Mri adalah

Pengertian MRI ( Magnetic Resonance Imaging)

MRI ADALAH alat sejenis CT-Scan dan rontgen yang berfungsi untuk memindai organ-organ dalam tubuh. Dunia medis memang sudah sangat modern, dengan adanya alat ini sangat membantu untuk mendeteksi dengan jelas berbagai penyakit dalam tanpa beresiko.

Kenapa dikatakan tidak beresiko? Padahal alat semacam ini kebanyakan menggunakan teknologi sinar X dan zat radioaktif yang cukup berbahaya jika dilakukan berulang-ulang? Untuk lebih jelasnya mari kita bahas lebih jauh tentang MRI.

Pengertian MRI

Mri adalah
Sumber: penrad.org

MRI adalah singkatan dari Magnetic Resonance Imaging. MRI merupakan alat pemindai organ-organ dalam tubuh yang menggunakan teknologi medan magnet dan energi gelombang radio.

Hasil dari pemindaian alat ini berupa foto-foto digital yang tersimpan di dalam komputer. MRI adalah sebuah alat pemindai yang dirancang oleh Dr. Raymon Damadian bersama rekannya yang bernama Dr. Larry Minkoff dan Dr. Michael Goldsmith.

Mereka berasal dari Negara Amerika. Setelah melewati penelitian selama 7 tahun, akhirnya alat ini mulai diaplikasikan pada tanggal 03 Juli 1977 Dan diperbaharui oleh Peter Lauterbur dari Negara Amerika dan Peter Mansfiled dari Negara Inggris.

Pembaharuan tersebut mengenai proses pemeriksaan yang tadinya membutuhkan waktu 5 jam, dan setelah diperbaharui proses pemeriksaan hanya membutuhkan waktu 90 menit.

MRI merupakan alat yang berupa tabung yang memiliki lorong berdiameter 60 cm. Cara pemeriksaan MRI yaitu pasien dimasukan ke dalam lorong tersebut dengan posisi berbaring di meja alat tersebut.

Pada saat pemeriksaan pasien akan dilengkapi perlengkapan seperti penutup telinga dan tombol keamanan. Karena ketika pemeriksaan berjalan di dalam alat ini akan mengeluarkan suara yang sangat bising. Adapun tombol keamanan, hanya untuk berjaga-jaga apabila pada saat pemeriksaan berjalan terjadi darurat pada pasien.

MRI adalah Alat Pemindai yang Aman

CT Scan dan MRI
Sumber: apaperbedaan.com

Berbeda dengan alat pemindai lainnya yang menggunakan teknologi sinar X. MRI adalah alat yang memanfaatkan teknologi medan magnet dan gelombang radio yang telah teruji hingga saat ini masih aman.

Jadi pemeriksaan ini bisa dilakukan berulang-ulang tanpa harus menunggu waktu jeda. Sama dengan alat pemindai lainnya, ada hal-hal yang harus dihindari pada saat melakukan proses ini.

Hal-hal yang harus dihindari yaitu terdapatnya logam pada anggota tubuh. Selain tidak aman karena MRI adalah medan magnet, logam juga akan mengganggu hasil pemeriksaan.

Apabila anda seorang yang pernah menjalani operasi patah tulang dan meninggalkan logam di dalam tubuh sebagai alat bantu penyambung logam atau biasa disebut dengan pen, sebaiknya segera informasikan terlebih dahulu sebelum dilakukannya proses pemeriksaan menggunakan MRI.

Alasan Pemeriksaan MRI

mri
Sumber: livespan.org

MRI adalah cara yang dilakukan oleh dokter untuk membantu dalam mendiagnosis kondisi atau penyakit apa yang menyerang organ-organ tubuh yang diperiksa. Alat ini sangat membantu dan mempermudah dokter dalam mendiagnosis suatu kondisi karena hasil pemindainnya berupa gambar dengan resolusi tinggi.

Berbagai kondisi organ-organ dalam tubuh pasien bisa dengan mudah diketahui. Seperti kondisi pasien yang terkena penyakit-penyakit bagian dalam tubuh yang sulit di diagnosis jika tanpa menggunkan alat bantu.

MRI bisa digunakan untuk memriksa kondisi bagian dalam tubuh yang bermasalah pada pasien seperti organ jantung dan pembuluh darah, otak dan saraf tulang belakang, tulang dan sendi, payudara, dan organ dalam lainnya.

Langkah-langkah Persiapan sebelum Pemeriksaan MRI

Langkah-langkah mri
Sumber: hitachimed.com

Menurut sumber alodokter.com langkah-langkah yang harus dilakukan yaitu makan normal seperti biasa, dan tidak diperbolehkan membawa barang yang berbau logam. Sebagian besar sebelum pemeriksaan pasien akan diberi materi kontras.

Materi kontras contohnya gadolinium, biasanya disuntikkan melalui pembuluh darah pada bagian tangan. Hal ini bisa membantu meningkatkan tampilan gambar untuk detail tertentu. Materi kontras pada MRI memiliki resiko lebih kecil terkena alergi.

Sebelum proses pemeriksaan menggunakan alat MRI, pasien akan diperiksa kembali untuk memastikan aman dari logam seperti cincin, kalung, gelang, jam tangan, dan jenis logam lainnya yang menempel pada tubuh pasien. Selain itu pasien juga akan diminta untuk memakai pakaian yang khusus yang disediakan oleh pihak rumah sakit.

Setelah pemeriksaan logam selesai dan sudah memakai pakaian khusus, pasien akan diberi pelindung diri seperti pelindung telinga dan tombol keamanan yang dipegang saat proses pemeriksaan MRI.

Adapun pelindung telinga digunakan untuk melindungi dari suara bising pada saat pemeriksaan berjalan. Karena pada saat pemeriksaan mesin akan mengeluarkan bunyi yang sangat bising pada ruangan atau lorong MRI.

Dan tombol yang dipegang dinstruksikan untuk ditekan apabila pasien mengalami masalah saat proses pemeriksaan berjalan. Supaya tidak tejadi hal-hal yang tidak diinginkan. Karena waktu pemeriksaan MRI membutuhkan waktu kurang lebih 90 menit. Waktu yang cukup lama.

Demikian sekilas tentang informasi alat pemindai yang biasa disebut dengan MRI. Secanggih apapun MRI, namun sebaiknya kita hindari hal-hal yang menyebabkan kita harus memakai alat ini. Cukup dengan mengetahui saja, karena kemungkinan besar orang yang memakai alat ini adalah orang yang memiliki masalah pada organ tubuhnya. Tentunya kita tidak menginginkan tubuh yang bermasalah bukan ?.

Leave a Comment