Manfaat Mucopect, Obat Batuk Untuk Si Kecil

MANFAAT MUCOPECT – Mucopect adalah obat batuk berbentuk syrup yang digunakan untuk mengobati batuk berdahak.

Obat ini mengandung ambroxol yang merupakan agen mukolitik yang mampu mengencerdak dahak, yang biasa digunakan untuk menyembuhkan penyakit batuk kronkiektasis, bronkitis, asma, dan penyakit lainnya yang menimbulkan dahak kental yang dapat menyumbat pernafasan.

Karena bentuknya berbentuk kemasan syrup teses (drops), maka obat ini diperuntukkan untuk anak-anak supaya mudah dalam mengkonsumsinya.

Mengenal Obat Mucopect Drop

mucopect drop
goapotik.com

Kalau kita pergi ke apotik untuk membeli obat mucopect, kita akan menemukan obat ini dalam beberapa bentuk yaitu tablet, sirup, dan drops. Obat mucopect tersedia dalam dua kemasan berdasarkan komposisi bahan aktifnya yaitu :

  • Mucopect Drop 7,5 mg/ml: mengandung Ambroxol HCl 7,5 mg setiap 1 ml.
  • Mucopect Drop 15 mg/ml: mengandung Ambroxol HCl 15 mg setiap 1 ml.

Kedua obat ini tersedia dalam dua kemasan botol kecil berkapasitas 20 ml. Dengan tekaran 20 tetes satau sekitar 1 ml.

Ambroxol hidroklorida (HCL) merupakan zat pengencer dahak yang dapat memecah serat-serat mukopolisakarida pada dahak kental.

Zal ini dapat menjadikan dahak tersebut lebih encer sehingga dahak bisa dikeluarkan dengna mudah. Amroxol memiliki beberapa kegunaan, antara lain :

  • Memperkuat rambut getar (silia) yang terdapat pada saluran pernafasan, dengna begitu, kotoran akan terbuang dengan optimal.
  • Zat amroxol tidak menekan batuk sehingga tidak mengganggu respon batuk pada tubuh secara alami. Hal ini dapat meminimalisir sesak nafas yang diakibatkan dahak yang menumpuk.
  • Meningkatkan produksi surfakatan yang memiliki peran untuk membersihkan kuman, debris, atau patogen lainnya dalam saluran pernafasan.

Kegunaan obat Mucopect Drop

mucopect baby batuk
mdpcdn.com

Sifat obat mucopect sebagai agen mukolitik, membuat obat ini dapat digunakan untuk meringankan gejala batuk berdahak yang dialami oleh anak-anak.

Akan tetapi, obat ini hanya bersifat meringankan penyakit saja, untuk mendapatkan kesembuhan yang sempurna. Maka dibutuhkan kombinasi obat seperti asntibiotik atau sesuai petunjuk dokter.

Berikut ini adalah beberapa kondisi batuk yang bisa disembuhkan dengan mengkonsumsi obat Mucopect drop :

  • Asma Bronkial
  • Pneumonia
  • Bronkitis
  • Tracheobronchitis

Kontradiksi Obat

efek mucopect samping
todaysparent.com

Untuk menjaga kehati-hatian dalam mengkonsumsi obat ini, maka tidak semua anak dengan berbagai kondisi boleh mengkonsumsi obat ini. Beberapa anak yang memiliki kondisi berikut tidak diperkenankan meminum obat tersebut, yaitu :

  • Anak yang memiliki penyakit maag atau luka lambung tidak diperkenankan mengkonsumsi obat ini. Karena bisa memperparah penyakit yang dialaminya.
  • Anak yang alergi terhadap abroxol atau komponen lain dari obat ini tidak diperkenankan untuk mengkonsumsinya.

