungan khasiat yang luar biasa bagi kesehatan. Dari itu, sudah tak heran lagi kalau banyak sekali obat-obat ataupun herbal yang berbahan dari kulit manggis. Sebab sangat efektif dan banyak khasiatnya, terlebih untuk mengobati ambeien.

Kini pun Anda dapat membuat obat herbal alami sendiri untuk mengobati penyakit ambeien dari kulit manggis. Caranya pun praktis dan mudah, hanya dengan merebus kulit manggis yang sebelumnya sudah dikeringkan. Setelah itu, Anda dapat meminum air rebusan tadi. Lakukan secara rutin sampai benar-benar pulih kembali.

8. Daun Sirsak

Sekarang ini, penggunaan daun sirsak untuk dijadikan sebagai bahan alami untuk obat-obat herbal terus semakin meningkat. Setelah dilakukan penelitian, daun sirsak diketahui memiliki banyak sekali manfaat dan khasiat yang begitu luar biasa, salah satunya adalah untuk mengobati penyakit ambeien.

Lalu bagaimana cara penggunaan daun sirsak ini sebagai obat alami? Pertama yang harus Anda  lakukan adalah siapkan 7 – 10 lembar daun sirsak muda yang sudah dicuci. Kemudian rebus hingga mendidih dengan takaran air 4 gelas. Rebus dengan api yang kecil dan tunggu hingga air menjadi dua gelas.

Setelah itu, minum air rebusan tersebut secara rutin di pagi dan malam sampai ambeien atau hemorrhoid benar-benar sembuh. Jika Anda tidak bisa meminumnya secara langsung, Anda bisa menambahkan  air tersebut dengan madu atau gula merah agar rasanya manis dan bisa Anda minum.

9. Lidah buaya

Tumbuhan lidah buaya yang sudah sangat populer bermanfaat untuk  merawat rambut ini, ternyata juga berkhasiat untuk mengobati penyakit ambeien. Banyak sekali cara menggunakan lidah buaya sebagai obat alami ambeien.

Salah satu caranya adalah siapkan 1 helai lidah buaya yang sudah dicuci, kemudian blender lidah buaya tersebut dan saring lidah buaya yang diblender tadi ke gelas yang kosong. Campur dengan air hangat dan madu, minumlah sehari sekali secara rutin.

 

Nah, itulah penjelasan mengenai pengertian ambeien beserta penyebab, gejala serta ciri-ciri dan cara mengobati penyakit ambeien atau wasir dengan menggunakan cara alami yang memanfaatkan berbagai macam bahan atau ramuan yang ada di sekitar kita.

Sekiranya penjelasan mengenai penyakit ambeien dan cara mengobati ambeien sudah cukup jelas dan bisa dipahami. Jangan segan/malu untuk berkonsultasi ke dokter mengenai penyakit yang Anda alami. Semoga dengan ulasan di atas dapat  menambah ilmu dan pengetahuan bagi kita semua, wassalam.

No ratings yet.

Please rate this

Leave a Comment