Dosis Obat Mucopect untuk Bayi dan Anak-anak

alprazolam adalah obat dosis
crbusa.com

Penggunaan obat mucopect sebagiknya sesuai dengan petunjuk dokter. Secara umum dosis yang biasa diberikan kepada anak-anak adalah :

  • Anak-anak lebih dari 5 tahun: digunakan Mucopect drop 15 mg/1 ml sebanyak 1 ml 2-3 kali sehari.
  • Anak-anak 2-5 tahun: digunakan Mucopect drop 15 mg/1 ml sebanyak 0,5 ml 3 kali sehari atau kemasan drop 7,5 mg/ml sebanyak 1 ml 3 kali sehari.
  • Anak-anak sampai 2 tahun: digunakan mucopect drop 7,5 mg/ml sebanyak 1 ml dua kali sehari atau kemasan drop 15 mg/ml sebanyak 0,5 ml dua kali sehari.

Petunjuk Penggunaan Obat

mucopect Kontradiksi Obat maag
purelyb.com
  1. Sebaiknya dikonsumsi setelah makan atau telah mengkonsumi makanan yang dilanjutkan dengan banyak mengkonsumsi air putih.
  2. Baca petunjuk yang tertera pada obat, dan ikuti saran dari dokter.
  3. Berilah jeda yang sama saat memberikan obat kepada anak Anda. Usahakan waktu pemberian obat, sama untuk setiap harinya. Jika pemberian obat dilakukan dua kali sehari, maka berilah jeda 12 jam. Misalnya, jam 07.00 dan jam 19.00, begitu juga ketika diberikan 3 kali sehari, maka berilah jeda 8 jam.
  4. Hentikanlah pemberian obat saat batuk anak sudah sembuh, obat tidak harus dihabiskan.

Efek Samping Mucopect Drop

mucopect broncytis
MegMeekermd.com

Zat ambroxol yang merupakan bahan aktif dari obat mucopect sebenarnya bisa ditolerir oleh tubuh, akan tetapi potnsi efek samping yang ditimbulkan oleh obat mucopect bisa saja muncul sewaktu-waktu, beberapa efek samping tersebut antara lain :

  • Efek samping ringan yang biasa terjadi seperti sakit ulu hati, mual, gejala maag, dan terkadang muntah-muntah.
  • Efek samping yang jarang terjadi seperti reaksi alergi berupa ruam kemerahan pada kulit.

Info Kemanan

mucopect informasi kemanan
deviantart.net
  • Jika anak memiliki masalah pada lambung, ada baiknya dilihat terlebih dahulu keuntungan dan kerugian ketika mengkonsumsinya.
  • Tolong diperhatikan jika digunakan dengan obat-obatan seperti cefuroxime, amoksilin, eritromisin, dan doksisiklin karena beberapa obat tersebut bisa menyebabkan dosis yang tinggi apabila digunakan secara bersamaan.
  • Apabila menemukan alergi pada anak berupa gatal-gatal, bengkak, kulit kemerahah, dan sebagainya. Segera hentika konsumsi obat dan komunikasikan dengan dokter kepercayaan Anda untuk mengganti obat pengencer dahak lainnya jika diperlukan.
  • Segera hentika konsumsi obat apabila muncul gejala overdosis berupa peningkatan efek samping yang bisa terjadi ketika mengkonsumsi obat tersebut.

Muncopect Rivews

Sub Kategori: Obat Batuk dan Pilek
Tag: batuk , batuk berdahak , sekretolitik , pengencer dahak , ambroxol
Komposisi: ambroxol hcl 15 mg
Indikasi: sebagai sekretolitik pada gangguan pernapasan akut dan kronis, terutama pada eksaserbasi bronkitis kronis, bronkitis kronik dan asma bronkial
Dosis: > 12 th: 10 ml 3 kali sehari, 6-12 th: 5 ml 2-3 kali sehari, 2-6 th: 2,5 ml 2-3 kali sehari, <2 th: 2,5 ml 2 kali sehari. Drops anak <2 th: 0,5 ml 2 kali sehari.
Penyajian: Berikan sesudah makan
Perhatian: Hipersensitif terhadap ambroxol
Efek Samping: Reaksi alergi, efek GI ringan
Kemasan: 1 Botol
Harga: Rp 63.780,- / Botol
Deskripsi: pengencer dahak pada gangguan pernapasan akut dan kronis

Demikianlah beberapa informasi tentang obat muncopect yang bisa kami sampaikan, semoga bermanfaat dan memberikan kesembuhan kepada buah hati Anda.